Fajar

  Breaking News

Kalahkan Inggris, Kroasia Tantang Prancis di Final Piala Dunia 2018

Kroasia lolos ke final lewar gol Mario Mandzukic. (Foto: Carl Recine/Reuters)
Piala Dunia 2018 - 12 Juli 2018, 04:50:15

FAJARONLINE.CO.ID, MOSKOW—Bukan Inggris seperti yang banyak diprediksi. Kroasia yang akan menjadi penantang Prancis di babak final Piala Dunia 2018. Dalam laga semifinal, Kroasia mampu berbalik dari ketertinggalan di babak pertama untuk menang 2-1 atas Inggris dalam laga yang berlangsung sepanjang 120 menit.

Bagi Kroasia, ini menjadi sejarah baru bagi mereka. Prestasi terbaik negara asal Kawasan Balkan itu sebelumnya adalah posisi ketiga di Piala Dunia 1998. Sementara bagi Inggris, mereka kembali gagal mengulang prestasi juara yang mereka pernah raih di Piala Dunia 1966 di kandang sendiri.

Jalannya Pertandingan

Dalam laga di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis, 12 Juli, yang berakhir subuh beberapa saat lalu, Inggris mengambil inisiatif serangan sejak awal. Pada menit ke-5 mereka bahkan sudah mampu menjebol gawang Kroasia yang dikawal Danijel Subasic.

 

Lagi-lagi gol dicetak Inggris melalui senjata andalan mereka; bola mati. Diawali pelanggaran Luka Modric terhadap Dele Alli di depan kotak penalti, Kieran Trippier yang menjadi eksekutor mampu menaklukkan Subasic. Tendangannya ke sudut kiri tidak bisa dijangkau kiper Subasic.

 

Tertinggal 0-1, Kroasia langsung berbalik menekan dan mengontrol permainan. Hanya saja, rapatnya barisan pertahanan Inggris yang dipimpin John Stones dan Harrt Maguire menyulitkan mereka untuk setidaknya melepaskan tembakan ke gawang.

Sebaliknya, Inggris yang mengandalkan kecepatan Raheem Sterling untuk melakukan serangan balasan beberapa kali merepotkan Dejan Lovren dkk. Bahkan di menit ke-30, Harry Kane mampu membuat pendukung Kroasia menahan nafas ketika mampu berhadapan satu lawan satu dengan kiper. Beruntung, Kane terjebak offside.

Setelah itu, pada menit ke-31, Kroasia akhirnya mendapatkan tembakan tepat sasaran pertama mereka melalui Ante Rebic. Mendapat bola liar di depan kotak penalti, Rebic melepaskan tembakan first time yang tepat menemui penjaga gawang.

Inggris mendapat peluang emas menggandakan skor di menit ke-35 saat Jesse Lingard berdiri bebas setelah menerima umpan Alli. Sayang, tembakannya masih melenceng tipis di sisi kiri tiang gawang. Setelah itu, tidak ada lagi peluang berbahaya dan skor 1-0 bagi Inggris bertahan hingga turun minum.

Kembali dari ruang ganti, Kroasia langsung mencoba menekan pertahanan Inggris. Hanya saja, hingga satu jam laga berjalan, tidak ada tembakan mengarah ke gawang yang bisa mereka lakukan. Demikian juga dengan Inggris.

Ancaman pertama di babak kedua baru muncul di menit ke-63 saat Raheem Sterling lepas dari penjagaan bek Krosia dan menusuk ke kotak penalti. Namun, ia salah tumpuan dan terjatuh saat diganggu bek Kroasia. Upayanya mengirim umpan ke depan gawang juga gagal karena mengenai kiper.

Ivan Perisic merespons semenit kemudian. Menerima bola di depan kotak penalti, ia melepaskan tendangan keras ke arah gawang. Beruntung bagi Inggris, John Stones mampu memblok bola dengan badannya.

Pada menit ke-67, Harry Kane juga berhasil menembus pertahanan Kroasia. Ia kemudian melepaskan tendangan keras dari sudut sempit. Tetapi, bola hasil tendangan kaki kanannya melenceng tipis di samping tiang gawang sebelah kanan.

Kroasia berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-68. Diawali umpan Sime Vrsaljko dari sisi kanan pertahanan Inggris, bola mengarah ke depan gawang. Walker mencoba menyundul bola. Akan tetapi, Ivan Perisic yang muncul dari belakang bergerak cepat mendahului Walker dengan sontekan kaki kirinya yang tak bisa dijangkau Pickford.

Berhasil menyamakan kedudukan, Kroasia seperti berada di atas angin. Tiga menit kemudian atau tepatnya pada menit ke-71 terjadi kesalahan koordinasi antara kiper Inggris dan barisan pertahanan mereka. Ivan Perisic yang mendapat bola liar kemudian melepaskan tendangan keras. Sayang, bola masih mengenai tiang. Bola pantul langsung disambar Rebic, namun mampu ditangkap Pickford.

Manajer Inggris, Gareth Saouthgate melakukan pergantian pemain di menit ke-73. Marcus Rashford dimasukkan menggantikan Sterling yang mulai kelelahan. Pada menit ke-77, Jesse Lingard lolos dari jebakan ofsside namun tendangannya masih melebar. Kane juga terlambat menyonsong bola yang melintas di depan gawang.

Kroasia nyaris berbalik unggul di menit ke-82. Mendapat umpan jauh, Mandzukic mengontrol bola dengan dadanya di dalam kotak penalti sebelum melepaskan tendangan keras. Namun, bola bisa ditangkap Pickford.

Semenit berselang Kroasia kembali mendapat peluang emas ketika Pickford keluar dari gawangnya namun tidak menjangkau bola. Sayang, sontekan Perisic masih melenceng di atas mistar gawang yang sudah tanpa kiper.

Di injury time pelanggaran Ivan Rakitic terhadap Rashford memberi ancaman pada Kroasia. Tripper yang mengirim umpan ke tiang jauh mampu menemukan Kane. Tapi sundulan Kane masih jauh dari sasaran. Skor 1-1 pun bertahan dan laga berlanjut ke babak tambahan waktu.

Pada babak perpanjangan waktu, Danny Rose masuk menggantikan Ahsley Young yang sudah terlihat mengendor. Sementara Kroasia melakukan pergantian pertamanya di menit ke- 93 dimana Ivan Strinic yang cedera digantikan Josip Pivaric.

Inggris melakukan pergantian pemain ketiga di menit ke-96. Jordan Henderson keluar dan tempatnya diisi Eric Dier. Dua menit kemudian, Inggris nyaris mencetak gol kedua mereka. Diawali tendangan sudut, John Stones memenangi duel. Sundulan Stones sudah tidak mampu diantisipasi kiper. Namun, Vrsaljko masih ada di bawah mistar gawang untuk menahan laju bola dengan kepalanya.

Pelatih Kroasia, Zlatko Dalic melakukan pergantian kedua di menit ke-101. Rebic ditarik keluar digantikan Andrej Kramaric. Masuknya penyerang baru ini membuat Kroasia bisa meningkatkan ancaman. Di menit-menit akhir babak pertama extra time, Mandzukic nyaris menjebol gawang Inggris. Menerima umpan di depan gawang, Mandzukic menyontek bola namun Pickford mampu melakukan penyelamatan gemilang dengan kakinya.

Madzukic akhirnya membawa Kroasia berbalik unggul di menit ke-109. Mandzukic lepas dari pengawalan Stones menaklukkan Pickford lewat tendangan kaki kiri setelah memaksimalkan umpan kepala Perisic.

Tertinggal, Southgate langsung memasukkan penyerang Jamie Vardi menggantikan Walker. Sementara Kroasia mencoba mempertahankan keunggulan dengan menarik Mandzukic dan memasukkan bek Vedran Corluka.

Petaka datang bagi Inggris saat mereka mencoba mengejar ketertinggalan ketika Trippier cedera. Itu membuat mereka harus bermain dengan 10 pemain. Kroasia pun mulai lebih rileks apalagi setelah Milan Badelj masuk menggantikan Modric.

Inggris dengan 10 pemain mencoba memaksimalkan serangan di menit-menit akhir. Akan tetapi, keberuntungan belum berpihak pada mereka. Hingga wasit meniup peluit, skor 2-1 bagi Kroasia tetap bertahan dan mereka lolos ke final untuk kali pertama dalam sejarah. Kroasia selanjutnya akan menghadapi Prancis di babak final, awal pekan depan. Sementara Inggris akan berebut posisi ketiga dengan Belgia. (Trans TV/amr)


SETIAP ORANG PUNYA CERITA.
Langganan Anda Membantu Jurnalisme Berkualitas

Author : amir

Berita Lainnya

🔀Berita Terkini
 

Cara Agar Mudah Antre di BPJS Kesehatan Makassar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR- Meski antrean padat, minat masyarakat untuk mengurus keperluannya langsung di Kantor BPJS Kesehatan Makassar, Jl AP Pettarani,...
 

Pengurus Himal SMPP Smada-Smaga Bone Dikukuhkan

FAJARONLINE,CO.ID, MAKASSAR -– Pengurus Himpunan Alumni (Himal) Sekolah Menengah Pendidikan Pertanian (SMPP) atau Sekolah Menengah Atas Negeri...
 

Danny Resmikan Aparong Hunian di Tamalate

FAJARONLINE.CO.ID -- Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto meresmikan Apartemen Lorong (Aparong) Hunian di Kecamatan Tamalate. Lokasinya di Jl...
 

FH Unhas Kirim Wakil Pilmapres, Putri Pendidikan Sulbar Tersisih

MAKASSAR, FAJARONNLINE.CO.ID -- Tiga mahasiswa Fakultas Hukum Unhas dijagokan bisa bersaing dalam pemilihan mahasiswa berprestasi (pilmapres) 2019...
 

Putra Gubernur, Fathul Fauzi Diserbu Milenial di Jeneponto

FAJAR.CO.ID, JENEPONTO--Calon legislatif (Caleg) DPRD Sulsel dari Partai Solidaritas Indonesia, Fathul Fauzi Nurdin diserbu milineal saat berkampanye...
 

Ini Data dan Fakta Bayern Munchen versus Liverpool

FAJARONLINE.CO.ID, MUNICH—Dua raksasa Eropa; Bayern Munchen dan Liverpool akan bentrok dalam laga hidup mati pada leg kedua babak 16 besar Liga...
 

Konsultasi Teknis Pemasyarakatan, Petugas Harus Mampu Bekali Warga Binaan

Fajaronline.co.id, Makassar -- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulsel yang diwakili oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan,...
 

Preview Munchen vs Liverpool: Teror Raja Allianz

FAJARONLINE.CO.ID, MUNICH—Bayern Munchen siap menggempur Liverpool di leg kedua babak 16 besar Liga Champions, dinihari nanti. Komando di...
 

Preview Barcelona vs Lyon: Trauma Roma, Tuan Rumah Waspada

FAJARONLINE.CO.ID, BARCELONA—Barcelona tidak berani meremehkan Lyon di leg kedua babak 16 besar Liga Champions. Trauma akibat kekalahan...
 

Penilaian Sombere and Smart Lorong, Camat Motivasi Warga Kelurahan Paropo

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Penilaian Sombere and Smart Lorong (SSL) 2019 di Kelurahan Paropo, Kecamatan Panakkukang, dilaksanakan Rabu...
 

STMIK Handayani Menerima Kunjungan Studi banding dari Universitas Alsyariah Mandar

FAJAR.CO.ID - Pasca sarjana STMIK Handayani mendapat kunjungan studi banding dari Fakultas Ilmu Komputer Universitas Alsyariah Mandar (UNASMAN)...
 

Asah Bakat dan Minat Lewat UKM SB eSA

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR — Kembangkan minat dan bakat bidang seni, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Budaya (SB) eSA, Universitas Islam...
 

Gara-gara Bungkusan 7 Kilogram, Dirnarkoba Polda Sulsel Semprot Kasat Narkoba Sidrap

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Kasat Narkoba Polres Sidrap, AKP Badollahi disemprot oleh Dirnarkoba Polda Sulsel, Kombes Pol Hermawan persoalan...
 

Tangkap Abu Hamzah, Jokowi Puji Kinerja Densus 88

FAJARONLINE.CO.ID--Presiden RI, Joko Widodo mengapresiasi kinerja Polri dalam mengungkap jaringan terduga teroris Abu Hamzah, di Sibolga, Sumatera...
 

Perbarindo Latih Puluhan Calon Komisaris BPR

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) Sulsel, menghelat agenda pelatihan sertifikasi kompetensi...
 

Tim yang Masuk 16 Besar Bupati Gowa Cup 2019

GOWA, FAJARONLINE.CO.ID -- Tim yang dipastikan lolos ke babak 16 besar Bupati Gowa Cup 2019 sudah rampung. Meski masih ada pert beberapa partai yang...
 

Ini Pendapat Pengacara Soal Kasus Jung Joon Young

FAJARONLINE.CO.ID--Sejumlah pengacara ternama mulai berpendapat tentang hukuman yang bakal diterima Seungri Bigbang dan Jung Joon Young, yang...
 

Ditahan Pendemo, Nico Biringkanae Tandatangani Surat Penolakan Wisata Halal

FAJARONLINE.CO.ID, MAKALE -- Aksi penolakan wisata halal di Toraja, kembali digelar, Rabu, 13 Maret 2019. Gelombang aksi kali ini cukup besar dengan...
 

PWI Sulsel Apresiasi Lomba Foto JK

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR--Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sulawesi Selatan, memberikan dukungan penuh terhadap penyelenggara lomba...
 

Ban Motor Dikempeskan Karena Parkir Sembarangan, Mahasiswa UINAM: Parkiran Sempit

FAJARONLINE.CO.ID, GOWA -- Parkir sembarangan merupakan salah satu momok yang menjadi sorotan pejabat kampus. UIN Alauddin Makassar (UINAM)...
 

Sempat Pingsan, Siti Aisyah Disambut Luar Biasa

TKI Malaysia FAJARONLINE.CO.ID--Kedatangan Siti Aisyah di Sindangsari, Pabuaran, Kabupaten Serang, mendapat sambutan luar biasa warga. TKI yang...
 

Polemik Bupati Jadi Kadis, Kemendagri: Kebijakan Nico Bertentangan dengan Undang-undang

FAJARONLINE.CO.ID -- Kemendagri melalui Kapuspen Kemendagri, Bahtiar Baharuddin, meminta agar Gubernur Sulsel selaku wakil pemerintah pusat di daerah...
 

Mbak Tutut: Saya Akan Dampingi Transmigran Memajukan Bangsa Ini

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA — Siti Hardijanti Rukmana, putri Presiden Soeharto, yang lebih populer dengan panggilan Mbak Tutut, mengajak...
 

Wakil TKN 01 Sarankan Grace Natalie Kedepankan Etika

FAJARONLINE.CO.ID--Pidato Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Grace Natalie berefek gaduh. Pasalnya, dia menuding partai-partai lain tidak...
 

Pimpin Rapat, Kadivmin: Setiap Personel Kemenkumham Sulsel Punya Kompetensi

FAJARONLINE.CO.ID -- Kepala Divisi Administrasi, Abdul Rahman L, memimpin rapat Bagian Program dan Hubungan Masyarakat (Humas) Kantor Wilayah...

Load More