Fajar

  Breaking News

Kalahkan Inggris, Kroasia Tantang Prancis di Final Piala Dunia 2018

Kroasia lolos ke final lewar gol Mario Mandzukic. (Foto: Carl Recine/Reuters)
Piala Dunia 2018 - 12 Juli 2018, 04:50:15

FAJARONLINE.CO.ID, MOSKOW—Bukan Inggris seperti yang banyak diprediksi. Kroasia yang akan menjadi penantang Prancis di babak final Piala Dunia 2018. Dalam laga semifinal, Kroasia mampu berbalik dari ketertinggalan di babak pertama untuk menang 2-1 atas Inggris dalam laga yang berlangsung sepanjang 120 menit.

Bagi Kroasia, ini menjadi sejarah baru bagi mereka. Prestasi terbaik negara asal Kawasan Balkan itu sebelumnya adalah posisi ketiga di Piala Dunia 1998. Sementara bagi Inggris, mereka kembali gagal mengulang prestasi juara yang mereka pernah raih di Piala Dunia 1966 di kandang sendiri.

Jalannya Pertandingan

Dalam laga di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis, 12 Juli, yang berakhir subuh beberapa saat lalu, Inggris mengambil inisiatif serangan sejak awal. Pada menit ke-5 mereka bahkan sudah mampu menjebol gawang Kroasia yang dikawal Danijel Subasic.

 

Lagi-lagi gol dicetak Inggris melalui senjata andalan mereka; bola mati. Diawali pelanggaran Luka Modric terhadap Dele Alli di depan kotak penalti, Kieran Trippier yang menjadi eksekutor mampu menaklukkan Subasic. Tendangannya ke sudut kiri tidak bisa dijangkau kiper Subasic.

 

Tertinggal 0-1, Kroasia langsung berbalik menekan dan mengontrol permainan. Hanya saja, rapatnya barisan pertahanan Inggris yang dipimpin John Stones dan Harrt Maguire menyulitkan mereka untuk setidaknya melepaskan tembakan ke gawang.

Sebaliknya, Inggris yang mengandalkan kecepatan Raheem Sterling untuk melakukan serangan balasan beberapa kali merepotkan Dejan Lovren dkk. Bahkan di menit ke-30, Harry Kane mampu membuat pendukung Kroasia menahan nafas ketika mampu berhadapan satu lawan satu dengan kiper. Beruntung, Kane terjebak offside.

Setelah itu, pada menit ke-31, Kroasia akhirnya mendapatkan tembakan tepat sasaran pertama mereka melalui Ante Rebic. Mendapat bola liar di depan kotak penalti, Rebic melepaskan tembakan first time yang tepat menemui penjaga gawang.

Inggris mendapat peluang emas menggandakan skor di menit ke-35 saat Jesse Lingard berdiri bebas setelah menerima umpan Alli. Sayang, tembakannya masih melenceng tipis di sisi kiri tiang gawang. Setelah itu, tidak ada lagi peluang berbahaya dan skor 1-0 bagi Inggris bertahan hingga turun minum.

Kembali dari ruang ganti, Kroasia langsung mencoba menekan pertahanan Inggris. Hanya saja, hingga satu jam laga berjalan, tidak ada tembakan mengarah ke gawang yang bisa mereka lakukan. Demikian juga dengan Inggris.

Ancaman pertama di babak kedua baru muncul di menit ke-63 saat Raheem Sterling lepas dari penjagaan bek Krosia dan menusuk ke kotak penalti. Namun, ia salah tumpuan dan terjatuh saat diganggu bek Kroasia. Upayanya mengirim umpan ke depan gawang juga gagal karena mengenai kiper.

Ivan Perisic merespons semenit kemudian. Menerima bola di depan kotak penalti, ia melepaskan tendangan keras ke arah gawang. Beruntung bagi Inggris, John Stones mampu memblok bola dengan badannya.

Pada menit ke-67, Harry Kane juga berhasil menembus pertahanan Kroasia. Ia kemudian melepaskan tendangan keras dari sudut sempit. Tetapi, bola hasil tendangan kaki kanannya melenceng tipis di samping tiang gawang sebelah kanan.

Kroasia berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-68. Diawali umpan Sime Vrsaljko dari sisi kanan pertahanan Inggris, bola mengarah ke depan gawang. Walker mencoba menyundul bola. Akan tetapi, Ivan Perisic yang muncul dari belakang bergerak cepat mendahului Walker dengan sontekan kaki kirinya yang tak bisa dijangkau Pickford.

Berhasil menyamakan kedudukan, Kroasia seperti berada di atas angin. Tiga menit kemudian atau tepatnya pada menit ke-71 terjadi kesalahan koordinasi antara kiper Inggris dan barisan pertahanan mereka. Ivan Perisic yang mendapat bola liar kemudian melepaskan tendangan keras. Sayang, bola masih mengenai tiang. Bola pantul langsung disambar Rebic, namun mampu ditangkap Pickford.

Manajer Inggris, Gareth Saouthgate melakukan pergantian pemain di menit ke-73. Marcus Rashford dimasukkan menggantikan Sterling yang mulai kelelahan. Pada menit ke-77, Jesse Lingard lolos dari jebakan ofsside namun tendangannya masih melebar. Kane juga terlambat menyonsong bola yang melintas di depan gawang.

Kroasia nyaris berbalik unggul di menit ke-82. Mendapat umpan jauh, Mandzukic mengontrol bola dengan dadanya di dalam kotak penalti sebelum melepaskan tendangan keras. Namun, bola bisa ditangkap Pickford.

Semenit berselang Kroasia kembali mendapat peluang emas ketika Pickford keluar dari gawangnya namun tidak menjangkau bola. Sayang, sontekan Perisic masih melenceng di atas mistar gawang yang sudah tanpa kiper.

Di injury time pelanggaran Ivan Rakitic terhadap Rashford memberi ancaman pada Kroasia. Tripper yang mengirim umpan ke tiang jauh mampu menemukan Kane. Tapi sundulan Kane masih jauh dari sasaran. Skor 1-1 pun bertahan dan laga berlanjut ke babak tambahan waktu.

Pada babak perpanjangan waktu, Danny Rose masuk menggantikan Ahsley Young yang sudah terlihat mengendor. Sementara Kroasia melakukan pergantian pertamanya di menit ke- 93 dimana Ivan Strinic yang cedera digantikan Josip Pivaric.

Inggris melakukan pergantian pemain ketiga di menit ke-96. Jordan Henderson keluar dan tempatnya diisi Eric Dier. Dua menit kemudian, Inggris nyaris mencetak gol kedua mereka. Diawali tendangan sudut, John Stones memenangi duel. Sundulan Stones sudah tidak mampu diantisipasi kiper. Namun, Vrsaljko masih ada di bawah mistar gawang untuk menahan laju bola dengan kepalanya.

Pelatih Kroasia, Zlatko Dalic melakukan pergantian kedua di menit ke-101. Rebic ditarik keluar digantikan Andrej Kramaric. Masuknya penyerang baru ini membuat Kroasia bisa meningkatkan ancaman. Di menit-menit akhir babak pertama extra time, Mandzukic nyaris menjebol gawang Inggris. Menerima umpan di depan gawang, Mandzukic menyontek bola namun Pickford mampu melakukan penyelamatan gemilang dengan kakinya.

Madzukic akhirnya membawa Kroasia berbalik unggul di menit ke-109. Mandzukic lepas dari pengawalan Stones menaklukkan Pickford lewat tendangan kaki kiri setelah memaksimalkan umpan kepala Perisic.

Tertinggal, Southgate langsung memasukkan penyerang Jamie Vardi menggantikan Walker. Sementara Kroasia mencoba mempertahankan keunggulan dengan menarik Mandzukic dan memasukkan bek Vedran Corluka.

Petaka datang bagi Inggris saat mereka mencoba mengejar ketertinggalan ketika Trippier cedera. Itu membuat mereka harus bermain dengan 10 pemain. Kroasia pun mulai lebih rileks apalagi setelah Milan Badelj masuk menggantikan Modric.

Inggris dengan 10 pemain mencoba memaksimalkan serangan di menit-menit akhir. Akan tetapi, keberuntungan belum berpihak pada mereka. Hingga wasit meniup peluit, skor 2-1 bagi Kroasia tetap bertahan dan mereka lolos ke final untuk kali pertama dalam sejarah. Kroasia selanjutnya akan menghadapi Prancis di babak final, awal pekan depan. Sementara Inggris akan berebut posisi ketiga dengan Belgia. (Trans TV/amr)

Author : amir

Download Aplikasi Android dan IOS Fajaronline

 


Tags



Berita Lainnya

🔀Berita Terkini
 

Selamat, Vicky Shu Lahirkan Putra Pertama

FAJARONLINE.CO.ID -- Kebahagiaan tengah dirasakan Vicky Shu. Penyanyi cantik itu baru saja melahirkan anak pertamanya dari pernikahannya dengan Ade...
 

Nafa Urbach Tetap Nyanyi dan Main Film Jika Terpilih Jadi Anggota DPR

FAJARONLINE.CO.ID -- Nafa Urbach terdaftar sebagai bakal caleg dari Partai NasDem di Pemilu 2019 mendatang. Dia mengatakan, tak akan seratus persen...
 

So Sweet, Dewi Perssik Dapat Hadiah Tas Mewah dari Ruben Onsu

FAJARONLINE.CO.ID -- Penyanyi dangdut Dewi Perssik mendapat hadiah spesial dari sahabatnya, Ruben Onsu. Hal ini Depe ceritakan lewat posting-an...
 

Gugat Cerai Suami, Nikita Mirzani Anggap Dipo Latief Bukan Iman yang Baik

FAJARONLINE.CO.ID -- Keputusan Nikita Mirzani untuk mengakhiri rumah tangganya dengan pengusaha Dipo Latief. Padahal, pernikahannya dengan putra...
 

Honda Cari Wirausaha Berbakat

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Setelah melalui proses seleksi Panitia Regional Astra Honda Motor Best Student (AHMBS) 2018, menetapkan pemenang asal...
 

Empat Petinju Sulsel Lolos ke Final Kejurnas PPLP di Bengkulu

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR — Empat dari tujuh petinju Sulawesi Selatan (Sulsel) berhasil meraih tiket menuju partai final pada Kejuaraan Tinju...
 

Jadi Pendaftar Pertama, Gerindra Lebih Siap Berkompetisi

FAJARONLINE.CO.ID, SUNGGUMINASA - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Gowa sudah mendaftarkan 45 anggotanya menjadi bakal calon legislatif...
 

Ditaklukkan Borneo FC, Barito Gagal Kudeta PSM

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Barito Putera gagal mengkudeta puncak klasemen sementara Liga 1 2018 atas pesaing terdekatnya PSM Makassar. Skuat...
 

REI-FAJAR Ekspo Properti 2018 Suguhkan Banyak Hiburan

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- REI-FAJAR Ekspo Properti 2018, yang akan dilaksanakan di Mal Ratu Indah (Mari) Makassar pada tanggal 1-5 Agustus...
 

Triwulan Kedua, PT Vale Produksi Nikel 18.893 Metrik Ton

FAJARONLINE.CO.ID, MALILI – PT Vale Indonesia Tbk mengumumkan bahwa Perseroan memproduksi 18.893 metrik ton (t) nikel dalam matte di...
 

Sasar Milenial, Telkomsel Luncurkan Kantin Digital TCash di SMK Telkom Makassar

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR — Telkomsel berkomitmen memberikan kemudahan bertransaksi di kantin sekolah dengan melakukan launching sistem...
 

Luncurkan StarStudent, Telkomsel Perkuat Ekosistem Digital di Sekolah

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR — Telkomsel menguatkan garapan milenial dengan membangun ekosistem berbasis digital di dalam dunia pendidikan....
 

KUR BNI Telah Tersalur Rp367 Miliar

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Terkait penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR), Bank BNI pun tak ingin kalah. Bahkan, dari sisi target sudah hampir...
 

Batal Lawan PSM, Sidrap United Didiskualifikasi Ikut Piala Indonesia

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Sidrap United yang mundur dari Liga 3 berbuntut panjang. Sidrap United didiskualifikasi dari turnamen Piala...
 

Kader PKK Se-Makassar Ikut Pelatihan Ibu Relawan Baca

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR --Dinas Perpustakaan Kota Makassar menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Ibu Relawan Baca bagi kader PKK Kecamatan dan...
 

Wakili Sulsel, Rahmayani Butuh Dukungan SMS

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR - Sebanyak 30 finalis Miss Grand Indonesia 2018 resmi diperkenalkan. Dari 30 finalis yang lolos, diketahui...
 

Dapil I Sulsel Arena Pertarungan Thita SYL dan Tenri Olle YL

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Pertarungan antara tante dan keponakan dari klan Yasin Limpo kembali terulang setelah pasca pilkada Gowa. Kali ini...
 

Pasar Mobil Bekas, MPV Paling Diburu

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR  -- Pasar Mobil bekas (mobkas) masih stabil ditengah persaingan otomotif saat ini. Multi Purpose Vehicle (MPV)...
 

Pensiun dari Polisi, Mantan Wakapolres Ini Nyaleg di Demokrat Maros

FAJARNONLINE.CO.ID, MAKASSAR - Partai Demokrat khususnya di Kabupaten Maros semakin diminati masyarakat.    Terbukti pada proses...
 

DAK Fisik dan Dana Desa Dievaluasi, Lutra Mantapkan Data

FAJARONLINE. CO. ID, MASAMBA---Badan Pengelola Keuangan dan Asat Daerah (BPKAD) Kabupaten Luwu Utara mempersiapkan data transfer dana alokasi khusus...
 

Hingga Hari ke-13, Pendaftar Bakal Caleg di Pangkep Masih Sepi

FAJARONLINE.CO.ID, PANGKEP-- Pengajuan bakal Calon Legislatif anggota DPRD Kabupaten Pangkep, memasuki hari ke-13 sejak dimulai pendaftaran pada 4...
 

Take Over ke BJB, Bunga Lebih Ringan

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- PT Bank Jawa Barat dan Banten (BJB) Tbk terus memacu pembiayaan properti. Itu melalui program take over. Selain bunga...
 

Mahasiswa Geruduk Kantor DPRD Wajo, Ini Tuntutannya

fajaronline.co.id, WAJO -- Sejumlah mahasiswa tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Indonesia Wajo Bersatu (AMIWB) mendatangi Kantor DPRD Kabupaten Wajo,...
 

Nama Mencuat Cawapres, Mahfud MD Mulai Dapat Serangan

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Ketua MK Mahfud MD masuk dalam bursa calon wakil presiden (cawapres) Joko Widodo. Bahkan partai koalisi...
 

Kopdar Toyota Owner Club Celebes Eratkan Silaturahmi

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR – Piala dunia kali ini masih hangat diperbincangkan. Tidak lepas dari euforia sebagai penonton dan pendukung,...

Load More