Fajar

  Breaking News

Kalahkan Inggris, Belgia Torehkan Prestasi Terbaik di Piala Dunia

Eden Hazard dan kawan-kawna merayakan gol kedua Belgia. (Foto: Toru Hanai/Reuters)
Piala Dunia 2018 - 14 Juli 2018, 23:55:29

SAINT PETERSBURG, FAJAR—Belgia berhasil membuat sejarah dengan untuk kali pertama mengakhiri Piala Dunia di posisi ketiga. Itu setelah mereka mengalahkan Inggris dalam perebutan tempat ketiga di Stadion Saint Petersburg, Sabtu, 14 Juli malam Wita yang berakhir beberapa saat lalu.

Bagi Belgia, dari 13 kali partisipasi Piala Dunia mereka, ini adalah prestasi tertinggi mereka. Sebelumnya, capaian terbaik mereka adalah juara empat pada Piala Dunia 1986. Inggris sendiri hanya menyamai prestasi mereka di Piala Dunia 1990 saat juga finis di posisi keempat.

Jalannya Pertandingan

Inggris yang melakukan lima perubahan komposisi starter menguasai pertandingan di menit awal. Hanya saja, mereka tak bisa menembus pertahanan Belgia. Bahkan, lewat serangan pertama Belgia, mereka langsung bisa mencetak gol. Thomas Meunier menaklukan kiper Jordan Pickford di menit ke-4 lewat sontekan kaki kanan setelah menerima umpan Nacer Chadli dari sisi bek kanan pertahanan Inggris.

Tertinggal 0-1, Inggris mencoba bereaksi dengan kembali melakukan tekanan melalui duet Raheem Sterling dan Harry Kane. Akan tetapi, lagi-lagi mereka nyaris jebol di menit ke-11. Mendapat umpan Romelu Lukaku, bola yang gagal diantisipasi dengan baik pemain bertahan Inggris jatuh di kaki Kevin de Bruyne. Beruntung bagi Inggris Pickford mampu memblok tendangan De Bruyne meski sudah mati langkah setelah bola mengenai kaki rekannya dan berbelok arah.

Inggris memberikan ancaman lewat dua upaya mereka di menit ke-13 dan 14. Namun dua peluang tersebut, termasuk lewat sundulan Ruben Loftus-Cheek mampu diamankan kiper Belgia, Thibaut Courtois.

Belgia merespons di menit ke-16. Menerima umpan terobosan De Bruyne, Romelu Lukaku lolos dari perangkap offside. Sayang, bola yang coba digiring bomber Manchester United itu terlalu jauh dari kakinya sehingga Pickford mampu merebutnya untuk mengamankan gawangnya dari kebobolan gol kedua.

Tusukan Ruben Loftus-Cheek kembali meneror pertahanan Setan Merah, julukan Belgia di menit ke-18. Pemain sayap Chelsea itu mampu melewati dua bek Belgia. Namun, umpannya ke depan gawang mampu dipotong Vincent Kompany dan hanya melahirkan sepak pojok. Situasi bola mati ini coba dimanfaatkan The Three Liosn. Akan tetapi, sundulan Harry Maguier bisa ditangkap dengan baik oleh Courtois.

Peluang terbaik Inggris didapatkan Kane di menit ke-22 saat mendapat bola manis di dalam kotak penalti dari Sterling. Meski sangat terbuka, tendangan keras striker Tottenham Hotspur itu melenceng jauh di sisi kanan tiang gawang Belgia.

Saling serang terus dipertontonkan kedua negara setelah memasuki pertengahan babak kedua. Namun tidak ada peluang berarti bagi kedua tim hingga memasuki menit ke-30. Belgia baru mendapat peluang cukup bagus di menit ke-33 ketika Eden Hazard menerobos masuk ke kotak penalti dan melepaskan tendangan keras yang diblok John Stones dan hanya melahirkan sepak pojok. Dari proses sepak pojok itu, Toby Alderweireld juga mendapat peluang bagus. Sayang, tendangannya masih melenceng tipis di atas mistar gawang.

Nacer Chadli yang memberi assist untuk gol Belgia mengalami cedera betis kiri di menit ke-38. Pelatih Belgia, Roberto Martinez terpaksa melakukan pergantian pemain. Sebagai pengganti pemain sayap West Bromwic Albion itu, Martinez memasukkan bek senior, Thomas Vermaelen.

Di lima menit akhir, Belgia mendominasi jalannya pertandingan. Sementara Inggris lebih banyak bertahan dan mengandalkan serangan balik. Lukaku sempat mendapat peluang saat menerima umpan jauh di depan kotak penalti. Ia berduel satu lawan satu dengan Harry Maguier yang berhasil menghalau sepakan Lukaku yang mengarah ke gawang. Wasit setelah itu meniup peluit dan laga babak pertama berakhir dengan skor 1-0 untuk Belgia.

Kembali dari ruang ganti, Manajer Inggris, Gareth Southgate langsung melakukan dua pergantian pemain. Danny Rose dan Sterling ditarik keluar digantikan Marcus Rashford dan Jesse Lingard. Masuknya dua penyerang baru ini membuat tekanan Inggris lebih berbahaya. Peluang terbaik mereka dapatkan di menit ke-53 saat Lingard mengirim umpan ke depan gawang. Sayang, Kane yang menyambut umpan matang itu dengan sontekan tidak mengenai bola.

Semenit kemudian, giliran Belgia yang mendapat peluang menggandakan keunggulan. De Bruyne memberi umpan terobosan kepada Lukaku di dalam kotak penalti yang lepas dari pengawalan bek Inggris. Akan tetapi, Lukaku gagal menguasai bola. Setelah melewatkan peluang ketiganya, Lukaku ditarik keluar dan digantikan Dries Mertens di menit ke-60.

Erik Dier mencoba keberuntungan lewat tendangan dari luar kotak penalti di menit ke-68. Namun, tendangan kerasnya dengan mudah ditangkap Courtois. Dua menit kemudian, Dier mendapat peluang terbagusnya. Bekerja sama satu dua dengan Rashford, Dier mampu berhadapan dengan kiper. Tendangan lobnya bahkan sudah melewati Courtois dan mengarah ke dalam gawang. Sayang, Alderweireld mampu membuang bola sebelum melewati garis gawang.

Dier lagi-lagi mengancam gawang Belgia di menit ke-71 ketika Lingard mengirim umpan ke depan gawang. Tapi sundulannya masih melenceng tipis di sisi kanan gawang. Begitu juga dengan Maguire dua menit kemudian. Set pieces Kieran Trippier yang diteruskan dengan sundulan melenceng hanya beberapa centi dari tiang gawang.

Serangan balik Belgia yang dibangun Bruyne di menit ke-75 juga coba mengancam pertahanan Inggris. Dalam situasi 3 lawan 2, bola dikirim De Bruyne kepada Mertens. Pemain Napoli itu kemudian melepaskan tembakan yang melebar. Dua menit kemudian, dalam proses sama, Hazard mengirim umpan terukur ke Meunier yang langsung melepaskan tendangan voli. Beruntung Inggris punya kiper sekelas Pickford yang bisa menepis tendangan itu.

Setelah melewatkan dua peluang emas, Belgia akhirnya bernar-benar mampu menggandakan keunggulan di menit ke-82. Menerima umpan terobosan di sisi kiri, Hazard mampu menerobos ke kotak penalti dan melepaskan diri dari kejaran Phil Stones. Saat berhadapan satu lawan satu dengan kiper, winger Chelsea itu dengan mudah menaklukkan Pickford. Skor 2-0 untuk Belgia.

Di sisa laga, Inggris terus menekan Belgia. Namun hingga menit ke-90, mereka tidak mampu mencetak gol untuk memperkecil ketertinggalan. Tiga menit injury time juga tidak mampu mereka maksimalkan sehingga Belgia mampu mempertahankan keunggulan mereka hingga wasit asal Iran, Alireza Faghani meniup peluit tanda laga berakhir. (Trans TV/amr)

Susunan Pemain

Belgia: Thibaut Courtois; Toby Alderweireld, Vincent Kompany, Jan Vertonghen; Nacer Chadli (Thomas Vermaelen 38’), Youri Tielemans (Mousa Dembele 77’), Axel Witsel, Thomas Meunier; Kevin De Bruyne, Eden Hazard,  Romelu Lukaku (Dries Mertens 60’)

Inggris: Jordan Pickford; Phil Jones, Harry Maguire, John Stones; Danny Rose (Jesse Lingard 46’), Fabian Delph, Erik Dier, Ruben Loftus-Cheek (Dele Alli 83’), Kieran Trippier; Harry Kane, Raheem Sterling (Marcus Rashford 46’)


SETIAP ORANG PUNYA CERITA.
Langganan Anda Membantu Jurnalisme Berkualitas

Media cetak bacaan terbaik hindari berita hoax. Untuk mengakses berita cetak, silahkan langganan premium epaper FAJAR disini epaper.fajaronline.co.id Kami kirimkan Anda koran secara gratis. (Syarat dan ketentuan berlaku). hubungi wa/tlp 085242899926 atau 0811462222

Author : amir

Berita Lainnya

🔀Berita Terkini
 

Sambangi Kader PKS Sulsel, Habib Salim Segaf: Kemenangan, Kekalahan, Allah yang Menggilirkan

FAJARONLINE.CO.ID -- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sulawesi Selatan menggelar Silaturahmi dan Taujih Qiyadi di Hotel Dalton Makassar, Sabtu...
 

Keren.. Polwan-polwan Cantik Ajari Santri TPA Baca Alquran

FAJARONLINE.CO.ID, PANGKEP -- Polwan di Kabupaten Pangkep tidak hanya disibukkan dengan aktifitas kedinasan tiap harinya. Tetapi polwan...
 

Di STIE AMKOP Syarkawi Rauf Paparkan Evaluasi Ekonomi 2018 dan Outlook 2019

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Perkembangan inflasi secara nasional dalam empat tahun terakhir menunjukkan kecenderungan yang semakin menurun. Di...
 

Pengurus Demokrat Jakarta Pusat: Ada Pihak Terganggu dengan Kehadiran SBY di Riau

FAJARONLINE.CO.ID, SINJAI - Sekertaris DPC Partai Demokrat Jakarta Pusat, Heriwawan ikut merespons atas perusakan bendera PD dan Baliho Ketua Umum,...
 

Budayawan Yudhistira Massardi Berbagi Tips Menulis

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Budayawan dan juga Jurnalis Senior, Yudhistira Massardi, berbagi ilmu dengan Mahasiswa Sospol dan Ilmu Komunikasi dari...
 

Bantu Pelayanan Kesehatan Masyarakat, RMS Serahkan Mobil Ambulans di Enrekang

Fajaronline.co.id, Makassar — Ketua DPW Partai NasDem, Rusdi Masse (RMS), memperlihatkan lagi kepedulian sosialnya di tengah masyarakat di...
 

Bawa Sabu-sabu, Tiga Warga Parepare Diringkus

FAJARONLINE.CO.ID, PANGKEP -- Tiga orang terduga penyalahgunaan narkoba diringkus aparat kepolisian Pangkep. Kasat Narkoba Polres Pangkep, AKP...
 

Ke DPR RI, Suhartina Rapikan Tim Hingga Tingkat Desa

FAJARONLINE.CO.ID, MAROS - Calon anggota legislatif (Caleg) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dari PAN, Hj Suhartina Bohari memassifkan pergerakan...
 

Mantan Gubernur Bersama Forkopimda Peringati Hari Juang

  FAJARONLINE.CO.ID, MAMUJU –- Mantan Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Anwar Adnan Saleh, bersama segenap unsur Forum Komunikasi Pimpinan...
 

FOTO: Peluncuran Program Ekspedisi Pinisi Bakti Nusa

Peluncuran Program Ekspedisi Pinisi Bakti Nusa, di Pantai Losari, Makassar, Sabtu (15/12/2018). Eksedisi ini akan akan mengunjungi 74 titik...
 

Pesepeda dari Kosta Rika Ramaikan Jelajah Sepeda Wisata Toraja

FAJARONLINE.CO.ID, MAKALE --Ratusan pesepeda berkumpul pada kegiatan Jelajah Sepeda Wisata Toraja ( JWST ) ke- 4 di Tana Toraja. Kegiatan ini diikuti...
 

Menggugat Perguruan Tinggi Negeri, Merebut Hak Demokrasi

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Tak hanya menyoal biaya kuliah mahal. Mahasiswa juga menuntut kebebasan berekspresi.Tapi tuntutan para mahasiswa...
 

Lebih 260 Migran Tewas saat Coba Seberangi Perbatasan AS

FAJARONLINE.CO.ID, MEXICOS—Ratusan migran dilaporkan meninggal dunia saat mencoba menyeberangi perbatasan Amerika Serikat, tahun ini. Kematian...
 

Preview Madrid vs Rayo: Tebus Dosa Liga Champions

FAJARONLINE.CO.ID, MADRID—Real Madrid bernasib apes di laga terakhir mereka di Santiago Bernabeu. Sekarang, mereka ingin menebusnya dengan...
 

Preview Man City vs Everton: Rebut Kembali Takhta dari Liverpool

FAJARONLINE.CO.ID, MANCHESTER—Manchester City bisa merebut takhta Premier League dari Liverpool, malam nanti. Tapi, The Citizens tetap harus...
 

Allegri Akan Parkir Ronaldo

FAJARONLINE.CO.ID, TURIN—Cristiano Ronaldo akan diparkir pelatih Juventus, Massimiliano Allegri. Bukan karena bermain buruk melainkan untuk...
 

MU Sudah Relakan Pogba Pergi Januari Ini

FAJARONLINE.CO.ID, MANCHESTER—Mantan gelandang Inter, Paul Ince percaya semua hal sudah diatur untuk mantan pemain Juventus, Paul Pogba. Pemain...
 

Juventus Umumkan Cancelo Absen hingga Tahun Depan

FAJARONLINE.CO.ID, TURIN—Bos Juventus, Max Allegri mengakui tahun bagi Joao Cancelo sudah berakhir. Itu setelah bek sayap asal Portugal...
 

Icardi Setuju Perpanjang Kontrak di Inter Milan

FAJARONLINE.CO.ID, MILAN—Mauro Icardi siap untuk menandatangani kontrak baru dengan Inter hingga 2023. Kontrak itu bernilai 7 juta euro per...
 

AC Milan Kecewa pada Higuain

FAJARONLINE.CO.ID, MILAN—Beberapa laporan menunjukkan AC Milan tidak akan mengambil opsi untuk membeli Gonzalo Higuain dari Juventus. Itu...
 

Ronaldo Akan Mengaku Bersalah dan Siap Terima Hukuman Penjara

FAJARONLINE.CO.ID, TURIN—Superstar Juventus, Cristiano Ronaldo dilaporkan akan mengaku bersalah atas empat tuduhan penipuan pajak di pengadilan...
 

Jordi Alba Minta Barcelona Beli Eks Bomber Madrid

FAJARONLINE.CO.ID, BARCELONA—Bek sayap Barcelona Jordi Alba secara terbuka menyatakan dia berharap laporan media bahwa mereka akan membeli...
 

Kiper Madrid Keylor Navas Bosan Jadi Cadangan Courtois

FAJARONLINE.CO.ID, MADRID—Kiper Real Madrid, Keylor Navas tidak senang dengan peran cadangannya di Santiago Bernabeu. Kabarnya, ia berencana...
 

Arsenal-Chelsea Perebutkan Pemain Barcelona, ​​Suarez

FAJARONLINE.CO.ID, LONDON—Dua klub Inggris, Arsenal dan Chelsea dikabarkan tengah memperebutkan gelandang Barcelona, Denis Suarez. Menurut...
 

Puasa Di Tahun Politik

Puasa di bulan Ramadan bisa dilakukan karena dilakukan bersama-sama. Puasa pada Senin dan Kamis pun bisa dilakukan bersama, sekalipun itu puasa...

Load More