Fajar

  Breaking News

Kalahkan Inggris, Kroasia Tantang Prancis di Final Piala Dunia 2018

Kroasia lolos ke final lewar gol Mario Mandzukic. (Foto: Carl Recine/Reuters)
Piala Dunia 2018 - 12 Juli 2018, 04:50:15

FAJARONLINE.CO.ID, MOSKOW—Bukan Inggris seperti yang banyak diprediksi. Kroasia yang akan menjadi penantang Prancis di babak final Piala Dunia 2018. Dalam laga semifinal, Kroasia mampu berbalik dari ketertinggalan di babak pertama untuk menang 2-1 atas Inggris dalam laga yang berlangsung sepanjang 120 menit.

Bagi Kroasia, ini menjadi sejarah baru bagi mereka. Prestasi terbaik negara asal Kawasan Balkan itu sebelumnya adalah posisi ketiga di Piala Dunia 1998. Sementara bagi Inggris, mereka kembali gagal mengulang prestasi juara yang mereka pernah raih di Piala Dunia 1966 di kandang sendiri.

Jalannya Pertandingan

Dalam laga di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis, 12 Juli, yang berakhir subuh beberapa saat lalu, Inggris mengambil inisiatif serangan sejak awal. Pada menit ke-5 mereka bahkan sudah mampu menjebol gawang Kroasia yang dikawal Danijel Subasic.

 

Lagi-lagi gol dicetak Inggris melalui senjata andalan mereka; bola mati. Diawali pelanggaran Luka Modric terhadap Dele Alli di depan kotak penalti, Kieran Trippier yang menjadi eksekutor mampu menaklukkan Subasic. Tendangannya ke sudut kiri tidak bisa dijangkau kiper Subasic.

 

Tertinggal 0-1, Kroasia langsung berbalik menekan dan mengontrol permainan. Hanya saja, rapatnya barisan pertahanan Inggris yang dipimpin John Stones dan Harrt Maguire menyulitkan mereka untuk setidaknya melepaskan tembakan ke gawang.

Sebaliknya, Inggris yang mengandalkan kecepatan Raheem Sterling untuk melakukan serangan balasan beberapa kali merepotkan Dejan Lovren dkk. Bahkan di menit ke-30, Harry Kane mampu membuat pendukung Kroasia menahan nafas ketika mampu berhadapan satu lawan satu dengan kiper. Beruntung, Kane terjebak offside.

Setelah itu, pada menit ke-31, Kroasia akhirnya mendapatkan tembakan tepat sasaran pertama mereka melalui Ante Rebic. Mendapat bola liar di depan kotak penalti, Rebic melepaskan tembakan first time yang tepat menemui penjaga gawang.

Inggris mendapat peluang emas menggandakan skor di menit ke-35 saat Jesse Lingard berdiri bebas setelah menerima umpan Alli. Sayang, tembakannya masih melenceng tipis di sisi kiri tiang gawang. Setelah itu, tidak ada lagi peluang berbahaya dan skor 1-0 bagi Inggris bertahan hingga turun minum.

Kembali dari ruang ganti, Kroasia langsung mencoba menekan pertahanan Inggris. Hanya saja, hingga satu jam laga berjalan, tidak ada tembakan mengarah ke gawang yang bisa mereka lakukan. Demikian juga dengan Inggris.

Ancaman pertama di babak kedua baru muncul di menit ke-63 saat Raheem Sterling lepas dari penjagaan bek Krosia dan menusuk ke kotak penalti. Namun, ia salah tumpuan dan terjatuh saat diganggu bek Kroasia. Upayanya mengirim umpan ke depan gawang juga gagal karena mengenai kiper.

Ivan Perisic merespons semenit kemudian. Menerima bola di depan kotak penalti, ia melepaskan tendangan keras ke arah gawang. Beruntung bagi Inggris, John Stones mampu memblok bola dengan badannya.

Pada menit ke-67, Harry Kane juga berhasil menembus pertahanan Kroasia. Ia kemudian melepaskan tendangan keras dari sudut sempit. Tetapi, bola hasil tendangan kaki kanannya melenceng tipis di samping tiang gawang sebelah kanan.

Kroasia berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-68. Diawali umpan Sime Vrsaljko dari sisi kanan pertahanan Inggris, bola mengarah ke depan gawang. Walker mencoba menyundul bola. Akan tetapi, Ivan Perisic yang muncul dari belakang bergerak cepat mendahului Walker dengan sontekan kaki kirinya yang tak bisa dijangkau Pickford.

Berhasil menyamakan kedudukan, Kroasia seperti berada di atas angin. Tiga menit kemudian atau tepatnya pada menit ke-71 terjadi kesalahan koordinasi antara kiper Inggris dan barisan pertahanan mereka. Ivan Perisic yang mendapat bola liar kemudian melepaskan tendangan keras. Sayang, bola masih mengenai tiang. Bola pantul langsung disambar Rebic, namun mampu ditangkap Pickford.

Manajer Inggris, Gareth Saouthgate melakukan pergantian pemain di menit ke-73. Marcus Rashford dimasukkan menggantikan Sterling yang mulai kelelahan. Pada menit ke-77, Jesse Lingard lolos dari jebakan ofsside namun tendangannya masih melebar. Kane juga terlambat menyonsong bola yang melintas di depan gawang.

Kroasia nyaris berbalik unggul di menit ke-82. Mendapat umpan jauh, Mandzukic mengontrol bola dengan dadanya di dalam kotak penalti sebelum melepaskan tendangan keras. Namun, bola bisa ditangkap Pickford.

Semenit berselang Kroasia kembali mendapat peluang emas ketika Pickford keluar dari gawangnya namun tidak menjangkau bola. Sayang, sontekan Perisic masih melenceng di atas mistar gawang yang sudah tanpa kiper.

Di injury time pelanggaran Ivan Rakitic terhadap Rashford memberi ancaman pada Kroasia. Tripper yang mengirim umpan ke tiang jauh mampu menemukan Kane. Tapi sundulan Kane masih jauh dari sasaran. Skor 1-1 pun bertahan dan laga berlanjut ke babak tambahan waktu.

Pada babak perpanjangan waktu, Danny Rose masuk menggantikan Ahsley Young yang sudah terlihat mengendor. Sementara Kroasia melakukan pergantian pertamanya di menit ke- 93 dimana Ivan Strinic yang cedera digantikan Josip Pivaric.

Inggris melakukan pergantian pemain ketiga di menit ke-96. Jordan Henderson keluar dan tempatnya diisi Eric Dier. Dua menit kemudian, Inggris nyaris mencetak gol kedua mereka. Diawali tendangan sudut, John Stones memenangi duel. Sundulan Stones sudah tidak mampu diantisipasi kiper. Namun, Vrsaljko masih ada di bawah mistar gawang untuk menahan laju bola dengan kepalanya.

Pelatih Kroasia, Zlatko Dalic melakukan pergantian kedua di menit ke-101. Rebic ditarik keluar digantikan Andrej Kramaric. Masuknya penyerang baru ini membuat Kroasia bisa meningkatkan ancaman. Di menit-menit akhir babak pertama extra time, Mandzukic nyaris menjebol gawang Inggris. Menerima umpan di depan gawang, Mandzukic menyontek bola namun Pickford mampu melakukan penyelamatan gemilang dengan kakinya.

Madzukic akhirnya membawa Kroasia berbalik unggul di menit ke-109. Mandzukic lepas dari pengawalan Stones menaklukkan Pickford lewat tendangan kaki kiri setelah memaksimalkan umpan kepala Perisic.

Tertinggal, Southgate langsung memasukkan penyerang Jamie Vardi menggantikan Walker. Sementara Kroasia mencoba mempertahankan keunggulan dengan menarik Mandzukic dan memasukkan bek Vedran Corluka.

Petaka datang bagi Inggris saat mereka mencoba mengejar ketertinggalan ketika Trippier cedera. Itu membuat mereka harus bermain dengan 10 pemain. Kroasia pun mulai lebih rileks apalagi setelah Milan Badelj masuk menggantikan Modric.

Inggris dengan 10 pemain mencoba memaksimalkan serangan di menit-menit akhir. Akan tetapi, keberuntungan belum berpihak pada mereka. Hingga wasit meniup peluit, skor 2-1 bagi Kroasia tetap bertahan dan mereka lolos ke final untuk kali pertama dalam sejarah. Kroasia selanjutnya akan menghadapi Prancis di babak final, awal pekan depan. Sementara Inggris akan berebut posisi ketiga dengan Belgia. (Trans TV/amr)


SETIAP ORANG PUNYA CERITA.
Langganan Anda Membantu Jurnalisme Berkualitas

Author : amir

Berita Lainnya

🔀Berita Terkini
 

Perjuangkan RUU MHA, Luthfi Desak Pemerintah Serahkan DIM

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA -- Posisi wilayah adat di tanah air harus mendapat perhatian. Pemerintah wajib melindunginya. Namun sayangnya,...
 

Lambat Datang Upacara, Wabup Irwan Jemur Puluhan ASN Lutim

FAJARONLINE.CO.ID, MALILI -- Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam, menjemur puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Luwu Timur, Kamis,...
 

Terjerat Kasus Korupsi, Kadis Perpustakaan Pangkep Ditahan

FAJARONLINE.CO.ID, PANGKEP -- Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Pangkep resmi menahan Kepala Dinas (Kadis) Perpustakaan Kabupaten Pangkep, Suhufi...
 

Wahana Titian Kaca Patung Yesus Jadi Primadona Pendapatan PAD

FAJARONLINE.CO.ID, MAKALE --  Wahana baru di depan tugu bangunan patung Yesus di Burake jadi magnet baru pengunjung. Wahana titian kaca...
 

Letstudy Adakan Try Out Akbar PPPK, Makassar Jadi Kota Pertama

FAJARONLINE.CO.ID -- Makassar menjadi kota pertama yang disambangi oleh LETSTUDY untuk mengadakan try out akbar persiapan PPPK (P3K) 2019 berbasis...
 

Pengaruh Kopi Bagi Kulit Anda?

FAJARONLINE.CO.ID - Kopi menjadi minuman yang sering dipilih untuk mengurangi kelelahan dan meningkatkan produktivitas sehari-hari. Tapi tahukah...
 

Tak Bisa Ngaji, Kepala Sekolah Dicopot

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR — Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, mewanti-wanti semua kepala sekolah (Kasek) harus bisa...
 

Fantastis, Pemprov Bangun Rest Area dengan Anggaran Rp50 Miliar di Tator

FAJARONLINE.CO.ID, MAKALE -- Pemkab Tator terus berburuh tempat untuk penempatan rest area wisata. Pemprov sudah menyediakan anggaran sebesar 50...
 

BPIH Bakal Naik Rp7 Juta, Biaya Total Ibadah Haji Segini

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA -- Keputusan kenaikan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) tahun ini direncanakan akan disahkan sebelum 10 Februari ke...
 

Legenda MU Sebut 3 Pemain Ini Lambat dan Tidak Cocok Gaya Solskjaer

FAJARONLINE.CO.ID, MANCHESTER—Legenda klub Manchester United, Gary Neville mengatakan, Marouane Fellaini bersama Romelu Lukaku dan Juan Mata...
 

Manchester City Beli Bintang Muda Jepang

FAJARONLINE.CO.ID, MANCHESTER—Manchester City telah menandatangani bintang muda asal Jepang, Ko Itakura. Gelandang bertahan berusia 21 tahun...
 

Ternyata, Fellaini Dijual MU untuk Bek Muslim Napoli, Koulibaly

FAJARONLINE.CO.ID, MANCHESTER—Manchester United dilaporkan akan melego Marouane Fellaini di bursa transfer Januari ini. Manajer Sementara MU,...
 

Aris Indonesian Idol Ditangkap Terkait Kasus Penyalahgunaan Narkoba

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA - Penyanyi Aris Idol ditangkap aparat kepolisian terkait kasus penyalahgunaan narkoba. Pria bernama asli...
 

Rayakan Ulang Tahun Gempi, Gading Marten dan Gisel Kembali Kompak

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA - Pasangan Gading Marten dan Gisella Anastasia masih tetap kompak meski pernikahannya di ambang perceraian. Bukti...
 

Ivan Gunawan Bakal Dipanggil Polisi Terkait Kasus Narkoba...

FAJARONLINE.CO.ID -- Presenter sekaligus desainer Ivan Gunawan bakal dipanggil polisi. Pemanggilan itu terkait kasus narkoba yang menjerat asisten...
 

Kane Cedera, Mohamed Salah dan Aubameyang Berebut Top Skor Liga Inggris

FAJARONLINE.CO.ID, LONDON—Kapten Tottenham Hotspur, Harry Kane divonis cedera ligamen dan harus absen hingga Maret. Itu kabar yang sangat buruk...
 

Gadis Ini Tak Sengaja Tembak Mati Pacar saat Berpose dengan Pistol untuk Snapchat

FAJARONLINE.CO.ID, TEXAS—Seorang gadis bernama Autumn King menembak mati pacarnya saat dia berpose dengan senapan untuk cerita Snapchat. Wanita...
 

Suntikkan Air Mani ke Lengannya, Pria Irlandia Alami Infeksi

FAJARONLINE.CO.ID, DUBLIN—Seorang pria asal Dublin, Irlandia menyuntik dirinya dengan air mani sendiri dalam upaya untuk menyembuhkan sakit...
 

BKMG Beri Peringatan Dini Cuaca Ekstrem di Sulsel

FAJARONLINE.CO.ID, SULSEL - Balai Besar Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar kembali mengeluarkan...
 

Sambangi Redaksi Harian Fajar, Pimpinan Bea Cukai Sulbagsel Sampaikan Ini

FAJARONLINE.CO.ID,  MAKASSAR -- Rombongan perwakilan Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel) sambangi redaksi Harian...
 

RPG Yakin Jokowi-Maruf Persembahkan Penampilan Terbaik

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Debat capres-cawapres malam nanti, jadi ajang pembuktian kualitas para calon. Wakil Sekretaris Tim Kampanye...
 

Beredar Video, Seorang Diri Orasi Maki-maki Danny Pomanto

FAJAORNLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Pria berorarsi mewakili pedagang kaki lima menolak untuk direlokasi oleh Pemerintah Kota Makassar   ...
 

Kakanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan, Padmoyo Tri Wikanto, Berkunjung ke FAJAR

Kepala Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan, Padmoyo Tri Wikanto, bersama jajarannya berkunjung ke redaksi FAJAR, Kamis, 17 Januari 2019....
 

Mantan Kekasih Artis Syahrini Diciduk, Cincin Miliarannya Digadai untuk Narkoba

FAJARONLINE.CO.ID -- Hans alias HK yang merupakan mantan kekasih artis Syahrini sempat menggadaikan cincin blue saphire ke bandar untuk...
 

Debat Capres-Cawapres 2019: Isu Impor dan Stabilitas Harga Pangan Bakal Jadi isu Dominan

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA - Debat Capres-Cawapres Pilpres 2019 akan berlangsung pada Kamis (17/1) malam. Salah tema debat pada bulan depan, 17...

Load More