Fajar

  Breaking News

Kalahkan Inggris, Kroasia Tantang Prancis di Final Piala Dunia 2018

Kroasia lolos ke final lewar gol Mario Mandzukic. (Foto: Carl Recine/Reuters)
Piala Dunia 2018 - 12 Juli 2018, 04:50:15

FAJARONLINE.CO.ID, MOSKOW—Bukan Inggris seperti yang banyak diprediksi. Kroasia yang akan menjadi penantang Prancis di babak final Piala Dunia 2018. Dalam laga semifinal, Kroasia mampu berbalik dari ketertinggalan di babak pertama untuk menang 2-1 atas Inggris dalam laga yang berlangsung sepanjang 120 menit.

Bagi Kroasia, ini menjadi sejarah baru bagi mereka. Prestasi terbaik negara asal Kawasan Balkan itu sebelumnya adalah posisi ketiga di Piala Dunia 1998. Sementara bagi Inggris, mereka kembali gagal mengulang prestasi juara yang mereka pernah raih di Piala Dunia 1966 di kandang sendiri.

Jalannya Pertandingan

Dalam laga di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis, 12 Juli, yang berakhir subuh beberapa saat lalu, Inggris mengambil inisiatif serangan sejak awal. Pada menit ke-5 mereka bahkan sudah mampu menjebol gawang Kroasia yang dikawal Danijel Subasic.

 

Lagi-lagi gol dicetak Inggris melalui senjata andalan mereka; bola mati. Diawali pelanggaran Luka Modric terhadap Dele Alli di depan kotak penalti, Kieran Trippier yang menjadi eksekutor mampu menaklukkan Subasic. Tendangannya ke sudut kiri tidak bisa dijangkau kiper Subasic.

 

Tertinggal 0-1, Kroasia langsung berbalik menekan dan mengontrol permainan. Hanya saja, rapatnya barisan pertahanan Inggris yang dipimpin John Stones dan Harrt Maguire menyulitkan mereka untuk setidaknya melepaskan tembakan ke gawang.

Sebaliknya, Inggris yang mengandalkan kecepatan Raheem Sterling untuk melakukan serangan balasan beberapa kali merepotkan Dejan Lovren dkk. Bahkan di menit ke-30, Harry Kane mampu membuat pendukung Kroasia menahan nafas ketika mampu berhadapan satu lawan satu dengan kiper. Beruntung, Kane terjebak offside.

Setelah itu, pada menit ke-31, Kroasia akhirnya mendapatkan tembakan tepat sasaran pertama mereka melalui Ante Rebic. Mendapat bola liar di depan kotak penalti, Rebic melepaskan tembakan first time yang tepat menemui penjaga gawang.

Inggris mendapat peluang emas menggandakan skor di menit ke-35 saat Jesse Lingard berdiri bebas setelah menerima umpan Alli. Sayang, tembakannya masih melenceng tipis di sisi kiri tiang gawang. Setelah itu, tidak ada lagi peluang berbahaya dan skor 1-0 bagi Inggris bertahan hingga turun minum.

Kembali dari ruang ganti, Kroasia langsung mencoba menekan pertahanan Inggris. Hanya saja, hingga satu jam laga berjalan, tidak ada tembakan mengarah ke gawang yang bisa mereka lakukan. Demikian juga dengan Inggris.

Ancaman pertama di babak kedua baru muncul di menit ke-63 saat Raheem Sterling lepas dari penjagaan bek Krosia dan menusuk ke kotak penalti. Namun, ia salah tumpuan dan terjatuh saat diganggu bek Kroasia. Upayanya mengirim umpan ke depan gawang juga gagal karena mengenai kiper.

Ivan Perisic merespons semenit kemudian. Menerima bola di depan kotak penalti, ia melepaskan tendangan keras ke arah gawang. Beruntung bagi Inggris, John Stones mampu memblok bola dengan badannya.

Pada menit ke-67, Harry Kane juga berhasil menembus pertahanan Kroasia. Ia kemudian melepaskan tendangan keras dari sudut sempit. Tetapi, bola hasil tendangan kaki kanannya melenceng tipis di samping tiang gawang sebelah kanan.

Kroasia berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-68. Diawali umpan Sime Vrsaljko dari sisi kanan pertahanan Inggris, bola mengarah ke depan gawang. Walker mencoba menyundul bola. Akan tetapi, Ivan Perisic yang muncul dari belakang bergerak cepat mendahului Walker dengan sontekan kaki kirinya yang tak bisa dijangkau Pickford.

Berhasil menyamakan kedudukan, Kroasia seperti berada di atas angin. Tiga menit kemudian atau tepatnya pada menit ke-71 terjadi kesalahan koordinasi antara kiper Inggris dan barisan pertahanan mereka. Ivan Perisic yang mendapat bola liar kemudian melepaskan tendangan keras. Sayang, bola masih mengenai tiang. Bola pantul langsung disambar Rebic, namun mampu ditangkap Pickford.

Manajer Inggris, Gareth Saouthgate melakukan pergantian pemain di menit ke-73. Marcus Rashford dimasukkan menggantikan Sterling yang mulai kelelahan. Pada menit ke-77, Jesse Lingard lolos dari jebakan ofsside namun tendangannya masih melebar. Kane juga terlambat menyonsong bola yang melintas di depan gawang.

Kroasia nyaris berbalik unggul di menit ke-82. Mendapat umpan jauh, Mandzukic mengontrol bola dengan dadanya di dalam kotak penalti sebelum melepaskan tendangan keras. Namun, bola bisa ditangkap Pickford.

Semenit berselang Kroasia kembali mendapat peluang emas ketika Pickford keluar dari gawangnya namun tidak menjangkau bola. Sayang, sontekan Perisic masih melenceng di atas mistar gawang yang sudah tanpa kiper.

Di injury time pelanggaran Ivan Rakitic terhadap Rashford memberi ancaman pada Kroasia. Tripper yang mengirim umpan ke tiang jauh mampu menemukan Kane. Tapi sundulan Kane masih jauh dari sasaran. Skor 1-1 pun bertahan dan laga berlanjut ke babak tambahan waktu.

Pada babak perpanjangan waktu, Danny Rose masuk menggantikan Ahsley Young yang sudah terlihat mengendor. Sementara Kroasia melakukan pergantian pertamanya di menit ke- 93 dimana Ivan Strinic yang cedera digantikan Josip Pivaric.

Inggris melakukan pergantian pemain ketiga di menit ke-96. Jordan Henderson keluar dan tempatnya diisi Eric Dier. Dua menit kemudian, Inggris nyaris mencetak gol kedua mereka. Diawali tendangan sudut, John Stones memenangi duel. Sundulan Stones sudah tidak mampu diantisipasi kiper. Namun, Vrsaljko masih ada di bawah mistar gawang untuk menahan laju bola dengan kepalanya.

Pelatih Kroasia, Zlatko Dalic melakukan pergantian kedua di menit ke-101. Rebic ditarik keluar digantikan Andrej Kramaric. Masuknya penyerang baru ini membuat Kroasia bisa meningkatkan ancaman. Di menit-menit akhir babak pertama extra time, Mandzukic nyaris menjebol gawang Inggris. Menerima umpan di depan gawang, Mandzukic menyontek bola namun Pickford mampu melakukan penyelamatan gemilang dengan kakinya.

Madzukic akhirnya membawa Kroasia berbalik unggul di menit ke-109. Mandzukic lepas dari pengawalan Stones menaklukkan Pickford lewat tendangan kaki kiri setelah memaksimalkan umpan kepala Perisic.

Tertinggal, Southgate langsung memasukkan penyerang Jamie Vardi menggantikan Walker. Sementara Kroasia mencoba mempertahankan keunggulan dengan menarik Mandzukic dan memasukkan bek Vedran Corluka.

Petaka datang bagi Inggris saat mereka mencoba mengejar ketertinggalan ketika Trippier cedera. Itu membuat mereka harus bermain dengan 10 pemain. Kroasia pun mulai lebih rileks apalagi setelah Milan Badelj masuk menggantikan Modric.

Inggris dengan 10 pemain mencoba memaksimalkan serangan di menit-menit akhir. Akan tetapi, keberuntungan belum berpihak pada mereka. Hingga wasit meniup peluit, skor 2-1 bagi Kroasia tetap bertahan dan mereka lolos ke final untuk kali pertama dalam sejarah. Kroasia selanjutnya akan menghadapi Prancis di babak final, awal pekan depan. Sementara Inggris akan berebut posisi ketiga dengan Belgia. (Trans TV/amr)

Author : amir

Download Aplikasi Android dan IOS Fajaronline

 


Tags



Berita Lainnya

🔀Berita Terkini
 

Ini Yang Dikunjungi Sandiaga Uno di Makassar

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR - Calon wakil Presiden Sandiaga Uno berkunjung ke Makassar, Minggu, 19 Agustus.   Di Makassar, mantan wakil...
 

Djoko Santoso Ditunjuk Ketua Tim Pemenangan PAS, Begini Reaksinya

FAJARONLINE.CO.ID, NASIONAL ---Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Djoko Santoso mengaku siap memenangkan pasangan bakal calon presiden dan...
 

Lagu 'Meraih Bintang' Asian Games Versi Arab Paling Enak Didengar

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA -- Opening Ceremony Asian Games 2018 resmi digelar malam tadi dengan pembukaan meriah dan spektakuler. Semarak Asian Games...
 

Puasa Arafah, Dalil Serta Keutamannya Jatuh Ditanggal Ini

FAJARONLINE.CO.ID, Puasa Arafah adalah puasa sunnah pada tanggal 9 Dzulhijjah. Puasa ini sangat dianjurkan bagi kaum muslim, puasa arafah...
 

Tampil seperti Aktor Film, Jokowi Kendarai Moge ke GBK Buka Asian Games

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA -- Malam ini Gelora Bung karno (GBK) terbakar semangat pembukaan pesta olahraga se Asia, Asian Games 2018. Rangkaian acara...
 

Tim Putra Zion Jawara Honda DBL South Sulawesi Series 2018

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Impian mempertahankan gelar juara Honda DBL South Sulawesi Series gagal diwujudkan Tim putra Sekolah Dian Harapan...
 

Ekspor Nikel Melonjak, Neraca Perdagangan Surplus

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR---Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Sulsel, Akmal menyebutkan, nilai ekspor yang dikirim pada bulan Juli 2018...
 

Tersisa Tujuh Hari, Pesta Komunitas Makassar 2018 Targetkan 10 Ribu Pengunjung

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Ajang tahunan dan terbesar komunitas se-Makassar, Pesta Komunitas Makassar (PKM) 2018 tinggal menghitung hari. Event...
 

Komunitas Perumahan Amarylis Bagi-bagi Hadiah Kemerdekaan

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Komunitas perumahan Amaryllis milik GMTD, memiliki persatuan yang diberi nama Amarylis Community. Tak mau kalah,...
 

Selain Bikin Presiden Bergoyang, Via Vallen Juga Sukses Bakar Semangat Atlet

FAJARONLINE.CO.ID -- Via Vallen terbilang sukses bernyanyi saat pembukaan gelaran Asian Games ke-18 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu...
 

Project Officer DBL South Sulawesi Series : Tahun Depan Kompetisi Bakal Lebih Meriah

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR--Penyelenggaraan Honda DBL South Sulawesi Series dipastikan selalu meriah. Apalagi memasuki babak final, Sabtu...
 

Big Bang Reuni Akbar, Ribuan Alumni Spendel Padati Ballroom Myko

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Ribuan alumni SMPN 8 (Spendel) Makassar, malam ini menghadiri acara puncak Big Bang Reuni Akbar IKA Spendel, di...
 

Tokoh NU Dunia Kumpul di Mekah, Sepakat Dukung Calon Ini

FAJARONLINE.CO.ID, MEKAH - Para tokoh Nahdlatul Ulama (NU) sedunia berkumpul di Mekkah, Arab Saudi, pada hari ini, Sabtu (18/8). Mereka menghadiri...
 

Eratkan Silaturahim, SMPN 8 Makassar Gelar Reuni Akbar

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR—-Reuni Akbar SMPN 8 Makassar dikemas secara santai dengan ragam permainan dan kuis berhadiah. Ketua Panitia Reuni...
 

Lagi... 18 Prodi di Unhas Terakreditasi Internasional

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Universitas Hasanuddin (Unhas) urutan kedelapan dari 2010 perguruan tinggi non vokasi (Universitas dan Institut)...
 

Ngeri... Tanpa Kejelasan, Pria Ini Bakar Istrinya yang Sedang Asyik Memasak

FAJARONLINE.CO.ID -- Kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) kembali terjadi. Kali ini menimpa Rapilah, 32, warga Desa Pinang Indah Parit 10,...
 

Spektakuler, Panggung Raksasa Pembukaan Asian Games 2018

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA -- Asian Games 2018 resmi dibuka melalui opening ceremony di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Sabtu...
 

Polres Turunkan Ratusan Personel Amankan Kejuaraan Yamaha Cup Race 2018 di Pangkep

FAJARONLINE.CO.ID, PANGKEP -- Kejuaraan Yamaha Cup Race 2018 yang berlangsung di Sirkuit Karaeng Mallombasang, Desa Batara Kecamatan ...
 

Paskibraka Sulbar Kunjungi Makorem 142 Tatag

FAJARONLINE.CO.ID, MAMUJU -- Purna  Paskibra Tahun 2018 Tingkat Provinsi Sulawesi Barat melaksanakan  kunjungan ke Makorem 142/Tatag, ...
 

800 Pelari Meriahkan Merdeka Run 7,3 KM Makassar

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR --Event lari Merdeka Run digagas Makassar Run Community (MRC) yang beranggotakan perwakilan berbagai komunitas lari di...
 

Meriahkan HUT RI Ke-73, Begini Serunya Kegiatan Positif dari Aksi Indonesia Muda

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Tiap tahun yang tepat jatuh di tanggal 17 Agustus merupakan hari istimewa dalam memperingati ulang tahun Republik...
 

Via Vallen Terpilih Nyanyi di Asian Games, Siti Badriah Merasa Tak Tersaingi

FAJARONLINE.CO.ID -- Meski bukan dirinya yang ditunjuk membawakan lagu Meraih Bintang versi dangdut, Siti Badriah mengaku ikut bangga lagu dangdut...
 

Super Mewah dan Spektakuler Open Ceremony Pembukaan Asian Games

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA -- Creative Director Opening Ceremony Asian Games 2018, Wisnutama sedikit membocorkan desain panggung untuk pembukaan...
 

Owner Rumah Makan Wong Solo Semangati Korban Gempa

FAJARONLINE.CO.ID — Wong Solo Peduli bersama yayasan Haji Arif Medan, baru-baru ini ikut menghibur dan menyemangati korban gempa di Dopang....
 

Di Akhirat Nanti, Alquran akan Menemui Penghafalnya, Ajari Anak Jadi Hafidz

FAJARONLINE.CO.ID -- Menghafal Alquran adalah ibadah jika itu dilakukan dengan ikhlas karena Allah SWT dan bukan untuk mengharapkan pujian di dunia....

Load More