Fajar

  Breaking News

'PALESTINA' Tertimpa Tangga Sebelum Bangun

Suasana Salat Jumat 1 Juni 2018 di Masjidil Aqsa Palestina. (Foto: Istimewa)
Opini - 02 Juni 2018, 15:14:13

Ketika copy passport turis asal Israel muncul di medsos, kemudiaan mendapat tanggapan dari berbagai pihak, kami agak khawatir, bahwa persoalan passport ini akan menjadi salah satu faktor pemicu lahirnya keputusan yang akan memberi efek negatif terhadap bangsa Palestina.

 

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Masalah passport warga Israel ini seakan mencederai perasaan rakyat, khususnya ummat Islam, mengingat selama ini Israel dianggap sebagai musuh nomor satu ummat Islam, apalagi antara RI dan Israel belum terjalin hubungan diplomatik.

Kekhawatiran kami semakin bertambah, karena disaat yang bersamaan terjadi tindakan tidak manusiawi dari tentara Israel terhadap rakyat Palestina di Gaza. Tindakan brutal Israel ini menambah kemarahan pemerintah dan rakyat Indonesia, sebab sebagai bangsa beradab yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, Indonesia memang merupakan negara yang sangat serius membantu perjuangan bangsa Palestina.

Apa yang kami khawatirkan diatas menjadi kenyataan, dengan terbitnya surat pelarangan dari pemerintah Israel bagi warga negara berpassport Indonesia memasuki wilayah Israel. Keputusan pemerintah Israel ini sebagai balasan atas keputusan Pemerintah RI yang tidak mengizinkan warga negara Israel masuk ke Indonesia,

Pertanyaanya, mengapa ada wisatawan berpassport Israel bisa masuk ke Indonesia? padahal Israel tidak memiliki hubungan diplomatik dengan pemerintah RI. Jawabannya adalah sama dengan kalau kita bertanya mengapa setiap tahun terdapat puluhan ribu warga negara Indonesia bisa memasuki wilayah Israel? karena untuk masuk ke Masjidil Aqsa di kota Jerusalem yang sejak tahun 1967 di klaim oleh Israel sebagai bagian dari negara mereka, maupun kota-kota Palestina di Tepi Barat seperti Hebron (Al-Khalil) atau kota Nabi Ibrahim AS dan kota Betlehem kita harus melewati perbatasan atau imigrasi Israel.

Dari semua negara yang penduduknya mayoritas Islam, khususnya yang tergabung di OKI, terdapat 3 kelompok yang kebijakannya berbeda menyangkut kunjungan timbal balik dengan Israel, baik wisatawan, mahasiswa, pengusaha maupun pejabat pemerintahan.

Yang pertama, adalah negara-negara Islam yang memiliki hubungan diplomatik dengan Israel, misalnya Turki, Jordania maupun Libanon.

Kedua, negara-negara yang tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel, namun tetap mengizinkan warga negara masing-masing untuk saling mengunjungi, misalnya Indonesia dan beberapa negara di timur tengah.

Maka pengurusan visa bagi warga negara kelompok kedua ini harus melalui negara bebas yang memiliki hubungan diplomatik baik dengan Israel maupun dengan negara-negara kelompok kedua ini, misalnya Singapura dan Jordania.

Berikutnya kelompok ketiga, yaitu negara-negara yang sama sekali tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel, misanya Iran, maka bagi warga kedua negara tidak akan bisa saling mengunjungi.

Pertanyaan berikut, apa efek bagi Israel dan Palestina dari kebijakan pelarangan ini?

Kami akan coba ulas secara singkat namun karena keterbatasan pengetahuan, kami akan ulas hanya pada masalah yang menyangkut wisatawan saja.

Dalam pandangan saya, kemungkinan kebijakan pemerintah Indonesia ini akan diikuti oleh negara-negara lain, khususnya negara yang tergabung dalam Organisasi Konferensi Islam (OKI). Ini tentunya akan sangat merugikan Israel yang otomatis akan memberi efek terhadap rakyat Palestina, karena salah satu penyumbang devisa negara untuk Israel maupun Palestina adalah wisatawan.

Setiap tahun jumlah wisatawan dari berbagai negara di dunia yang mengunjungi Israel dan Palestina adalah sekitar 3 juta wisatawan.

Tempat-tempat favorit bagi ummat Islam dan Kristiani adalah Masjidil Aqsa dan Gereja Makam Kudus (Holy Sepulchre) di Kota Tua Jerusalem. Berikutnya Gereja Nativity (tempat kelahiran Nabi Isa AS atau Jesus Christ) di Kota Betlehem. Kemudian maqam Nabi Ibrahim AS, Nabi Ishaq AS, Nabi Yaqub AS dan Nabi Yusuf AS di kota Hebron (Al-Khalil) atau Kota Nabi Ibrahim AS. Selanjutnya maqam Nabi Musa AS dan "Bukit Percobaan" di kota tertua di dunia, yaitu kota Jericho yang berada dipesisir laut mati (dead sea).

Hebron, Betlehem dan Jericho adalah kota-kota di tepi barat yang berada dalam otoritas Palestina. Bagi Palestina kunjungan wisatawan sangat berarti karena menjadi penyumbang devisa terbesar bagi negeri para Nabi ini.

Sekalipun prosentasi wisatawan asal Indonesia yang mengunjungi Israel dan Palestina masih sangat kecil, yaitu hanya sekitar 40 ribu wisatawan atau hanya 1,3 % dari total wisatawan manca negara, namun wisatawan asal Indonesia memiliki arti yang sangat penting bagi rakyat Palestina karena sejak lama hubungan emosional rakyat kedua negara sangat erat.

Disamping itu umumnya wisatawan asal Indonesia tidak hanya sekedar berwisata, tetapi sekaligus juga memberi donasi untuk berbagai lembaga pendidikan dan rumah-rumah ibadah di Palestina.

Cerita Yahudi
Ini wajib kita tahu. Agama Yahudi itu adalah agama sekaligus suku bangsa. Nama Yahudi ini diambil dari nama salah seorang putra Nabi Yaqub AS dari Isteri pertama Beliau (Lea/Laika) yang bernama Yehuda. Dari Lea Nabi Yaqub AS mendapat 6 putra, kemudian dari isteri kedua Beliau yang bernama Rahel adik dari Lea lahir Nabi Yusuf AS dan Benyamin. Kemudian dari isteri ketiga (pembantu Lea yang dihadiahkan untuk Nabi Yaqub AS) mendapatkan 2 putra, dari isteri keempat (pembantu Rahel yang dihadiahkan ke Nabi Yaqub AS) juga mendapatkan 2 putra, jumlah seluruhnya putra Nabi Yaqub AS adalah 12 orang.

Dari ke 12 putra Nabi Yaqub inilah yang kemudian digelar sebagai Bani Israel. Israel (Abdullah dalam bahasa Arab) adalah gelar Nabi Yaqub AS karena ketaatan Beliau kepada Allah SWT.

Karena Yehuda yang paling banyak memberi turunan bagi Bani Israel, maka diambillah nama Yehuda sebagai nama agama bagi Bani Israel.

Jadi Yahudi sebenarnya bukan nama agama pemberian dari Allah SWT, tetapi Yahudi adalah suku bangsa.

Itulah mungkin mengapa jumlah penganut agama Yahudi yang tersebar diseluruh dunia tidak sampai 20 juta jiwa. Bandingkan dengan Ummat Islam dan ummat Kristen yang sudah berjumlah milyaran. Demikian pula agama Kristen.

Setelah Nabi Isa AS diangkat kelangit oleh Allah SWT, sejarah ummat Beliau menjadi kabur karena penguasa Romawi ketika itu masih menganut "Polyteisme" atau percaya pada para "dewa", kemudian Nabi Isa AS belum sempat mempengaruhi para penguasa Romawi Beliau sudah diangkat ke langit.

Barulah ketika Kaisar Romawi yang bernama Constantine (berkuasa ditahun 306-337 M) dan menjadikan agama Kristen sebagai agama resmi kerajaan atau 3 abad setelah wafatnya Nabi Isa AS, memerintahkan untuk mencari lokasi tempat kelahiran Nabi Isa AS di Betlehem, kemudian dibangunlah gereja diatasnya yang bernama Gereja Nativity, kemudian dilokasi yang diyajini sebagai tempat disemayamkannya jenazah Nabi Isa dibangunlah gereja yang bernama Gereja Makam Kudus (Holy Sepulchre) yang terletak tidak jauh dari Masjidil Aqsa.

Bersyukurlah kita Ummat Islam, karena sejarah Islam mulai dari sejak lahirnya Nabi Besar Muhammad SAW sd wafatnya Beliau, dan semua tempat-tempat penting tentang sejarah Beliau masih ada dan bisa kita lihat sampai saat ini. Kemudian kepemimpinannya dilanjutkan oleh sahabat Beliau para Khalifah, kemudian oleh Bani Umayyah, Abbasyiah, Mamluk, Utsmani dstnya sampai saat ini sejarah Islam tidak pernah terputus, Allahu Akbar.

Demikian ulasan singkat ini, semoga persoalan diatas dapat segera teratasi dengan baik, amien.
Wallahu a'lam bish-shawwab. (**)


Jakarta 17 Ramadhan 1439 H/ 31 Mei 2018

Danni Irawan, Pimpinan Aqsa Discovery

Untuk Mengakses Berita Selengkapnya Silahkan Langganan Premium epaper FAJAR disini epaper.fajaronline.co.id atau hubungi wa/tlp 0811462222

Author : Rasid

Berita Lainnya

🔀Berita Terkini
 

Bicara Soal Calon Anggota DPD, Roem: Masyarakat Sangat Terbuka

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR - Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI nomor urut 31, Moh. Roem menyebut sosialisasi sebagai calon senator...
 

Lagi, 7 Kg Narkoba Diamankan di Parepare

FAJARONLINE.CO.ID, PAREPARE -- Penyelundupan narkoba jenis sabu-sabu kembali digagalkan aparat kepolisian di Pelabuhan Nusantara, Parepare, Jumat, 19...
 

Dilema Neymar di PSG

FAJARONLINE.CO.ID, BARCELONA—Pemain termahal dunia, Neymar tengah dalam dilema. Kabar berembus, ia tak bahagia di Kota Paris dan ingin kembali...
 

Hatta Tinjau Lokasi Titik Genangan, Dinas PUPR Diminta Gali Saluran Air

FAJARONLINE.CO.ID, MAROS -- Bupati Maros, HM Hatta Rahman memimpin langsung penggalian saluran air di Kecamatan Mandai tepatnya di depan...
 

Danny Siap Jalankan Amanah Jokowi

FAJARONLINE.CO.ID, DENPASAR -- Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan "Danny" Pomanto menyebut kota Makassar siap menjalankan percepatan pembangunan di era...
 

Eks Bendahara Pemuda Pancasila Polisikan Mantan Ketua Hipmi Palopo

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Mantan Bendahara Pemuda Pancasila Kabupaten Luwu, Sohra Abbas, memolisikan mantan Ketua HIPMI Palopo, Herawan Hasan,...
 

Sandro Akhirnya Bikin Gol, PSM Puncaki Klasemen Liga 1

FAJARONLINE.CO.ID, SAMARINDA - Alessandro Ferreira Leonardo mengakhiri paceklik golnya di PSM. Sebuah gol yang dilesakkannya mengantar PSM menang...
 

Bawaslu Takalar Bakal Gandeng BPJS Ketanegakerjaan

FAJARONLINE.CO.ID, TAKALAR - Badan Pelayanan Jaminan Kesehatan (BPJS) Cabang Takalar melakukan sosialisasi di Kantor Bawaslu Takalar, Jalan Syek...
 

M Rahmat Membalas, PSM Tahan Borneo di Babak I

FAJARONLINE.CO.ID, SAMARINDA - Musim lalu Titus Bonai (Tibo) berkostum PSM. Namun sore ini, Jumat (19/10/2018), pemain yang kini membela Borneo FC...
 

Rumahnya Dimasuki Pria, Untung Bu Bidan Cepat Terbangun

FAJARONLINE.CO.ID, WATAMPONE - Aksi-aksi pencurian Yusuf (35) akhirnya terendus oleh pihak Polres Bone. Gara-garanya, ia dilaporkan setelah...
 

Tiga Jurkam Jokowi-Maruf Terjerat Kasus Suap, Jubir Prabowo-Sandi Bilang Begini

FAJARONLINE.CO.ID -- Tiga kepala daerah yang juga juru kampanye Jokowi-Ma’ruf terlibat suap dan tengah menjalani proses hukum di Komisi...
 

Ini Alasan PDAM Bone Naikkan Tarif

FAJARONLINE.CO.ID, WATAMPONE -- Pelanggan air minum di Kabupaten Bone sudah harus siap-siap merogoh kocek lebih dalam. Tarif dasar air yang semula...
 

Ilham Azikin Ajak Pengurus HPMB Raya Jaga Idealisme

Fajaronline.co.id, Bantaeng -- Bupati Bantaeng, Dr Ilham Syah Azikin, hadir dalam dialog kepemudaan yang digelar pengurus HPMB Raya di BM...
 

DPRD Kota Makassar Kunker ke DPRD DKI Jakarta, Sharing Omzet Parkir yang Naik 1.000 Persen

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA - Setelah mengunjungi DPRD Kota Tangerang, kini Komisi B DPRD Makassar menyambangi DPRD DKI Jakarta, Jumat...
 

Tak Mampu Tekan Angka Kemiskinan, Dewan Soroti OPD Pangkep

FAJARONLINE.CO.ID, PANGKEP -- Angka kemiskinan Kabupaten Pangkep yang belum turun hingga saat ini mendapat sorotan dari anggota DPRD...
 

Cerita Sedih Kebakaran, Celengan untuk Perbaiki Makam Ayah pun Ludes

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR - Sebanyak 10 unit rumah ludes dilalap si jago merah di  di Jalan Kerung-kerung Lorong 47C, Kelurahan Barana,...
 

Tarif Sudah Naik, Ketua DPRD Bone Minta Peningkatan Kualitas Pelayanan PDAM

FAJARONLINE.CO.ID, WATAMPONE -- Tarif dasar air di Kabupaten Bone naik menjadi Rp3.600 per meter kubik. Kenaikan itu harus diikuti dengan peningkatan...
 

Kemarau Panjang, Puluhan Hektare Sawah Gagal Panen

FAJARONLINE.CO.ID, WATAMPONE -- Para petani di Kecamatan Cenrana terpaksa hanya bisa mengurut dada. Pasalnya, puluhan hektare sawah mengalami gagal...
 

Wapres JK dan Komisi Eropa Bahas CEPA Hingga Sawit

FAJARONLINE.CO.ID, BRUSSEL -- Hari pertama rangkaian kunjungan kerjanya ke Brussel, Belgia, Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla mengawali kegiatannya...
 

Mahasiswa STIE AMKOP Kuliah Bisnis International di Asian Pacific University Kuala Lumpur

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Mahasiswa STIE AMKOP menerima materi kuliah bisnis International di Asian Pacific University (APU) Kuala Lumpur...
 

Meski Sederhana, Paripurna HUT Sulsel Habiskan Anggaran Rp200 Juta

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Perayaan HUT Sulsel ke-349 digelar di Gedung DPRD Sulsel, Jumat, 19 Oktober siang tadi. Meski menghindari kesan mewah,...
 

Empati Musibah Sulteng, Puncak Peringatan HUT Ke-349 Sulsel Digelar Sederhana

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Puncak peringatakan Hari Jadi Sulsel ke-349 dilaksanakan dalam bentuk Rapat Paripurna di Ruang Rapat Paripurna Kantor...
 

Debit Air PDAM Berkurang, Diduga Ulah Penambang

FAJARONLINE.CO.ID, TAKALAR -- Penambang galian C diduga menjadi penyebab turunnya debit air PDAM Takalar. Ini dikarenakan, sumber...
 

Astra Honda Motor Dorong Terciptanya Siswa Berkompetensi Kerja

p>FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR — Astra Honda Motor (AHM) melaksanakan The 9th Astra Honda Skill Contest (AHSC) for Vocational School...
 

UKM Olahraga Unismuh Gelar Invitasi Sport, Ini Cabang Lombanya

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- UKM Olahraga Unismuh akan menggelar Invitasi Sport 2018. Ada tujuh cabang olahraga yang akan dipertandingkan. Catur,...

Load More