Fajar

  Breaking News

Kalahkan Inggris, Kroasia Tantang Prancis di Final Piala Dunia 2018

Kroasia lolos ke final lewar gol Mario Mandzukic. (Foto: Carl Recine/Reuters)
Piala Dunia 2018 - 12 Juli 2018, 04:50:15

FAJARONLINE.CO.ID, MOSKOW—Bukan Inggris seperti yang banyak diprediksi. Kroasia yang akan menjadi penantang Prancis di babak final Piala Dunia 2018. Dalam laga semifinal, Kroasia mampu berbalik dari ketertinggalan di babak pertama untuk menang 2-1 atas Inggris dalam laga yang berlangsung sepanjang 120 menit.

Bagi Kroasia, ini menjadi sejarah baru bagi mereka. Prestasi terbaik negara asal Kawasan Balkan itu sebelumnya adalah posisi ketiga di Piala Dunia 1998. Sementara bagi Inggris, mereka kembali gagal mengulang prestasi juara yang mereka pernah raih di Piala Dunia 1966 di kandang sendiri.

Jalannya Pertandingan

Dalam laga di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis, 12 Juli, yang berakhir subuh beberapa saat lalu, Inggris mengambil inisiatif serangan sejak awal. Pada menit ke-5 mereka bahkan sudah mampu menjebol gawang Kroasia yang dikawal Danijel Subasic.

 

Lagi-lagi gol dicetak Inggris melalui senjata andalan mereka; bola mati. Diawali pelanggaran Luka Modric terhadap Dele Alli di depan kotak penalti, Kieran Trippier yang menjadi eksekutor mampu menaklukkan Subasic. Tendangannya ke sudut kiri tidak bisa dijangkau kiper Subasic.

 

Tertinggal 0-1, Kroasia langsung berbalik menekan dan mengontrol permainan. Hanya saja, rapatnya barisan pertahanan Inggris yang dipimpin John Stones dan Harrt Maguire menyulitkan mereka untuk setidaknya melepaskan tembakan ke gawang.

Sebaliknya, Inggris yang mengandalkan kecepatan Raheem Sterling untuk melakukan serangan balasan beberapa kali merepotkan Dejan Lovren dkk. Bahkan di menit ke-30, Harry Kane mampu membuat pendukung Kroasia menahan nafas ketika mampu berhadapan satu lawan satu dengan kiper. Beruntung, Kane terjebak offside.

Setelah itu, pada menit ke-31, Kroasia akhirnya mendapatkan tembakan tepat sasaran pertama mereka melalui Ante Rebic. Mendapat bola liar di depan kotak penalti, Rebic melepaskan tembakan first time yang tepat menemui penjaga gawang.

Inggris mendapat peluang emas menggandakan skor di menit ke-35 saat Jesse Lingard berdiri bebas setelah menerima umpan Alli. Sayang, tembakannya masih melenceng tipis di sisi kiri tiang gawang. Setelah itu, tidak ada lagi peluang berbahaya dan skor 1-0 bagi Inggris bertahan hingga turun minum.

Kembali dari ruang ganti, Kroasia langsung mencoba menekan pertahanan Inggris. Hanya saja, hingga satu jam laga berjalan, tidak ada tembakan mengarah ke gawang yang bisa mereka lakukan. Demikian juga dengan Inggris.

Ancaman pertama di babak kedua baru muncul di menit ke-63 saat Raheem Sterling lepas dari penjagaan bek Krosia dan menusuk ke kotak penalti. Namun, ia salah tumpuan dan terjatuh saat diganggu bek Kroasia. Upayanya mengirim umpan ke depan gawang juga gagal karena mengenai kiper.

Ivan Perisic merespons semenit kemudian. Menerima bola di depan kotak penalti, ia melepaskan tendangan keras ke arah gawang. Beruntung bagi Inggris, John Stones mampu memblok bola dengan badannya.

Pada menit ke-67, Harry Kane juga berhasil menembus pertahanan Kroasia. Ia kemudian melepaskan tendangan keras dari sudut sempit. Tetapi, bola hasil tendangan kaki kanannya melenceng tipis di samping tiang gawang sebelah kanan.

Kroasia berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-68. Diawali umpan Sime Vrsaljko dari sisi kanan pertahanan Inggris, bola mengarah ke depan gawang. Walker mencoba menyundul bola. Akan tetapi, Ivan Perisic yang muncul dari belakang bergerak cepat mendahului Walker dengan sontekan kaki kirinya yang tak bisa dijangkau Pickford.

Berhasil menyamakan kedudukan, Kroasia seperti berada di atas angin. Tiga menit kemudian atau tepatnya pada menit ke-71 terjadi kesalahan koordinasi antara kiper Inggris dan barisan pertahanan mereka. Ivan Perisic yang mendapat bola liar kemudian melepaskan tendangan keras. Sayang, bola masih mengenai tiang. Bola pantul langsung disambar Rebic, namun mampu ditangkap Pickford.

Manajer Inggris, Gareth Saouthgate melakukan pergantian pemain di menit ke-73. Marcus Rashford dimasukkan menggantikan Sterling yang mulai kelelahan. Pada menit ke-77, Jesse Lingard lolos dari jebakan ofsside namun tendangannya masih melebar. Kane juga terlambat menyonsong bola yang melintas di depan gawang.

Kroasia nyaris berbalik unggul di menit ke-82. Mendapat umpan jauh, Mandzukic mengontrol bola dengan dadanya di dalam kotak penalti sebelum melepaskan tendangan keras. Namun, bola bisa ditangkap Pickford.

Semenit berselang Kroasia kembali mendapat peluang emas ketika Pickford keluar dari gawangnya namun tidak menjangkau bola. Sayang, sontekan Perisic masih melenceng di atas mistar gawang yang sudah tanpa kiper.

Di injury time pelanggaran Ivan Rakitic terhadap Rashford memberi ancaman pada Kroasia. Tripper yang mengirim umpan ke tiang jauh mampu menemukan Kane. Tapi sundulan Kane masih jauh dari sasaran. Skor 1-1 pun bertahan dan laga berlanjut ke babak tambahan waktu.

Pada babak perpanjangan waktu, Danny Rose masuk menggantikan Ahsley Young yang sudah terlihat mengendor. Sementara Kroasia melakukan pergantian pertamanya di menit ke- 93 dimana Ivan Strinic yang cedera digantikan Josip Pivaric.

Inggris melakukan pergantian pemain ketiga di menit ke-96. Jordan Henderson keluar dan tempatnya diisi Eric Dier. Dua menit kemudian, Inggris nyaris mencetak gol kedua mereka. Diawali tendangan sudut, John Stones memenangi duel. Sundulan Stones sudah tidak mampu diantisipasi kiper. Namun, Vrsaljko masih ada di bawah mistar gawang untuk menahan laju bola dengan kepalanya.

Pelatih Kroasia, Zlatko Dalic melakukan pergantian kedua di menit ke-101. Rebic ditarik keluar digantikan Andrej Kramaric. Masuknya penyerang baru ini membuat Kroasia bisa meningkatkan ancaman. Di menit-menit akhir babak pertama extra time, Mandzukic nyaris menjebol gawang Inggris. Menerima umpan di depan gawang, Mandzukic menyontek bola namun Pickford mampu melakukan penyelamatan gemilang dengan kakinya.

Madzukic akhirnya membawa Kroasia berbalik unggul di menit ke-109. Mandzukic lepas dari pengawalan Stones menaklukkan Pickford lewat tendangan kaki kiri setelah memaksimalkan umpan kepala Perisic.

Tertinggal, Southgate langsung memasukkan penyerang Jamie Vardi menggantikan Walker. Sementara Kroasia mencoba mempertahankan keunggulan dengan menarik Mandzukic dan memasukkan bek Vedran Corluka.

Petaka datang bagi Inggris saat mereka mencoba mengejar ketertinggalan ketika Trippier cedera. Itu membuat mereka harus bermain dengan 10 pemain. Kroasia pun mulai lebih rileks apalagi setelah Milan Badelj masuk menggantikan Modric.

Inggris dengan 10 pemain mencoba memaksimalkan serangan di menit-menit akhir. Akan tetapi, keberuntungan belum berpihak pada mereka. Hingga wasit meniup peluit, skor 2-1 bagi Kroasia tetap bertahan dan mereka lolos ke final untuk kali pertama dalam sejarah. Kroasia selanjutnya akan menghadapi Prancis di babak final, awal pekan depan. Sementara Inggris akan berebut posisi ketiga dengan Belgia. (Trans TV/amr)


SETIAP ORANG PUNYA CERITA.
Langganan Anda Membantu Jurnalisme Berkualitas

Media cetak bacaan terbaik hindari berita hoax. Untuk mengakses berita cetak, silahkan langganan premium epaper FAJAR disini epaper.fajaronline.co.id Kami kirimkan Anda koran secara gratis. (Syarat dan ketentuan berlaku). hubungi wa/tlp 085242899926 atau 0811462222

Author : amir

Berita Lainnya

🔀Berita Terkini
 

Menikah di Tanah Suci, Ini Perlakuan Khusus kepada Jemaah NRA Group

FAJARONLINE.CO.ID, MEKAH -- Jemaah NRA Group Wahyu Sulistio Wibowo dan Indah Lestari Laica, melangsungkan pernikahannya di Tanah Suci, Rabu, 14...
 

Semen Tonasa Gelar Sunatan Massal di Lima Lokasi. Libatkan 500 Anak

FAJARONLINE.CO.ID, KONAWE -- PT Semen Tonasa melaksanakan sunatan massal secara gratis kepada 50 anak di lokasi Packing Plant Semen Tonasa, Konawe...
 

Sah, Kampus STAIN Watampone Menyandang Nama IAIN Bone

FAJARONLINE.CO.ID, WATAMPONE -- STAIN Watampone telah resmi beralih status menjadi IAIN Bone sejak April silam. Kendati demikian, peresmian kampusnya...
 

Sah, Kampus STAIN Watampone Sandang Nama IAIN Bone

FAJARONLINE.CO.ID, WATAMPONE -- STAIN Watampone telah resmi beralih status menjadi IAIN Bone sejak April silam. Kendati demikian, peresmian kampusnya...
 

Warga Tellu Limpoe Setujui Pembebasan Lahan untuk Jalur Alternatif Bone - Makassar

Warga Tellu Limpoe Setujui Pembebasan Lahan untuk Jalur Alternatif Bone - Makassar   FAJARONLINE.CO.ID, WATAMPONE -- Jalur alternatif khusus...
 

Pimpinan Grup Kasidah Meninggal Saat Ikuti Lomba Selawat

FAJARONLINE.CO.ID,BATAM--Vivi Suhartini (46), tiba-tiba terkulai lemas saat sedang tampil berselawat bersama grupnya saat Maulid Nabi Muhammad...
 

KDS Launching Sebelum PSM Jamu Bali United

FAJAR ONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Anggota Komunitas Dottoro' Suporter (KDS) PSM mematangkan persiapan jelang peresmian di salah satu cafe di Jalan...
 

Ini Alasan Pengacara Baiq Nuril Tidak Ajukan Grasi ke Jokowi

FAJARONLINE.CO,ID,MATARAM--Pengacara  Baiq Nuril Maknun, Joko Jumadi, menanggapi pernyataan presiden, Joko Widodo (Jokowi) yang mengaku akan...
 

Teriakan Perempuan Kagetkan Resepsionis Hotel, Ternyata Korban Penikaman

FAJARONLINE.CO.ID,MAKASSAR--Teriakan Riska Ananda Amelia dari depan salah satu kamar di Hotel Asia Jalan Pengayoman Kota Makassar, mengangetkan...
 

Mantan Direktur Utama PD Pasar Raya Makassar Divonis 1,8 Tahun

FAJARONLINE.CO.ID,MAKASSAR--Mantan Direktur Utama PD Pasar Raya Makassar, Abd Rahim Bustam, divonis 1,8 tahun hukuman kurungan penjara oleh ...
 

Memaknai Maulid, Nabi Muhammad Pembela Kaum Lemah dan Tertindas

FAJARONLINE.CO.ID,JAKARTA--Semangat pembebasan  dari ketertindasan yang ajarkan oleh Rasulullah Muhammad SAW perlu diteladani, termasuk...
 

Putusan Inkracht PN Makassar tentang Hak PWI Sulsel terhadap Gedung PWI SulSel

FAJARONLINE.CO.ID,MAKASSAR--Penetapan tersangka kepada mantan Ketua PWI Provinsi Sulsel masa bakti 2010 – 2015, Zulkifli Gani Ottoh, dianggap...
 

Tanah di Pettarani Digugat, Telkom Klaim Punya Dasar Kuat Sebagai Pemilik Sah

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR- Lahan milik Telkom di Jalan AP Pettarani kembali digugat secara hukum. Namun pihak Telkom yakin punya alas hukum yang...
 

Farhat Abbas Tuding Vicky Buat Skenario Seolah-olah Angel Selingkuh

FAJARONLINE.CO.ID,JAKARTA-- Farhat Abbas menuding  Vicky telah membuat skenario seolah-olah Angel sedang berselingkuh. Dia mengaku ditunjuk oleh...
 

Meski Mobil Lawas, Ditawar Rp1,7 Miliar dan Hanya 7 di Indonesia

FAJARONLINE.CO.ID,JAKARTA--Mobil Toyota Sprinter Trueno modifikasi Jackie sangat mirip dengan mobil pengantar tahu dalam komik Initial D. Mobil...
 

PKS Bagi-bagi Telur Maulid

FAJARONLINE.CO.ID MAKASSAR -- PKS dikenal sebagai partai yang kreatif, punya banyak cara memperkenalkan diri ke masyarakat, termasuk acara yang...
 

Persija Menang, Selisih 1 Poin di Belakang PSM

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA—Persaingan menuju gelar juara Go-jek Liga 1 2018 semakin ketat. Persija Jakarta yang sukses mengamankan kemenangan...
 

Beton Berbahan Limbah Buatan Mahasiswa Unifa

Bisa Hemat Semen Lima Persen   Ampas tebu dibuat menjadi bahan tambah semen. Kemudian, cangkang kemiri yang mengganti agregat...
 

Tak Ada Komitmen RTH, Pemkot Parepare Tak Layani Pengembang Perumahan

FAJARONLINE.CO.ID, PAREPARE - Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPR) Kota Parepare perketat izin pembangunan perumahan yang tidak...
 

FOTO: IKM Parepare Silaturahmi dengan Prof Dr Salim Haji Said

Ikatan Keluarga Masyarakat (IKM) Parepare mengadakan pertemuan dengan Guru Besar Universitas Pertahanan RI, Prof Dr Salim Haji Said di Graha Pena...
 

Pacu Kunjungan, Pemkot Parepare Bakal Renovasi Kolam Renang Jompie

FAJARONLINE.CO.ID, PAREPARE-- Pemerintah Kota Parepare  akan merenovasi kolam renang yang ada di sisi barat Kebun Raya...
 

Jokowi Pro UMKM, HIPMI Minta Cabut 54 Daftar Negatif Investasi

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA---Pemerintah telah mengeluarkan paket kebijakan ekonomi jilid XVI, yakni perluasan Fasilitas Pengurangan Pajak Penghasilan...
 

Prof Salim Said Silaturahmi Bersama IKM Parepare

FAJARONLINE.CO.ID,MAKASSAR -- Guru Besar Universitas Pertahanan, Prof Salim Said, bersilaturahmi bersama Ikatan Keluarga Masyarakat (IKM) Parepare....
 

Jalan Rusak Akibat Proyek KA, PU Minta Ongkos Perbaikan Rp20 M

FAJARONLINE.CO.ID, BARRU--Kerusakan jalan akibat proyek kereta api (KA) di Barru, lumayan banyak. Dinas PU Barru usulkan anggaran perbaikan jalan ke...
 

Bob Wahyudin Blusukan Sehat di Pulau Barrang Lompo

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR, --- Dokter Spesialis Anak dan Konsultan Paru/Nafas, Dr. dr. Bob Wahyudin, Sp.A(K), Ahad 18 November 2018, melakukan...

Load More