Fajar

  Breaking News

Kalahkan Kroasia 4-2, Prancis Raih Gelar Piala Dunia Kedua di Rusia

Prancis juara Piala Dunia 2018. (Foto: Shaun Botterill/Getty Images)
Piala Dunia 2018 - 16 Juli 2018, 00:57:37

FAJARONLINE.CO.ID, MOSKOW—Prancis menjadi kampiun Piala Dunia 2018 usai mengalahkan Kroasia di babak final. Les Bleus, julukan Prancis menaklukkan Kroasia dengan skor 4-2.

Bagi Prancis, ini menjadi gelar Piala Dunia kedua mereka setelah pada 1998 juga meraih trofi di negara sendiri. Sementara untuk Kroasia, kekalahan ini membuat mereka gagal menorehkan sejarah menjadi juara untuk kali pertama.

Jalannya Pertandingan

Pada laga yang berlangsung di Luzhniki Stadium, Minggu, 15 Juli, malam Wita Kroasia mengambil inisiatif serangan di awal pertandingan. Akan tetapi, hingga 10 menit awal, Kroasia yang mengandalkan Mario Mandzukic di lini depan didukung oleh Ante Rebic, Luka Modric, dan Ivan Perisic tidak mampu menciptakan peluang berbahaya.

 Meski begitu, mereka setidaknya mampu tiga kali menembus kotak penalti dan mendapatkan satu sepak pojok. Sebaliknya, Prancis nyaris tanpa serangan di awal pertandingan yang dipimpin wasit asal Argentina, Nestor Pitana. Mereka dipaksa bermain bertahan oleh Kroasia.

Ancaman pertama diberikan Prancis di menit ke-16 setelah Kylian Mbappe mampu menerobos masuk ke kotak penalti. Namun umpan tarik yang coba ia berikan ke Antoine Griezmann mampu dibaca sektor pertahanan Kroasia. Meski begitu, Prancis mendapat tendangan bebas setelah Griezmann di langgar di depan kotak penalti.

Dari proses bola mati yang dieksekusi sendiri oleh Griezmann, Prancis mampu mencuri gol di menit ke-18. Mandzukic yang bermaksud membuang bola dengan kepalanya malah menjebol gawang sendiri. Bola sebenarnya bisa dijangkau Danijel Subasic, namun sang kiper tampak kurang siap sehingga bola tetap masuk ke gawangnya.

Kroasia langsung merespons setelah tertinggal 0-1. Berawal dari pelanggaran di sisi kiri pertahanan Prancis pada menit ke-20, Modric mengirim bola ke depan gawang yang disundul Domagoj Vida. Sayang, bola melambung jauh di atas mistar gawang. Demikian juga dengan peluang Ivan Rakitic di menit ke-23. Meski berdiri cukup bebas di dalam kotak penalti, tendangan voli gelandang Barcelona itu melayang jauh di atas mistar gawang Hugo Lloris.

Terus menyerang, Kroasia mampu menyamakan kedudukan di menit ke-28. Diawali pelanggaran N’Golo Kante terhadap Rakitic, Modric merancang gol ini. Bola ia arahkan ke sisi bek kiri Prancis yang disundul rekannya ke depan kotak penalti. Vida kemudian mendorong bola ke Perisic yang mampu melepaskan tendangan kaki kiri dari dalam kotak penalti yang tidak bisa dijangkau Lloris.

Permainan lebih terbuka setelah skor 1-1. Prancis yang awalnya tertekan mulai menyerang. Pada menit ke-33, mereka mampu mengancam gawang lewat sepak pojok Grizmann. Dari situasi ini, Prancis mendapatkan penalti setelah Ivan Perisic yang berduel dengan Blaise Matuidi di dalam kotak 16 menyentuh bola dengan tangannya. Penalti di menit ke-38 ini sendiri diberikan setelah ada intervensi dari video asisten wasit (VAR).

Tertinggal 1-2, Kroasia langsung mencoba merespons. Mereka pun nyaris menyamakan kedudukan setelah Ante Rebic mendapat bola matang di depan gawang hasil umpan silang dari sisi bek kanan Prancis. Sayang, tendangannya tidak mengenai bola dengan sempurna sehingga Lloris dengan mudah mengamankan gawangnya.

Pada menit ke-43, Kroasia kembali mendapat dua peluang yang diawali sepak pojok. Namun keduanya tidak berujung gol. Di percobaan pertama, tendangan Dejan Lovren mengenai punggung Paul Pogba lalu bergulir ke luar lapangan. Sedangkan pada corner kedua, sempat terjadi kemelut di depan gawang sebelum bola dibuang pemain Prancis. Tanpa gol tambahan, Prancis memimpin 2-1 saat turun minum.

Kembali dari ruang ganti, Prancis mendapat peluang pertama. Saat laga baru berjalan satu menit, Griezmann melepaskan tendangan kaki kiri dari depan kotak penalti usai menerima umpan Olivier Giroud. Akan tetapi, tendangannya mengarah ke tengah dan dengan mudah ditangkap Subasic.

Kroasia balas mengancam di menit ke-47. Menerima umpan terobosan di kotak penalti, Rebic melepaskan tendangan keras kaki kiri. Beruntung bagi Prancis, Lloris masih bisa menepis bola dan hanya menghasilkan tendangan penjuru. Usaha berikutnya dari pemain Kroasia setelah sepak pojok melenceng jauh dari tiang gawang.

Pada menit ke-51, giliran Prancis yang mengancam gawang Kroasia. Mbappe yang mendapat bola mampu melewati Vida. Sayang, tendangan kaki kanan pemain 19 tahun itu mampu digagalkan Subasic dengan kakinya. Laga terhenti satu menit setelahnya karena salah seorang penonton masuk ke lapangan.

Prancis melakukan pergantian pemain di menit ke-53. Pelatih Didier Deschamps menarik keluar N’Golo Kante dan memasukkan Steven N’Zonzi. Selain karena sudah mengantongi kartu kuning, Kante memang tidak bermain seperti biasanya.

Lewat serangan balik di menit ke-59, Mbappe mengkreasi gol Prancis untuk mengubah skor menjadi 3-1. Menerobos hingga kotak penalti, Mbappe mengirim umpan kepada Griezmann. Karena tidak punya ruang tembak, Griezmann mendorong bola kepada Paul Pogba yang berdiri bebas di depan kotak penalti. Tendangan kaki kanan Pogba sempat diblok. Namun bola langsung kembali disambar pemain Manchester United itu dengan kaki kirinya yang tak bisa dijangkau Subasic yang mati langkah.

Unggul dua, Prancis makin berani menyerang. Semenit setelah gol ketiga mereka, Griezmann dan kawan-kawan kembali mendapat peluang gol. Namun, usaha tiga pemain Prancis di kotak penalti tidak mampu berujung gol.

Tim Ayam Jantan, julukan Prancis memperlebar jarak menjadi 4-1 pada menit ke-65. Kali ini, Mbappe yang mencatatkan namanya di papan skor setelah menerima assist Lucas Hernandez dari sisi kiri. Mbappe menaklukkan Subasic lewat tendangan keras kaki kanan yang mengarah ke sisi kanan kiper.

Hanya berselang dua menit setelah gol Mbappe yang sepertinya sudah membunuh pertandingan, Lloris melakukan blunder yang membuat Kroasia menipiskan ketertinggalan menjadi 4-2. Menerima back passing dari rekannya, bola yang coba dibuang Lloris mengenai kaki Mandzkuic yang langsung bergulir ke dalam gawang.

Di menit ke-70, Pelatih Kroasia, Zlatko Dalic memasukkan penyerang Andrej Kramaric menggantikan Rebic. Pergantian ini direspons pelatih Prancis dengan memperkuat lini tengah. Matuidi ditarik keluar digantikan pemain yang lebih muda, Corentin Tolisso.

Kroasia mencoba meningkatkan tempo permainan saat laga memasuki menit ke-75. Mereka pun mendapat peluang bagus di menit ke-77. Sayang, tendangan kaki kiri Ivan Rakitic mengenai pemain Prancis sehingga bola keluar lapangan. Prancis dua menit kemudian berbalik menyerang. Mbappe dengan kecepatannya lagi-lagi bisa menerobos pertahanan Kroasia. Sayang ia terjatuh saat menggiring bola.

Kedua kubu sama-sama melakukan pergantian pemain di menit ke-80. Giroud ditarik keluar oleh pelatih Prancis lalu digantikan Nabil Fekir. Sementara Kroasia menambah penyerang. Marko Pjaca masuk menggantikan bek Ivan Strinic. Di sentuhan pertamanya, Pjaca mampu meneror pertahanan Prancis namun dia kehilangan bola di dalam kotak penalti.

Satu upaya kembali dilakukan Kroasia melalui Rakitic. Cuma tendangan Rakitic dari luar kotak penalti melayang jauh di atas mistar gawang. Paul Pogba nyaris mencetak gol keduanya di menit ke-2 injury time saat mendapat bola dari Mbappe. Sayang, meski berdiri bebas di depan gawang, Pogba tidak mengenai bola.

 

Susunan Pemain

Prancis (4-2-3-1): Hugo Lloris; Benjamin Pavard, Raphael Varane, Samuel Umtiti, Lucas Hernandez; N'Golo Kante (Steven N’Zonzi 53’), Paul Pogba; Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, Blaise Matuidi (Corentin Tolisso 72’); Olivier Giroud (Nabil Fekir 80’)

Kroasia (4-2-3-1): Danijel Subasic; Sime Vrsaljko, Dejan Lovren, Domagoj Vida, Ivan Strinic (Marko Pjaca 80’); Marcelo Brozovic, Ivan Rakitic; Ante Rebic (Andrej Kramaric 70’), Luka Modric, Ivan Perisic; Mario Mandzukic


SETIAP ORANG PUNYA CERITA.
Langganan Anda Membantu Jurnalisme Berkualitas

Author : amir

Berita Lainnya

🔀Berita Terkini
 

Gara-gara Pendangkalan Sungai, Nelayan Terjebak Empat Jam

FAJARONLINE.CO.ID, PANGKEP -- Pendangkalan  sungai yang terjadi di muara Sungai Pangkajene dikeluhkan oleh para pemilik kapal dan warga pulau....
 

Tekan Angka Kecelakaan Bagi Milenial, Ini yang Dilakukan Polwan Cantik

FAJARONLINE.CO.ID, WATAMPONE -- Untuk menekan angka kecelakan lalu lintas khususnya bagi usia milenial, Sat Lantas Polres Bone melakukan sosialisasi...
 

Ditertibkan, Pedagang Tak Boleh Keluar dari Bahu Jalan

FAJARONLINE.CO.ID, WATAMPONE -- Penertiban pedagang kaki lima (PKL) kembali dilakukan satpol PP Bone.   Kali ini menyasar pedagang buah di Jl...
 

Video dan Gambarnya Viral, Sepasang Remaja Sengaja Rekam Hubungan Intimnya

FAJARONLINE.CO.ID -- Sepasang remaja tampak dalam video dan gambar sedang beradegan panas. Mereka terlihat tanpa mengenakan sehelai benang. Dalam...
 

Nyaleg Tetap di Makassar, Warga dari Dapil 1 Yakini Farouk Masih Pilihannya

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR - Meski ketat persaingan antar sesama calon anggota legisatif (Caleg) Partai Golkar untuk berebut kursi DPRD Makassar....
 

Sukses Piala Adipura, Bupati Barru Sebut Peran Ibu-Ibu Luar Biasa

Fajaronline.co.id, Barru -- Peran ibu-ibu tak boleh diabaikan.  Bahkan terkait piala Adipura Barru,Bupati Barru, Suardi Saleh, menyebut...
 

Lawatan ke Makassar, Menteri Muhadjir Effendy Sambangi Pesantren Darul Arqam

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Dalam lawatannya ke Makassar, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, berkunjung ke Pondok Pesantren...
 

Kadis Kominfo Puji Program Silandak Beraksi

FAJARONLINE.CO.ID, MAMUJU -- Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfo Sandi) Kabupaten Mamuju, Artis Efendi memuji program...
 

Melintasi Titian Bambu, bukan Hambatan Aparat Polres Pangkep Antarkan Bantuan

FAJARONLINE.CO.ID, PANGKEP –- Memberikan bantuan kepada warga yang membutuhkannya, bukan hambatan bagi aparat Polres Pangkep untuk tetap...
 

Di Era Jokowi, Kriminalisasi Terancanm Diseret Ke Mahkamah Internasional

FAJARONLINE.CO.ID, NASIONAL - International Humanitarian Activist Network (IHAN) atau Jaringan Aktivis Kemanusiaan Internasional (JAKI) mendesak...
 

Suasana Kota-Properti Makassar

Suasana pagi di Kota Makassar dalam jepretan kamera. Gambar direkam di berbagai lokasi seputar kota Makassar, Rabu (16/1/2019). (FOTO: IDHAM...
 

Fokus Group Discussion Bank Mandiri

Walikota Makassar, Danny Pomanto bersama Ketua STIM Nitro, Marzuki DEA menjadi narasumber utama focus group discussion Bank Mandiri bersama Pewarta...
 

Allegri Takut Adu Penalti di Jeddah, Ini Alasannya

FAJARONLINE.CO.ID, JEDDAH—Sepanjang sejarah Piala Super Italia, Juventus dan AC Milan sudah bertemu dua kali. Di dua pertemuan tersebut...
 

Preview Juventus vs AC Milan: Berebut Status Raja Supercoppa

FAJARONLINE.CO.ID, JEDDAH—Juventus dan AC Milan akan berduel di Piala Super Italia, dinihari nanti. Ini akan jadi perang perebutan status raja...
 

Mengenang Pertempuran Laut Arafuru, Lanal Mamuju Putar Film dan Doa Bersama

FAJARONLINE.CO.ID, MAMUJU –- Dalam rangka mengenang Pertempuran Laut Arafuru 15 Januari 1962, pihak Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Mamuju...
 

Usai Pindah ke RS Penang Malaysia, Kondisi Ustaz Arifin Ilham Makin Membaik

FAJARONLINE.CO.ID -- Kondisi Ustaz Arifin Ilham saat ini sudah membaik. Kabar tersebut disampaikan putra sulung Ustaz Arifin Ilham, Muhammad Alvin...
 

Didesak Mundur Gara-gara Kasus Meikarta, Tjahjo: Yang Bisa Berhentikan Saya Ya Presiden

FAJARONLINE.CO.ID -- Akibat namanya disebut oleh Bupati Bekasi nonaktif, Neneng Hassanah, dalam sidang kasus suap izin Meikarta, desakan agar Tjahjo...
 

KARS Lakukan Survei Akreditasi di RSUD Latemmamala

Fajaronline.co.id, Soppeng -- Surveior Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) dr Elzarita Arbain MKes didampingi bupati Soppeng, A Kaswadi Razak SE,...
 

Soal Teror Bom Pimpinan KPK, Kerja Polri Tak Kunjung Ada Hasil

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA -- Upaya mengungkap pelaku teror bom di rumah pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak kunjung membuahkan hasil....
 

Stabilitas Pangan Pengaruhi Tingginya Garis Kemiskinan

FAJARONLINE.CO.ID, MAMUJU — Stabilitas pangan di Sulbar masih berpengaruh terhadap meningkatnya garis kemiskinan. Badan Pusat Statistik (BPS)...
 

Lantamal VI Percantik Kanal Paotere dengan Lampu Hias

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR — Pangkalan Utama TNI AL VI  (Lantamal VI) terus mempercantik Kanal Paotere agar lebih menarik. Inovasi...
 

Kades Timbuseng Hanya Berharap Warga Lebih Tertib Administrasi

FAJARONLINE.CO.ID -- Kepala Desa (Kades) Timbuseng, Kabupaten Gowa, Rabaking Naba, mengklarifikasi soal kabar mengancam usir warga yang tak punya KTP...
 

MU Ingin Jual Pemain Muslim Kesayangan Mourinho

FAJARONLINE.CO.ID, MANCHESTER—Manchester United sepertinya ingin menghapus seluruh kenangan bersama Jose Mourinho. Setelah pemecatan sang...
 

Menanti Kontestasi Wacana

Oleh: Hasrullah, (Edisi Rabu 16 Januari 2019)Dalam analisis aktor (baca: komunikator politik), menarik untuk diprediksikan kedua calon presiden...
 

MPR : Penyebar Hoaks Bisa Dipenjara 6 Tahun

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA - Masyarakat harus bijak dalam menyebar berbagai informasi yang berhubungan dengan politik, jelang Pemilu...

Load More