Fajar

  Breaking News

'PALESTINA' Tertimpa Tangga Sebelum Bangun

Suasana Salat Jumat 1 Juni 2018 di Masjidil Aqsa Palestina. (Foto: Istimewa)
Opini - 02 Juni 2018, 15:14:13

Ketika copy passport turis asal Israel muncul di medsos, kemudiaan mendapat tanggapan dari berbagai pihak, kami agak khawatir, bahwa persoalan passport ini akan menjadi salah satu faktor pemicu lahirnya keputusan yang akan memberi efek negatif terhadap bangsa Palestina.

 

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Masalah passport warga Israel ini seakan mencederai perasaan rakyat, khususnya ummat Islam, mengingat selama ini Israel dianggap sebagai musuh nomor satu ummat Islam, apalagi antara RI dan Israel belum terjalin hubungan diplomatik.

Kekhawatiran kami semakin bertambah, karena disaat yang bersamaan terjadi tindakan tidak manusiawi dari tentara Israel terhadap rakyat Palestina di Gaza. Tindakan brutal Israel ini menambah kemarahan pemerintah dan rakyat Indonesia, sebab sebagai bangsa beradab yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, Indonesia memang merupakan negara yang sangat serius membantu perjuangan bangsa Palestina.

Apa yang kami khawatirkan diatas menjadi kenyataan, dengan terbitnya surat pelarangan dari pemerintah Israel bagi warga negara berpassport Indonesia memasuki wilayah Israel. Keputusan pemerintah Israel ini sebagai balasan atas keputusan Pemerintah RI yang tidak mengizinkan warga negara Israel masuk ke Indonesia,

Pertanyaanya, mengapa ada wisatawan berpassport Israel bisa masuk ke Indonesia? padahal Israel tidak memiliki hubungan diplomatik dengan pemerintah RI. Jawabannya adalah sama dengan kalau kita bertanya mengapa setiap tahun terdapat puluhan ribu warga negara Indonesia bisa memasuki wilayah Israel? karena untuk masuk ke Masjidil Aqsa di kota Jerusalem yang sejak tahun 1967 di klaim oleh Israel sebagai bagian dari negara mereka, maupun kota-kota Palestina di Tepi Barat seperti Hebron (Al-Khalil) atau kota Nabi Ibrahim AS dan kota Betlehem kita harus melewati perbatasan atau imigrasi Israel.

Dari semua negara yang penduduknya mayoritas Islam, khususnya yang tergabung di OKI, terdapat 3 kelompok yang kebijakannya berbeda menyangkut kunjungan timbal balik dengan Israel, baik wisatawan, mahasiswa, pengusaha maupun pejabat pemerintahan.

Yang pertama, adalah negara-negara Islam yang memiliki hubungan diplomatik dengan Israel, misalnya Turki, Jordania maupun Libanon.

Kedua, negara-negara yang tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel, namun tetap mengizinkan warga negara masing-masing untuk saling mengunjungi, misalnya Indonesia dan beberapa negara di timur tengah.

Maka pengurusan visa bagi warga negara kelompok kedua ini harus melalui negara bebas yang memiliki hubungan diplomatik baik dengan Israel maupun dengan negara-negara kelompok kedua ini, misalnya Singapura dan Jordania.

Berikutnya kelompok ketiga, yaitu negara-negara yang sama sekali tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel, misanya Iran, maka bagi warga kedua negara tidak akan bisa saling mengunjungi.

Pertanyaan berikut, apa efek bagi Israel dan Palestina dari kebijakan pelarangan ini?

Kami akan coba ulas secara singkat namun karena keterbatasan pengetahuan, kami akan ulas hanya pada masalah yang menyangkut wisatawan saja.

Dalam pandangan saya, kemungkinan kebijakan pemerintah Indonesia ini akan diikuti oleh negara-negara lain, khususnya negara yang tergabung dalam Organisasi Konferensi Islam (OKI). Ini tentunya akan sangat merugikan Israel yang otomatis akan memberi efek terhadap rakyat Palestina, karena salah satu penyumbang devisa negara untuk Israel maupun Palestina adalah wisatawan.

Setiap tahun jumlah wisatawan dari berbagai negara di dunia yang mengunjungi Israel dan Palestina adalah sekitar 3 juta wisatawan.

Tempat-tempat favorit bagi ummat Islam dan Kristiani adalah Masjidil Aqsa dan Gereja Makam Kudus (Holy Sepulchre) di Kota Tua Jerusalem. Berikutnya Gereja Nativity (tempat kelahiran Nabi Isa AS atau Jesus Christ) di Kota Betlehem. Kemudian maqam Nabi Ibrahim AS, Nabi Ishaq AS, Nabi Yaqub AS dan Nabi Yusuf AS di kota Hebron (Al-Khalil) atau Kota Nabi Ibrahim AS. Selanjutnya maqam Nabi Musa AS dan "Bukit Percobaan" di kota tertua di dunia, yaitu kota Jericho yang berada dipesisir laut mati (dead sea).

Hebron, Betlehem dan Jericho adalah kota-kota di tepi barat yang berada dalam otoritas Palestina. Bagi Palestina kunjungan wisatawan sangat berarti karena menjadi penyumbang devisa terbesar bagi negeri para Nabi ini.

Sekalipun prosentasi wisatawan asal Indonesia yang mengunjungi Israel dan Palestina masih sangat kecil, yaitu hanya sekitar 40 ribu wisatawan atau hanya 1,3 % dari total wisatawan manca negara, namun wisatawan asal Indonesia memiliki arti yang sangat penting bagi rakyat Palestina karena sejak lama hubungan emosional rakyat kedua negara sangat erat.

Disamping itu umumnya wisatawan asal Indonesia tidak hanya sekedar berwisata, tetapi sekaligus juga memberi donasi untuk berbagai lembaga pendidikan dan rumah-rumah ibadah di Palestina.

Cerita Yahudi
Ini wajib kita tahu. Agama Yahudi itu adalah agama sekaligus suku bangsa. Nama Yahudi ini diambil dari nama salah seorang putra Nabi Yaqub AS dari Isteri pertama Beliau (Lea/Laika) yang bernama Yehuda. Dari Lea Nabi Yaqub AS mendapat 6 putra, kemudian dari isteri kedua Beliau yang bernama Rahel adik dari Lea lahir Nabi Yusuf AS dan Benyamin. Kemudian dari isteri ketiga (pembantu Lea yang dihadiahkan untuk Nabi Yaqub AS) mendapatkan 2 putra, dari isteri keempat (pembantu Rahel yang dihadiahkan ke Nabi Yaqub AS) juga mendapatkan 2 putra, jumlah seluruhnya putra Nabi Yaqub AS adalah 12 orang.

Dari ke 12 putra Nabi Yaqub inilah yang kemudian digelar sebagai Bani Israel. Israel (Abdullah dalam bahasa Arab) adalah gelar Nabi Yaqub AS karena ketaatan Beliau kepada Allah SWT.

Karena Yehuda yang paling banyak memberi turunan bagi Bani Israel, maka diambillah nama Yehuda sebagai nama agama bagi Bani Israel.

Jadi Yahudi sebenarnya bukan nama agama pemberian dari Allah SWT, tetapi Yahudi adalah suku bangsa.

Itulah mungkin mengapa jumlah penganut agama Yahudi yang tersebar diseluruh dunia tidak sampai 20 juta jiwa. Bandingkan dengan Ummat Islam dan ummat Kristen yang sudah berjumlah milyaran. Demikian pula agama Kristen.

Setelah Nabi Isa AS diangkat kelangit oleh Allah SWT, sejarah ummat Beliau menjadi kabur karena penguasa Romawi ketika itu masih menganut "Polyteisme" atau percaya pada para "dewa", kemudian Nabi Isa AS belum sempat mempengaruhi para penguasa Romawi Beliau sudah diangkat ke langit.

Barulah ketika Kaisar Romawi yang bernama Constantine (berkuasa ditahun 306-337 M) dan menjadikan agama Kristen sebagai agama resmi kerajaan atau 3 abad setelah wafatnya Nabi Isa AS, memerintahkan untuk mencari lokasi tempat kelahiran Nabi Isa AS di Betlehem, kemudian dibangunlah gereja diatasnya yang bernama Gereja Nativity, kemudian dilokasi yang diyajini sebagai tempat disemayamkannya jenazah Nabi Isa dibangunlah gereja yang bernama Gereja Makam Kudus (Holy Sepulchre) yang terletak tidak jauh dari Masjidil Aqsa.

Bersyukurlah kita Ummat Islam, karena sejarah Islam mulai dari sejak lahirnya Nabi Besar Muhammad SAW sd wafatnya Beliau, dan semua tempat-tempat penting tentang sejarah Beliau masih ada dan bisa kita lihat sampai saat ini. Kemudian kepemimpinannya dilanjutkan oleh sahabat Beliau para Khalifah, kemudian oleh Bani Umayyah, Abbasyiah, Mamluk, Utsmani dstnya sampai saat ini sejarah Islam tidak pernah terputus, Allahu Akbar.

Demikian ulasan singkat ini, semoga persoalan diatas dapat segera teratasi dengan baik, amien.
Wallahu a'lam bish-shawwab. (**)


Jakarta 17 Ramadhan 1439 H/ 31 Mei 2018

Danni Irawan, Pimpinan Aqsa Discovery

Author : Rasid

Download Aplikasi Android dan IOS Fajaronline

 


Tags



Berita Lainnya

🔀Berita Terkini
 

Kontroversi Pengusaha Sam Aliano, Begini Kisahnya

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA -- Tingkah laku pengusaha Sam Aliano sering menjadi kontroversi. Aksi Sam yang menuai pro kontra itu mulai dari rasa...
 

Viral, Mahfud MD Begitu Urusan Politik Saya Dibilangi Bukan Kader NU

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Prof Mahfud MD buka-bukaan soal batalnya dia menjadi cawapres Jokowi. Menurut...
 

Sambangi Polda Metro Jaya, Sam Aliano: Siapa Bilang Saya Tersangka

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA -- Sam Aliano langsung menyambangi Mapolda Metro Jaya setelah beredar kabar penetapan dirinya sebagai tersangka kasus...
 

Jambret Pengendara Motor, Polres Luwu Tangkap Dua Pelaku

FAJARONLINE. CO. ID, BELOPA---Dua pelaku jambret dan kejahatan jalanan ditangkap di Dusun Sompu-Somou, Desa Salu Paremang, Kecamatan Kamanre,...
 

Foto: Komjen Syafruddin Dilantik Jadi Menteri PAN & RB

FAJARONLINE.CO.ID -- Presiden Joko Widodo melantik Wakil Kepala Polri Komjen Syafruddin menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi...
 

Coba Jadi Vokalis, Cuara Raditya Memang Nencengangkan

FAJARONLINE.CO.ID -- Biasa melucu, kini Raditya Dika mencoba tarik suara. Ia berduet dengan komika Arif Alfiansyah menyanyikan lagu Cinta Kan...
 

Preview Madrid vs Atletico: Janji Juara Julen

FAJARONLINE.CO.ID, TALLINN—Julen Lopetegui ingin segera mempersembahkan gelar pada fans Real Madrid. Ia bahkan sudah menjanjikan trofi perdana...
 

Dilantik Jadi Menteri, Syafruddin Pensiun Dini dari Polri

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA - Komjen Pol Syafruddin bukan lagi Wakapolri. Dia resmi mengundurkan diri sebelum dia dilantik menjadi Menteri...
 

Jika Raih Emas, Atlet Tertua Indonesia Ini akan Sumbangkan Bonus Rp1,5 Miliar

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA - Michael Bambang Hartono, atlet tertua di kontingen Indonesia untuk Asian Games 2018 punya rencana. Jika mampu...
 

Offline, Tiket Indonesia vs Palestina Bisa Dibeli di Sini

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA - Aksi heroik timnas U-23 di Asian Games 2018 diprediksi akan membuat partisipasi penonton membludak. Mereka penasaran...
 

Ada Stasiun Pengisian Elpiji di Wajo, Dewan: Gas Tidak Boleh Langka dan Mahal

FAJARONLINE.CO.ID, WAJO - Masyarakat Kabupaten Wajo keluhkan kelangkaan dan mahalnya harga gas elpiji 3 kilogram (kg). DPRD Wajo kini memberikan...
 

Digoda Klub Liga 1, Bagas-Bagus Dijanji Beasiswa Sampai Sarjana

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA - Bintang-bintang Timnas Indonesia U-16 mulai banjir tawaran klub Liga 1. Brylian Aldama, misalnya. Gelandang bertahan...
 

Ini Pemain Palestina yang Diwaspadai Indonesia

FAJARONLINE.CO.ID, BEKASI—Tim Nasional Indonesia U-23 akan menghadapi Palestina di pertandingan kedua penyisihan Grup A cabang sepak bola Asian...
 

Wanita Setengah Telanjang Diikat di Pesawat karena Mabuk Saat Penerbangan

FAJARONLINE.CO.ID, MOSKOW—Seorang wanita mabuk diikat di pesawat ketika dia mulai bertindak ‘kasar’ setelah lepas landas. Penumpang...
 

Wanita Iran Dilarang Nonton Bola, Fotografer Cantik Ini Ambil Gambar dari Atap Rumah

FAJARONLINE.CO.ID, TAHERAN—Seorang fotografer wanita Iran, Parisa Pourtaherian berhasil mengambil gambar pertandingan sepak bola dari atap...
 

SBY Tolak Jadi Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Sandi, Demokrat Maunya Anak Muda

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA - Partai Demokrat menolak bila ketua umumnya Susilo Bambang yudhoyono (SBY) didapuk menjadi ketua tim pemenangan Prabowo...
 

Politikus Sulsel Ramai-ramai Gabung, Gerindra: Gara-gara Prabowo

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR - Sejumlah politikus memutuskan hijrah ke Partai Gerindra. Bahkan menjadi caleg. Sekretaris DPD Gerindra Sulsel, Rusedin...
 

Tak Terima Pantat Pacar Dipelototi, Pembeli Mengamuk di Toko

FAJARONLINE.CO.ID, NORTH CAROLINA—Sebuah video yang viral menunjukkan seorang pria memukul orang asing di sebuah toko. Dalam video yang...
 

Zinedine Zidane Siap Gantikan Jose Mourinho di Manchester United

FAJARONLINE.CO.ID, MANCHESTER—Zinedine Zidane ingin mengelola klub Premier League musim depan. Ia dilaporkan mengikuti perkembangan situasi...
 

Dua Anak Makassar Ikut TC Timnas U-19 untuk Piala Asia, Jalan Menuju Piala Dunia

FAJARONLINE.CO.ID, YOGYAKARTA—Tim Nasional Indonesia U-19 kembali menjalani pemusatan latihan (TC). Sebanyak 33 pemain termasuk dua anak...
 

Kalah Postur, Ini Strategi Timnas U-23 Menghadapi Palestina Malam Nanti

FAJARONLINE.CO.ID, BEKASI—Tim Nasional Indonesia U-23 akan menghadapi Palestina pada laga kedua penyisihan Grup A cabang sepak bola Asian Games...
 

24 Tewas dalam Kecelakaan Bus di Ekuador

FAJARONLINE.CO.ID, PIFO—Kecelakaan bus menewaskan sedikitnya 24 orang dan melukai 22 lainnya di dekat ibukota Ekuador, Selasa pagi kemarin. Bus...
 

Jadwal Piala Super Eropa Madrid vs Atletico dan Daftar Juara dari 1973 hingga 2017

FAJARONLINE.CO.ID, TALLINN—Piala Super Eropa akan berlangsung di Tallinn, Estonia, Kamis, 16 Agustus, dinihari nanti. Piala Super Eropa ini...
 

ISIS Siapkan 30.000 Pejuang untuk Perang di Irak dan Suriah

FAJARONLINE.CO.ID, BAGHDAD—Setelah kelompok militan Negara Islam diklaim telah dihancurkan tahun lalu, kabar mengejutkan datang lagi terkait...
 

Soal Napi Jadi Otak Pembakaran Satu Keluarga, Sipir Terancam Sanksi

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR-- Kasus Akbar Ampuh yang mengotaki pembakaran rumah Sanusi, membuat Kanwil Kemenkum HAM Sulsel, bereaksi. Akbar...

Load More