Fajar

  Breaking News

'PALESTINA' Tertimpa Tangga Sebelum Bangun

Suasana Salat Jumat 1 Juni 2018 di Masjidil Aqsa Palestina. (Foto: Istimewa)
Opini - 02 Juni 2018, 15:14:13

Ketika copy passport turis asal Israel muncul di medsos, kemudiaan mendapat tanggapan dari berbagai pihak, kami agak khawatir, bahwa persoalan passport ini akan menjadi salah satu faktor pemicu lahirnya keputusan yang akan memberi efek negatif terhadap bangsa Palestina.

 

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Masalah passport warga Israel ini seakan mencederai perasaan rakyat, khususnya ummat Islam, mengingat selama ini Israel dianggap sebagai musuh nomor satu ummat Islam, apalagi antara RI dan Israel belum terjalin hubungan diplomatik.

Kekhawatiran kami semakin bertambah, karena disaat yang bersamaan terjadi tindakan tidak manusiawi dari tentara Israel terhadap rakyat Palestina di Gaza. Tindakan brutal Israel ini menambah kemarahan pemerintah dan rakyat Indonesia, sebab sebagai bangsa beradab yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, Indonesia memang merupakan negara yang sangat serius membantu perjuangan bangsa Palestina.

Apa yang kami khawatirkan diatas menjadi kenyataan, dengan terbitnya surat pelarangan dari pemerintah Israel bagi warga negara berpassport Indonesia memasuki wilayah Israel. Keputusan pemerintah Israel ini sebagai balasan atas keputusan Pemerintah RI yang tidak mengizinkan warga negara Israel masuk ke Indonesia,

Pertanyaanya, mengapa ada wisatawan berpassport Israel bisa masuk ke Indonesia? padahal Israel tidak memiliki hubungan diplomatik dengan pemerintah RI. Jawabannya adalah sama dengan kalau kita bertanya mengapa setiap tahun terdapat puluhan ribu warga negara Indonesia bisa memasuki wilayah Israel? karena untuk masuk ke Masjidil Aqsa di kota Jerusalem yang sejak tahun 1967 di klaim oleh Israel sebagai bagian dari negara mereka, maupun kota-kota Palestina di Tepi Barat seperti Hebron (Al-Khalil) atau kota Nabi Ibrahim AS dan kota Betlehem kita harus melewati perbatasan atau imigrasi Israel.

Dari semua negara yang penduduknya mayoritas Islam, khususnya yang tergabung di OKI, terdapat 3 kelompok yang kebijakannya berbeda menyangkut kunjungan timbal balik dengan Israel, baik wisatawan, mahasiswa, pengusaha maupun pejabat pemerintahan.

Yang pertama, adalah negara-negara Islam yang memiliki hubungan diplomatik dengan Israel, misalnya Turki, Jordania maupun Libanon.

Kedua, negara-negara yang tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel, namun tetap mengizinkan warga negara masing-masing untuk saling mengunjungi, misalnya Indonesia dan beberapa negara di timur tengah.

Maka pengurusan visa bagi warga negara kelompok kedua ini harus melalui negara bebas yang memiliki hubungan diplomatik baik dengan Israel maupun dengan negara-negara kelompok kedua ini, misalnya Singapura dan Jordania.

Berikutnya kelompok ketiga, yaitu negara-negara yang sama sekali tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel, misanya Iran, maka bagi warga kedua negara tidak akan bisa saling mengunjungi.

Pertanyaan berikut, apa efek bagi Israel dan Palestina dari kebijakan pelarangan ini?

Kami akan coba ulas secara singkat namun karena keterbatasan pengetahuan, kami akan ulas hanya pada masalah yang menyangkut wisatawan saja.

Dalam pandangan saya, kemungkinan kebijakan pemerintah Indonesia ini akan diikuti oleh negara-negara lain, khususnya negara yang tergabung dalam Organisasi Konferensi Islam (OKI). Ini tentunya akan sangat merugikan Israel yang otomatis akan memberi efek terhadap rakyat Palestina, karena salah satu penyumbang devisa negara untuk Israel maupun Palestina adalah wisatawan.

Setiap tahun jumlah wisatawan dari berbagai negara di dunia yang mengunjungi Israel dan Palestina adalah sekitar 3 juta wisatawan.

Tempat-tempat favorit bagi ummat Islam dan Kristiani adalah Masjidil Aqsa dan Gereja Makam Kudus (Holy Sepulchre) di Kota Tua Jerusalem. Berikutnya Gereja Nativity (tempat kelahiran Nabi Isa AS atau Jesus Christ) di Kota Betlehem. Kemudian maqam Nabi Ibrahim AS, Nabi Ishaq AS, Nabi Yaqub AS dan Nabi Yusuf AS di kota Hebron (Al-Khalil) atau Kota Nabi Ibrahim AS. Selanjutnya maqam Nabi Musa AS dan "Bukit Percobaan" di kota tertua di dunia, yaitu kota Jericho yang berada dipesisir laut mati (dead sea).

Hebron, Betlehem dan Jericho adalah kota-kota di tepi barat yang berada dalam otoritas Palestina. Bagi Palestina kunjungan wisatawan sangat berarti karena menjadi penyumbang devisa terbesar bagi negeri para Nabi ini.

Sekalipun prosentasi wisatawan asal Indonesia yang mengunjungi Israel dan Palestina masih sangat kecil, yaitu hanya sekitar 40 ribu wisatawan atau hanya 1,3 % dari total wisatawan manca negara, namun wisatawan asal Indonesia memiliki arti yang sangat penting bagi rakyat Palestina karena sejak lama hubungan emosional rakyat kedua negara sangat erat.

Disamping itu umumnya wisatawan asal Indonesia tidak hanya sekedar berwisata, tetapi sekaligus juga memberi donasi untuk berbagai lembaga pendidikan dan rumah-rumah ibadah di Palestina.

Cerita Yahudi
Ini wajib kita tahu. Agama Yahudi itu adalah agama sekaligus suku bangsa. Nama Yahudi ini diambil dari nama salah seorang putra Nabi Yaqub AS dari Isteri pertama Beliau (Lea/Laika) yang bernama Yehuda. Dari Lea Nabi Yaqub AS mendapat 6 putra, kemudian dari isteri kedua Beliau yang bernama Rahel adik dari Lea lahir Nabi Yusuf AS dan Benyamin. Kemudian dari isteri ketiga (pembantu Lea yang dihadiahkan untuk Nabi Yaqub AS) mendapatkan 2 putra, dari isteri keempat (pembantu Rahel yang dihadiahkan ke Nabi Yaqub AS) juga mendapatkan 2 putra, jumlah seluruhnya putra Nabi Yaqub AS adalah 12 orang.

Dari ke 12 putra Nabi Yaqub inilah yang kemudian digelar sebagai Bani Israel. Israel (Abdullah dalam bahasa Arab) adalah gelar Nabi Yaqub AS karena ketaatan Beliau kepada Allah SWT.

Karena Yehuda yang paling banyak memberi turunan bagi Bani Israel, maka diambillah nama Yehuda sebagai nama agama bagi Bani Israel.

Jadi Yahudi sebenarnya bukan nama agama pemberian dari Allah SWT, tetapi Yahudi adalah suku bangsa.

Itulah mungkin mengapa jumlah penganut agama Yahudi yang tersebar diseluruh dunia tidak sampai 20 juta jiwa. Bandingkan dengan Ummat Islam dan ummat Kristen yang sudah berjumlah milyaran. Demikian pula agama Kristen.

Setelah Nabi Isa AS diangkat kelangit oleh Allah SWT, sejarah ummat Beliau menjadi kabur karena penguasa Romawi ketika itu masih menganut "Polyteisme" atau percaya pada para "dewa", kemudian Nabi Isa AS belum sempat mempengaruhi para penguasa Romawi Beliau sudah diangkat ke langit.

Barulah ketika Kaisar Romawi yang bernama Constantine (berkuasa ditahun 306-337 M) dan menjadikan agama Kristen sebagai agama resmi kerajaan atau 3 abad setelah wafatnya Nabi Isa AS, memerintahkan untuk mencari lokasi tempat kelahiran Nabi Isa AS di Betlehem, kemudian dibangunlah gereja diatasnya yang bernama Gereja Nativity, kemudian dilokasi yang diyajini sebagai tempat disemayamkannya jenazah Nabi Isa dibangunlah gereja yang bernama Gereja Makam Kudus (Holy Sepulchre) yang terletak tidak jauh dari Masjidil Aqsa.

Bersyukurlah kita Ummat Islam, karena sejarah Islam mulai dari sejak lahirnya Nabi Besar Muhammad SAW sd wafatnya Beliau, dan semua tempat-tempat penting tentang sejarah Beliau masih ada dan bisa kita lihat sampai saat ini. Kemudian kepemimpinannya dilanjutkan oleh sahabat Beliau para Khalifah, kemudian oleh Bani Umayyah, Abbasyiah, Mamluk, Utsmani dstnya sampai saat ini sejarah Islam tidak pernah terputus, Allahu Akbar.

Demikian ulasan singkat ini, semoga persoalan diatas dapat segera teratasi dengan baik, amien.
Wallahu a'lam bish-shawwab. (**)


Jakarta 17 Ramadhan 1439 H/ 31 Mei 2018

Danni Irawan, Pimpinan Aqsa Discovery


SETIAP ORANG PUNYA CERITA.
Langganan Anda Membantu Jurnalisme Berkualitas

Author : Rasid

Berita Lainnya

🔀Berita Terkini
 

IMB : Isu Hukum Capres 02 Menang

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Pada sesi pertama debat kandidat capre-cawapres, yang mengakat isu hukum membuat Ketua DPD I Partai Gerindra Sulsel,...
 

FOTO: Relawan Jokowi-Maruf Amin Nobar di DP Hall

Ratusan relawan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf Amin menggelar nonton bareng (nobar) debat perdana calon presiden...
 

Benarkah Nissa Sabyan Jadi Jurkam Prabowo, Agnez Mo ke Jokowi?

FAJARONLINE.CO.ID,JAKARTA -- Iklim perpolitikan di Indonesia semakin panas, bagimana tidak, Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 tidak lama lagi akan...
 

FOTO: Roemah Djoeang Prabowo-Sandi Nobar Debat Capres

Suasana nonton bareng debat calon presiden di Roemah Djoeang Prabowo-Sandi di Jalan Andi Mappanyukki, Kamis, 17 Januari. (Abe Bandoe/Fajar)
 

Satukan Alumni Lewat Milad Himatansi Unifa

FAJARONLINE.CO.ID,MAKASSAR--Karpet merah menjulur panjang, kerlap kerlip lampu warna-warni menghiasi ruangan. Ada panggung besar disana. Semuanya...
 

Pendukung Prabowo-Sandi Membludak Saksikan Debat Kandidiat di Roemah Djoeang

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Pendukung calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno nonton bareng...
 

Jokowi-Maruf Mantul

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Jokowi dan Kiai Maruf Amin melaksanakan salat Maghrib berjamaah di Masjid Baiturrahim, Jakarta, Kamis 17 Januari...
 

Beda Pilihan, Iksan-Paris Duduk Mesra Nonton Bareng Debat Perdana

FAJARONLINE.CO.ID, JENEPONTO--Nonton Bareng Debat Perdana Capres dan Cawapres Pemilu 2019, ikut digelar di Aula Kalabbirang rumah Jabatan Bupati...
 

Idris Manggabarani : Tema Debat yang Diangkat Dikuasai Ilmunya oleh Prabowo

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Debat calon presiden dan wakil presiden sementara berlangsung. Ketua DPD I Gerindra Sulsel, Andi Idris Manggabarani,...
 

Ketua Bapilu PDIP Sulsel : Pertanyaan Lawan Debat Jokowi-Maruf Tak Diperkuat Data

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Ketua Bidang Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulsel, Iqbal Arifin, sangat...
 

Ahmad Dhani Lolos Dari Penahanan, Ini Alasan Kejaksaan

FAJARONLINE.CO.ID,JAKARTA -- Penyidik Polda Jawa Timur telah melimpahkan tersangka kasus pencemaran nama baik, Ahmad Dhani Prasetyo dan barang bukti...
 

Berlogo KPU Sulsel Beredar di Medsos "80 Juta Sekali Coblos"

FAJARONLINE.CO.ID - Selebaran yang mencatut nama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan (Sulsel) menghebohkan dunia maya. Secara umum,...
 

Jangan Pernah Selfi dan Nongkrong di Jembatan Ini, Begini Akibatnya...

FAJARONLINE.CO.ID,TULUNGAGUNG--Setelah meresmikan Jembatan Ngujang 2, tak sedikit warga memanfaatkan jembatan yang menghubungkan antara Desa Bukur,...
 

Cerita Saksi Mata Temukan Pria Tewas Dengan Mulut Berdarah

FAJARONLINE.CO.ID,BLITAR--Warga Dusun Sanan, Desa Jugo, Kecamatan Kesamben mendadak geger. Itu setelah Andri Suyatno warga setempat ditemukan tidak...
 

Diterjang Angin Kencang, Belasan Rumah Warga Pulau Rusak

FAJARONLINE.CO.ID,PANGKEP--Puting beliung kembali menerjang Pangkep. Kali ini, belasan rumah penduduk di Pulau Badi, Desa Mattiro Deceng, Kecamatan...
 

Rakor, Peternak Sinjai Tetap Dibebani Pembayaran Ayam DOC Mati

FAJARONLINE.CO.ID,MAROS -- Rapat koordinasi penyelesaian masalah bantuan ayam dari Kementerian Pertanian bagi rumah tangga miskin (RTM) di Kabupaten...
 

Nobar Debat di Kediaman Danny, Lima Pemuka Agama Jadi Komentator Visi-Misi Capres

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR-Malam ini dua kandidat calon presiden dan calon wakil presiden, akan beradu argumen di pagung debat. TKD Sulsel...
 

Lima Pemuka Agama Kritisi Visi Misi Jokowi

FAJARONLINE.CO.ID,MAKASSAR -- Malam nanti dua kandiat calon presiden dan calon wakil presiden, akan beradu argumen dipanggung debat. TKD Sulsel...
 

Demi Biayai Persalinan Istri, Pria Ini Mencuri HP

FAJARONLINE.CO.ID, SURABAYA--Budiono nekat mengembat sebuah HP di kantor pemadam kebakaran (PMK) demi biaya persalinan istrinya. Dia mencuri HP di...
 

Lima Polres Jajaran Polda Sulsel Studi Banding ke Polres Gowa

  FAJARONLINE.CO.ID, SUNGGUMINASA -- Polres Gowa menjadi pusat studi banding dari lima Polres jajaran Polda Sulsel, Kamis...
 

Tak Dapat Izin Mendagri, Danny Batal Nobar Debat Bersama Tim Jokowi-Maruf

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR --Ketua Penasihat TKD Jokowi-Ma'ruf, Moh Ramdhan Pomanto dilarang mengikuti debat kandidat putaran pertama bersama...
 

Hadiri Hut LVRI Ke-62, Wabup Sidrap Doakan Kesehatan Veteran

FAJARONLINE.CO.ID, SIDRAP -- Wakil Bupati Sidrap, Ir H. Mahmud Yusuf menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Legiun Veteran Republik...
 

Gaji PNS, TNI, Polri Segera Naik

FAJARONLINE.CO.ID,JAKARTA--Janji pemerintah untuk menaikkan gaji pokok PNS, TNI, Polri, serta pensiunan, segera terealisasi. Saat ini sedang disusun...
 

Warga Pulau di Kalmas Demo di Kantor Disdik Pangkep

  FAJARONLINE.CO.ID,PANGKEP-- Ijazah alumni pada salah satu Sekolah Dasar (SD) di Pulau Kalukalukuang, Kecamatan Kalmas tak kunjung...
 

Eddy Sindoro: Lucas Tidak Terlibat

  FAJARONLINE.CO.ID,JAKARTA --  Eddy Sindoro membantah keterlibatan Lucas selama pelariannya ke luar...

Load More