Fajar

  Breaking News

Mengapa Bunuh Diri Haram Menurut Islam

Ilustrasi
Life Style - 06 Juli 2018, 14:48:26

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Diskusi Islam kontemporer tentang bunuh diri berjalan di sepanjang garis tradisi dan penafsiran klasik. Tema-tema akrab dikemukakan, bunuh diri adalah dosa karena hanya Allah SWT-lah yang berhak mengambil kehidupan yang telah Dia berikan.

Terlarang bagi umat Islam untuk mengharapkan kematian. Tak peduli bagaimana pun kondisi mereka. Dan, orang yang bunuh diri boleh dishalati.

Allah SWT secara tegas melarang tindakan bunuh diri. Larangan itu disebutkan, antara lain, dalam surah an-Nisa’ ayat 29 yang artinya, “Janganlah kamu membunuh dirimu, sesungguhnya Allah adalah Mahapenyayang kepadamu.” Ini seperti tertuang pula di surah an-Nisa’ ayat 30.

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dari Ad-Dahak disebutkan, “Barang siapa terjun dari sebuah bukit untuk menewaskan dirinya maka kelak ia akan masuk neraka dalam keadaan terlempar jasadnya. Ia kekal dalam neraka selama-lamanya.”

“Barang siapa yang meneguk racun dan racun itu menewaskan dirinya, maka racun itu akan tetap dalam genggaman tangannya sambil meneguknya di dalam neraka jahanam. la juga kekal di dalamnya selama-lamanya.”

Imam asy-Syathibi menyatakan bahwa semua ajaran yang ditetapkan oleh Islam adalah untuk menjaga kemaslahatan yang lima. Berdasarkan dalil-dalil di atas jelas bahwa bunuh diri merupakan perbuatan yang dilarang dan bertentangan dengan perintah agama. Karena besarnya dosa akibat perbuatan tersebut maka tempat kembali orang yang melakukannya adalah neraka jahanam.

Dengan bunuh diri, seseorang akan merasakan penderitaan tiga kali, yaitu penderitaan di dunia yang mendorongnya berbuat seperti itu, penderitaan menjelang kematiannya, dan penderitaan yang kekal di akhirat nanti.

Kadang-kadang ditegaskan pula oleh para pemikir Muslim modern bahwa bunuh diri menunjukkan penurunan keimanan karena agama cenderung mengurangi depresi mental dan pedihnya tragedi kehidupan. Dan, bahwa ateisme adalah sebab utama dari menyebarluasnya kasus bunuh diri. Hal ini bisa mengindikasikan suatu kesadaran terhadap kesimpulan penelitian Barat tentang masalah bunuh diri dan agama.

Sebuah studi statistik lintasbangsa (Miles E Simpson dan George H Conklin, “Socio-economic Development, Suicide and Religion: A Tes of Durkheim’s Theory of Religion and Suciede”) menyimpulkan, persentase Muslim dalam penduduk suatu bangsa menunjukkan relasi negatif yang signifikan dengan tingkat bunuh diri bangsa tersebut. Sebuah hasil yang tetap bertahan, bahkan ketika menjadi pengendali untuk modernitas ekonomi, sosial, dan demografi.

Angka bunuh diri di kalangan kaum Muslim pada masa modern tampak sangat rendah. Angkanya hanyalah sepersekian dari tingkat bunuh diri di negeri-negeri Barat dan juga jauh lebih rendah daripada yang terjadi di kebanyakan negara berkembang non-Muslim.

Lebih jauh lagi, dalam masyarakat heterogen kaum Muslim secara konsisten memperlihatkan tingkat bunuh diri yang lebih rendah daripada non-Muslim (kendati angkanya bisa lebih tinggi secara dramatis di kalangan kaum emigran berlatar belakang Barat, sebagaimana yang tampak terjadi di Prancis).

Tetap Interaksi

Depresi dan bunuh diri memang merupakan dua perkara yang saling berkaitan. Namun bukan berarti keduanya tak bisa dipisahkan.

Menurut dr. Fiona Amelia dari KlikDokter, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar terbebas dari depresi dan mencegah keinginan untuk bunuh diri:

1. Cari dukungan dan tetap terhubung dengan dunia luar.

Orang yang depresi cenderung menarik diri dari pergaulan, bahkan menjauh dari keluarga atau sahabat dekat. Padahal, mendapatkan dukungan dari orang lain merupakan suatu hal yang sangat penting.

Karena pada dasarnya, manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan peranan orang lain dalam kehidupan. Pada kasus depresi, hadirnya orang-orang tercinta bisa membantu berpikir jernih atau memotivasi diri.

Jadi, jika Anda depresi, pastikan untuk tetap terhubung dengan orang lain dan ikut ambil bagian dalam aktivitas sosial. Ini akan memberikan efek yang positif pada suasana hati dan persepsi Anda.

Ingatlah bahwa perilaku tersebut bukan tanda bahwa Anda lemah atau akan membebani orang lain. Orang-orang terdekat yang menyayangi Anda justru peduli dan ingin membantu. Carilah teman atau siapa pun yang bisa membuat Anda berkeluh kesah secara terbuka, jujur, dan tidak merasa dihakimi.

2. Akvitas fisik.

Olahraga merupakan penawar depresi yang luar biasa. Studi menunjukkan bahwa olahraga yang rutin dilakukan sama efektifnya dengan obat-obatan untuk meredakan gejala depresi. Olahraga juga membantu mencegah kekambuhan depresi.

Untuk mendapatkan manfaat terbaik, lakukan olahraga paling sedikit 30 menit per hari. Meski durasinya singkat, ini sudah dapat memperbaiki mood Anda selama dua jam berikutnya.

Ingin merasa lebih semangat saat olahraga? Lakukanlah bersama teman atau kelompok. Selain bisa meningkatkan minat dan motivasi, berolahraga bersama juga membuat Anda bisa bersosialisasi maupun bertukar pikiran dengan orang lain.

3. Konsumsi makanan sehat.

Studi menemukan bahwa kekurangan vitamin B, seperti asam folat dan B12, dapat memicu depresi. Karena itu, konsumsilah makanan yang mengandung zat gizi tersebut, misalnya jeruk, sayuran hijau, kacang-kacangan, ayam, dan telur. Jika Anda tak terlalu suka, konsumsi suplemen vitamin B kompleks bisa dijadikan sebagai solusinya.

Di samping itu, perbanyak pula makanan yang kaya asam lemak omega-3, yang berperan penting dalam menstabilkan mood. Sumber terbaik omega-3, yakni ikan berlemak seperti salmon, kembung, teri, sarden, dan tuna. Alternatif lainnya adalah suplemen minyak ikan.

5. Melakukan terapi.

Cari tahu apa penyebab Anda stres dan depresi. Apakah itu karena beban kerja yang berlebihan, kesulitan ekonomi, atau masalah pada hubungan interpersonal. Kemudian, cari cara terbaik untuk mengurangi tekanan, agar Anda kembali dapat mengontrol diri. Beberapa cara yang bisa dicoba, misalnya terapi pernapasan dalam, meditasi, atau mengikuti kelas yoga.

Ingatlah bahwa bunuh diri tak akan menyelesaikan persoalan yang sedang dihadapi. Karenanya, jangan biarkan keinginan untuk bunuh diri muncul, apalagi pada diri Anda. Lakukan kiat di atas, dan segera kunjungi dokter atau psikiater untuk mengetahui cara terbaik terbebas dari jerat depresi.(NB/RVS/klikdokter)

 


SETIAP ORANG PUNYA CERITA.
Langganan Anda Membantu Jurnalisme Berkualitas

Media cetak bacaan terbaik hindari berita hoax. Untuk mengakses berita cetak, silahkan langganan premium epaper FAJAR disini epaper.fajaronline.co.id Kami kirimkan Anda koran secara gratis. (Syarat dan ketentuan berlaku). hubungi wa/tlp 085242899926 atau 0811462222

Author : Rasid



Tags



Berita Lainnya

🔀Berita Terkini
 

Kunjungi Banten, Azikin Solthan Pesan Jaga Netralitas ASN

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA -- Anggota komisi II DPR RI, Azikin Solthan, kembali melakukan kunjungan kerja spesifik di Pemprov Banten, Selasa, 11...
 

Lawan Bhayangkara, PSM Didenda 120 Juta, Lawan PSMS Siap-siap Lebih Banyak?

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Komdis PSSI resmi memberikan sanksi denda kepada PSM. Totalnya Rp 120 juta. Sanksi ini diterima PSM saat melawat di...
 

Ini Klasemen Lengkap Liga Champions 2018-2019

FAJARONLINE.CO.ID, MANCHESTER—Liga Champions musim 2018/2019 baru saja menyelesaikan delapan laga di matchday keenam. Berikut klasemen...
 

Ronaldo: Saya Sangat Menghormati Messi

FAJARONLINE.CO.ID, TURIN—Penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo mengatakan dirinya sangat menghormati superstar Barcelona, Lionel Messi. Bagi...
 

Mainkan Tim Lapis Kedua, Ini Penjelasan Pelatih Barcelona

FAJARONLINE.CO.ID, BARCELONA—Sukses Tottenham Hotspur lolos ke babak 16 besar Liga Champions tak lepas dari keputusan Barcelona bermain dengan...
 

Liverpool Lolos, Klopp Puji Mohamed Salah

FAJARONLINE.CO.ID, LIVERPOOL—Liverpool lolos ke babak 16 besar Liga Champions usai menang 1-0 atas Napoli. Pahlawan kemenangan The Reds adalah...
 

Lolos Dramatis di Markas Barcelona, Pochettino: Kami Tim Terbaik

FAJARONLINE.CO.ID, BARCELONA—Tottenham Hotspur lolos dramatis ke babak 16 besar usai bermain imbang 1-1 di markas Barcelona. Dengan tambahan...
 

Ini Klub yang Lolos Babak 16 Besar Liga Champions

FAJARONLINE.CO.ID, LIVERPOOL—Sebanyak 15 klub sudah memastikan langkah mereka ke babak 16 besar. Saat ini, tersisa Lyon dan Shakhtar Donetsk...
 

Hasil Lengkap Matchday 6 Liga Champions Rabu 12 Desember

FAJARONLINE.CO.ID, LIVERPOOL—Berikut hasil lengkap delapan pertandingan pekan terakhir Liga Champions di Grup A hingga Grup D: Grup A Club...
 

Unggul Produktivitas Gol, Liverpool Singkirkan Napoli

FAJARONLINE.CO.ID, LIVERPOOL—Liverpool secara dramatis menyingkirkan Napoli di matchday terakhir Grup C Liga Champions. Bermain di Anfield...
 

JK: Semua Sudah Maksimal untuk Papua

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA-Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan upaya pemerintah untuk Papua sudah sangat maksimal. Politik, ekonomi dan pembangunan...
 

Ada Kesan Politis, Ketua Berkarya Bulukumba Dipenjara

FAJARONLINE.CO.ID, BULUKUMBA- Calon legislator (caleg) partai Berkarya Bulukumba, Andi Muttamar Mattotorang justru ditahan di Lapas Kelas II...
 

Desain Surat Suara Disetujui LO Parpol, Begini Warna Pembedanya

FAJARONLINE.CO.ID, POLMAN-- Para penghubung atau liaison officer (LO) Partai Politik peserta Pemilu Tahun 2019 tingkat Kabupaten Polman, menyetujui...
 

Jangan Heran, Saksi Nasdem Sulsel Bakal Kritis dan Vokal di TPS

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR-Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Nasdem Sulsel menyiapkan saksi yang vokal dan kritis. Ada 26.319 saksi telah direktrut....
 

Terapkan Layanan Berbasis HAM, Rutan Pinrang Dapat Penghargaan Kemenkumham

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR--Pada peringati Hari Hak Asasi Manusia Sedunia ke-70, Rutan Pinrang menerima penghargaan dari Menteri Hukum dan HAM...
 

Daihatsu Indonesia Masters Siap Digelar Januari 2019

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai pemain otomotif utama di Indonesia, Daihatsu ingin menjadi Sahabat bagimasyarakat Indonesia dengan menghasilkan...
 

Wakil Ketua MPR Minta Kasus Ribuan e-KTP Tercecer Diusut

FAJARONLINE.CO.ID, PASER -- Wakil Ketua MPR Mahyudin ikut mengomentari kasus tercecernya sekitar 1.706 KTP elektronik atau e-KTP yang ditemukan di...
 

Bantaeng Dapat Penghargaan Kementerian Hukum dan HAM

FAJARONLINE.CO.ID,BANTAENG --Pemerintah Kabupaten Bantaeng kembali mendapat penghargaan, Selasa, 12 Desember. Kali ini penghargaan ini datang dari...
 

Tahun Depan Siswa Tak Perlu Mendaftar Masuk Sekolah

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menargetkan, melalui sistem zonasi pada tahun depan,...
 

Diduga Hina HMI, Oknum Mahasiswa IPB Bakal Dilapor

FAJARONLINE.CO.ID,BOGOR--Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Bogor berencana mempolisikan oknum mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB),...
 

Prabowo Menang di Madura, La Nyalla Siap Potong Leher

FAJARONLINE.CO.ID,JAKARTA--Setelah memutuskan all out mendukung pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Ketua Kadin Jawa Timur, La Nyalla Mataliti...
 

Persib Gantikan PSM di Piala AFC Hoaks

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Informasi status PSM yang lolos AFC Cup 2019 digantikan Persib hanya hoaks. PSM tetap main sebagai wakil Indonesia di...
 

Sidrap Peroleh Penghargaan Kabupaten Cukup Peduli HAM

FAJARONLINE.CO.ID,JAKARTA--Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI memberikan penghargaan terhadap Kabupaten Sidrap pada Peringatan Hari Hak Asasi...
 

Kesaksian Paman Dua Bocah Bersaudara yang Tewas Ditimpa Tembok

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Tembok pembatas bagian belakang Hotel New Makassar Cottage, runtuh. Dua bocah bersaudara tewas tertimpa, Selasa,...
 

Asus Luncurkan Smartphone untuk Pecinta Gim

FAJARONLINE.CO.ID,JAKARTA -- ASUS luncurkan dua smartphone untuk pecinta gim. Keduanya disebut sebagai smartphone gaming terbaik di kelasnya dan...

Load More