Fajar

  Breaking News

'PALESTINA' Tertimpa Tangga Sebelum Bangun

Suasana Salat Jumat 1 Juni 2018 di Masjidil Aqsa Palestina. (Foto: Istimewa)
Opini - 02 Juni 2018, 15:14:13

Ketika copy passport turis asal Israel muncul di medsos, kemudiaan mendapat tanggapan dari berbagai pihak, kami agak khawatir, bahwa persoalan passport ini akan menjadi salah satu faktor pemicu lahirnya keputusan yang akan memberi efek negatif terhadap bangsa Palestina.

 

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Masalah passport warga Israel ini seakan mencederai perasaan rakyat, khususnya ummat Islam, mengingat selama ini Israel dianggap sebagai musuh nomor satu ummat Islam, apalagi antara RI dan Israel belum terjalin hubungan diplomatik.

Kekhawatiran kami semakin bertambah, karena disaat yang bersamaan terjadi tindakan tidak manusiawi dari tentara Israel terhadap rakyat Palestina di Gaza. Tindakan brutal Israel ini menambah kemarahan pemerintah dan rakyat Indonesia, sebab sebagai bangsa beradab yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, Indonesia memang merupakan negara yang sangat serius membantu perjuangan bangsa Palestina.

Apa yang kami khawatirkan diatas menjadi kenyataan, dengan terbitnya surat pelarangan dari pemerintah Israel bagi warga negara berpassport Indonesia memasuki wilayah Israel. Keputusan pemerintah Israel ini sebagai balasan atas keputusan Pemerintah RI yang tidak mengizinkan warga negara Israel masuk ke Indonesia,

Pertanyaanya, mengapa ada wisatawan berpassport Israel bisa masuk ke Indonesia? padahal Israel tidak memiliki hubungan diplomatik dengan pemerintah RI. Jawabannya adalah sama dengan kalau kita bertanya mengapa setiap tahun terdapat puluhan ribu warga negara Indonesia bisa memasuki wilayah Israel? karena untuk masuk ke Masjidil Aqsa di kota Jerusalem yang sejak tahun 1967 di klaim oleh Israel sebagai bagian dari negara mereka, maupun kota-kota Palestina di Tepi Barat seperti Hebron (Al-Khalil) atau kota Nabi Ibrahim AS dan kota Betlehem kita harus melewati perbatasan atau imigrasi Israel.

Dari semua negara yang penduduknya mayoritas Islam, khususnya yang tergabung di OKI, terdapat 3 kelompok yang kebijakannya berbeda menyangkut kunjungan timbal balik dengan Israel, baik wisatawan, mahasiswa, pengusaha maupun pejabat pemerintahan.

Yang pertama, adalah negara-negara Islam yang memiliki hubungan diplomatik dengan Israel, misalnya Turki, Jordania maupun Libanon.

Kedua, negara-negara yang tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel, namun tetap mengizinkan warga negara masing-masing untuk saling mengunjungi, misalnya Indonesia dan beberapa negara di timur tengah.

Maka pengurusan visa bagi warga negara kelompok kedua ini harus melalui negara bebas yang memiliki hubungan diplomatik baik dengan Israel maupun dengan negara-negara kelompok kedua ini, misalnya Singapura dan Jordania.

Berikutnya kelompok ketiga, yaitu negara-negara yang sama sekali tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel, misanya Iran, maka bagi warga kedua negara tidak akan bisa saling mengunjungi.

Pertanyaan berikut, apa efek bagi Israel dan Palestina dari kebijakan pelarangan ini?

Kami akan coba ulas secara singkat namun karena keterbatasan pengetahuan, kami akan ulas hanya pada masalah yang menyangkut wisatawan saja.

Dalam pandangan saya, kemungkinan kebijakan pemerintah Indonesia ini akan diikuti oleh negara-negara lain, khususnya negara yang tergabung dalam Organisasi Konferensi Islam (OKI). Ini tentunya akan sangat merugikan Israel yang otomatis akan memberi efek terhadap rakyat Palestina, karena salah satu penyumbang devisa negara untuk Israel maupun Palestina adalah wisatawan.

Setiap tahun jumlah wisatawan dari berbagai negara di dunia yang mengunjungi Israel dan Palestina adalah sekitar 3 juta wisatawan.

Tempat-tempat favorit bagi ummat Islam dan Kristiani adalah Masjidil Aqsa dan Gereja Makam Kudus (Holy Sepulchre) di Kota Tua Jerusalem. Berikutnya Gereja Nativity (tempat kelahiran Nabi Isa AS atau Jesus Christ) di Kota Betlehem. Kemudian maqam Nabi Ibrahim AS, Nabi Ishaq AS, Nabi Yaqub AS dan Nabi Yusuf AS di kota Hebron (Al-Khalil) atau Kota Nabi Ibrahim AS. Selanjutnya maqam Nabi Musa AS dan "Bukit Percobaan" di kota tertua di dunia, yaitu kota Jericho yang berada dipesisir laut mati (dead sea).

Hebron, Betlehem dan Jericho adalah kota-kota di tepi barat yang berada dalam otoritas Palestina. Bagi Palestina kunjungan wisatawan sangat berarti karena menjadi penyumbang devisa terbesar bagi negeri para Nabi ini.

Sekalipun prosentasi wisatawan asal Indonesia yang mengunjungi Israel dan Palestina masih sangat kecil, yaitu hanya sekitar 40 ribu wisatawan atau hanya 1,3 % dari total wisatawan manca negara, namun wisatawan asal Indonesia memiliki arti yang sangat penting bagi rakyat Palestina karena sejak lama hubungan emosional rakyat kedua negara sangat erat.

Disamping itu umumnya wisatawan asal Indonesia tidak hanya sekedar berwisata, tetapi sekaligus juga memberi donasi untuk berbagai lembaga pendidikan dan rumah-rumah ibadah di Palestina.

Cerita Yahudi
Ini wajib kita tahu. Agama Yahudi itu adalah agama sekaligus suku bangsa. Nama Yahudi ini diambil dari nama salah seorang putra Nabi Yaqub AS dari Isteri pertama Beliau (Lea/Laika) yang bernama Yehuda. Dari Lea Nabi Yaqub AS mendapat 6 putra, kemudian dari isteri kedua Beliau yang bernama Rahel adik dari Lea lahir Nabi Yusuf AS dan Benyamin. Kemudian dari isteri ketiga (pembantu Lea yang dihadiahkan untuk Nabi Yaqub AS) mendapatkan 2 putra, dari isteri keempat (pembantu Rahel yang dihadiahkan ke Nabi Yaqub AS) juga mendapatkan 2 putra, jumlah seluruhnya putra Nabi Yaqub AS adalah 12 orang.

Dari ke 12 putra Nabi Yaqub inilah yang kemudian digelar sebagai Bani Israel. Israel (Abdullah dalam bahasa Arab) adalah gelar Nabi Yaqub AS karena ketaatan Beliau kepada Allah SWT.

Karena Yehuda yang paling banyak memberi turunan bagi Bani Israel, maka diambillah nama Yehuda sebagai nama agama bagi Bani Israel.

Jadi Yahudi sebenarnya bukan nama agama pemberian dari Allah SWT, tetapi Yahudi adalah suku bangsa.

Itulah mungkin mengapa jumlah penganut agama Yahudi yang tersebar diseluruh dunia tidak sampai 20 juta jiwa. Bandingkan dengan Ummat Islam dan ummat Kristen yang sudah berjumlah milyaran. Demikian pula agama Kristen.

Setelah Nabi Isa AS diangkat kelangit oleh Allah SWT, sejarah ummat Beliau menjadi kabur karena penguasa Romawi ketika itu masih menganut "Polyteisme" atau percaya pada para "dewa", kemudian Nabi Isa AS belum sempat mempengaruhi para penguasa Romawi Beliau sudah diangkat ke langit.

Barulah ketika Kaisar Romawi yang bernama Constantine (berkuasa ditahun 306-337 M) dan menjadikan agama Kristen sebagai agama resmi kerajaan atau 3 abad setelah wafatnya Nabi Isa AS, memerintahkan untuk mencari lokasi tempat kelahiran Nabi Isa AS di Betlehem, kemudian dibangunlah gereja diatasnya yang bernama Gereja Nativity, kemudian dilokasi yang diyajini sebagai tempat disemayamkannya jenazah Nabi Isa dibangunlah gereja yang bernama Gereja Makam Kudus (Holy Sepulchre) yang terletak tidak jauh dari Masjidil Aqsa.

Bersyukurlah kita Ummat Islam, karena sejarah Islam mulai dari sejak lahirnya Nabi Besar Muhammad SAW sd wafatnya Beliau, dan semua tempat-tempat penting tentang sejarah Beliau masih ada dan bisa kita lihat sampai saat ini. Kemudian kepemimpinannya dilanjutkan oleh sahabat Beliau para Khalifah, kemudian oleh Bani Umayyah, Abbasyiah, Mamluk, Utsmani dstnya sampai saat ini sejarah Islam tidak pernah terputus, Allahu Akbar.

Demikian ulasan singkat ini, semoga persoalan diatas dapat segera teratasi dengan baik, amien.
Wallahu a'lam bish-shawwab. (**)


Jakarta 17 Ramadhan 1439 H/ 31 Mei 2018

Danni Irawan, Pimpinan Aqsa Discovery

Author : Rasid

Download Aplikasi Android dan IOS Fajaronline

 


Tags



Berita Lainnya

🔀Berita Terkini
 

Sempat Diguyur Hujan, Ribuan Alumni Padati Fun Walk Renas IKA Smansa Pangkep

FAJARONLINE.CO.ID,PANGKEP -- Reuni Nasional (Renas) dan Musyawarah Besar (Mubes) IKA Smansa Pangkep berlangsung, Selasa (19/6/2018). Kegiatan itu...
 

Preview Mesir vs Rusia: Tolong, Mohamed Salah

FAJARONLINE.CO.ID, SAINT PETERSBURG—Laga hidup mati bakal dilakoni Mesir saat menghadapi tuan rumah, Mesir di Krestovsky Stadium, St....
 

Preview Polandia vs Senegal: Bobol Benteng Afrika

FAJARONLINE.CO.ID, MOSKOW—Polandia menjadi favorit utama di Grup H. Kuda hitam asal Afrika, Senegal akan menguji status itu dalam duel kedua...
 

Preview Kolombia vs Jepang: Samurai Biru Tak Gentar

FAJARONLINE.CO.ID, SARANSK—Jepang bertekad mengikuti jejak Iran. Mereka akan menghadapi Kolombia di laga perdana Grup H tanpa perasaan gentar...
 

Rumah Zakat Serahkan Kambing ke Warga Miskin

Fajaronline.co.id, Gowa -- Rumah Zakat pada Program Ternak Berdaya menyerahkan kambing indukan sebagai upaya memberdayakan masyarakat miskin di...
 

Tikam Kakeknya 120 Kali, Wanita Ini Dipenjara 13 Tahun

FAJARONLINE.CO.ID, SOUTH YORKSHIRE—Seorang wanita yang membunuh kakek tirinya pada Hari Natal tahun lalu dengan menikamnya lebih dari 120 kali...
 

Suka Sentuh Bagian Sensitif Gadis Muda, Polisi Ini Ditangkap

FAJARONLINE.CO.ID, TEXAS—Seorang deputi sheriff Texas, Jose Nunez ditangkap karena diduga melakukan kekerasan seksual terhadap seorang bocah...
 

Masa Tugas Pjs Wali Kota Palopo Berakhir 23 Juni, Andi Arwien Mulai Pamit

FAJARONLINE.CO.ID, PALOPO --Masa tugas Pjs Wali Kota Palopo, Andi Arwien Azis, berakhir 23 Juni 2018 mendatang. Andi Arwien Azis pun mulai berpamitan...
 

Jadwal Piala Dunia Selasa Malam hingga Rabu Dinihari Nanti

FAJARONLINE.CO.ID, MOSKOW—Piala Dunia 2018 akan menuntaskan laga perdana grup malam nanti. Dua laga dari Grup H akan menjadi penutup...
 

Ronaldo Pimpin Top Skor, 4 Pemain Membayangi

FAJARONLINE.CO.ID, MOSKOW—Superstar Portugal, Cristiano Ronaldo masih memimpin top skor Piala Dunia 2018. Berkat tiga golnya ke gawang Spanyol...
 

Klasemen Lengkap Piala Dunia 2018

FAJARONLINE.CO.ID, MOSKOW—Piala Dunia 2018 sudah menyelesaikan 14 pertandingan perdana fase grup. Setelah dinihari tadi Grup G menutup laga...
 

Borong Dua Gol Kemenangan Inggris, Kane Buktikan Janji

FAJARONLINE.CO.ID, VOLGOGRAD—Kapten tim nasional Inggris, Harry Kane membuktikan janjinya tidak mengecewakan dalam laga perdana kontra Tunisia....
 

Gasak Panama 3-0, Belgia Puncaki Grup G

FAJARONLINE.CO.ID, MOSKOW—Belgia meraih kemenangan besar dalam laga perdana Grup G Piala Dunia 2018. Melawan tim debutan CONCACAF, Panama,...
 

Singgung Kasus Habib Rizieq, Kevin Aprilio: Saya Mohon Maaf

FAJARONLINE.CO.ID -- Sempat menyinggung kasus obrolan mesum Habib Rizieq Shihab, musikus Kevin Aprilio langsung meminta maaf. Kevin Aprilio dianggap...
 

Verrell Bramasta Belum Siap Nikah dengan Natasha Wilona

FAJARONLINE.CO.ID -- Verrell Bramasta dan Natasha Wilona semakin lengket. Pasangan kekasih inipun merayakan Lebaran bersama. Verrell mengajak Wilona...
 

Begini Cara Nia Daniaty Hilangkan Sakit Hati

FAJARONLINE.CO.ID -- Penyanyi melankolis Nia Daniaty merayakan lebaran di rumahnya, kawasan Kalibata, Jakarta Selatan. Rumah yang dibeli Nia Daniaty...
 

Justin Bieber Tepergok Berciuman dengan Hailey Baldwin di Taman

FAJARONLINE.CO.ID -- Percikan asmara antara Justin Bieber dan Hailey Baldwin ternyata benar adanya. Justin Bieber tertangkap kamera sedang mencium...
 

Kapolres Maros Pantau Rammang-Rammang

FAJARONLINE.CO.ID, MAROS -- Guna memantau dan memonitor langsung para pengunjung di kawasan karts Rammang-rammang, Desa Salenrang Kecamatan...
 

141 Warga Binaan Lapas Maros Dapat Remisi, Dua Langsung Bebas

FAJARONLINE.CO.ID, MAROS -- Sebanyak 141 orang warga binaan Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kariango Maros yang mendapat remisi pada...
 

Novel Baswedan Duga Oknum Jenderal Dalangi Penyerangan Pegawai KPK, Ini Kata Polri

FAJARONLINE.CO.ID -- Upaya pemberantasan korupsi di Indonesia menjadi salah satu agenda terpenting negara ini. Namun ditengah giatnya petugas...
 

Ditanya Soal Pernikahan, Cita Citata: Mudah-mudahan Tahun Depan

FAJARONLINE.CO.ID -- Kumpul bareng keluarga di kampung halaman, pedangdut Cita Citata tidak takut ditanya soal pernikahan. "Ya jawab apa adanya,...
 

Rio Reifan Ingin Segera Nikahi Kekasihnya

FAJARONLINE.CO.ID -- Aktor Rio Reifan merayakan lebaran Idulfitri di penjara. Walaupun di penjara, Rio Reifan tidak merasa sendiri karena ditemani...
 

Hubungan Anisa Bahar dan Juwita Membaik, Siapa Dalangnya?

FAJARONLINE.CO.ID -- Hubungan Anisa Bahar dan Juwita Tofhany kini telah membaik. Momen Lebaran dijadikan keduanya untuk saling memaafkan. Namun,...
 

Alquran Salah Cetak, Ini Tindakan Kemenag

FAJARONLINE.CO.ID -- Beredar sebuah lembaran Alquran yang salah cetak. Ayat-ayat yang ada pada lembaran itu tidak sesuai dengan yang ada selama ini,...
 

Rapat Pleno, KPU Pangkep Tetapkan 241.707 Pemilih Masuk DPS 2019

FAJARONLINE.CO.ID, PANGKEP -- KPU Pangkep menggelar rapat pleno terbuka membahas penetapan rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu...

Load More