Fajar

  Breaking News

Makin Trend Gadget Tembus Pandang

Xiaomi Mi8
Gadget - 14 Juni 2018, 13:43:15

FAJARONLINE.CO.ID -- Pekan lalu produk terbaru Xiaomi Mi 8 yang meluncur di Tiongkok cukup membuat gempar jagat maya. Pasalnya, salah satu variannya, yakni Xiaomi Mi 8 Explore Edition, hadir dengan desain punggung tembus pandang. Materialnya terbuat dari kaca sehingga memang terlihat menarik.

Desain transparan tersebut rupanya pernah digagas vendor lain. Ya, jauh sebelum Xiaomi Mi 8 Explore Edition hadir dengan material punggung kaca tembus pandang, ada sederetan perangkat teknologi yang hadir mengusung desain serupa.

Sebagaimana JawaPos.com rangkum dari laman IndianExpress, Kamis (7/6), ada banyak gadget di luar smartphone transparan yang tak kalah eye catchy.

Apple iMac G3

Pada era 90-an, jauh sebelum media sosial menambah semarak inovasi-inovasi yang dilakukan para pabrikan teknologi, Apple sudah melakukan hal itu. Apple membuat perangkat dengan casis tembus pandang pertamanya pada perangkat iMac G3.

Apple iMac G3 meluncur pada 1998 silam. Tepatnya pada Agustus yang menandakan lahirnya perangkat revolusioner besutan Apple. Bahkan proyek prestisius ini berada di bawah pengawasan ketat sang pendiri Apple, Steve Jobs. Mendiang Steve Jobs kala itu sangat ambisius dengan proyek ini, makanya dia yang sempat meninggalkan Apple itu kembali dan mengawasi langsung proyek ini.

Apple iMac G3 lahir dari ide sang desainer bernama Jony Ive. Namanya bahkan menjadi kredit hak cipta atas lahirnya perangkat komputer tembus pandang milik Apple itu. Berkat karyanya, Apple iMac G3 sempat menjadi perangkat komputer terbaik yang pernah dibuat Apple.

Kala itu iMac G3 tersedia dalam berbagai pilihan warna yang menarik dan menggunakan plastik tembus pandang. Berkat material tembus pandang itu, konsumen dapat melihat cara kerja bagian dalam komputer iMac G3. Tapi ingat, jangan membayangkan kamu melihat komputer seperti sekarang. Waktu itu, Apple iMac G3 masih memiliki desain gendut karena masih mengguakan layar tabung.

Kendati begitu, perangkat tersebut amerupakan produk revolusioner yang pernah mengubah nasib Apple hingga seperti sekarang. Dahulu, model dasar dari iMac G3 dijual seharga USD 999. Jika dibawa pada nilai tukar uang saat ini, harga perangkat komputer milik Apple itu berada pada kisaran harga Rp 13 jutaan.

Nintendo Game Boy Colour

Setelah komputer, gadget kedua yang memiliki casis tembus pandang hadir dari perangkat gaming. Dialah Nintendo Game Boy Colour yang lagi-lagi lahir di era 90-an. Bagi kamu yang merasakan euforia era 90-an, tentu sudah tahu perangkat ini. Atau minimal konsol-konsol game Nintendo lainnya.

Nintendo Game Boy Color dirilis di Amerika Utara pada 1998, tahun yang sama dengan kelahiran Apple iMac G3. Konsol genggam dengan harga terjangkau ini diluncurkan dalam sejumlah warna menarik. Selain itu, Nintendo Game Boy Color ditawarkan dalam casing tembus pandang yang memungkinkan pengguna melihat isi perut dan material papan sirkuit.

Game terlaris untuk Nintendo Game Boy Color adalah Pokemon Gold and Silver, Oracle of Ages dan Oracle of Seasons, dan game Legend of Zelda.

LG GD900

Ketiga, hadir smartphone pertama dengan desain casing tembus pandang. Ingat ya, smartphone. kalau ponsel biasa, era awal 2000-an, Nokia juga sempat hadir dengan desain casing transparan pada sejumlah produknya. Kita ambil saja si kembar Nokia 3310 dan 3315.

Waktu itu beberapa ponsel Nokia yang terkenal bisa berganti-ganti casing banyak juga yang hadir dengan desain tembus pandang. Bahkan beberapa konsumen yang anti-mainstream bisa mengustomisasi sendiri casing mereka sesuka hati.

Kembali ke LG, pabrikan senegara Samsung di Korea Selatan (Korsel) ini menghadirkan GD900 pada 2009 silam. Bedanya LG dengan Nokia kala itu adalah fitur keypad geser tembus pandang dengan dukungan untuk pengenalan tulisan tangan dan umpan balik haptic vibrasional.

Telepon ini masuk dalam kategori slide phone atau ponsel geser. Tombol tembus cahaya menerangi saat perangkat ini dibuka yang memperlihatkan bagian dalam perangkat dengan material tulang brushed metal.

LG GD900 ini juga memiliki layar multitouch seluas 3 inci dan sudah didukung sistem operasi Windows Mobile 6.1 Professional.

LG FxO

Mengulang kesuksesan desain GD900 yang asyik dilihat mata, LG kembali menghadirkan perangkat smartphone dengan material tembus pandang. Dialah LG Fx0 yang menjalankan OS Firefox dirilis pada 2014.

Perangkat ini dikonsep oleh desainer pemenang penghargaan bernama Tokujin Yoshioka. LG Fx0 kala itu merupakan perangkat handset eksklusif untuk salah satu operator seluler di Jepang. Casing ponsel terbuat dari plastik emas transparan, seperti Xiaomi Mi 8 Explore Edition. Penggunanya bisa melihat ke dalam jeroan seperti baterai, dudukan kartu SD, dan komponen internal lainnya.

LG Fx0 juga menjadi smartphone high-end pertama yang menjalankan sistem operasi Firefox OS 2.0. Sayangnya sistem operasi tersebut kini telah mati.

Soal spesifikasi handset, bagaimana pun LG FxO hadir dengan spesifikasi biasa-biasa saja. Klaimnya hanya untuk ketenaran dengan cangkang tembus pandang. LG FxO kala itu dibanderol dengan harga yang cukup mahal, yakni sebesar USD 450 atau sekarang senilai Rp 6,2 jutaan.

HTC U11 Plus dan HTC U12 Plus

Terakhir, tak terlalu jauh dari waktu peluncuran Xiaomi Mi 8 Explore Edition. Pabrikan asal Tiongkok lainnya juga sudah memulai langkah membuat produk transparan. Sebut saja HTC. HTC sempat meluncurkan dua produk yang memiliki desain tersebut.

Pertama ada HTC U11 Plus yang meluncur akhir 2017 lalu. HTC U11 Plus hadir dengan layar berukuran 6 inci dengan rasio 18:9. Layarnya sudah mengusung resolusi QHD+ (3200x1800 pixels) dan sudah dilapisi pelindung layar Gorilla Glass 5.

Untuk dapur pacunya, HTC U11 Plus tertanam chipset Qualcomm Snapdragon 835, RAM 4 GB, dan memori internal 64 GB. Urusan daya, baterai 3.930 mAh dan sudah mendukung Qualcomm Quick Charge 3.0 tersemat membekali power smartphone ini.

Kamera belakang atau utamanya hanya menggunakan lensa single dengan sensor 12 MP UltraPixel 3 dan optical image stabilization (OIS). Sedangkan kamera depannya mengusung sensor 8 MP. Ponsel ini sudah berjalan dengan sistem operasi Android 8.0 Oreo. Banderolnya ketika itu dilepas ke pasaran dengan harga GBP 699 atau sekitar Rp 12,9 jutaan saat ini.

Sementara untuk HTC U12 Plus meluncur pada Mei lalu, hanya selang beberapa pekan sebelum Xiaomi meluncurkan Mi 8 Explore Edition. HTC U12 Plus hadir dengan dua pilihan memori internal, yakni 64 GB dan 128 GB dan dipadankan dengan RAM 6 GB. Dapur pacunya, HTC U12 Plus dipercayakan pada chipset Qualcomm Snapdragon 845.

HTC membekali ponsel barunya dengan kamera ganda pada bagian belakangnya. Kamera utama mengusung sensor wide-angle dengan ukuran 12 MP. Sementara kamera kedua dibekali sensor tele berukuran 16 MP. HTC juga turut memberikan kemampuan merekam 4K pada 60 fps, slow motion video 1080p pada 240 fps dan OIS.

HTC U12 Plus pun masih hadir dengan sistem Edge Sense. Hal ini membuat ponsel tersebut bisa mengenali remasan tangan penggunanya pada tepian ponsel. Tombol-tombol sampingnya juga bisa memberikan haptic feedback. Soal daya, U12 Plus menggendong baterai berkapasitas 3.500 mAh.

Saat ini HTC U12 Plus sudah dapat dipesan di sejumlah negara. Harganya USD 799 atau sekitar Rp 11,3 juta untuk versi ROM 64 GB. Sementara untuk versi 128 GB dilepas USD 849 atau sekitar Rp 12 juta.

Demikian sederet perangkat pintar yang menerapkan desain transparan sebelum kemunculan Xiaomi Mi 8 Explore Edition. Jadi, Xiaomi bukan gadget pertama yang melakukan hal tersebut untuk memikat hati konsumen. (ryn/FO)


SETIAP ORANG PUNYA CERITA.
Langganan Anda Membantu Jurnalisme Berkualitas

Author : Rasid



Tags



Berita Lainnya

🔀Berita Terkini
 

IMB : Isu Hukum Capres 02 Menang

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Pada sesi pertama debat kandidat capre-cawapres, yang mengakat isu hukum membuat Ketua DPD I Partai Gerindra Sulsel,...
 

FOTO: Relawan Jokowi-Maruf Amin Nobar di DP Hall

Ratusan relawan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf Amin menggelar nonton bareng (nobar) debat perdana calon presiden...
 

Benarkah Nissa Sabyan Jadi Jurkam Prabowo, Agnez Mo ke Jokowi?

FAJARONLINE.CO.ID,JAKARTA -- Iklim perpolitikan di Indonesia semakin panas, bagimana tidak, Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 tidak lama lagi akan...
 

FOTO: Roemah Djoeang Prabowo-Sandi Nobar Debat Capres

Suasana nonton bareng debat calon presiden di Roemah Djoeang Prabowo-Sandi di Jalan Andi Mappanyukki, Kamis, 17 Januari. (Abe Bandoe/Fajar)
 

Satukan Alumni Lewat Milad Himatansi Unifa

FAJARONLINE.CO.ID,MAKASSAR--Karpet merah menjulur panjang, kerlap kerlip lampu warna-warni menghiasi ruangan. Ada panggung besar disana. Semuanya...
 

Pendukung Prabowo-Sandi Membludak Saksikan Debat Kandidiat di Roemah Djoeang

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Pendukung calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno nonton bareng...
 

Jokowi-Maruf Mantul

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Jokowi dan Kiai Maruf Amin melaksanakan salat Maghrib berjamaah di Masjid Baiturrahim, Jakarta, Kamis 17 Januari...
 

Beda Pilihan, Iksan-Paris Duduk Mesra Nonton Bareng Debat Perdana

FAJARONLINE.CO.ID, JENEPONTO--Nonton Bareng Debat Perdana Capres dan Cawapres Pemilu 2019, ikut digelar di Aula Kalabbirang rumah Jabatan Bupati...
 

Idris Manggabarani : Tema Debat yang Diangkat Dikuasai Ilmunya oleh Prabowo

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Debat calon presiden dan wakil presiden sementara berlangsung. Ketua DPD I Gerindra Sulsel, Andi Idris Manggabarani,...
 

Ketua Bapilu PDIP Sulsel : Pertanyaan Lawan Debat Jokowi-Maruf Tak Diperkuat Data

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Ketua Bidang Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulsel, Iqbal Arifin, sangat...
 

Ahmad Dhani Lolos Dari Penahanan, Ini Alasan Kejaksaan

FAJARONLINE.CO.ID,JAKARTA -- Penyidik Polda Jawa Timur telah melimpahkan tersangka kasus pencemaran nama baik, Ahmad Dhani Prasetyo dan barang bukti...
 

Berlogo KPU Sulsel Beredar di Medsos "80 Juta Sekali Coblos"

FAJARONLINE.CO.ID - Selebaran yang mencatut nama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan (Sulsel) menghebohkan dunia maya. Secara umum,...
 

Jangan Pernah Selfi dan Nongkrong di Jembatan Ini, Begini Akibatnya...

FAJARONLINE.CO.ID,TULUNGAGUNG--Setelah meresmikan Jembatan Ngujang 2, tak sedikit warga memanfaatkan jembatan yang menghubungkan antara Desa Bukur,...
 

Cerita Saksi Mata Temukan Pria Tewas Dengan Mulut Berdarah

FAJARONLINE.CO.ID,BLITAR--Warga Dusun Sanan, Desa Jugo, Kecamatan Kesamben mendadak geger. Itu setelah Andri Suyatno warga setempat ditemukan tidak...
 

Diterjang Angin Kencang, Belasan Rumah Warga Pulau Rusak

FAJARONLINE.CO.ID,PANGKEP--Puting beliung kembali menerjang Pangkep. Kali ini, belasan rumah penduduk di Pulau Badi, Desa Mattiro Deceng, Kecamatan...
 

Rakor, Peternak Sinjai Tetap Dibebani Pembayaran Ayam DOC Mati

FAJARONLINE.CO.ID,MAROS -- Rapat koordinasi penyelesaian masalah bantuan ayam dari Kementerian Pertanian bagi rumah tangga miskin (RTM) di Kabupaten...
 

Nobar Debat di Kediaman Danny, Lima Pemuka Agama Jadi Komentator Visi-Misi Capres

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR-Malam ini dua kandidat calon presiden dan calon wakil presiden, akan beradu argumen di pagung debat. TKD Sulsel...
 

Lima Pemuka Agama Kritisi Visi Misi Jokowi

FAJARONLINE.CO.ID,MAKASSAR -- Malam nanti dua kandiat calon presiden dan calon wakil presiden, akan beradu argumen dipanggung debat. TKD Sulsel...
 

Demi Biayai Persalinan Istri, Pria Ini Mencuri HP

FAJARONLINE.CO.ID, SURABAYA--Budiono nekat mengembat sebuah HP di kantor pemadam kebakaran (PMK) demi biaya persalinan istrinya. Dia mencuri HP di...
 

Lima Polres Jajaran Polda Sulsel Studi Banding ke Polres Gowa

  FAJARONLINE.CO.ID, SUNGGUMINASA -- Polres Gowa menjadi pusat studi banding dari lima Polres jajaran Polda Sulsel, Kamis...
 

Tak Dapat Izin Mendagri, Danny Batal Nobar Debat Bersama Tim Jokowi-Maruf

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR --Ketua Penasihat TKD Jokowi-Ma'ruf, Moh Ramdhan Pomanto dilarang mengikuti debat kandidat putaran pertama bersama...
 

Hadiri Hut LVRI Ke-62, Wabup Sidrap Doakan Kesehatan Veteran

FAJARONLINE.CO.ID, SIDRAP -- Wakil Bupati Sidrap, Ir H. Mahmud Yusuf menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Legiun Veteran Republik...
 

Gaji PNS, TNI, Polri Segera Naik

FAJARONLINE.CO.ID,JAKARTA--Janji pemerintah untuk menaikkan gaji pokok PNS, TNI, Polri, serta pensiunan, segera terealisasi. Saat ini sedang disusun...
 

Warga Pulau di Kalmas Demo di Kantor Disdik Pangkep

  FAJARONLINE.CO.ID,PANGKEP-- Ijazah alumni pada salah satu Sekolah Dasar (SD) di Pulau Kalukalukuang, Kecamatan Kalmas tak kunjung...
 

Eddy Sindoro: Lucas Tidak Terlibat

  FAJARONLINE.CO.ID,JAKARTA --  Eddy Sindoro membantah keterlibatan Lucas selama pelariannya ke luar...

Load More