Fajar

  Breaking News

Mencermati Pelibatan Kodam XIV Hasanuddin dalam Pengamanan Pilkada Gubernur 2018

Opini - 30 Mei 2018, 11:01:55

Ditulis oleh: letkol czi purn ir Muh. Darwis Said 

(Kasrem 141 Toddopuli Bone tahun 2006-2007)

Tak lama lagi perhelatan politik pemilukada tingkat propinsi akan digelar tepatnya tanggal 27 Juni 2018 yang akan datang.

Tensi politik sudah terasa setelah dua kali debat terbuka baik yg dilaksanakan di Makassar maupun di tingkat nasional via televisi tepatnya Metro tv. Kehidupan politik memang menarik bagi setiap kalangan karena politik adalah derivasi daripada power/ kekuasaan. Power tent to obsolotely, And obsolutely tent to corrupt.

Negara kita menganut sistem pemerintahan presidential dimana eksekutif diberi kewenangan dan kapabilitas untuk mengarahkan segala kemampuan dan batas kemampuannya untuk menjadikan negara kita jauh lebih baik tingkat pusat, regional, dan lokal.

Di Negara maju seperti AS juga tidak luput dari patgulipat dinamika politik yang menjadi patron dan model bagi Negara berkembang seperti negeri tercinta.

Kemenangan Donald Trump terhadap Hillary Clinton suatu kemenangan dramatis dan dicatat dalam sejarah bahwa Unpredictable calon presiden yang mempunyai tagline “we make America great again” yang dapat menjungkal balikkan prediksi para pakar, Hillary Clinton keok oleh pukulan killing punch Donald Trump. Tayangan televisi pada saat pelantikan Donald Trump terjadi huru hara gerakan massa, protes berhasil diatasi dengan menembakkan gas air mata oleh polisi. Kerumunan berhasil didesak mundur oleh satuan kepolisian lokal seperti new york police departmen.

Bagi kita di Sulawesi Selatan persiapan perencanaan pelaksanaan dan pengamanan pilkada tidak sama dan sebangun di negara maju seperti Amerika. Pengamanan yang bersifat lokal dan regional yang tidak menimbulkan Chaos, dapat ditangani langsung oleh kepolisian, namun TNI dalam Hal ini KODAM XIV/Hasanuddin sebagai satuan komando kewilayahan yang siap dikerahkan sewaktu-waktu atas permintaan kepolisian dengan BP (Bawah Perintah) dan atau BKO (bawah kendali operasi).
pemerintahan Sulsel dan polda dapat meminta bantuan untuk mengerahkan keterlibatan TNI melalui permintaan tertulis dan lisanitulah mekanisme pelibatan TNI dalam membantu polri dalam operasi kamtibnas.

TNI dapat melibatkan satuannya dengan dua kegiatan yaitu operasi teritorial, operasi intel dan operasi tempur, yang disesuaikan dengan ekskalisinya Mulai dari satuan territorial, satuan pemukul, satuan banpur, satuan bantem, satuan zeni, satuan perhubungan, satuan peralatan, kesehatan, dan unsur bantuan administrasi lainnya.

Nah berkaca pada pemilukada gubernur lima tahun yang lalu KODAM VII Wirabuana (sebutan lama) berhasil melakukan pengamanan yang sempurna yang menjadi percontohan bagi KODAM lainnya di Indonesia dan mendapat apresiasi oleh pimpinan.

Kerawanan terjadinya situasi konflik Pilkada Gubernur diprediksi akan terjadi di kota Makassar, dari pengalaman yang lalu pada saat quick count keberhasilan pasangan SYL (Syahrul Yasin Limpo) dan Agus Arifin Nu’mang dinyatakan menang atas pasangan (IAS) Ilham Arif Sirajuddin berpasangan dengan Azis Qhahar Muzakkar sempat terjadi penghancuran pertokohan dan beberapa kendaraan roda empat mulai dari jalan somba opu, jalan penghibur dan pantai losari Makassar. Demikian juga kawasan pusat bisnis dan kuliner lasinrang dan lagaligo Pasukan Pemukul KODAM XIV hasanuddin dalam hal ini Batalyon 700 Raider dan Kavaleri dibantu satuan bantuan tembakan Yonarned 76/Tarik, Yonarhanudri, Yonzipur 8, Detasemen intelijen dan aparat territorial kodimtabes 1408/bs dan satuan bawahannya.

Dalam operasi ini ada keunikan dengan melibatkan satuan Satdisjan (satuan dinas dan jawatan).

Semua satuan dan butir-butirnya digelar dan Deploy sesuai rencana kontijensi (renkon) dan Perintah operasi Pangdam XIV Hasanuddin selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgasops) pengaman pemilukada gubernur TA 2018, berikut satuan intelijen melakukan perlawanan terhadap aksi-massa (Rally) pendukung IAS dan Azis dengan kelompok yang mengatas namakan laskar merah putih dan brigade oranye, berhasil di lumpuhkan dipukul mundur.

Termasuk kelompok krimilnal yang membaur ke dalam aksi massa. Bapak PANGDAM saat itu Mayjend TNI Nizam dalam rapat pemantapan h-2 sebelum pelaksanaan Pilkada Tahun 2013 yang dihadiri oleh unsur staf, satuan mobil, satuan territorial dan kadisjan memberikan kesempatan kepada floor untuk memberikan urung rembuk - input - dan saran sehingga diambillah kesimpulan antara lain satuan satuan yang digelar di setiap titik rawan secara terbuka dengan musuh anggapan bukanlah opponent sejati, namun anak bangsa sendiri yang perlu diedukasi. Namun bagi kelompok sempalan dan punya tabiat instabilitas dan kelompok criminal yang menghendaki keadaan runyam (chaos) tidak segan-segan menjunjung tinggi Turn Back Crime yang bisa menimbulan efek jera bagi pelakunya.

Gelar pasukan tidak bersenjata dan dibekali pentungan bergerak atas perintah. Memperhatikan factor keamanan personil dan materil dan menjunjung tinggi HAM Sesuai keinginan Kapolda kepada asisten operasi waktu itu Kolonel infanteri Tandio agar satuan yang melaksanakan pengamanan tidak satupun bersenjata namun dibekali pentungan tetapi Pangdam memerintahkan kepada komandan satuan terendah yakni komandan kompi komandan peleton, komandan regu harus mengetahui dan memastikan dimana senjata itu ditempatkan. Kesimpulan berikutnya adalah kepada Danyon 700 Raiders dan Komandan Kodim 1408/BS agar menarik paksa para provokator pendemo yang bertindak anarkis. Selanjutnya adalah As-intel mendapat petunjuk perencanaan secara khusus dan tertutup, yang hanya diketahui oleh pangdam dan asintel saat itu kolonel inf Junjungan Indra Nasution kemudian perintah berikutnya desk pilkada yang dibuat oleh kodam XIV Hasanuddin memaparkan hasil akhir prediksi siapa yg menang pada waktu itu dan di perintahkan pada seluruh peserta rapat untuk tidak menyampaikan kepada khalayak ramai.

Menarik untuk menyimak buku yang dikarang oleh Joshua green, dengan judul Devil’s Bargain bersub judul Steve Bannon, Donald Trump, and the Nationalist Uprising. Joshua Green adalah jurnalis dari New Times.

Pemaksaan kehendak dalam memenangkan Donald Trump mengalahkan Hillary Clinton dari partai democrat. Salah satu indikasi adanya grand strategis untuh meluluh lantakkan kepiawaian Hillary Clinton dengan menyerang kebijakan Donald Trump,
Pilkada serentak sama dan sebangun dengan potret pemilihan presiden AS yang lalu, dimana pemilihan menurut analisa pakar dan surveyor, mengatakan bahwa Hillary dipastikan memenangi pemilihan presiden AS. Janji-janji politik yang diumbar oleh Trump untuk mewujudkan Make America Great Again berhasil meluluh lantakkan Hillary yang terkenal dengan program yang seirama dengan Obama seperti Obama Care yang banyak mendapat simpati.

Sedangkan pada buku connectography yang dikarang oleh Parag Khanna seorang India berkebangsan Singapura yang berbicara tentang pergeseran peradaban dunia. Dimana saat ini dan ke depan terjadi perubahan, kekuatan militer tidak lagi digunakan untuk melakukan invasi militer untuk perang.

Di zaman now atau milenial dimana kekuatan militernya digunakan mengawal dan dalam rangka business interest. Khusus indonesia sudah terjadi kompetisi antara negara global yang menguasai investasi oleh perusahaan multinainal corporation di natuna.

China di satu sisi melakukan eksplorasi dan eksploitasi terhadap sumber daya alam demi menguntungkan negaranya dengan tidak mengusik kepentigan tersebut. Khawatir china akan dibenci oleh Negara-negara yang terlebih dahulu berinvestasi di Indonesia.

Pelibatan TNI dalam pengamanan pilkada Gubernur sulsel, Menarik untuk menyimak buku yang dikarang oleh Joshua green, dengan judul Devil’s Bargain bersub judul Steve Bannon, Donald Trump, and the Nationalist Uprising. Joshua Green adalah jurnalis dari New Times. (**)

Media cetak bacaan terbaik hindari berita hoax. Untuk mengakses berita cetak, silahkan langganan premium epaper FAJAR disini epaper.fajaronline.co.id Kami kirimkan Anda koran secara gratis. (Syarat dan ketentuan berlaku). hubungi wa/tlp 085242899926 atau 0811462222

Author : Rasid

Berita Lainnya

🔀Berita Terkini
 

Kalahkan AEK Athens, Bayern Pimpin Grup E

FAJARONLINE.CO.ID, ATHENA—Raksasa Jerman, Bayern Munchen untuk sementara memimpin Grup E Liga Champions 2018/2019. Itu setelah mereka...
 

Alumni 89 Spensa Gagas Reuni Tiga Dekade

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Alumni 1989 SMP Negeri 1 (Spensa) Makassar menggagas reuni tahun depan. Reuni ini istimewa, karena menjadi ajang...
 

Misi Sulsel Pertahankan Runner Up di Popwil

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Kontingen Sulsel bertolak ke Mataram. Mereka akan mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) IV, Mataram NTB,...
 

Wacana Gedung DPR Dilapisi Kaca Anti Peluru Dinilai Buang-buang APBN

FAJARONLINE.CO.ID -- Anggota Komisi III DPR Ahmad Sahroni mengatakan, kasus peluru nyasar ke gedung DPR tidak seharusnya dibesar-besarkan. Apalagi...
 

Ponakan Setya Novanto Mengaku Diutus Serahkan USD 100 Ribu ke Aziz Syamsuddin

FAJARONLINE.CO.ID -- Terdakwa korupsi kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) Irvanto Hendra Pambudi Cahyo mengaku pernah menyerahkan uang sebesar...
 

Pemilih Milenial Parepare Harap Prabowo-Sandiaga Menang

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR - Masyarakat Sulsel Khusus pemilih muda atau kaum milenial di Kota Parepare berharap banyak pasangan Prabowo-Sandiaga...
 

Madu Trigona Lutra Dipamer di Jakarta, Banyak Diminati Pengunjung

FAJARONLINE.CO.ID, MASAMBA -- Stand Pameran Luwu Utara yang menyajikan produk Madu Trigona dan propolis dalam ajang Pameran dan Konferensi Perlebahan...
 

Terdakwa Kasus Dugaan Tambang Emas Ilegal Didakwa UU Minerba

FAJARONLINE.CO.ID, MAROS -- Terdakwa kasus dugaan tambang emas ilegal, Amiruddin menjalani sidang perdana di Kantor Pengadilan Negeri Maros Klas Ib,...
 

Cegah Illegal Fishing, Kapolsek Kalmas Pimpin Patroli Tiga Malam di Perairan Kalmas

FAJARONLINE.CO.ID, PANGKEP -- Aparat Polsek Liukang Kalmas komitmen dalam mencegah dan memberantas illegal fishing di wilayah perairan...
 

Peduli Sesama, KIKST Rutin Kunjungi Panti Asuhan

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Pengurus dan anggota Kerukunan Istri Karyawan Semen Tonasa (KIKST), mengunjungi Panti Asuhan Al Faqri di kompleks...
 

Foto: Proyek CPI Terbaru - Kawasan Perumahan - Rusunawa Mariso

Proyek pembangunan kawasan Center Point of Indonesia (CPI), Selasa (23/10/2018). FOTO: IDHAM AMA/FAJAR
 

Wagub Sulbar Terima Penghargaan dari Bhayangkari Sulbar

FAJARONLINE.CO.ID, MAMUJU -- Wakil Gubernur Sulawesi Barat, Enny Anggraeni Anwar menerima penghargaan dari pengurus Bhayangkari Sulbar pada...
 

Satu Jalur Ditutup, Jalan Poros Maros Macet

FAJARONLINE.CO.ID, MAROS -- Kemacetan panjang terjadi di sepanjang Jalan Poros Maros Jalan DR Ratulangi, Selasa (23/10). Pasalnya satu jalur jalan...
 

Dilaporkan Terkait Dugaan Pelanggaran UU Pers, Ketua DPRD Bengkulu Konsultasi ke Lembaga

FAJARONLINE.CO.ID, BENGKULU - Dilaporkannya Ketua DPRD Kota Bengkulu Baidari Citra Dewi oleh Pimpinan Redaksi media siber Garuda Daily, Doni Supardi...
 

Danlantamal VI Terima Penyerahan Kal Mamuju I-6-64 di Pantai Mutiara Jakarta

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA -- Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono, S.H., M.Tr (Han) menerima penyerahan Kapal...
 

Kembali Pimpin Ombudsman, Lukman Tangani 250 Laporan Per Tahun

FAJARONLINE.CO.ID, MAMUJU -- Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Sulawesi Barat (Sulbar) resmi dijabat Lukman Umar, usai dilantik...
 

Foto: Creative Women with Purpose di Upperhils

Pengunjung mengamati berbagai macam pernak-pernik dan pakaian yang ditampilkan pada Creative Women with Purpose, di Upperhils, Jalan Metro Tanjung...
 

Generasi Milenial Apresiasi Kerja Empat Tahun Jokowi-JK

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA - Generasi milenial antusias untuk mengetahui lebih dalam apa saja yang sudah dikerjakan pemerintahan Presiden Joko Widodo...
 

Foto: Laode Syarief Hadiri Anti Corruption Summit III di Makassar

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah berbincang dengan Wakil Ketua KPK, Laode Muhammad Syarief, dan Mantan Ketua MK, Mahfud MD pada acara Anti Corruption...
 

Bawa Kabur Gadis 14 Tahun, Warga Barru Ditangkap di Nunukan

FAJARONLINE.CO.ID, BARRU -- Tiga bulan dilaporkan hilang ternyata, Bunga (nama samaran) 14 tahun, warga Desa Batu Pute, Kecamatan Soppeng Riaja...
 

Ipar NA Jabat Dirut Perusda Sulsel

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR — Mantan Ketua Tim Pemenangan NA-ASS Taufik Fachruddin ditunjuk menjadi Dirut Perusda Sulsel. Sosok yang tak lain...
 

Gebyar Perbenihan Diharapkan Tingkatkan Produksi Pertanian

FAJARONLINE.CO.ID, MAROS -- Gebyar perbenihan tanaman pangan tingkat nasional VI dibuka Selasa, 23 Oktober hingga Jumat, 26 Oktober mendatang di UPT...
 

Begini Cara KNPI Sinjai Menyambut Hari Sumpah Pemuda

FAJARONLINE.CO.ID, SINJAI - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sinjai ikut berpartisipasi dalam menyambut hari sumpah pemuda. Sejumlah kegiatan...
 

Protes Kebijakan CPNS, Wabup Bone Minta Guru Tidak Mogok Mengajar

FAJARONLINE.CO.ID, WATAMPONE -- Ratusan guru honorer di Kabupaten Bone mogok mengajar sebagai bentuk kekecewaan atas kebijakan penerimaan CPNS. Hal...
 

Perkuat Jasmani, Prajurit Dijajal Lari 3,2 Kilometer

FAJARONLINE.CO.ID, WATAMPONE -- Korem 141 Toddoppuli menggelar tes Samapta atau Kesegaran Jasmani (Garjas) di Stadion Lapatau Watampone, Selasa, 23...

Load More