Fajar

  Breaking News

Usut Dokumen Amdal Perusahaan Tambang

Laporan Khusus - 13 Juli 2018, 11:30:11

FAJARONLINE.CO.ID, SIDRAP -- Walhi Sulsel menilai aktivitas tambang di Gunung Allakuang berdaya rusak tinggi. Pemprov Sulsel harus meninjau ulang izinnya.

Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sulsel, Muhammad Al Amin mengatakan, tingginya kerusakan lingkungan di kawasan Gunung Allakuang berdasar berbagai kajian dan laporan warga. Pemprov diminta segera menutup aktivitas tambang di kawasan itu.

"Walhi mendesak agar tambang di Gunung Allakuang ditutup. Pemprov sebagai pemberi izin bisa mencabut. Opsinya, warga yang dirugikan bisa menggugat ke pengadilan," katanya, Kamis, 12 Juli.

Amin menuturkan, kajian Unhas terkait keberadaan pusat riset vulkanik dan terancamnya sumber air mestinya menjadi perhatian pemerintah. Kajian akademik ini semakin mempertegas tambang di Gunung Allakuang akan membuat kerusakan lebih besar jika dibiarkan.

"Jadi lebih baik dihentikan. Lingkungannya dipulihkan. Tidak ada kata terlambat selama masih bisa diselamatkan," bebernya.

Dokumen analisis mengenai dampak lingkungan atau amdal perusahaan tambang, kata dia, juga mesti diusut. Kalaupun izin lingkungan terbit, mesti dianalisis. Terutama terkait rencana Pengelolaan Lingkungan Hidup (RKL) dan Rencana Pemantauan Lingkungan Hidup (RPL) untuk menjamin tidak ada dampak kerusakan luas dan tetap berwawasan lingkungan.

"Pemkab Sidrap harus meninjau ulang izin-izin prinsip yang sudah diberikan," bebernya.

Dia juga menyayangkan bila gunung dikuasai sekelompok orang. Kata dia, gunung itu milik negara. Sehingga, sangat mengherankan bila disebut pemilik modal memiliki surat kepemilikan tanah.

Dosen Vulkanologi dan Tektonik Unhas, Kaharuddin MS mengatakan, penambangan tak lagi bicara lingkungan karena sudah jelas kerusakannya sejak lama. Namun, pemerintah selalu berdalih tak ada kerusakan lingkungan. Bahkan menyebut tambang memberi manfaat.

"Gunung Allakuang itu cagar geologi. Dan sudah ditetapkan jadi pusat riset nasional. Itu ditetapkan Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI). Jadi bukan cuma Unhas. Itu cagar geologi kebanggaan," tegasnya.

Dia mendesak pemerintah menghentikan seluruh aktivitas tambang. Dari sisi keilmuan, Sulsel akan kehilangan pusat riset vulkanik yang langka dan satu-satunya bila dibiarkan. Balok-balok batu di Allakuang itu dibentuk dari aliran lava.

"Jadi kerugian besar kalau hilang. Kalaupun hanya sisa satu gunung bisa diselamatkan sekarang, kami minta itu dilakukan. Pemkab dan pemprov harus menutup itu tambang-tambang di sana," tegasnya.

Tinjau Lokasi

Tim Inspektur Tambang Kementerian ESDM melakukan peninjauan ke lokasi tambang, kemarin. Tim yang dipimpin Benyamin Salbin mengecek aktivitas tambang batu. Mereka mengambil foto aktivitas tambang dan titik koordinat kegiatan penambangan.

Benyamin pernah bertugas sebagai PNS di Dinas Kehutanan, Pertambangan dan Energi Sidrap. Sebelum beralih menjadi PNS Kementerian ESDM karena peralihan wewenang.

Benyamin terlihat akrab dengan Haji Faisal, pemilik CV Wander, perusahaan penambang batu di Allakuang.

Di lokasi, juga hadir Rahman, pejabat Dinas Penanaman Modal dan PTSP Sidrap. Dia mengaku pernah jadi bos Benyamin saat masih jadi pejabat di Dinas Pertambangan Sidrap. Kini Dinas Pertambangan Sidrap dihapus karena peralihan kewenangan.

Di lokasi, sejumlah alat berat tak henti menghantam gunung batu. Di pinggiran areal tambang berdiri gubuk-gubuk pekerja. Truk-truk pengangkut batu dan timbunan tak berhenti lalu lalang.

Tak jauh dari jalan masuk tambang, tampak bekas galian membentuk kolam besar. Airnya keruh kehijauan. Beberapa pekerja sempat berhenti beraktivitas saat tim Inspektur Tambang masuk ke lokasi tambang.

Benyamin Salbi menuturkan, izin usaha pertambangan (IUP) operasi produksi diterbitkan PTSP Sulsel pada akhir 2016 lalu. Izin usaha tambang batu CV Wander menempati areal seluas 5,12 hektare.

"Ini yang akan kami cocokkan luas areal produksinya. Tadi sudah dilakukan pengambilan titik koordinat. Bila keluar dari area izin, itu pelanggaran. Bisa dicabut izinnya," kata Benyamin.

Dia mengaku, dari tinjauan sementara, belum menemukan ada pelanggaran sesuai izin yang diterbitkan PTSP Provinsi. Namun, izinnya sewaktu-waktu bisa saja dicabut setelah kajian dan memang menemukan pelanggaran berat.

"Penggunaan alat-alat berat memang memungkinkan karena sudah mendapat izin operasi produksi," terangnya.

Terkait kerusakan lingkungan, Benyamin mengatakan itu menjadi ranah Dinas Lingkungan Hidup. Dia berdalih hanya mengawasi areal penambangan sesuai luas lahan yang tertera di izin yang dikantongi.

"Perusahaan tentu wajib melaporkan aktivitas lingkungan di tambang. Ini juga mesti diawasi Dinas Lingkungan Hidup setempat," bebernya.

Inspektur Tambang lain, Asmedy mengaku agak sulit untuk mencabut izin usaha tambang CV Wander. Asmedy beralasan semua izin dasar sudah dikantongi CV Wander. Izin prinsip seperti izin lingkungan sudah diberikan Pemkab Sidrap.

"Ini menyulitkan. Semua sudah lengkap dan direkomendasikan pemkab," terangnya.

Pemilik CV Wander, Haji Faisal mengklaim sebagai pengusaha tambang batu pertama yang berizin. Kata dia, tambang batu ini mestinya tak perlu dipersoalkan. Gunung Allakuang disebutnya sudah ditambang sejak lama.

"Mungkin sejak zaman Nene' Mallomo. Saya ini generasi kelima Nene' Mallomo. Apalagi tambang kami berizin. Polisi pasti sudah tutup kalau kami ilegal," tantangnya.

Haji Faisal juga menyayangkan bila Gunung Allakuang ditutup. Dia mengklaim sebagian besar warga Allakuang berprofesi sebagai perajin batu cobek dan batu nisan. Bahan bakunya diambil dari Gunung Allakuang.

"Iya memang masyarakat beli dari saya. Namanya juga bisnis. Kan warga juga olah lagi jadi batu cobek dan batu nisan. Hanya sebagian saya jual untuk fondasi rumah," bebernya.

Haji Faisal mengaku tak khawatir bila Gunung Allakuang habis. Malah kata dia, itu akan bermanfaat lebih besar setelah ditambang. Areal bekas tambang nanti bisa diratakan.

"Kan jadi lokasi pemukiman, lahan perumahan baru. Tambang dimana-mana pasti merusak dek. Tetapi tanpa tambang, ekonomi tidak maju," ujarnya. (fik/rif-zuk)

Untuk Mengakses Berita Selengkapnya Silahkan Langganan Premium epaper FAJAR disini epaper.fajaronline.co.id atau hubungi wa/tlp 0811462222 untuk berlangganan koran cetak, bisa juga daftar koran melalui formulir Ini

Author : rika

loading...

Berita Lainnya

🔀Berita Terkini
 

Bikin Sejarah dengan Imbangi Iran, India Siap Tantang Indonesia

FAJARONLINE.CO.ID, KUALA LUMPUR—Tim nasional India U-16 mencatatkan hasil gemilang di Piala Asia U-16 2018 Kuala Lumpur. Dengan empat poin,...
 

Menpora Hentikan Liga 1

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA - Liga 1 dihentikan. Keputusan itu dikeluarkan Menpora Imam Nahrawi. Imbas meninggalnya seorang suporter di laga Persib...
 

Kapolres Pangkep Traktir Anak Pemulung Makan Bersama

FAJARONLINE.CO.ID, PANGKEP -- Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Pangkep, AKBP Tulus Sinaga, S.Ik, MH., dalam programnya POLICE CARE (polisi...
 

Sandiaga Jadwalkan 2 Hari di Sulsel, Nginapnya di Parepare

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR - Sandiaga Uno bakal menggarap kampung Jusuf Kalla dan BJ Habibie. Juru bicara Prabowo-Sandiaga, Andry Arief Bulu...
 

Tonasa Kucurkan Lagi Bantuan Usaha, Ingatkan Jangan Konsumtif

FAJARONLINE.CO.ID, PANGKEP - PT Semen Tonasa tak berhenti mengarahkan dana CSR-nya ke sektor usaha kecil menengah (UKM). Selasa (25/9/2018), di...
 

Anda Alumni Jogja? Catat Tanggal Temu Kangennya

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR - Setelah 17 tahun, Ikatan Alumni Jogjakarta (Ikajo) Sulsel bakal menggelar temu kangen. Dijadwalkan 3 November 2018 di...
 

2 Pendiri dan Bos Instagram Mengundurkan Diri

FAJARONLINE.CO.ID -- Co Founder Facebook Inc Instagram, Kevin Systrom dan Mike Krieger mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatannya di perusahaan...
 

Bawa Istri dan Anak ke Kantor, Hengky Dibully di Medsos

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA -- Hengky Kurniawan mulai berkantor sejak Senin (24/9) kemarin setelah resmi dilantik menjadi Wakil Bupati Bandung...
 

Surya Paloh dan SYL Bekali Khusus Caleg Nasdem dari Sulsel

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR - Dewan Pimpinan Dilayah (DPW) Nasdem saat ini telah siap untuk melakukan pembelakan Calon Legislatif (Caleg) di semua...
 

Di Koalisi Nasional, Hanya Andry Arief Bulu dari Sulsel Jadi Jubir Prabowo-Sandi

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR - Struktur Badan Pemenangan Nasional (BPN) untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo...
 

Kumpul Tujuh Emas, Parepare Menyodok ke Posisi Tiga Besar Porda

FAJARONLINE.CO.ID, PAREPARE- Kontingen Parepare menambah perolehan medali pada hari ketiga, Selasa, 25 September 2018, ajang Porda XVI/2018 Sulsel di...
 

Ada Bayi 3 Bulan Ikut Sidang Umum PBB

FAJARONLINE.CO.ID, NEWYORK -- PM Selandia Baru Jacinda Ardern datang ke sidang PBB bersama bayinya Neve yang berumur tiga bulan. Bayi yang segera...
 

Main Dua Kaki, Strategi Paling Aman

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Pengamat politik dari Unhas Andi Ali Armunanto menilai, Kecenderungan kalangan pengusaha bermain dua kaki pada...
 

Habib Rizieq Dapat Pengawalan di Arab Saudi Usai Ketemu Prabowo

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA -- Tim advokasi Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Ulama (GNPF-Ulama) mengadu ke DPR terkait pencegahan Habib Rizieq Shihab...
 

Cornelia Agatha Kunjungi Tiga Anak Korban Penyekapan

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR— Aktris cantik Cornelia Agatha mengunjungi ketiga anak korban penyergapan ibu angkat yaitu AW (11), DF (5), dan US...
 

Pengusaha Main Dua Kaki

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR--Pengusaha tak apolitis. Momentum pilpres jadi ajang mengamankan usaha. Sejauh ini, dua pimpinan induk naungan...
 

Fakultas Peternakan Unhas Sosialisasikan Surat Keterangan Pendamping Ijazah

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin Makassar melaksanakan sosialisasi dan FGD Surat Keterangan Pendamping...
 

Maia Estianty Balik Lagi, Dhani: Saya sih Mau Aja, Dianya yang Punya Pacar

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA -- Kecelakaan yang dialami Al Ghazali membuat kedua orang tuanya Ahmad Dhani dan Maia Estianty kompak mengurus putra...
 

FISIP Unismuh Launching Kelas Internasional

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Ikhtiar untuk mewujudkan standar internasional dalam pembelajaran, terus di lakukan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu...
 

Tonton Atlet Parepare, Taufan Pawe Bakar Semangat Kontingen Porda

  FAJARONLINE.CO.ID, PAREPARE -- Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, hadir bersama sejumlah pimpinan SKPD di arena Porda Pinrang. Taufan bahkan...
 

Wadduh... Area Kedatangan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Kebakaran

FAJARONLINE.CO.ID, MAROS -- Diduga akibat hubungan arus pendek, atap area kedatangan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin tebakar Selasa, 25...
 

Kalatiku Hadiri Rambu Solo di Benteng Ambeso

FAJARONLINE.CO.ID, MAKALE -- Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan menghadiri acara rambu solo di Benteng Ambeso Kecamatan Gandasil Tana...
 

Ijazah STISIP Muhammadiyah Sinjai Bisa Digunakan Mendaftar CPNS

FAJARONLINE.CO.ID, SINJAI -- Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik (STISIP) Muhammadiyah telah diakui oleh Kementerian Riset, Teknologi dan...
 

Ngantor Perdana, Istri dan Anak Ikut Mendampingi

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA -- Hengky Kurniawan mulai berkantor sejak Senin (24/9) kemarin setelah resmi dilantik menjadi Wakil Bupati Bandung...
 

Wagub Harap Unismuh Jadi Eksportir Jagung di Sulsel

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Dr Abdul Rahman Rahim, melakukan silaturahmi dengan Wakil Gubernur...

Load More