Fajar

  Breaking News

Bahasa Daerah di Era Milenial

Anshari
Opini - 24 September 2018, 09:31:57

Politik bahasa di Indonesia telah menetapkan kedudukan, status, dan fungsi penggunaan bahasa yang digunakan warga di jagat nusantara, yaitu bahasa Indonesia, bahasa daerah, dan bahasa asing.
Ketiga bahasa tersebut memiliki peran strategis dalam komunikasi, baik dalam keluarga, di lingkungan pendidikan, dan masyarakat.

Oleh: Anshari
Guru Besar UNM

Dalam konteks penggunaan bahasa Indonesia, dipandang sudah selesai karena telah ditetapkan sebagai bahasa nasional dan bahasa negara. Dalam konteks penggunaan bahasa daerah, dipandang masih gamang karena kebijakan diserahkan sepenuhnya ke masing-masing pemerintah daerah. Dalam konteks penggunaan bahasa asing, dipandang tidak rumit karena terkait kebijakan pemerintah pusat.

Perhelatan internasional bertajuk Kongres Internasional III Bahasa-bahasa Daerah Sulawesi Selatan (KBBDSS III) pada 24-27 September 2018 di Hotel Sahid Jaya Makassar yang bertujuan menggagas berbagai bentuk dan usaha pelestarian, pengembangan, dan pemertahanan bahasa-bahasa daerah di Sulawesi Selatan merupakan bagian dari kegamangan pemangku kepentingan untuk menjawab berbagai kegelisahan, kegalauan, dan keprihatinan keadaan dan kondisi bahasa-bahasa daerah di era milenial. Di era milenial, justru penguasaan bahasa asing menjadi skala prioritas. Mengapa bahasa-bahasa daerah perlu mendapat perhatian?

Berdasarkan hasil penelitian LIPI ditemukan bahwa terdapat sekitar 726 (versi UNESCO: 640) bahasa daerah di Indonesia dan sebagian besar di antaranya hanya memiliki jumlah penutur 1.000 sampai 5.000 orang. UNESCO memprediksi terdapat sekira 140 bahasa daerah terancam kepunahan atau dengan kata lain hanya sebesar 10 persen dari 726 bahasa daerah tersebut yang dapat bertahan, khususnya bahasa-bahasa yang digunakan oleh penutur yang bermukim di Indonesia bagian timur.

Kondisi umum aktual dan kenyataan faktual terhadap nasib bahasa-bahasa daerah di Indonesia, umumnya berada pada situasi dan keadaan memprihatinkan. Bahasa-bahasa daerah yang ada di Sulawesi Selatan, seperti bahasa Bugis, Makassar, Toraja, Massenrempulu, Wotu, Dentong, Limolang, dan sebagainya, mengalami juga kondisi dan keadaan yang memprihatinkan. Bahkan, situasi kebahasaan lebih memprihatinkan pada bahasa yang memiliki jumlah penutur lebih rendah yang memiliki peluang ancaman kepunahan jauh lebih besar.

Negara telah menjamin keberadaan dan keberlangsungan hidup bahasa-bahasa daerah di Indonesia. Payung hukum pengembangan dan pembinaan bahasa daerah sebagai ujung tombak pendukung bahasa nasional telah termaktub dalam UUD RI 1945, Bab XV, Pasal 22 dan 36 beserta penjelasannya; UU RI Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, Serta Lagu Kebangsaan; Politik Bahasa Nasional yang menggariskan kedudukan dan fungsi bahasa daerah, dan Rancangan Program Nawa Cita, khususnya butir 8 dan 9.

Sejatinya, tanggung jawab melestarikan dan memertahankan bahasa daerah dapat dibebankan secara bersama kepada keluarga, pemerintah, dan masyarakat. Dalam lingkungan keluarga, orang tua harus membiasakan komunikasi dengan anggota keluarga dalam bahasa daerahnya. Kenyataannya, banyak keluarga yang mesti berasal dari etnis yang sama, tetapi bahasa yang digunakan bukan bahasa ibunya, melainkan bahasa Indonesia. Akhirnya, anak tidak belajar mengenal dan menguasai bahasa daerahnya.

Pemerintah mesti bersikap proaktif menyikapi kondisi terancamnya kepunahan bahasa daerah.Bangsa Indonesia memiliki aset bahasa daerah. Jika aset ini tidak dijaga, maka keberadaan jati diri etnis dapat musnah. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa telah banyak melakukan program pelestarian dan pemertahanan bahasa daerah melalui seminar dan kongres. Misalnya, kongres bahasa Jawa, kongres bahasa Sunda, kongres bahasa Bali, dan kongres bahasa-bahasa di Sulawesi-Selatan.

Formasi pengadaan guru atau tenaga pendidik bahasa daerah untuk tahun 2018, pemerintah pusat dan daerah telah menyadarinya sehingga di beberapa daerah di Sulawesi Selatan terbuka peluang penerimaan guru bahasa daerah. Lembaga pendidikan penghasil tenaga pendidik guru bahasa daerah juga telah tersedia, misalnya di UNM telah ada Program Studi Pendidikan Bahasa Daerah (Bugis dan Makassar).

Pemerintah pusat, provinsi, dan daerah/kota perlu ada kesamaan persepsi tentang status mata pelajaran bahasa daerah yang selama ini diposisikan sebagai muatan lokal (mulok). Karena berstatus mulok, penafsiran bersifat pilihan, boleh ada dan tidak ada dalam kurikulum. Semestinya, bahasa daerah harus sejajar dengan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Kalau sudah sepaham, setiap daerah akan memasukkan bahasa daerah dominan yang diajarkan di satuan pendidikan.

Dukungan masyarakat patut mendapat perhatian. Berbagai usaha dan kegiatan mandiri dari masyarakat dalam melestarikan dan memertahankan bahasa daerah harus disokong. Balai Bahasa Sulawesi Selatan telah menggagas pendirian Sekolah Bugis di beberapa kabupaten di Sulawesi Selatan. Inisiasi ini merupakan tindak lanjut dan program aksi agar masyarakat terlibat secara komprehensif memikirkan bagaimana nasib bahasa daerahnya.

Dalam perspektif teori sosiolinguistik, khususnya pemertahanan bahasa, setidaknya tiga hal yang harus dimiliki penutur bahasa daerah agar bahasa daerahnya tidak punah, yaitu kesadaran, kebanggaan, dan kesetiaan menggunakan bahasa daerahnya. Setiap penutur harus menanamkan jiwa dan semangat kesadaran dalam dirinya bahwa mati-hidupnya bahasa leluhurnya tergantung pada komitmen pribadinya. Munculnya kesadaran seperti itu, dapat memotivasi diri untuk memelihara bahasa daerahnya dengan berbagai cara, misalnya sadar untuk menggunakan dalam komunikasi sehari-hari tanpa batas ruang dan waktu.

Kesadaran yang mendalam untuk melestarikan bahasa daerah akan memunculkan kebanggaan terhadap bahasa daerahnya, dalam berbagai kesempatan dan di manapun juga. Artinya, penutur tidak memiliki rasa malu memakai bahasa daerah untuk berkomunikasi dengan sesamanya. Mengapa bahasa Jawa sangat eksis di tengah pemiliknya, karena penuturnya sangat bangga berinteraksi dengan bahasa Jawa. Bahkan, di ruang publik, seperti di pasar, di sekolah, dan di mana saja penuturnya berada, dia bangga berbahasa Jawa.

Kesetiaan merupakan sikap tingkat tinggi dalam berbahasa. Ketika penutur itu setia menggunakan bahasa daerahnya, setiap aktivitas selalu diwarnai dengan bahasa daerahnya. Setiap nafas kehidupannya pasti menggunakan bahasa daerah. Setiap perhelatan yang dilakukan selalu menjadikan bahasa daerah sebagai sesuatu yang wajib dihadirkan. Bagi penutur yang setia memiliki keteguhan hati untuk tidak berpaling dalam menggunakan bahasa daerah. Bahasa Jawa, bahasa Sunda, dan bahasa Bali merupakan contoh bagaimana keteguhan hati para penuturnya untuk selalu setia menggunakan bahasa daerahnya.

Tantangan dan ancaman bahasa daerah di era milenial sangat berat. Negara Indonesia yang memiliki kekayaan demografi usia muda mendapat serbuan peradaban modern, yaitu penguasaan bahasa asing, terutama bahasa Inggris. Kalangan anak muda terpesona dengan penguasaan bahasa Inggris karena dapat menciptakan peluang kerja lebih luas. Penguasaan bahasa Inggris juga akan menambah prestise dalam pergaulannya.

Meski godaan bahasa Inggris sangat tinggi sebagai tuntutan kemajuan peradaban di era Revolusi Industri 4.0, penutur bahasa daerah wajib menjaga identitas etnisnya.Sikap kesadaran, kebanggaan, dan kesetiaan merupakan benteng pemertahanan dari kepunahan bahasa daerah. Sinergitas keluarga, pemerintah, dan masyarakat akan memperkuat pelestarian dan pemertahanan bahasa daerah. (*)


SETIAP ORANG PUNYA CERITA.
Langganan Anda Membantu Jurnalisme Berkualitas

Media cetak bacaan terbaik hindari berita hoax. Untuk mengakses berita cetak, silahkan langganan premium epaper FAJAR disini epaper.fajaronline.co.id Kami kirimkan Anda koran secara gratis. (Syarat dan ketentuan berlaku). hubungi wa/tlp 085242899926 atau 0811462222

Author : rika



Tags



Berita Lainnya

🔀Berita Terkini
 

Belajar Bahasa Inggris, Rumah Jenius Gelar Nasional English Camp

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR--Manfaatkan hari libur siswa SMA/SMK sederajat yang ada di Sulsel, Rumah Jenius membuat Nasional English Camp. Kegiatan...
 

Caleg dan Capres Berebut 1.375.987 Pemilih Muda di Sulsel

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR--Pemilih muda menjadi daya tarik suara. Jumlahnya cukup besar sebab capai 1.375.987 jiwa dari 6.159.375 jiwa. Pemilih...
 

Pemuda Sinjai Barat Siap Perjuangkan Heriwawan Duduk di DPRD Sulsel

FAJARONLINE.CO.ID, SINJAI - Dukungan kepada Calon Legislatif (Caleg) DPRD Sulsel, Heriwawan terus mengalir. Kali ini, dukungan tersebut berasal dari...
 

Perusak Baliho SBY Tergiur Upah Rp150 Ribu

FAJARONLINE.CO.ID, RIAU--Polda Riau resmi menetapkan seorang perusak baliho Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Pekanbaru,...
 

Taruna AAL Kunjungi Lanud Sultan Hasanuddin

FAJARONLINE.CO.ID,MAROS--Salah satu program Latihan dan Praktek (Lattek) Jalasesya tahun 2018 di Makassar adalah Taruna -Taruni Tingkat II Akademi...
 

Menikah Lagi, Begini Reaksi Mantan Istri Pertama Opick

FAJARONLINE.CO.ID,JAKARTA --Dian Rositaningrum sudah mengetahui kabar pernikahan ketiga mantan suaminya, Opick dengan Bebi Silvana. Namun sayang,...
 

Mantan Bupati Wafat, Upacara Hari Kesadaran di Pangkep Diselimuti Duka

FAJARONLINE.CO.ID,PANGKEP-- Upacara peringatan Hari Kesadaran Nasional diselimuti duka bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas dilingkup...
 

Dokter dan Tim Medis RSUD Salewangang Mogok, Ini Penyebabnya

FAJARONLINE.CO.ID, MAROS-- Puluhan dokter dan tenaga medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Salewangang Kabupaten Maros melakukan aksi mogok...
 

Masuk Lewat Jendela dan Tarik Tetangga ke Kamar, Akhirnya Nginap di Hotel Prodeo

FAJARONLINE.CO.ID, BARITO TIMUR -- Pria berinisial RM (27) akhirnya menghuni hotel predeo karena terbukti nyaris memerkosa tetangganya, Bunga (11,...
 

Iwan Fals Tanggapi Anggota TNI Dikeroyok, Bagaimana Nasib Kita ya?

FAJARONLINE.CO.ID,JAKARTA --Musisi senior Iwan Fals ikut mengomentari kejadian pengeroyokan dua anggota TNI di Jakarta Timur, baru-baru ini. Hal...
 

PUPR Normalisasi Drainase Kota Rantepao

FAJARONLINE.CO.ID. RANTEPAO--Tangani sedimen dan pendangkalan drainase dalam kota Rantepao, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR )...
 

Kasihan, Berjarak 6 Km dari PLTB Sidrap, Tetapi Daerah Ini Gelap Gulita

FAJARONLINE.CO.ID, SIDRAP--Warga Dusun Pabberesseng ibarat anak ayam yang mati di lumpung padi. Wilayahnya hanya berjarak 6 kilometer dari lokasi...
 

Foto: Sosialisasi Komunitas TDA

Kepala Kantor Perwakilan Daerah KPPU Makassar, Aru Armando menjadi narasumber Talkshow Meningkatkan Kemitraan yang Adil antara Pelaku Usaha Besar...
 

Rekam Biometrik untuk Jemaah, Kemenag Pangkep Belum Miliki Alat

FAJARONLINE.CO.ID,PANGKEP-- Rencana aturan rekam biometrik, berupa pemeriksaan sidik jari dan retina mata untuk calon jemaah haji disebut belum cocok...
 

Catat, Ini Pelanggaran yang Dipantau Tilang CCTV

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Penerapan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) atau tilang CCTV akan diuji coba pekan ini,...
 

Tilang CCTV Akan Diberlakukan, Pelanggar Terima Surat Pemberitahuan dari Pos

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Tim Pokja Tilang CCTV sementara merampungkan peralatan Tilang CCTV di Kota Makassar. Uji cobanya akan dilakukan minggu...
 

Dukcapil Maros Musnahkan 3.780 KTP-el

FAJARONLINE.CO.ID,MAROS -- Sebanyak 3.780 Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) dimusnahkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil)...
 

Ngotot Pertahankan Kardus Sebagai Kotak Suara, KPU Disindir Warganet

FAJARONLINE.CO.ID,JAKARTA-- Sindiran dan kritikan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang ngotot mempertahankan kardus sebagai kotak suara masih...
 

Wabup Bantaeng Tegaskan Bela Negara Bukan Kekuatan Senjata Semata

FAJARONLINE.CO.ID,BANTAENG--Wakil Bupati Bantaeng, H Sahabuddin dimandat jadi Inspektur Upacara (Irup) pada peringatan Hari Bela Negara yang ke-70...
 

Ironi Lumbung Energi, Warga Pabberesseng Tak Nikmati Listrik

FAJARONLINE.CO.ID, SIDRAP- Daerah perbukitan Pabberesseng jadi lokasi proyek PLTB Sidrap. Sayang, masih ada warga sekitar tak nikmati...
 

Puluhan Aktifis Demo Telanjang Protes Bulu Binatang untuk Pakaian

FAJARONLINE.CO.ID, BARCELONA—Demo sambil telanjang dilakukan aktivis hak-hak binatang di alun-alun yang sibuk di Barcelona. Demonstrasi itu...
 

Tangani Masalah Hukum, PD Pasar dan Kejari Makassar Jalin Kerja Sama

FAJARONLINE.CO.ID,MAKASSAR--Antisipasi penanganan masalah hukum di bidang perdata dan tata usaha negara, perusahaan daerah PD Makassar Raya menjalin...
 

Ferguson Geleng-geleng Kepala, Neville Yakin Mourinho Dipecat di Akhir Musim

FAJARONLINE.CO.ID, MANCHESTER—Manchester United tak berkutik di Anfield Stadium saat mereka menghadapi Liverpool di pekan ke-17 Premier League....
 

Kalahkan MU, Klopp: Ini Penampilan Terbaik Kami Sejak Saya di Liverpool

FAJARONLINE.CO.ID, LIVERPOOL—Bigmatch kontra Manchester United dimenangi Liverpool. Manajer Liverpool, Juergen Klopp mengklaim, sejak tiba di...
 

Via Vallen Kunjungi Palestina, Alami Kejadian Mengharukan

FAJARONLINE.CO.ID,SELEBRITI--Pedangdut Via Vallen mengalami kejadian mengharukan saat mengunjungi Palestina. Di sana, dia tersentuh saat bertemu...

Load More