Fajar

  Breaking News

Kalahkan Inggris, Belgia Torehkan Prestasi Terbaik di Piala Dunia

Eden Hazard dan kawan-kawna merayakan gol kedua Belgia. (Foto: Toru Hanai/Reuters)
Piala Dunia 2018 - 14 Juli 2018, 23:55:29

SAINT PETERSBURG, FAJAR—Belgia berhasil membuat sejarah dengan untuk kali pertama mengakhiri Piala Dunia di posisi ketiga. Itu setelah mereka mengalahkan Inggris dalam perebutan tempat ketiga di Stadion Saint Petersburg, Sabtu, 14 Juli malam Wita yang berakhir beberapa saat lalu.

Bagi Belgia, dari 13 kali partisipasi Piala Dunia mereka, ini adalah prestasi tertinggi mereka. Sebelumnya, capaian terbaik mereka adalah juara empat pada Piala Dunia 1986. Inggris sendiri hanya menyamai prestasi mereka di Piala Dunia 1990 saat juga finis di posisi keempat.

Jalannya Pertandingan

Inggris yang melakukan lima perubahan komposisi starter menguasai pertandingan di menit awal. Hanya saja, mereka tak bisa menembus pertahanan Belgia. Bahkan, lewat serangan pertama Belgia, mereka langsung bisa mencetak gol. Thomas Meunier menaklukan kiper Jordan Pickford di menit ke-4 lewat sontekan kaki kanan setelah menerima umpan Nacer Chadli dari sisi bek kanan pertahanan Inggris.

Tertinggal 0-1, Inggris mencoba bereaksi dengan kembali melakukan tekanan melalui duet Raheem Sterling dan Harry Kane. Akan tetapi, lagi-lagi mereka nyaris jebol di menit ke-11. Mendapat umpan Romelu Lukaku, bola yang gagal diantisipasi dengan baik pemain bertahan Inggris jatuh di kaki Kevin de Bruyne. Beruntung bagi Inggris Pickford mampu memblok tendangan De Bruyne meski sudah mati langkah setelah bola mengenai kaki rekannya dan berbelok arah.

Inggris memberikan ancaman lewat dua upaya mereka di menit ke-13 dan 14. Namun dua peluang tersebut, termasuk lewat sundulan Ruben Loftus-Cheek mampu diamankan kiper Belgia, Thibaut Courtois.

Belgia merespons di menit ke-16. Menerima umpan terobosan De Bruyne, Romelu Lukaku lolos dari perangkap offside. Sayang, bola yang coba digiring bomber Manchester United itu terlalu jauh dari kakinya sehingga Pickford mampu merebutnya untuk mengamankan gawangnya dari kebobolan gol kedua.

Tusukan Ruben Loftus-Cheek kembali meneror pertahanan Setan Merah, julukan Belgia di menit ke-18. Pemain sayap Chelsea itu mampu melewati dua bek Belgia. Namun, umpannya ke depan gawang mampu dipotong Vincent Kompany dan hanya melahirkan sepak pojok. Situasi bola mati ini coba dimanfaatkan The Three Liosn. Akan tetapi, sundulan Harry Maguier bisa ditangkap dengan baik oleh Courtois.

Peluang terbaik Inggris didapatkan Kane di menit ke-22 saat mendapat bola manis di dalam kotak penalti dari Sterling. Meski sangat terbuka, tendangan keras striker Tottenham Hotspur itu melenceng jauh di sisi kanan tiang gawang Belgia.

Saling serang terus dipertontonkan kedua negara setelah memasuki pertengahan babak kedua. Namun tidak ada peluang berarti bagi kedua tim hingga memasuki menit ke-30. Belgia baru mendapat peluang cukup bagus di menit ke-33 ketika Eden Hazard menerobos masuk ke kotak penalti dan melepaskan tendangan keras yang diblok John Stones dan hanya melahirkan sepak pojok. Dari proses sepak pojok itu, Toby Alderweireld juga mendapat peluang bagus. Sayang, tendangannya masih melenceng tipis di atas mistar gawang.

Nacer Chadli yang memberi assist untuk gol Belgia mengalami cedera betis kiri di menit ke-38. Pelatih Belgia, Roberto Martinez terpaksa melakukan pergantian pemain. Sebagai pengganti pemain sayap West Bromwic Albion itu, Martinez memasukkan bek senior, Thomas Vermaelen.

Di lima menit akhir, Belgia mendominasi jalannya pertandingan. Sementara Inggris lebih banyak bertahan dan mengandalkan serangan balik. Lukaku sempat mendapat peluang saat menerima umpan jauh di depan kotak penalti. Ia berduel satu lawan satu dengan Harry Maguier yang berhasil menghalau sepakan Lukaku yang mengarah ke gawang. Wasit setelah itu meniup peluit dan laga babak pertama berakhir dengan skor 1-0 untuk Belgia.

Kembali dari ruang ganti, Manajer Inggris, Gareth Southgate langsung melakukan dua pergantian pemain. Danny Rose dan Sterling ditarik keluar digantikan Marcus Rashford dan Jesse Lingard. Masuknya dua penyerang baru ini membuat tekanan Inggris lebih berbahaya. Peluang terbaik mereka dapatkan di menit ke-53 saat Lingard mengirim umpan ke depan gawang. Sayang, Kane yang menyambut umpan matang itu dengan sontekan tidak mengenai bola.

Semenit kemudian, giliran Belgia yang mendapat peluang menggandakan keunggulan. De Bruyne memberi umpan terobosan kepada Lukaku di dalam kotak penalti yang lepas dari pengawalan bek Inggris. Akan tetapi, Lukaku gagal menguasai bola. Setelah melewatkan peluang ketiganya, Lukaku ditarik keluar dan digantikan Dries Mertens di menit ke-60.

Erik Dier mencoba keberuntungan lewat tendangan dari luar kotak penalti di menit ke-68. Namun, tendangan kerasnya dengan mudah ditangkap Courtois. Dua menit kemudian, Dier mendapat peluang terbagusnya. Bekerja sama satu dua dengan Rashford, Dier mampu berhadapan dengan kiper. Tendangan lobnya bahkan sudah melewati Courtois dan mengarah ke dalam gawang. Sayang, Alderweireld mampu membuang bola sebelum melewati garis gawang.

Dier lagi-lagi mengancam gawang Belgia di menit ke-71 ketika Lingard mengirim umpan ke depan gawang. Tapi sundulannya masih melenceng tipis di sisi kanan gawang. Begitu juga dengan Maguire dua menit kemudian. Set pieces Kieran Trippier yang diteruskan dengan sundulan melenceng hanya beberapa centi dari tiang gawang.

Serangan balik Belgia yang dibangun Bruyne di menit ke-75 juga coba mengancam pertahanan Inggris. Dalam situasi 3 lawan 2, bola dikirim De Bruyne kepada Mertens. Pemain Napoli itu kemudian melepaskan tembakan yang melebar. Dua menit kemudian, dalam proses sama, Hazard mengirim umpan terukur ke Meunier yang langsung melepaskan tendangan voli. Beruntung Inggris punya kiper sekelas Pickford yang bisa menepis tendangan itu.

Setelah melewatkan dua peluang emas, Belgia akhirnya bernar-benar mampu menggandakan keunggulan di menit ke-82. Menerima umpan terobosan di sisi kiri, Hazard mampu menerobos ke kotak penalti dan melepaskan diri dari kejaran Phil Stones. Saat berhadapan satu lawan satu dengan kiper, winger Chelsea itu dengan mudah menaklukkan Pickford. Skor 2-0 untuk Belgia.

Di sisa laga, Inggris terus menekan Belgia. Namun hingga menit ke-90, mereka tidak mampu mencetak gol untuk memperkecil ketertinggalan. Tiga menit injury time juga tidak mampu mereka maksimalkan sehingga Belgia mampu mempertahankan keunggulan mereka hingga wasit asal Iran, Alireza Faghani meniup peluit tanda laga berakhir. (Trans TV/amr)

Susunan Pemain

Belgia: Thibaut Courtois; Toby Alderweireld, Vincent Kompany, Jan Vertonghen; Nacer Chadli (Thomas Vermaelen 38’), Youri Tielemans (Mousa Dembele 77’), Axel Witsel, Thomas Meunier; Kevin De Bruyne, Eden Hazard,  Romelu Lukaku (Dries Mertens 60’)

Inggris: Jordan Pickford; Phil Jones, Harry Maguire, John Stones; Danny Rose (Jesse Lingard 46’), Fabian Delph, Erik Dier, Ruben Loftus-Cheek (Dele Alli 83’), Kieran Trippier; Harry Kane, Raheem Sterling (Marcus Rashford 46’)

Author : amir

Download Aplikasi Android dan IOS Fajaronline

 


Tags



Berita Lainnya

🔀Berita Terkini
 

Angin Kencang Lukai 14 Penonton, Konser Backstreet Boys Dibatalkan

FAJARONLINE.CO.ID, OKLAHOMA—Setidaknya 14 orang terluka menjelang konser Backstreet Boys di Oklahoma, Amerika Serikat. Boyband itu pun terpaksa...
 

Spektakuler, Segini Biaya Opening Ceremony Asian Games 2018

FAJARONLINE.CO.ID -- Opening Ceremony Asian Games 2018 yang berlangsung tadi malam di Stadion Utama Gelora Bung Karno cukup meriah dan mendapat...
 

Duh.. 7 Bulan Beroperasi, Kafe Ini Tak Pernah Bayar Pajak

FAJARONLINE.CO.ID, PAREPARE- Sejumlah kafe yang beroperasi di Parepare enggan membayar pajak daerah. Salah satunya kafe yang diduga milik legislator...
 

Peserta Silaturahmi & Dialog Ekonomi Bersama Sandiaga Membludak

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR — Kunjungan Sandiaga S. Uno, Minggu, 19 Agustus ke Makassar menjadi magnet tersendiri bagi segenap masyarakat...
 

Kasus Suap PLTU Riau, Pengunjukrasa: KPK Periksalah Baik-baik Sofyan Basir

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA -- Kasus suap PLTU Riau-1 terus didalami oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), termasuk keterlibatan Menteri...
 

Dokter Andalan Emak-emak Bob Wahyudin Sasar Daerah Kumuh, Penyuluhan dan Pengobatan Gratis

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Djuwita F Moeloek saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I Ikatan Dokter...
 

KUA-PPAS, Belanja APBD Irit Rp11,70 Miliar

FAJARONLINE.CO.ID, PAREPARE - Pemkot Parepare dan DPRD setempat menyepakati Kebijakan Umum Anggaran-Prioritas Plafon Anggaran Sementara...
 

Jangan Jadikan NU Mesin Elektoral Politik, KH Ma'ruf Didesak Mundur

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA -- Pernyataan KH Ma’ruf Amin yang menyebut PBNU akan mengerahkan kadernya di Pilpres 2019, mendapat respons dari...
 

Meriahkan HUT RI, Danrem 142 Tatag Ikut Jalan Santai BUMN

FAJARONLINE.CO.ID, MAMUJU -- Berbagai cara dilakukan untuk memeriahkan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73 tahun 2018, salah...
 

PM se Sulsel Sepakat Dukung Syaiful Saleh di DPD RI

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Sulsel dan seluruh Pimpinan Daerah Pemuda se Sulsel komitmen bersama...
 

KUA PPAS 2019, Pemkab Jeneponto Rencanakan Pendapatan Rp1.296 Triliun

FAJARONLINE.CO.ID, JENEPONTO -- Pemkab Jeneponto merencanakan pendapatan daerah untuk 2019 sebesar Rp1.296 triliun. Angka tersebut naik sekitar 2,54...
 

Ini Sosok Pemuda yang Jadi Pemeran Pengganti Jokowi, Aksi Moge

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA -- Aksi Presiden Joko Widodo mengendarai sepeda motor di Opening Ceremony Asian Games 2018 Sabtu malam menuai pujian...
 

Dikeluarkan Tiba-tiba Sebelum Pengibaran Bendera, Paskibraka di Pangkep Kecewa

FAJARONLINE.CO.ID, PANGKEP -- Upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka peringatan HUT RI ke-73 telah usai, tetapi kegembiraan itu...
 

Sukses Kibarkan Merah Putih, Bupati Pangkep Siapkan Hadiah untuk Puluhan Paskibraka

FAJARONLINE.CO.ID, PANGKEP -- Puluhan paskibraka Kabupaten Pangkep patut berbangga. Pemerintah Kabupaten Pangkep mengapresiasi keberhasilan...
 

Alhamdulillah, Indonesia Rebut Medali Pertama

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA -- Sehari setelah pembukaan Asian Games 2018, Indonesia langsung tancap gas dalam perburuan medali. Adalah atlet...
 

FOTO: Sandiaga Uno Silaturahmi dengan Partai Koalisi

Calon Wakil Presiden, Sandiaga Salahuddin Uno bertemu dengan partai koalisi pasangan Presiden dan Wakil Presiden, Prabowo Subianto-Sandiaga...
 

Dunia Berduka, Mantan Sekjen PBB Kofi Annan Meninggal Dunia

FAJARONLINE.CO.ID, NEW YORK—Mantan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Kofi Annan meninggal pada usia 80. The Kofi Annan...
 

LETSTUDY Gelar Tryout Akbar Persiapan CPNS 2018 di Graha Pena

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR--LETStudy sebagai bimbingan intensif bagi pencari kerja menggelar Try Out Akbar persiapan CPNS 2018. Kegiatan ini digelar...
 

Waspada, Gunung Anak Krakatau Alami Erupsi

FAJARONLINE.CO.ID -- Aktivitas gunung api di Indonesia terus meningkat, termasuk Gunung Anak Krakatau. Badan Geologi Kementerian ESDM mencatat jika...
 

Debut Ronaldo, Juventus Nyaris Diimbangi Chievo

FAJARONLINE.CO.ID, VERONA—Debut Cristiano Ronaldo bersama Juventus di Serie A nyaris berakhir buruk. Melawat ke markas Chievo, Juventus harus...
 

Chelsea Tekuk Arsenal 3-2 di Derby London

FAJARONLINE.CO.ID, LONDON—Chelsea menjadi pemenang derby London pertama musim 2018/2019. Menjamu Arsenal di Stamford Bridge pada Minggu, 19...
 

Waduh... Di Madura, Ada Gerakan Besar-besaran Haram Pilih Jokowi

FAJARONLINE.CO.ID, MADURA --Drama batalnya mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD untuk dijadikan calon wakil Presiden (Cawapres) Joko...
 

Gempa 8,2 SR Guncang Kepulauan Tonga dan Fiji

FAJARONLINE.CO.ID -- Survei Geologi AS (USGC) menyebutkan gempa berkekuatan 8,2 SR terjadi di Samudera Pasifik yang berada dekat kepulauan Tonga dan...
 

Bocah Pahlawan Merah Putih ini Diajak Nonton Pembukaan Asian Games dan Duduk di Kursi Menpora

FAJARONLINE.CO.ID -- Hari yang tak akan pernah dilupakan Yohanes Ande Kala kemarin diakhiri dengan pengalaman istimewa. Nonton spektakulernya...
 

FOTO: Sandiaga Uno Kunjungi Pasar Terong

Sandiaga Uno Tiba di Makassar Pagi Tadi, Minggu 19 Agustus. Sandi menyempatkan untuk berkunjung di Pasar Terong. Sejumlah pedagang dan warga...

Load More