Fajar

  Breaking News

Makin Trend Gadget Tembus Pandang

Xiaomi Mi8
Gadget - 14 Juni 2018, 13:43:15

FAJARONLINE.CO.ID -- Pekan lalu produk terbaru Xiaomi Mi 8 yang meluncur di Tiongkok cukup membuat gempar jagat maya. Pasalnya, salah satu variannya, yakni Xiaomi Mi 8 Explore Edition, hadir dengan desain punggung tembus pandang. Materialnya terbuat dari kaca sehingga memang terlihat menarik.

Desain transparan tersebut rupanya pernah digagas vendor lain. Ya, jauh sebelum Xiaomi Mi 8 Explore Edition hadir dengan material punggung kaca tembus pandang, ada sederetan perangkat teknologi yang hadir mengusung desain serupa.

Sebagaimana JawaPos.com rangkum dari laman IndianExpress, Kamis (7/6), ada banyak gadget di luar smartphone transparan yang tak kalah eye catchy.

Apple iMac G3

Pada era 90-an, jauh sebelum media sosial menambah semarak inovasi-inovasi yang dilakukan para pabrikan teknologi, Apple sudah melakukan hal itu. Apple membuat perangkat dengan casis tembus pandang pertamanya pada perangkat iMac G3.

Apple iMac G3 meluncur pada 1998 silam. Tepatnya pada Agustus yang menandakan lahirnya perangkat revolusioner besutan Apple. Bahkan proyek prestisius ini berada di bawah pengawasan ketat sang pendiri Apple, Steve Jobs. Mendiang Steve Jobs kala itu sangat ambisius dengan proyek ini, makanya dia yang sempat meninggalkan Apple itu kembali dan mengawasi langsung proyek ini.

Apple iMac G3 lahir dari ide sang desainer bernama Jony Ive. Namanya bahkan menjadi kredit hak cipta atas lahirnya perangkat komputer tembus pandang milik Apple itu. Berkat karyanya, Apple iMac G3 sempat menjadi perangkat komputer terbaik yang pernah dibuat Apple.

Kala itu iMac G3 tersedia dalam berbagai pilihan warna yang menarik dan menggunakan plastik tembus pandang. Berkat material tembus pandang itu, konsumen dapat melihat cara kerja bagian dalam komputer iMac G3. Tapi ingat, jangan membayangkan kamu melihat komputer seperti sekarang. Waktu itu, Apple iMac G3 masih memiliki desain gendut karena masih mengguakan layar tabung.

Kendati begitu, perangkat tersebut amerupakan produk revolusioner yang pernah mengubah nasib Apple hingga seperti sekarang. Dahulu, model dasar dari iMac G3 dijual seharga USD 999. Jika dibawa pada nilai tukar uang saat ini, harga perangkat komputer milik Apple itu berada pada kisaran harga Rp 13 jutaan.

Nintendo Game Boy Colour

Setelah komputer, gadget kedua yang memiliki casis tembus pandang hadir dari perangkat gaming. Dialah Nintendo Game Boy Colour yang lagi-lagi lahir di era 90-an. Bagi kamu yang merasakan euforia era 90-an, tentu sudah tahu perangkat ini. Atau minimal konsol-konsol game Nintendo lainnya.

Nintendo Game Boy Color dirilis di Amerika Utara pada 1998, tahun yang sama dengan kelahiran Apple iMac G3. Konsol genggam dengan harga terjangkau ini diluncurkan dalam sejumlah warna menarik. Selain itu, Nintendo Game Boy Color ditawarkan dalam casing tembus pandang yang memungkinkan pengguna melihat isi perut dan material papan sirkuit.

Game terlaris untuk Nintendo Game Boy Color adalah Pokemon Gold and Silver, Oracle of Ages dan Oracle of Seasons, dan game Legend of Zelda.

LG GD900

Ketiga, hadir smartphone pertama dengan desain casing tembus pandang. Ingat ya, smartphone. kalau ponsel biasa, era awal 2000-an, Nokia juga sempat hadir dengan desain casing transparan pada sejumlah produknya. Kita ambil saja si kembar Nokia 3310 dan 3315.

Waktu itu beberapa ponsel Nokia yang terkenal bisa berganti-ganti casing banyak juga yang hadir dengan desain tembus pandang. Bahkan beberapa konsumen yang anti-mainstream bisa mengustomisasi sendiri casing mereka sesuka hati.

Kembali ke LG, pabrikan senegara Samsung di Korea Selatan (Korsel) ini menghadirkan GD900 pada 2009 silam. Bedanya LG dengan Nokia kala itu adalah fitur keypad geser tembus pandang dengan dukungan untuk pengenalan tulisan tangan dan umpan balik haptic vibrasional.

Telepon ini masuk dalam kategori slide phone atau ponsel geser. Tombol tembus cahaya menerangi saat perangkat ini dibuka yang memperlihatkan bagian dalam perangkat dengan material tulang brushed metal.

LG GD900 ini juga memiliki layar multitouch seluas 3 inci dan sudah didukung sistem operasi Windows Mobile 6.1 Professional.

LG FxO

Mengulang kesuksesan desain GD900 yang asyik dilihat mata, LG kembali menghadirkan perangkat smartphone dengan material tembus pandang. Dialah LG Fx0 yang menjalankan OS Firefox dirilis pada 2014.

Perangkat ini dikonsep oleh desainer pemenang penghargaan bernama Tokujin Yoshioka. LG Fx0 kala itu merupakan perangkat handset eksklusif untuk salah satu operator seluler di Jepang. Casing ponsel terbuat dari plastik emas transparan, seperti Xiaomi Mi 8 Explore Edition. Penggunanya bisa melihat ke dalam jeroan seperti baterai, dudukan kartu SD, dan komponen internal lainnya.

LG Fx0 juga menjadi smartphone high-end pertama yang menjalankan sistem operasi Firefox OS 2.0. Sayangnya sistem operasi tersebut kini telah mati.

Soal spesifikasi handset, bagaimana pun LG FxO hadir dengan spesifikasi biasa-biasa saja. Klaimnya hanya untuk ketenaran dengan cangkang tembus pandang. LG FxO kala itu dibanderol dengan harga yang cukup mahal, yakni sebesar USD 450 atau sekarang senilai Rp 6,2 jutaan.

HTC U11 Plus dan HTC U12 Plus

Terakhir, tak terlalu jauh dari waktu peluncuran Xiaomi Mi 8 Explore Edition. Pabrikan asal Tiongkok lainnya juga sudah memulai langkah membuat produk transparan. Sebut saja HTC. HTC sempat meluncurkan dua produk yang memiliki desain tersebut.

Pertama ada HTC U11 Plus yang meluncur akhir 2017 lalu. HTC U11 Plus hadir dengan layar berukuran 6 inci dengan rasio 18:9. Layarnya sudah mengusung resolusi QHD+ (3200x1800 pixels) dan sudah dilapisi pelindung layar Gorilla Glass 5.

Untuk dapur pacunya, HTC U11 Plus tertanam chipset Qualcomm Snapdragon 835, RAM 4 GB, dan memori internal 64 GB. Urusan daya, baterai 3.930 mAh dan sudah mendukung Qualcomm Quick Charge 3.0 tersemat membekali power smartphone ini.

Kamera belakang atau utamanya hanya menggunakan lensa single dengan sensor 12 MP UltraPixel 3 dan optical image stabilization (OIS). Sedangkan kamera depannya mengusung sensor 8 MP. Ponsel ini sudah berjalan dengan sistem operasi Android 8.0 Oreo. Banderolnya ketika itu dilepas ke pasaran dengan harga GBP 699 atau sekitar Rp 12,9 jutaan saat ini.

Sementara untuk HTC U12 Plus meluncur pada Mei lalu, hanya selang beberapa pekan sebelum Xiaomi meluncurkan Mi 8 Explore Edition. HTC U12 Plus hadir dengan dua pilihan memori internal, yakni 64 GB dan 128 GB dan dipadankan dengan RAM 6 GB. Dapur pacunya, HTC U12 Plus dipercayakan pada chipset Qualcomm Snapdragon 845.

HTC membekali ponsel barunya dengan kamera ganda pada bagian belakangnya. Kamera utama mengusung sensor wide-angle dengan ukuran 12 MP. Sementara kamera kedua dibekali sensor tele berukuran 16 MP. HTC juga turut memberikan kemampuan merekam 4K pada 60 fps, slow motion video 1080p pada 240 fps dan OIS.

HTC U12 Plus pun masih hadir dengan sistem Edge Sense. Hal ini membuat ponsel tersebut bisa mengenali remasan tangan penggunanya pada tepian ponsel. Tombol-tombol sampingnya juga bisa memberikan haptic feedback. Soal daya, U12 Plus menggendong baterai berkapasitas 3.500 mAh.

Saat ini HTC U12 Plus sudah dapat dipesan di sejumlah negara. Harganya USD 799 atau sekitar Rp 11,3 juta untuk versi ROM 64 GB. Sementara untuk versi 128 GB dilepas USD 849 atau sekitar Rp 12 juta.

Demikian sederet perangkat pintar yang menerapkan desain transparan sebelum kemunculan Xiaomi Mi 8 Explore Edition. Jadi, Xiaomi bukan gadget pertama yang melakukan hal tersebut untuk memikat hati konsumen. (ryn/FO)

Untuk Mengakses Berita Selengkapnya Silahkan Langganan Premium epaper FAJAR disini epaper.fajaronline.co.id atau hubungi wa/tlp 0811462222

Author : Rasid



Tags



Berita Lainnya

🔀Berita Terkini
 

Klasemen Sementara Grup A, Indonesia Turun ke Posisi 3

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA—Tim nasional Indonesia U-19 menelan kekalahan 5-6 dalam laga kedua Grup A Piala Asia U-19 2018. Hasil ini membuat...
 

Laga Luar Biasa, Indonesia U-19 Takluk 5-6 dari Qatar

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA—Laga yang begitu luar biasa tersaji saat timnas Indonesia U-19 menghadapi Qatar di laga kedua Grup A Piala Asia U-19...
 

Ke Sulteng, Pemkab Pangkep Sambangi Warganya yang Jadi Korban Gempa

FAJARONLINE.CO.ID, PANGKEP -- Pemerintah Kabupaten Pangkep menyambangi warganya yang masih ada di Kota Palu, Kabupaten Donggala dan Kabupaten Sigi,...
 

Jalin Silaturahmi di Festival UKM UMI

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Universitas Muslim Indonesia (UMI) menggelar Festival Unit Kegiatan Mahasiswa, di pelataran kampus II, Jumat-Minggu,...
 

Mandiri Coffee Fest di Phinisi Point

Seorang barista memandu pengunjung membuat dan menyajikan kopi pada Mandiri Coffee Fest, Atrium London Phinisi Point, Jalan Tanjung...
 

Unhas Raih Best Delegate di PolgovDays di UGM

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Universitas Hasanuddin (Unhas) meraih Best Delegate pada ajang Politics and Government Days (PolgovDays) yang...
 

Merasa Dirugikan, Mantan Ketua HIPMI Palopo Ancam Lapor Balik Pelapor

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Mengaku tak punya sangkut paut utang piutang. Mantan Ketua Hipmi Palopo, Herawan Hasan, mengancam lapor balik pelapor,...
 

Resmi Jadi Pelatih Timnas Senior, Bima Sakti Langsung Bertugas Rebut Piala AFF

FAJARONLINE.CO.ID -- Bima Sakti resmi menggantikan Luis Milla di kursi pelatih tim nasional senior Indonesia. Itu setelah PSSI resmi menunjuk mantan...
 

UEA, Lawan Terakhir Indonesia di Grup A Hajar Taiwan 8-1

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA—Tim nasional Uni Emirat Arab (UEA) mempertegas status mereka sebagai jagoan di Grup A Piala Asia U-19 2018. Setelah...
 

Warga Bangkala: Untuk DPRD Sulsel, Mayoritas Pilih Annas Gs

FAJARONLINE.CO.ID, JENEPONTO -- Respons masyarakat Kabupaten Jeneponto terhadap Annas Gs begitu tinggi. Khususnya bagi warga di Kecamatan...
 

19 Finalis Duta Anti Narkoba Granat Kampanye dengan Selebaran

FAJARONLINE.CO.ID, MAROS -- Sekitar 19 Finalis Duta Anti Narkoba Gerakan Nasional Anti Narkotika (Granat) Kabupaten Maros melakukan kampanye...
 

Artis Uut Permatasari Meriahkan Malam Kenal Pamit Pangkoopsau II

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR – Acara malam kenal pamit Pangkoopsau II dari Marsekal Muda TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., kepada Marsekal...
 

Lagi... YKF Salurkan Bantuan untuk Korban Palu

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Gempa dan tsunami di Palu dan sekitarnya sudah memasuki pekan ketiga. Bantuan terus berdatangan, termasuk bantuan...
 

Annas Gs Isi Akhir Pekan dengan Menjenguk Kuda Pacunya

FAJARONLINE.CO.ID, JENEPONTO -- Mantan Sekretaris KPU Sulsel, Annas Gs, mengisi akhir pekannya dengan beberapa rangkaian...
 

Mentan Amran Sulaiman Apresiasi Pameran Hari Pangan Sedunia

FAJARONLINE.CO.ID -- Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengapresiasi kegiatan Pameran Hari Pangan Sedunia Ke-38 tahun 2018. Berlangsung di...
 

PPs UIN Antasari Undang Dr Barsihannor Jadi Dosen Tamu

FAJARONLINE.CO.ID -- PPs UIN Antasari Banjarmasin mengundang Dr Barsihannor MAg (Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin) menjadi narasumber...
 

Alumni LPDP Siap Beraksi Bangun Lima Desa di Sulsel

FAJARONLINE.CO.ID, WATAMPONE -- Para alumni Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) bakal melanjutkan kiprahnya dengan membangun desa. Ada lima desa...
 

Juara di Motegi, Marquez Kunci Gelar Juara Dunia MotoGP 2018

FAJARONLINE.CO.ID, MOTEGI—Pembalap Honda, Marc Marquez menjuarai balapan MotoGP seri Motegi, Jepang, Minggu, 21 Oktober siang Wita. Kemenangan...
 

FOTO: Apindo Sulsel Serahkan Bantuan Korban Sulteng

Dewan Pengurus Provinsi Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sulsel menyerahkan bantuan untuk korban gempa dan tsunami Palu, Sigi dan Donggala,...
 

Mars Indonesia Perkenalkan Transplantasi Karang dengan Metode Spider

FAJARONLINE.CO.ID, PANGKEP - PT Mars Indonesia terus menggiatkan transplantasi terumbu karang di wilayah kepulauan Pangkep. Salah satunya menggunakan...
 

Kapten Indonesia: Harus Yakin Bisa Kalahkan Qatar

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA—Tim nasional Indonesia U-19 akan menghadapi Qatar pada laga kedua Grup A malam nanti. Kapten Indonesia, Nurhidayat...
 

Lawan Qatar Malam Ini, Indra Minta Pemain Indonesia U-19 Waspada

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA—Tim Nasional Indonesia U-19 bertekad meraih kemenangan atas Qatar pada laga kedua penyisihan Grup A Piala AFC U-19...
 

KPU Sulsel Gelar Gerakan Ketuk 1000 Pintu di CFD Boulevard

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- KPU Sulsel bersama seluruh KPU di 24 kabupaten/kota menggalakkan gerakan ketuk seribu pintu di Kawasan CFD...
 

Preview Inter Milan vs AC Milan: Tarian Tango

FAJARONLINE.CO.ID, MILAN—Derby della Madonnina akan tersaji di Stadio Giuseppe Meazza, Senin, 22 Oktober, dinihari nanti. Sama-sama tengah...
 

Usai Tiga Kabupaten, GARBI Mamuju Siapkan Deklarasi

FAJARONLINE.CO.ID, MAJENE -- Ormas Gerakan Arah Baru Indonesia (GARBI) terus menjalar di Sulbar. Usai deklarasi di tiga kabupaten yakni Majene,...

Load More