Fajar

  Breaking News

Kalahkan Inggris, Kroasia Tantang Prancis di Final Piala Dunia 2018

Kroasia lolos ke final lewar gol Mario Mandzukic. (Foto: Carl Recine/Reuters)
Piala Dunia 2018 - 12 Juli 2018, 04:50:15

FAJARONLINE.CO.ID, MOSKOW—Bukan Inggris seperti yang banyak diprediksi. Kroasia yang akan menjadi penantang Prancis di babak final Piala Dunia 2018. Dalam laga semifinal, Kroasia mampu berbalik dari ketertinggalan di babak pertama untuk menang 2-1 atas Inggris dalam laga yang berlangsung sepanjang 120 menit.

Bagi Kroasia, ini menjadi sejarah baru bagi mereka. Prestasi terbaik negara asal Kawasan Balkan itu sebelumnya adalah posisi ketiga di Piala Dunia 1998. Sementara bagi Inggris, mereka kembali gagal mengulang prestasi juara yang mereka pernah raih di Piala Dunia 1966 di kandang sendiri.

Jalannya Pertandingan

Dalam laga di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis, 12 Juli, yang berakhir subuh beberapa saat lalu, Inggris mengambil inisiatif serangan sejak awal. Pada menit ke-5 mereka bahkan sudah mampu menjebol gawang Kroasia yang dikawal Danijel Subasic.

 

Lagi-lagi gol dicetak Inggris melalui senjata andalan mereka; bola mati. Diawali pelanggaran Luka Modric terhadap Dele Alli di depan kotak penalti, Kieran Trippier yang menjadi eksekutor mampu menaklukkan Subasic. Tendangannya ke sudut kiri tidak bisa dijangkau kiper Subasic.

 

Tertinggal 0-1, Kroasia langsung berbalik menekan dan mengontrol permainan. Hanya saja, rapatnya barisan pertahanan Inggris yang dipimpin John Stones dan Harrt Maguire menyulitkan mereka untuk setidaknya melepaskan tembakan ke gawang.

Sebaliknya, Inggris yang mengandalkan kecepatan Raheem Sterling untuk melakukan serangan balasan beberapa kali merepotkan Dejan Lovren dkk. Bahkan di menit ke-30, Harry Kane mampu membuat pendukung Kroasia menahan nafas ketika mampu berhadapan satu lawan satu dengan kiper. Beruntung, Kane terjebak offside.

Setelah itu, pada menit ke-31, Kroasia akhirnya mendapatkan tembakan tepat sasaran pertama mereka melalui Ante Rebic. Mendapat bola liar di depan kotak penalti, Rebic melepaskan tembakan first time yang tepat menemui penjaga gawang.

Inggris mendapat peluang emas menggandakan skor di menit ke-35 saat Jesse Lingard berdiri bebas setelah menerima umpan Alli. Sayang, tembakannya masih melenceng tipis di sisi kiri tiang gawang. Setelah itu, tidak ada lagi peluang berbahaya dan skor 1-0 bagi Inggris bertahan hingga turun minum.

Kembali dari ruang ganti, Kroasia langsung mencoba menekan pertahanan Inggris. Hanya saja, hingga satu jam laga berjalan, tidak ada tembakan mengarah ke gawang yang bisa mereka lakukan. Demikian juga dengan Inggris.

Ancaman pertama di babak kedua baru muncul di menit ke-63 saat Raheem Sterling lepas dari penjagaan bek Krosia dan menusuk ke kotak penalti. Namun, ia salah tumpuan dan terjatuh saat diganggu bek Kroasia. Upayanya mengirim umpan ke depan gawang juga gagal karena mengenai kiper.

Ivan Perisic merespons semenit kemudian. Menerima bola di depan kotak penalti, ia melepaskan tendangan keras ke arah gawang. Beruntung bagi Inggris, John Stones mampu memblok bola dengan badannya.

Pada menit ke-67, Harry Kane juga berhasil menembus pertahanan Kroasia. Ia kemudian melepaskan tendangan keras dari sudut sempit. Tetapi, bola hasil tendangan kaki kanannya melenceng tipis di samping tiang gawang sebelah kanan.

Kroasia berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-68. Diawali umpan Sime Vrsaljko dari sisi kanan pertahanan Inggris, bola mengarah ke depan gawang. Walker mencoba menyundul bola. Akan tetapi, Ivan Perisic yang muncul dari belakang bergerak cepat mendahului Walker dengan sontekan kaki kirinya yang tak bisa dijangkau Pickford.

Berhasil menyamakan kedudukan, Kroasia seperti berada di atas angin. Tiga menit kemudian atau tepatnya pada menit ke-71 terjadi kesalahan koordinasi antara kiper Inggris dan barisan pertahanan mereka. Ivan Perisic yang mendapat bola liar kemudian melepaskan tendangan keras. Sayang, bola masih mengenai tiang. Bola pantul langsung disambar Rebic, namun mampu ditangkap Pickford.

Manajer Inggris, Gareth Saouthgate melakukan pergantian pemain di menit ke-73. Marcus Rashford dimasukkan menggantikan Sterling yang mulai kelelahan. Pada menit ke-77, Jesse Lingard lolos dari jebakan ofsside namun tendangannya masih melebar. Kane juga terlambat menyonsong bola yang melintas di depan gawang.

Kroasia nyaris berbalik unggul di menit ke-82. Mendapat umpan jauh, Mandzukic mengontrol bola dengan dadanya di dalam kotak penalti sebelum melepaskan tendangan keras. Namun, bola bisa ditangkap Pickford.

Semenit berselang Kroasia kembali mendapat peluang emas ketika Pickford keluar dari gawangnya namun tidak menjangkau bola. Sayang, sontekan Perisic masih melenceng di atas mistar gawang yang sudah tanpa kiper.

Di injury time pelanggaran Ivan Rakitic terhadap Rashford memberi ancaman pada Kroasia. Tripper yang mengirim umpan ke tiang jauh mampu menemukan Kane. Tapi sundulan Kane masih jauh dari sasaran. Skor 1-1 pun bertahan dan laga berlanjut ke babak tambahan waktu.

Pada babak perpanjangan waktu, Danny Rose masuk menggantikan Ahsley Young yang sudah terlihat mengendor. Sementara Kroasia melakukan pergantian pertamanya di menit ke- 93 dimana Ivan Strinic yang cedera digantikan Josip Pivaric.

Inggris melakukan pergantian pemain ketiga di menit ke-96. Jordan Henderson keluar dan tempatnya diisi Eric Dier. Dua menit kemudian, Inggris nyaris mencetak gol kedua mereka. Diawali tendangan sudut, John Stones memenangi duel. Sundulan Stones sudah tidak mampu diantisipasi kiper. Namun, Vrsaljko masih ada di bawah mistar gawang untuk menahan laju bola dengan kepalanya.

Pelatih Kroasia, Zlatko Dalic melakukan pergantian kedua di menit ke-101. Rebic ditarik keluar digantikan Andrej Kramaric. Masuknya penyerang baru ini membuat Kroasia bisa meningkatkan ancaman. Di menit-menit akhir babak pertama extra time, Mandzukic nyaris menjebol gawang Inggris. Menerima umpan di depan gawang, Mandzukic menyontek bola namun Pickford mampu melakukan penyelamatan gemilang dengan kakinya.

Madzukic akhirnya membawa Kroasia berbalik unggul di menit ke-109. Mandzukic lepas dari pengawalan Stones menaklukkan Pickford lewat tendangan kaki kiri setelah memaksimalkan umpan kepala Perisic.

Tertinggal, Southgate langsung memasukkan penyerang Jamie Vardi menggantikan Walker. Sementara Kroasia mencoba mempertahankan keunggulan dengan menarik Mandzukic dan memasukkan bek Vedran Corluka.

Petaka datang bagi Inggris saat mereka mencoba mengejar ketertinggalan ketika Trippier cedera. Itu membuat mereka harus bermain dengan 10 pemain. Kroasia pun mulai lebih rileks apalagi setelah Milan Badelj masuk menggantikan Modric.

Inggris dengan 10 pemain mencoba memaksimalkan serangan di menit-menit akhir. Akan tetapi, keberuntungan belum berpihak pada mereka. Hingga wasit meniup peluit, skor 2-1 bagi Kroasia tetap bertahan dan mereka lolos ke final untuk kali pertama dalam sejarah. Kroasia selanjutnya akan menghadapi Prancis di babak final, awal pekan depan. Sementara Inggris akan berebut posisi ketiga dengan Belgia. (Trans TV/amr)

Untuk Mengakses Berita Selengkapnya Silahkan Langganan Premium epaper FAJAR disini epaper.fajaronline.co.id atau hubungi wa/tlp 0811462222 untuk berlangganan koran cetak, bisa juga daftar koran melalui formulir Ini

Author : amir

loading...

Berita Lainnya

🔀Berita Terkini
 

Jawab Isu Joget, Ma'ruf Amin: Bisa Habis Napas Saya

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA - Kiai Ma'ruf Amin sedang disibukkan isu miring. Ia disebut berjoget ria saat melakukan pidato politik di Tugu...
 

Peraih Emas Porda Diduga Atlet PON, KONI Janji Tegas

FAJARONLINE.CO.ID, PINRANG — Atlet yang pernah berlaga di PON dilarang turun di Porda XVI 2018 Kabupaten Pinrang. Regulasi itu diduga dilanggar...
 

Sehari Bersama JK di New York

FAJARONLINE.CO.ID, NEW YORK - Selasa (25/9/2018), Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK) mengikuti aktivitas yang padat di New York, Amerika...
 

Uyun Incar DPRD Makassar, Si Cantik Kelahiran 1996

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR - Kursi di DPRD diminati segala golongan. Tak terkecuali Uyun Septiana Putri.  Uyun sapaan karibnya, kelahiran 1996....
 

Astaga! Seorang ASN dan Karyawan Bank Kepergok Pesta Sabu

FAJARONLINE.CO.ID, SUNGGUMINASA - Seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Gowa kembali kedapatan mengomsumsi narkoba di rumahnya, di Jalan...
 

Sempat Menghilang, Rijja Abbas Jadi Pramusaji Cafe

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Penyanyi asal Makassar, Rijja Abbas sempat dikabarkan menghilang dari dunia hiburan.  Pria kelahiran...
 

Lucunya Lomba Puisi dan Dakwah Bertema Pelumas

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR - Hari ulang tahun ke-5 PT Pertamina Lubricant dirayakan bersama anak panti asuhan, Selasa (25/9/2018). Seratus anak...
 

Video: Kebakaran di Bandara Sultan Hasanuddin

 

Fakta Terbaru Calon Istri Anak Kepala Desa Diculik

FAJARONLINE.CO.ID, WATAMPONE - Berbagai spekulasi muncul terkait hilangnya Misnayanti di Kabupaten Bone. Calon pengantin asal Desa Labotto, Kecamatan...
 

Ferdinand Sinaga: Ayo Bantu Lombok!

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR - Striker PSM Makassar, Ferdinand Sinaga ikut prihatin pada keadaan korban gempa Lombok. Makanya dia masuk jajaran public...
 

FOTO: Wali Kota Cup IV, Japfa vs Kakha FC

Japfa FC berhasil mengalahkan rivalnya Kakha FC 1-0 pada laga lanjutan Grup B Wali Kota Cup IV di Lapangan Hasanuddin, Selasa, 25 September. Japfa FC...
 

FOTO: Geladi Pelantikan Kepala Daerah Sulsel

Empat pasangan calon bupati-wakil bupati dan wali kota-wakil wali kota terpilih bergandengan tangan saat geladi pelantikan, di Baruga AP Pettarani...
 

Bikin Sejarah dengan Imbangi Iran, India Siap Tantang Indonesia

FAJARONLINE.CO.ID, KUALA LUMPUR—Tim nasional India U-16 mencatatkan hasil gemilang di Piala Asia U-16 2018 Kuala Lumpur. Dengan empat poin,...
 

Menpora Hentikan Liga 1

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA - Liga 1 dihentikan. Keputusan itu dikeluarkan Menpora Imam Nahrawi. Imbas meninggalnya seorang suporter di laga Persib...
 

Kapolres Pangkep Traktir Anak Pemulung Makan Bersama

FAJARONLINE.CO.ID, PANGKEP -- Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Pangkep, AKBP Tulus Sinaga, S.Ik, MH., dalam programnya POLICE CARE (polisi...
 

Sandiaga Jadwalkan 2 Hari di Sulsel, Nginapnya di Parepare

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR - Sandiaga Uno bakal menggarap kampung Jusuf Kalla dan BJ Habibie. Juru bicara Prabowo-Sandiaga, Andry Arief Bulu...
 

Tonasa Kucurkan Lagi Bantuan Usaha, Ingatkan Jangan Konsumtif

FAJARONLINE.CO.ID, PANGKEP - PT Semen Tonasa tak berhenti mengarahkan dana CSR-nya ke sektor usaha kecil menengah (UKM). Selasa (25/9/2018), di...
 

Anda Alumni Jogja? Catat Tanggal Temu Kangennya

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR - Setelah 17 tahun, Ikatan Alumni Jogjakarta (Ikajo) Sulsel bakal menggelar temu kangen. Dijadwalkan 3 November 2018 di...
 

2 Pendiri dan Bos Instagram Mengundurkan Diri

FAJARONLINE.CO.ID -- Co Founder Facebook Inc Instagram, Kevin Systrom dan Mike Krieger mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatannya di perusahaan...
 

Bawa Istri dan Anak ke Kantor, Hengky Dibully di Medsos

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA -- Hengky Kurniawan mulai berkantor sejak Senin (24/9) kemarin setelah resmi dilantik menjadi Wakil Bupati Bandung...
 

Surya Paloh dan SYL Bekali Khusus Caleg Nasdem dari Sulsel

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR - Dewan Pimpinan Dilayah (DPW) Nasdem saat ini telah siap untuk melakukan pembelakan Calon Legislatif (Caleg) di semua...
 

Di Koalisi Nasional, Hanya Andry Arief Bulu dari Sulsel Jadi Jubir Prabowo-Sandi

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR - Struktur Badan Pemenangan Nasional (BPN) untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo...
 

Kumpul Tujuh Emas, Parepare Menyodok ke Posisi Tiga Besar Porda

FAJARONLINE.CO.ID, PAREPARE- Kontingen Parepare menambah perolehan medali pada hari ketiga, Selasa, 25 September 2018, ajang Porda XVI/2018 Sulsel di...
 

Ada Bayi 3 Bulan Ikut Sidang Umum PBB

FAJARONLINE.CO.ID, NEWYORK -- PM Selandia Baru Jacinda Ardern datang ke sidang PBB bersama bayinya Neve yang berumur tiga bulan. Bayi yang segera...
 

Main Dua Kaki, Strategi Paling Aman

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Pengamat politik dari Unhas Andi Ali Armunanto menilai, Kecenderungan kalangan pengusaha bermain dua kaki pada...

Load More