Fajar

  Breaking News

Kalahkan Kroasia 4-2, Prancis Raih Gelar Piala Dunia Kedua di Rusia

Prancis juara Piala Dunia 2018. (Foto: Shaun Botterill/Getty Images)
Piala Dunia 2018 - 16 Juli 2018, 00:57:37

FAJARONLINE.CO.ID, MOSKOW—Prancis menjadi kampiun Piala Dunia 2018 usai mengalahkan Kroasia di babak final. Les Bleus, julukan Prancis menaklukkan Kroasia dengan skor 4-2.

Bagi Prancis, ini menjadi gelar Piala Dunia kedua mereka setelah pada 1998 juga meraih trofi di negara sendiri. Sementara untuk Kroasia, kekalahan ini membuat mereka gagal menorehkan sejarah menjadi juara untuk kali pertama.

Jalannya Pertandingan

Pada laga yang berlangsung di Luzhniki Stadium, Minggu, 15 Juli, malam Wita Kroasia mengambil inisiatif serangan di awal pertandingan. Akan tetapi, hingga 10 menit awal, Kroasia yang mengandalkan Mario Mandzukic di lini depan didukung oleh Ante Rebic, Luka Modric, dan Ivan Perisic tidak mampu menciptakan peluang berbahaya.

 Meski begitu, mereka setidaknya mampu tiga kali menembus kotak penalti dan mendapatkan satu sepak pojok. Sebaliknya, Prancis nyaris tanpa serangan di awal pertandingan yang dipimpin wasit asal Argentina, Nestor Pitana. Mereka dipaksa bermain bertahan oleh Kroasia.

Ancaman pertama diberikan Prancis di menit ke-16 setelah Kylian Mbappe mampu menerobos masuk ke kotak penalti. Namun umpan tarik yang coba ia berikan ke Antoine Griezmann mampu dibaca sektor pertahanan Kroasia. Meski begitu, Prancis mendapat tendangan bebas setelah Griezmann di langgar di depan kotak penalti.

Dari proses bola mati yang dieksekusi sendiri oleh Griezmann, Prancis mampu mencuri gol di menit ke-18. Mandzukic yang bermaksud membuang bola dengan kepalanya malah menjebol gawang sendiri. Bola sebenarnya bisa dijangkau Danijel Subasic, namun sang kiper tampak kurang siap sehingga bola tetap masuk ke gawangnya.

Kroasia langsung merespons setelah tertinggal 0-1. Berawal dari pelanggaran di sisi kiri pertahanan Prancis pada menit ke-20, Modric mengirim bola ke depan gawang yang disundul Domagoj Vida. Sayang, bola melambung jauh di atas mistar gawang. Demikian juga dengan peluang Ivan Rakitic di menit ke-23. Meski berdiri cukup bebas di dalam kotak penalti, tendangan voli gelandang Barcelona itu melayang jauh di atas mistar gawang Hugo Lloris.

Terus menyerang, Kroasia mampu menyamakan kedudukan di menit ke-28. Diawali pelanggaran N’Golo Kante terhadap Rakitic, Modric merancang gol ini. Bola ia arahkan ke sisi bek kiri Prancis yang disundul rekannya ke depan kotak penalti. Vida kemudian mendorong bola ke Perisic yang mampu melepaskan tendangan kaki kiri dari dalam kotak penalti yang tidak bisa dijangkau Lloris.

Permainan lebih terbuka setelah skor 1-1. Prancis yang awalnya tertekan mulai menyerang. Pada menit ke-33, mereka mampu mengancam gawang lewat sepak pojok Grizmann. Dari situasi ini, Prancis mendapatkan penalti setelah Ivan Perisic yang berduel dengan Blaise Matuidi di dalam kotak 16 menyentuh bola dengan tangannya. Penalti di menit ke-38 ini sendiri diberikan setelah ada intervensi dari video asisten wasit (VAR).

Tertinggal 1-2, Kroasia langsung mencoba merespons. Mereka pun nyaris menyamakan kedudukan setelah Ante Rebic mendapat bola matang di depan gawang hasil umpan silang dari sisi bek kanan Prancis. Sayang, tendangannya tidak mengenai bola dengan sempurna sehingga Lloris dengan mudah mengamankan gawangnya.

Pada menit ke-43, Kroasia kembali mendapat dua peluang yang diawali sepak pojok. Namun keduanya tidak berujung gol. Di percobaan pertama, tendangan Dejan Lovren mengenai punggung Paul Pogba lalu bergulir ke luar lapangan. Sedangkan pada corner kedua, sempat terjadi kemelut di depan gawang sebelum bola dibuang pemain Prancis. Tanpa gol tambahan, Prancis memimpin 2-1 saat turun minum.

Kembali dari ruang ganti, Prancis mendapat peluang pertama. Saat laga baru berjalan satu menit, Griezmann melepaskan tendangan kaki kiri dari depan kotak penalti usai menerima umpan Olivier Giroud. Akan tetapi, tendangannya mengarah ke tengah dan dengan mudah ditangkap Subasic.

Kroasia balas mengancam di menit ke-47. Menerima umpan terobosan di kotak penalti, Rebic melepaskan tendangan keras kaki kiri. Beruntung bagi Prancis, Lloris masih bisa menepis bola dan hanya menghasilkan tendangan penjuru. Usaha berikutnya dari pemain Kroasia setelah sepak pojok melenceng jauh dari tiang gawang.

Pada menit ke-51, giliran Prancis yang mengancam gawang Kroasia. Mbappe yang mendapat bola mampu melewati Vida. Sayang, tendangan kaki kanan pemain 19 tahun itu mampu digagalkan Subasic dengan kakinya. Laga terhenti satu menit setelahnya karena salah seorang penonton masuk ke lapangan.

Prancis melakukan pergantian pemain di menit ke-53. Pelatih Didier Deschamps menarik keluar N’Golo Kante dan memasukkan Steven N’Zonzi. Selain karena sudah mengantongi kartu kuning, Kante memang tidak bermain seperti biasanya.

Lewat serangan balik di menit ke-59, Mbappe mengkreasi gol Prancis untuk mengubah skor menjadi 3-1. Menerobos hingga kotak penalti, Mbappe mengirim umpan kepada Griezmann. Karena tidak punya ruang tembak, Griezmann mendorong bola kepada Paul Pogba yang berdiri bebas di depan kotak penalti. Tendangan kaki kanan Pogba sempat diblok. Namun bola langsung kembali disambar pemain Manchester United itu dengan kaki kirinya yang tak bisa dijangkau Subasic yang mati langkah.

Unggul dua, Prancis makin berani menyerang. Semenit setelah gol ketiga mereka, Griezmann dan kawan-kawan kembali mendapat peluang gol. Namun, usaha tiga pemain Prancis di kotak penalti tidak mampu berujung gol.

Tim Ayam Jantan, julukan Prancis memperlebar jarak menjadi 4-1 pada menit ke-65. Kali ini, Mbappe yang mencatatkan namanya di papan skor setelah menerima assist Lucas Hernandez dari sisi kiri. Mbappe menaklukkan Subasic lewat tendangan keras kaki kanan yang mengarah ke sisi kanan kiper.

Hanya berselang dua menit setelah gol Mbappe yang sepertinya sudah membunuh pertandingan, Lloris melakukan blunder yang membuat Kroasia menipiskan ketertinggalan menjadi 4-2. Menerima back passing dari rekannya, bola yang coba dibuang Lloris mengenai kaki Mandzkuic yang langsung bergulir ke dalam gawang.

Di menit ke-70, Pelatih Kroasia, Zlatko Dalic memasukkan penyerang Andrej Kramaric menggantikan Rebic. Pergantian ini direspons pelatih Prancis dengan memperkuat lini tengah. Matuidi ditarik keluar digantikan pemain yang lebih muda, Corentin Tolisso.

Kroasia mencoba meningkatkan tempo permainan saat laga memasuki menit ke-75. Mereka pun mendapat peluang bagus di menit ke-77. Sayang, tendangan kaki kiri Ivan Rakitic mengenai pemain Prancis sehingga bola keluar lapangan. Prancis dua menit kemudian berbalik menyerang. Mbappe dengan kecepatannya lagi-lagi bisa menerobos pertahanan Kroasia. Sayang ia terjatuh saat menggiring bola.

Kedua kubu sama-sama melakukan pergantian pemain di menit ke-80. Giroud ditarik keluar oleh pelatih Prancis lalu digantikan Nabil Fekir. Sementara Kroasia menambah penyerang. Marko Pjaca masuk menggantikan bek Ivan Strinic. Di sentuhan pertamanya, Pjaca mampu meneror pertahanan Prancis namun dia kehilangan bola di dalam kotak penalti.

Satu upaya kembali dilakukan Kroasia melalui Rakitic. Cuma tendangan Rakitic dari luar kotak penalti melayang jauh di atas mistar gawang. Paul Pogba nyaris mencetak gol keduanya di menit ke-2 injury time saat mendapat bola dari Mbappe. Sayang, meski berdiri bebas di depan gawang, Pogba tidak mengenai bola.

 

Susunan Pemain

Prancis (4-2-3-1): Hugo Lloris; Benjamin Pavard, Raphael Varane, Samuel Umtiti, Lucas Hernandez; N'Golo Kante (Steven N’Zonzi 53’), Paul Pogba; Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, Blaise Matuidi (Corentin Tolisso 72’); Olivier Giroud (Nabil Fekir 80’)

Kroasia (4-2-3-1): Danijel Subasic; Sime Vrsaljko, Dejan Lovren, Domagoj Vida, Ivan Strinic (Marko Pjaca 80’); Marcelo Brozovic, Ivan Rakitic; Ante Rebic (Andrej Kramaric 70’), Luka Modric, Ivan Perisic; Mario Mandzukic

Media cetak bacaan terbaik hindari berita hoax. Untuk mengakses berita cetak, silahkan langganan premium epaper FAJAR disini epaper.fajaronline.co.id Kami kirimkan Anda koran secara gratis. (Syarat dan ketentuan berlaku). hubungi wa/tlp 085242899926 atau 0811462222

Author : amir

Berita Lainnya

🔀Berita Terkini
 

Berkantor di Kecamatan Gandasil, Bupati Nico Mendadak Jadi Guru

FAJARONLINE.CO.ID, MAKALE -- Urusan pelayanan pemerintahan dengan pola mendekatkan diri kepada rakyat dilakukan Bupati Tator, Nico Biringkanae....
 

Dukung Program Sejuta Rumah, BNI Sinjai Kembali Akad Kredit Massal dengan User

FAJARONLINE.CO.ID -- Program pemerintah menyiapkan sejuta rumah bagi warga ekonomi menengah ke bawah, khususnya segmen masyarakat berpenghasilan...
 

BPJS Ketenagakerjaan Serahkan Santunan JHT ke Owner MGH, Besarannya Rp1,285 Miliar

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR — BPJS Ketenagakerjaan wilayah Sulsel menyerahkan klaim santunan yang diterima langsung perwakilan dari...
 

Persib Berupaya Datangkan Ezechiel dan Bojan Malisic Jelang Hadapi PSM

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Persib Bandung belum menyerah. Maung Bandung masih tetap berusaha agar dua pemainnya, Ezeciel Ndouassel dan Bojan...
 

Larangan Memakai Cadar di Prancis Dianggap Melanggar HAM

FAJARONLINE.CO.ID - Komite Hak Asasi Manusia (HAM) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), pada Selasa (23/10/2018), memutuskan...
 

Pameran Bursa Kerja Di Maros Dibuka, Ada 400 an Lowongan Kerja

FAJARONLINE.CO.ID, MAROS -- Pameran bursa kerja atau Job Fair yang digelar Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Maros mulai dibuka hari ini, Rabu, 24 Oktober...
 

Dua Unit Komputer dan 10 Karung Beras Rastra Digasak Maling

FAJARONLINE.CO.ID, MAROS -- Dua unit komputer merk HP dan Asus ukuran 23 inci serta 10 karus beras sejahtera (Rastra) digasak maling di Kantir Lurah...
 

Hanya Butuh Menang 1-0, Pemain Indonesia U-19 Minta Dukungan Suporter di GBK

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA—Pemain belakang Timnas Indonesia U-19, Firza Andika mengatakan timnya sudah melakukan persiapan yang matang jelang...
 

Laga Hidup Mati Malam Ini, Indra Sjafri Optimis Bisa Kalahkan UEA

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA—Tim Nasional Indonesia U-19 akan menghadapi Uni Emirat Arab (UEA) pada laga terakhir Grup A Piala AFC U-19 2018 di...
 

Jose Mourinho Akui Juventus Terlalu Kuat

FAJARONLINE.CO.ID, MANCHESTER—Manchester United gagal memaksimalkan laga kandang di matchday ketiga Liga Champions. Menjamu Juventus, Setan...
 

Madrid Susah Payah Kalahkan Plzen, Lopetegui: Yang Penting Tiga Poin

FAJARONLINE.CO.ID, MADRID—Real Madrid harus bersusah payah mengalahkan Viktoria Plzen di matchday ketiga Liga Champions. Meski begitu, Pelatih...
 

Rapper Tewas Terjatuh dari Sayap Pesawat Saat Syuting

FAJARONLINE.CO.ID, VERNON—Rapper Kanada, Jon James McMurray meninggal setelah jatuh dari sayap pesawat selama syuting video. Ia tewas di tempat...
 

Tubuh Khashoggi Ditemukan di Sumur Kediaman Konsul Jenderal Saudi

FAJARONLINE.CO.ID, ISTANBUL—Jenazah wartawan Jamal Khashoggi akhirnya ditemukan di sebuah sumur di kediaman Konsul Jenderal Saudi di Istanbul....
 

Ini Klasemen Grup E hingga H Liga Champions

FAJARONLINE.CO.ID, MANCHESTER—Matchday ketiga Liga Champions di Grup E hingga H digelar Rabu, 24 Oktober, dinihari tadi. Berikut klasemen...
 

Hasil Lengkap Liga Champions Rabu Hari Ini

FAJARONLINE.CO.ID, MADRID—Delapan laga matchday ketiga Liga Champions digelar Rabu hari ini. Berikut hasil lengkapnya sebagaimana dikutip dari...
 

Hajar Shakhtar Donetsk 3-0, Manchester City Puncaki Grup F

FAJARONLINE.CO.ID, DONETSK—Manchester City mengambialih puncak klasemen Grup F Liga Champions setelah mengalahkan Shakhtar Donetsk. Dalam laga...
 

Akhiri Periode Buruk, Madrid Menang 2-1 Atas Viktoria Plzen di Bernabeu

FAJARONLINE.CO.ID, MADRID—Real Madrid mengakhiri periode tanpa kemenangan mereka. Menghadapi wakil Republik Ceko, Viktoria Plzen di matchday...
 

Juventus Permalukan MU di Old Trafford

FAJARONLINE.CO.ID, MANCHESTER—Juventus menekuk Manchester United pada matchday ketiga Grup H Liga Champions musim 2018/2019. Dalam laga yang...
 

Kalahkan AEK Athens, Bayern Pimpin Grup E

FAJARONLINE.CO.ID, ATHENA—Raksasa Jerman, Bayern Munchen untuk sementara memimpin Grup E Liga Champions 2018/2019. Itu setelah mereka...
 

Alumni 89 Spensa Gagas Reuni Tiga Dekade

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Alumni 1989 SMP Negeri 1 (Spensa) Makassar menggagas reuni tahun depan. Reuni ini istimewa, karena menjadi ajang...
 

Misi Sulsel Pertahankan Runner Up di Popwil

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Kontingen Sulsel bertolak ke Mataram. Mereka akan mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) IV, Mataram NTB,...
 

Wacana Gedung DPR Dilapisi Kaca Anti Peluru Dinilai Buang-buang APBN

FAJARONLINE.CO.ID -- Anggota Komisi III DPR Ahmad Sahroni mengatakan, kasus peluru nyasar ke gedung DPR tidak seharusnya dibesar-besarkan. Apalagi...
 

Ponakan Setya Novanto Mengaku Diutus Serahkan USD 100 Ribu ke Aziz Syamsuddin

FAJARONLINE.CO.ID -- Terdakwa korupsi kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) Irvanto Hendra Pambudi Cahyo mengaku pernah menyerahkan uang sebesar...
 

Pemilih Milenial Parepare Harap Prabowo-Sandiaga Menang

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR - Masyarakat Sulsel Khusus pemilih muda atau kaum milenial di Kota Parepare berharap banyak pasangan Prabowo-Sandiaga...
 

Madu Trigona Lutra Dipamer di Jakarta, Banyak Diminati Pengunjung

FAJARONLINE.CO.ID, MASAMBA -- Stand Pameran Luwu Utara yang menyajikan produk Madu Trigona dan propolis dalam ajang Pameran dan Konferensi Perlebahan...

Load More