Fajar

  Breaking News

Mengapa Bunuh Diri Haram Menurut Islam

Ilustrasi
Life Style - 06 Juli 2018, 14:48:26

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Diskusi Islam kontemporer tentang bunuh diri berjalan di sepanjang garis tradisi dan penafsiran klasik. Tema-tema akrab dikemukakan, bunuh diri adalah dosa karena hanya Allah SWT-lah yang berhak mengambil kehidupan yang telah Dia berikan.

Terlarang bagi umat Islam untuk mengharapkan kematian. Tak peduli bagaimana pun kondisi mereka. Dan, orang yang bunuh diri boleh dishalati.

Allah SWT secara tegas melarang tindakan bunuh diri. Larangan itu disebutkan, antara lain, dalam surah an-Nisa’ ayat 29 yang artinya, “Janganlah kamu membunuh dirimu, sesungguhnya Allah adalah Mahapenyayang kepadamu.” Ini seperti tertuang pula di surah an-Nisa’ ayat 30.

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dari Ad-Dahak disebutkan, “Barang siapa terjun dari sebuah bukit untuk menewaskan dirinya maka kelak ia akan masuk neraka dalam keadaan terlempar jasadnya. Ia kekal dalam neraka selama-lamanya.”

“Barang siapa yang meneguk racun dan racun itu menewaskan dirinya, maka racun itu akan tetap dalam genggaman tangannya sambil meneguknya di dalam neraka jahanam. la juga kekal di dalamnya selama-lamanya.”

Imam asy-Syathibi menyatakan bahwa semua ajaran yang ditetapkan oleh Islam adalah untuk menjaga kemaslahatan yang lima. Berdasarkan dalil-dalil di atas jelas bahwa bunuh diri merupakan perbuatan yang dilarang dan bertentangan dengan perintah agama. Karena besarnya dosa akibat perbuatan tersebut maka tempat kembali orang yang melakukannya adalah neraka jahanam.

Dengan bunuh diri, seseorang akan merasakan penderitaan tiga kali, yaitu penderitaan di dunia yang mendorongnya berbuat seperti itu, penderitaan menjelang kematiannya, dan penderitaan yang kekal di akhirat nanti.

Kadang-kadang ditegaskan pula oleh para pemikir Muslim modern bahwa bunuh diri menunjukkan penurunan keimanan karena agama cenderung mengurangi depresi mental dan pedihnya tragedi kehidupan. Dan, bahwa ateisme adalah sebab utama dari menyebarluasnya kasus bunuh diri. Hal ini bisa mengindikasikan suatu kesadaran terhadap kesimpulan penelitian Barat tentang masalah bunuh diri dan agama.

Sebuah studi statistik lintasbangsa (Miles E Simpson dan George H Conklin, “Socio-economic Development, Suicide and Religion: A Tes of Durkheim’s Theory of Religion and Suciede”) menyimpulkan, persentase Muslim dalam penduduk suatu bangsa menunjukkan relasi negatif yang signifikan dengan tingkat bunuh diri bangsa tersebut. Sebuah hasil yang tetap bertahan, bahkan ketika menjadi pengendali untuk modernitas ekonomi, sosial, dan demografi.

Angka bunuh diri di kalangan kaum Muslim pada masa modern tampak sangat rendah. Angkanya hanyalah sepersekian dari tingkat bunuh diri di negeri-negeri Barat dan juga jauh lebih rendah daripada yang terjadi di kebanyakan negara berkembang non-Muslim.

Lebih jauh lagi, dalam masyarakat heterogen kaum Muslim secara konsisten memperlihatkan tingkat bunuh diri yang lebih rendah daripada non-Muslim (kendati angkanya bisa lebih tinggi secara dramatis di kalangan kaum emigran berlatar belakang Barat, sebagaimana yang tampak terjadi di Prancis).

Tetap Interaksi

Depresi dan bunuh diri memang merupakan dua perkara yang saling berkaitan. Namun bukan berarti keduanya tak bisa dipisahkan.

Menurut dr. Fiona Amelia dari KlikDokter, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar terbebas dari depresi dan mencegah keinginan untuk bunuh diri:

1. Cari dukungan dan tetap terhubung dengan dunia luar.

Orang yang depresi cenderung menarik diri dari pergaulan, bahkan menjauh dari keluarga atau sahabat dekat. Padahal, mendapatkan dukungan dari orang lain merupakan suatu hal yang sangat penting.

Karena pada dasarnya, manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan peranan orang lain dalam kehidupan. Pada kasus depresi, hadirnya orang-orang tercinta bisa membantu berpikir jernih atau memotivasi diri.

Jadi, jika Anda depresi, pastikan untuk tetap terhubung dengan orang lain dan ikut ambil bagian dalam aktivitas sosial. Ini akan memberikan efek yang positif pada suasana hati dan persepsi Anda.

Ingatlah bahwa perilaku tersebut bukan tanda bahwa Anda lemah atau akan membebani orang lain. Orang-orang terdekat yang menyayangi Anda justru peduli dan ingin membantu. Carilah teman atau siapa pun yang bisa membuat Anda berkeluh kesah secara terbuka, jujur, dan tidak merasa dihakimi.

2. Akvitas fisik.

Olahraga merupakan penawar depresi yang luar biasa. Studi menunjukkan bahwa olahraga yang rutin dilakukan sama efektifnya dengan obat-obatan untuk meredakan gejala depresi. Olahraga juga membantu mencegah kekambuhan depresi.

Untuk mendapatkan manfaat terbaik, lakukan olahraga paling sedikit 30 menit per hari. Meski durasinya singkat, ini sudah dapat memperbaiki mood Anda selama dua jam berikutnya.

Ingin merasa lebih semangat saat olahraga? Lakukanlah bersama teman atau kelompok. Selain bisa meningkatkan minat dan motivasi, berolahraga bersama juga membuat Anda bisa bersosialisasi maupun bertukar pikiran dengan orang lain.

3. Konsumsi makanan sehat.

Studi menemukan bahwa kekurangan vitamin B, seperti asam folat dan B12, dapat memicu depresi. Karena itu, konsumsilah makanan yang mengandung zat gizi tersebut, misalnya jeruk, sayuran hijau, kacang-kacangan, ayam, dan telur. Jika Anda tak terlalu suka, konsumsi suplemen vitamin B kompleks bisa dijadikan sebagai solusinya.

Di samping itu, perbanyak pula makanan yang kaya asam lemak omega-3, yang berperan penting dalam menstabilkan mood. Sumber terbaik omega-3, yakni ikan berlemak seperti salmon, kembung, teri, sarden, dan tuna. Alternatif lainnya adalah suplemen minyak ikan.

5. Melakukan terapi.

Cari tahu apa penyebab Anda stres dan depresi. Apakah itu karena beban kerja yang berlebihan, kesulitan ekonomi, atau masalah pada hubungan interpersonal. Kemudian, cari cara terbaik untuk mengurangi tekanan, agar Anda kembali dapat mengontrol diri. Beberapa cara yang bisa dicoba, misalnya terapi pernapasan dalam, meditasi, atau mengikuti kelas yoga.

Ingatlah bahwa bunuh diri tak akan menyelesaikan persoalan yang sedang dihadapi. Karenanya, jangan biarkan keinginan untuk bunuh diri muncul, apalagi pada diri Anda. Lakukan kiat di atas, dan segera kunjungi dokter atau psikiater untuk mengetahui cara terbaik terbebas dari jerat depresi.(NB/RVS/klikdokter)

 

Life Style

Author : Rasid

Download Aplikasi Android dan IOS Fajaronline

 


Tags



Berita Lainnya

🔀Berita Terkini
 

Tarian Adat Sambut Soni Hadiri HUT ke 10 Torut

FAJARONLINE.CO.ID, RANTEPAO---Penjabat gubernur Sulsel Soni Sumarsono dan rombongan hadiri HUT  ke 10 kabupaten Toraja Utara di lapangan...
 

Kata Sriwijaya Soal Opsi Barter Shahar dengan Teja

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Kiper PSM, Shahar Ginanjar telah dikonfirmasi keluar. Ia sudah tidak tampak dalam sesi latihan persiapan tim menantang...
 

Personil Polres Gowa bersama masyarakat akan Nobar Film Berjudul 22 Menit

FAJARONLINE.CO.ID, SUNGGUMINASA - Personil Polres Gowa bersama masyarakat akan menggelar nonton bareng Film " 22 Menit" di Cinema XXI Trans Studio...
 

Cara Mudah Membongkar Kebohongan Pacar, Teman Pakai Pelacak Lokasi WhatsApp

FAJARONLINE.CO.ID -- Fitur melacak lokasi di WhatsApp ini tentu sangat berguna jika kamu ingin mengetahui keberadaan teman, pacar atau keluarga...
 

Doa-doa Berikut Ini Agar Memperoleh Rezeki Lancar dan Banyak

FAJARONLINE.CO.ID --- Doa-doa tertentu bisa membantu kita mewujudkan harapan, termasuk harapan memperoleh kelancaran dan keberkahan rezeki. Semua...
 

Heboh, Seminar Pendidikan Kelas Poligami Internasional, Hashtag2019tambahistri Dapat Kaos

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Beredar pamflet daring Kelas Poligami Nasional di media sosial. Dalam pamflet itu disebutkan agenda kegiatan akan...
 

Persib Bandung Ogah Terima Kepulangan Shahar

FAJARONLINE.CO.ID, FAJAR -- Kemana Shahar Ginanjar berlabuh masih misteri. Persib yang dikaitkan kandidat kuat justru enggan memulangkan mantan...
 

Dian Sastro Berkesempatan Membawa Obor Asian Games ke Solo

FAJARONLINE.CO.ID, SEMARANG --  Semarak penyambutan kirab obor Asian Games di Kota Solo begitu terasa. Bahkan ribuan warga sudah datang beberapa...
 

Hilman Dampingi Syaiful Tandang ke PSMS

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Sebanyak 20 pemain yang disiapkan tim pelatih PSM menghadapi PSMS di Stadion Teladan, Medan, Senin 23 Juli mendatang....
 

Pelindo IV Jalin Kerjasama dengan IKI untuk Perbaikan dan Pemeliharaan Kapal

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR—PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) akan memercayakan Kemitraan untuk Perbaikan dan Pemeliharaan Kapal dengan PT...
 

Forum Honorer: Pemerintah Jangan Cuma Janji, Realisasikan Dong

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA -- Rencana pemerintah membuka seleksi CPNS 2018 ditanggapi sinis forum honorer K2 (kategori dua). Walaupun kecewa mereka...
 

Pakai Jasa Konsultasi dan Manajemen, Pelindo IV Kerja sama dengan PT Sucofindo

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR—PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman atau MoU dengan PT Sucofindo tentang...
 

Program Undian Beli Dutro Berhadiah Dutro Terbukti Dongkrak Penjualan

  FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR— Ketatnya perebutan pangsa pasar otomotif membuat pihak dealer mesti menyusun langkah untuk menarik minat...
 

Awalnya Dikira Penipuan, Zefnat Paanea Kini Miliki 2 Unit Truk Hadiah dari Hino

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR— Zefnat Paanea tidak pernah  menyangka dirinya akan menjadi pemenag program undian dari Hino. Awalnya warga...
 

Hendak Potong Jalan, Tukang Becak Ditabrak

FAJARONLINE.CO.ID,MAROS-- Seorang tukang becak , Syamsuddin (63) mendapat perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Salewangang setelah...
 

36 Murid SD Dikeluarkan, Plt Wali Kota Minta Kadisdik Awasi Kepala Sekolah

FAJARONLINE.CO.ID,PALOPO---Sebanyak 36 murid SD dikeluarkan dari sekolah. Plt. Walikota Palopo, Andi Arwien menyempatkan diri berkunjung ke Kantor...
 

Lihat Pose-pose Cantik, Eva Wahyuningsih, Bacaleg Hanura yang Incar Kursi DPRD

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Namanya Eva Wahyuningsih. Dia sudah berani mengambil langkah politik mewakili kaum perempuan untuk bertarung di DPRD...
 

Makassar Boyong Dua Penghargaan di Ajang Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Malam Penganugerahan Penghargaan Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018 dihelat di Balairung Soesilo...
 

Kejutan Daihatsu Bagi Pelanggan Setia

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Daihatsu kembali menggelar apresiasi bagi pelanggan setianya melalui even Daihatsu Setia 2018. Program yang telah...
 

Mendagri Tjahyo Siap Jamu Peserta Rakernas SMSI

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA--Ada kabar menggembirakan pada perhelatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III/ Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) yang...
 

Tutup Tahun Masih Lama, BTN Sudah Capai 90 Persen Target Pembiayaan

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Semester pertama telah usai. Perihal geliat penyaluran pembiayaan, masih terus digencarkan oleh perbankan. Termasuk...
 

Tersisa Rp 20,4 Triliun, Pemprov Sulsel Harus Habiskan Dalam Lima Bulan

FAJARONLINE.CO.ID -- Anggaran yang dikelola Pemprov Sulawesi Selatan (Sulsel) serta 47 kementerian/lembaga mencapai Rp 30 triliun lebih. Dari jumlah...
 

Innalillah... Berangkat Tadi Pagi, JCH Asal Gowa Meninggal Saat Tiba di Madinah

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Kabar duka datang dari Madinah, Arab Saudi. Seorang JCH Embarkasi Makassar, asal Kabupaten Gowa, dikabarkan meninggal...
 

Personel Polres Gowa dan Warga Jadwalkan Nobar Film 22 Menit

FAJARONLINE.CO.ID, SUNGGUMINASA -- Personel Polres Gowa bersama masyarakat akan menggelar menonton bareng (nobar) film "22 Menit" di Cinema XXI Trans...
 

Direstui Sang Ayah, Persela Selangkah Lagi Dapat Zola

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Tekad Persela Lamongan untuk meminjam Gian Zola semakin kuat. Manajemen Laskar Joko Tingkir sudah mengirimkan surat...

Load More