Fajar

  Breaking News

Kalahkan Kroasia 4-2, Prancis Raih Gelar Piala Dunia Kedua di Rusia

Prancis juara Piala Dunia 2018. (Foto: Shaun Botterill/Getty Images)
Piala Dunia 2018 - 16 Juli 2018, 00:57:37

FAJARONLINE.CO.ID, MOSKOW—Prancis menjadi kampiun Piala Dunia 2018 usai mengalahkan Kroasia di babak final. Les Bleus, julukan Prancis menaklukkan Kroasia dengan skor 4-2.

Bagi Prancis, ini menjadi gelar Piala Dunia kedua mereka setelah pada 1998 juga meraih trofi di negara sendiri. Sementara untuk Kroasia, kekalahan ini membuat mereka gagal menorehkan sejarah menjadi juara untuk kali pertama.

Jalannya Pertandingan

Pada laga yang berlangsung di Luzhniki Stadium, Minggu, 15 Juli, malam Wita Kroasia mengambil inisiatif serangan di awal pertandingan. Akan tetapi, hingga 10 menit awal, Kroasia yang mengandalkan Mario Mandzukic di lini depan didukung oleh Ante Rebic, Luka Modric, dan Ivan Perisic tidak mampu menciptakan peluang berbahaya.

 Meski begitu, mereka setidaknya mampu tiga kali menembus kotak penalti dan mendapatkan satu sepak pojok. Sebaliknya, Prancis nyaris tanpa serangan di awal pertandingan yang dipimpin wasit asal Argentina, Nestor Pitana. Mereka dipaksa bermain bertahan oleh Kroasia.

Ancaman pertama diberikan Prancis di menit ke-16 setelah Kylian Mbappe mampu menerobos masuk ke kotak penalti. Namun umpan tarik yang coba ia berikan ke Antoine Griezmann mampu dibaca sektor pertahanan Kroasia. Meski begitu, Prancis mendapat tendangan bebas setelah Griezmann di langgar di depan kotak penalti.

Dari proses bola mati yang dieksekusi sendiri oleh Griezmann, Prancis mampu mencuri gol di menit ke-18. Mandzukic yang bermaksud membuang bola dengan kepalanya malah menjebol gawang sendiri. Bola sebenarnya bisa dijangkau Danijel Subasic, namun sang kiper tampak kurang siap sehingga bola tetap masuk ke gawangnya.

Kroasia langsung merespons setelah tertinggal 0-1. Berawal dari pelanggaran di sisi kiri pertahanan Prancis pada menit ke-20, Modric mengirim bola ke depan gawang yang disundul Domagoj Vida. Sayang, bola melambung jauh di atas mistar gawang. Demikian juga dengan peluang Ivan Rakitic di menit ke-23. Meski berdiri cukup bebas di dalam kotak penalti, tendangan voli gelandang Barcelona itu melayang jauh di atas mistar gawang Hugo Lloris.

Terus menyerang, Kroasia mampu menyamakan kedudukan di menit ke-28. Diawali pelanggaran N’Golo Kante terhadap Rakitic, Modric merancang gol ini. Bola ia arahkan ke sisi bek kiri Prancis yang disundul rekannya ke depan kotak penalti. Vida kemudian mendorong bola ke Perisic yang mampu melepaskan tendangan kaki kiri dari dalam kotak penalti yang tidak bisa dijangkau Lloris.

Permainan lebih terbuka setelah skor 1-1. Prancis yang awalnya tertekan mulai menyerang. Pada menit ke-33, mereka mampu mengancam gawang lewat sepak pojok Grizmann. Dari situasi ini, Prancis mendapatkan penalti setelah Ivan Perisic yang berduel dengan Blaise Matuidi di dalam kotak 16 menyentuh bola dengan tangannya. Penalti di menit ke-38 ini sendiri diberikan setelah ada intervensi dari video asisten wasit (VAR).

Tertinggal 1-2, Kroasia langsung mencoba merespons. Mereka pun nyaris menyamakan kedudukan setelah Ante Rebic mendapat bola matang di depan gawang hasil umpan silang dari sisi bek kanan Prancis. Sayang, tendangannya tidak mengenai bola dengan sempurna sehingga Lloris dengan mudah mengamankan gawangnya.

Pada menit ke-43, Kroasia kembali mendapat dua peluang yang diawali sepak pojok. Namun keduanya tidak berujung gol. Di percobaan pertama, tendangan Dejan Lovren mengenai punggung Paul Pogba lalu bergulir ke luar lapangan. Sedangkan pada corner kedua, sempat terjadi kemelut di depan gawang sebelum bola dibuang pemain Prancis. Tanpa gol tambahan, Prancis memimpin 2-1 saat turun minum.

Kembali dari ruang ganti, Prancis mendapat peluang pertama. Saat laga baru berjalan satu menit, Griezmann melepaskan tendangan kaki kiri dari depan kotak penalti usai menerima umpan Olivier Giroud. Akan tetapi, tendangannya mengarah ke tengah dan dengan mudah ditangkap Subasic.

Kroasia balas mengancam di menit ke-47. Menerima umpan terobosan di kotak penalti, Rebic melepaskan tendangan keras kaki kiri. Beruntung bagi Prancis, Lloris masih bisa menepis bola dan hanya menghasilkan tendangan penjuru. Usaha berikutnya dari pemain Kroasia setelah sepak pojok melenceng jauh dari tiang gawang.

Pada menit ke-51, giliran Prancis yang mengancam gawang Kroasia. Mbappe yang mendapat bola mampu melewati Vida. Sayang, tendangan kaki kanan pemain 19 tahun itu mampu digagalkan Subasic dengan kakinya. Laga terhenti satu menit setelahnya karena salah seorang penonton masuk ke lapangan.

Prancis melakukan pergantian pemain di menit ke-53. Pelatih Didier Deschamps menarik keluar N’Golo Kante dan memasukkan Steven N’Zonzi. Selain karena sudah mengantongi kartu kuning, Kante memang tidak bermain seperti biasanya.

Lewat serangan balik di menit ke-59, Mbappe mengkreasi gol Prancis untuk mengubah skor menjadi 3-1. Menerobos hingga kotak penalti, Mbappe mengirim umpan kepada Griezmann. Karena tidak punya ruang tembak, Griezmann mendorong bola kepada Paul Pogba yang berdiri bebas di depan kotak penalti. Tendangan kaki kanan Pogba sempat diblok. Namun bola langsung kembali disambar pemain Manchester United itu dengan kaki kirinya yang tak bisa dijangkau Subasic yang mati langkah.

Unggul dua, Prancis makin berani menyerang. Semenit setelah gol ketiga mereka, Griezmann dan kawan-kawan kembali mendapat peluang gol. Namun, usaha tiga pemain Prancis di kotak penalti tidak mampu berujung gol.

Tim Ayam Jantan, julukan Prancis memperlebar jarak menjadi 4-1 pada menit ke-65. Kali ini, Mbappe yang mencatatkan namanya di papan skor setelah menerima assist Lucas Hernandez dari sisi kiri. Mbappe menaklukkan Subasic lewat tendangan keras kaki kanan yang mengarah ke sisi kanan kiper.

Hanya berselang dua menit setelah gol Mbappe yang sepertinya sudah membunuh pertandingan, Lloris melakukan blunder yang membuat Kroasia menipiskan ketertinggalan menjadi 4-2. Menerima back passing dari rekannya, bola yang coba dibuang Lloris mengenai kaki Mandzkuic yang langsung bergulir ke dalam gawang.

Di menit ke-70, Pelatih Kroasia, Zlatko Dalic memasukkan penyerang Andrej Kramaric menggantikan Rebic. Pergantian ini direspons pelatih Prancis dengan memperkuat lini tengah. Matuidi ditarik keluar digantikan pemain yang lebih muda, Corentin Tolisso.

Kroasia mencoba meningkatkan tempo permainan saat laga memasuki menit ke-75. Mereka pun mendapat peluang bagus di menit ke-77. Sayang, tendangan kaki kiri Ivan Rakitic mengenai pemain Prancis sehingga bola keluar lapangan. Prancis dua menit kemudian berbalik menyerang. Mbappe dengan kecepatannya lagi-lagi bisa menerobos pertahanan Kroasia. Sayang ia terjatuh saat menggiring bola.

Kedua kubu sama-sama melakukan pergantian pemain di menit ke-80. Giroud ditarik keluar oleh pelatih Prancis lalu digantikan Nabil Fekir. Sementara Kroasia menambah penyerang. Marko Pjaca masuk menggantikan bek Ivan Strinic. Di sentuhan pertamanya, Pjaca mampu meneror pertahanan Prancis namun dia kehilangan bola di dalam kotak penalti.

Satu upaya kembali dilakukan Kroasia melalui Rakitic. Cuma tendangan Rakitic dari luar kotak penalti melayang jauh di atas mistar gawang. Paul Pogba nyaris mencetak gol keduanya di menit ke-2 injury time saat mendapat bola dari Mbappe. Sayang, meski berdiri bebas di depan gawang, Pogba tidak mengenai bola.

 

Susunan Pemain

Prancis (4-2-3-1): Hugo Lloris; Benjamin Pavard, Raphael Varane, Samuel Umtiti, Lucas Hernandez; N'Golo Kante (Steven N’Zonzi 53’), Paul Pogba; Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, Blaise Matuidi (Corentin Tolisso 72’); Olivier Giroud (Nabil Fekir 80’)

Kroasia (4-2-3-1): Danijel Subasic; Sime Vrsaljko, Dejan Lovren, Domagoj Vida, Ivan Strinic (Marko Pjaca 80’); Marcelo Brozovic, Ivan Rakitic; Ante Rebic (Andrej Kramaric 70’), Luka Modric, Ivan Perisic; Mario Mandzukic

Author : amir

Download Aplikasi Android dan IOS Fajaronline

 


Tags



Berita Lainnya

🔀Berita Terkini
 

Baru Saja... Lagi-lagi Gempa Guncang Lombok, Getarannya Menggoyang Makassar

FAJARONLINE.CO.ID -- Gempa dengan kekuatan 7.0 Skala Richter kembali mengguncang Lombok. Informasi yang dihimpun, gempa yang berlangsung malam ini,...
 

Berlangsung Meriah, Ini Dia Video Pernikahan Pengantin dengan Panaik Rp1 Miliar

FAJARONLINE.CO.ID, WATAMPONE -- Pesta pernikahan Muhammad Alwi Daeng Makkelo (66) dengan Andi Sulpaidah (36) telah berlangsung di Desa Tanete...
 

Terbaru, Perolehan Medali Asian Games, China Kokoh di Puncak

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA---Tidak butuh waktu lama bagi China untuk menduduki posisi pucuk klasemen. Sebelumnya China harus menyerahkan...
 

Kisah Pengantin Panaik Rp1 Miliar, Ternyata Cinlok dengan Bos

FAJARONLINE.CO.ID, WATAMPONE -- Pasangan pengantin M Alwi Dg Makkelo (66) dan Andi Sulpaidah (36) tengah berbahagia. Resepsi pernikahan telah...
 

Top Score dan Fajar Galang Dana untuk Korban Gempa Lombok

Top Score Sport Games and Entertainment bersama Fajar menggalang dana untuk korban gempa Lombok di Top Score Pasar Segar, Minggu, 19...
 

REI Tidak Cukup Kalau Cuma Satu Bank

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- DPD REI Sulsel masih terus memacu pembangunan. Itu dilakukan agar target sepanjang tahun ini bisa...
 

Pasca Gempa, GGD Laksanakan Trauma Healing di Lombok

FAJARONLINE.CO.ID -- Guru Garis Depan (GGD) se-Pulau Lombok mengadakan trauma healing di pelosok Kabupaten Lombok Utara, Sabtu (18/8/2018)...
 

Aksi Bersih Pantai di Makassar, Kaka Slank Puji Antusiasme Personel Lantamal VI

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Kaka Slank yang merupakan salah satu relawan dari Pandu Laut Nusantara memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih...
 

Serapan Pajak Sudah Capai 41,92 Persen dari Target

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Petugas pajak terus berupaya menggenjot pendapatan negara. Sejauh ini, sudah hampir separuh dari...
 

Dua Gempa Kembali Guncang Lombok, Warga Terpaksa Tinggalkan Kebun dan Motor

FAJARONLINE.CO.ID -- Dua gempa susulan kembali terjadi di Lombok, Minggu (19/8/2018) pagi tadi. Gempa itu mengguncang wilayah tersebut hanya dengan...
 

Hebat... Film Sebelum Iblis Menjemput Masuk Festival Paris 2018

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Setelah sukses merajai bioskop Indonesia dan bioskop Malaysia, kini film "Sebelum Iblis Menjemput" milik Timo...
 

Ketua PDIP Sulsel Siapkan 41 Ekor Hewan Kurban

Fajaronline.co.id, Makassar -- Ketua Dewan Pimpinan Daerah PDI Perjuangan Provinsi Sulsel, Andi Ridwan Witiri menyiapkan sedikitnya 41 ekor sapi...
 

Bendera Raksasa Merah Putih Terbentang di Tengah Laut Bone

FAJARONLINE.CO.ID, WATAMPONE -- Bendera merah putih sepanjang 73 meter terbentang di tengah perairan teluk Bone, Minggu, 19 Agustus. Bendera selebar...
 

Produk PKM PNUP Berpeluang Tembus Modern Market

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) memperkenalkan produk jahenya...
 

Foto Masjid Terapung Makassar Karya Danny Pomanto Dipamerkan di Dubai

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Membanggakan. Foto Masjid Terapung Amirul Mukminin yang diarsiteki Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan...
 

Pantai Bawasalo Jadi Lokasi Bersih-bersih Pantai di Pangkep

FAJARONLINE.CO.ID, PANGKEP -- Sejumlah elemen masyarakat ikut serta dalam agenda bersih-bersih pantai. Itu dilakukan serentak dalam rangka peringatan...
 

The Equalizer 2, Aksi Denzel Washington yang Tenang Tetapi Brutal

FAJARONLINE.CO.ID -- FILM ini diangkat dari serial TV berjudul sama, dan merupakan sekual dari film sebelumnya The Equalizer, karya sutradara Antoine...
 

Langsungkan Resepsi, Kakek dengan Panaik Rp1 Miliar yang Viral Itu Resmi Menikah

FAJARONLINE.CO.ID, WATAMPONE -- Andi Sulpaidah (36) resmi tak sendiri lagi. Ia resmi dinikahi pemilik developer PT Harfana Halim Indah, Muhammad Alwi...
 

Hadir di Rapimwil PWPM Sulsel, Sandiaga Uno: Pemuda Muhammadiyah Sangat Luar Biasa

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Bakal Calon Wakil Presiden, Sandiaga Salahuddin Uno turut hadir dalam kegiatan Rapat Pimpinan Wilayah (Rapimwil)...
 

Kenakan Sarung, Romahurmuziy: Jokowi Semakin Rekat dengan Ulama

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA -- Jokowi kerap mengenakan sarung acap kali bertemu dengan ulama. Ini adalah simbol kedekatan orang nomor satu...
 

Warga Bajoe Ikut Bentangkan Bendera Merah Putih Sepanjang 73 Meter

FAJARONLINE.CO.ID, WATAMPONE -- Dinas Pariwisata dan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Bone sukses membentangkan bendera merah putih sepanjang 73...
 

Masuk DBL First Team, Anugerah Bagi Siswa Smaga Ini

FAJARINLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Terpilih bergabung dalam DBL First Team boys membuat M Alfian Akbar bangga. Sesuatu yang telah lama dia...
 

10 Jam Sandiaga di Makasar, Jubir Gerindra: Penerimaan Warga Sangat Tinggi

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Calon wakil presiden Sandiaga Uno berkunjung ke Makassar, Minggu, 19 Agustus, hari ini. Kurang lebih 10 jam...
 

Sumbang Emas Pertama, Defia: Terima Kasih Buat Allah SWT

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA---Defia Rosmaniar mempersembahkan medali emas pertama Asian Games 2018 bagi kontingen Indonesia. Atlet...
 

Jumlahnya Melimpah, Aneh... Konsumsi Ikan Warga Luwu Utara Malah Rendah

FAJARONLINE.CO.ID, MASAMBA -- Tingkat konsumsi ikan bagi masyarakat Luwu Utara perlu digenjot. Padahal, produksi ikan di Luwu Utara melimpah. Kepala...

Load More