Fajar

  Breaking News

Mencermati Pelibatan Kodam XIV Hasanuddin dalam Pengamanan Pilkada Gubernur 2018

Opini - 30 Mei 2018, 11:01:55

Ditulis oleh: letkol czi purn ir Muh. Darwis Said 

(Kasrem 141 Toddopuli Bone tahun 2006-2007)

Tak lama lagi perhelatan politik pemilukada tingkat propinsi akan digelar tepatnya tanggal 27 Juni 2018 yang akan datang.

Tensi politik sudah terasa setelah dua kali debat terbuka baik yg dilaksanakan di Makassar maupun di tingkat nasional via televisi tepatnya Metro tv. Kehidupan politik memang menarik bagi setiap kalangan karena politik adalah derivasi daripada power/ kekuasaan. Power tent to obsolotely, And obsolutely tent to corrupt.

Negara kita menganut sistem pemerintahan presidential dimana eksekutif diberi kewenangan dan kapabilitas untuk mengarahkan segala kemampuan dan batas kemampuannya untuk menjadikan negara kita jauh lebih baik tingkat pusat, regional, dan lokal.

Di Negara maju seperti AS juga tidak luput dari patgulipat dinamika politik yang menjadi patron dan model bagi Negara berkembang seperti negeri tercinta.

Kemenangan Donald Trump terhadap Hillary Clinton suatu kemenangan dramatis dan dicatat dalam sejarah bahwa Unpredictable calon presiden yang mempunyai tagline “we make America great again” yang dapat menjungkal balikkan prediksi para pakar, Hillary Clinton keok oleh pukulan killing punch Donald Trump. Tayangan televisi pada saat pelantikan Donald Trump terjadi huru hara gerakan massa, protes berhasil diatasi dengan menembakkan gas air mata oleh polisi. Kerumunan berhasil didesak mundur oleh satuan kepolisian lokal seperti new york police departmen.

Bagi kita di Sulawesi Selatan persiapan perencanaan pelaksanaan dan pengamanan pilkada tidak sama dan sebangun di negara maju seperti Amerika. Pengamanan yang bersifat lokal dan regional yang tidak menimbulkan Chaos, dapat ditangani langsung oleh kepolisian, namun TNI dalam Hal ini KODAM XIV/Hasanuddin sebagai satuan komando kewilayahan yang siap dikerahkan sewaktu-waktu atas permintaan kepolisian dengan BP (Bawah Perintah) dan atau BKO (bawah kendali operasi).
pemerintahan Sulsel dan polda dapat meminta bantuan untuk mengerahkan keterlibatan TNI melalui permintaan tertulis dan lisanitulah mekanisme pelibatan TNI dalam membantu polri dalam operasi kamtibnas.

TNI dapat melibatkan satuannya dengan dua kegiatan yaitu operasi teritorial, operasi intel dan operasi tempur, yang disesuaikan dengan ekskalisinya Mulai dari satuan territorial, satuan pemukul, satuan banpur, satuan bantem, satuan zeni, satuan perhubungan, satuan peralatan, kesehatan, dan unsur bantuan administrasi lainnya.

Nah berkaca pada pemilukada gubernur lima tahun yang lalu KODAM VII Wirabuana (sebutan lama) berhasil melakukan pengamanan yang sempurna yang menjadi percontohan bagi KODAM lainnya di Indonesia dan mendapat apresiasi oleh pimpinan.

Kerawanan terjadinya situasi konflik Pilkada Gubernur diprediksi akan terjadi di kota Makassar, dari pengalaman yang lalu pada saat quick count keberhasilan pasangan SYL (Syahrul Yasin Limpo) dan Agus Arifin Nu’mang dinyatakan menang atas pasangan (IAS) Ilham Arif Sirajuddin berpasangan dengan Azis Qhahar Muzakkar sempat terjadi penghancuran pertokohan dan beberapa kendaraan roda empat mulai dari jalan somba opu, jalan penghibur dan pantai losari Makassar. Demikian juga kawasan pusat bisnis dan kuliner lasinrang dan lagaligo Pasukan Pemukul KODAM XIV hasanuddin dalam hal ini Batalyon 700 Raider dan Kavaleri dibantu satuan bantuan tembakan Yonarned 76/Tarik, Yonarhanudri, Yonzipur 8, Detasemen intelijen dan aparat territorial kodimtabes 1408/bs dan satuan bawahannya.

Dalam operasi ini ada keunikan dengan melibatkan satuan Satdisjan (satuan dinas dan jawatan).

Semua satuan dan butir-butirnya digelar dan Deploy sesuai rencana kontijensi (renkon) dan Perintah operasi Pangdam XIV Hasanuddin selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgasops) pengaman pemilukada gubernur TA 2018, berikut satuan intelijen melakukan perlawanan terhadap aksi-massa (Rally) pendukung IAS dan Azis dengan kelompok yang mengatas namakan laskar merah putih dan brigade oranye, berhasil di lumpuhkan dipukul mundur.

Termasuk kelompok krimilnal yang membaur ke dalam aksi massa. Bapak PANGDAM saat itu Mayjend TNI Nizam dalam rapat pemantapan h-2 sebelum pelaksanaan Pilkada Tahun 2013 yang dihadiri oleh unsur staf, satuan mobil, satuan territorial dan kadisjan memberikan kesempatan kepada floor untuk memberikan urung rembuk - input - dan saran sehingga diambillah kesimpulan antara lain satuan satuan yang digelar di setiap titik rawan secara terbuka dengan musuh anggapan bukanlah opponent sejati, namun anak bangsa sendiri yang perlu diedukasi. Namun bagi kelompok sempalan dan punya tabiat instabilitas dan kelompok criminal yang menghendaki keadaan runyam (chaos) tidak segan-segan menjunjung tinggi Turn Back Crime yang bisa menimbulan efek jera bagi pelakunya.

Gelar pasukan tidak bersenjata dan dibekali pentungan bergerak atas perintah. Memperhatikan factor keamanan personil dan materil dan menjunjung tinggi HAM Sesuai keinginan Kapolda kepada asisten operasi waktu itu Kolonel infanteri Tandio agar satuan yang melaksanakan pengamanan tidak satupun bersenjata namun dibekali pentungan tetapi Pangdam memerintahkan kepada komandan satuan terendah yakni komandan kompi komandan peleton, komandan regu harus mengetahui dan memastikan dimana senjata itu ditempatkan. Kesimpulan berikutnya adalah kepada Danyon 700 Raiders dan Komandan Kodim 1408/BS agar menarik paksa para provokator pendemo yang bertindak anarkis. Selanjutnya adalah As-intel mendapat petunjuk perencanaan secara khusus dan tertutup, yang hanya diketahui oleh pangdam dan asintel saat itu kolonel inf Junjungan Indra Nasution kemudian perintah berikutnya desk pilkada yang dibuat oleh kodam XIV Hasanuddin memaparkan hasil akhir prediksi siapa yg menang pada waktu itu dan di perintahkan pada seluruh peserta rapat untuk tidak menyampaikan kepada khalayak ramai.

Menarik untuk menyimak buku yang dikarang oleh Joshua green, dengan judul Devil’s Bargain bersub judul Steve Bannon, Donald Trump, and the Nationalist Uprising. Joshua Green adalah jurnalis dari New Times.

Pemaksaan kehendak dalam memenangkan Donald Trump mengalahkan Hillary Clinton dari partai democrat. Salah satu indikasi adanya grand strategis untuh meluluh lantakkan kepiawaian Hillary Clinton dengan menyerang kebijakan Donald Trump,
Pilkada serentak sama dan sebangun dengan potret pemilihan presiden AS yang lalu, dimana pemilihan menurut analisa pakar dan surveyor, mengatakan bahwa Hillary dipastikan memenangi pemilihan presiden AS. Janji-janji politik yang diumbar oleh Trump untuk mewujudkan Make America Great Again berhasil meluluh lantakkan Hillary yang terkenal dengan program yang seirama dengan Obama seperti Obama Care yang banyak mendapat simpati.

Sedangkan pada buku connectography yang dikarang oleh Parag Khanna seorang India berkebangsan Singapura yang berbicara tentang pergeseran peradaban dunia. Dimana saat ini dan ke depan terjadi perubahan, kekuatan militer tidak lagi digunakan untuk melakukan invasi militer untuk perang.

Di zaman now atau milenial dimana kekuatan militernya digunakan mengawal dan dalam rangka business interest. Khusus indonesia sudah terjadi kompetisi antara negara global yang menguasai investasi oleh perusahaan multinainal corporation di natuna.

China di satu sisi melakukan eksplorasi dan eksploitasi terhadap sumber daya alam demi menguntungkan negaranya dengan tidak mengusik kepentigan tersebut. Khawatir china akan dibenci oleh Negara-negara yang terlebih dahulu berinvestasi di Indonesia.

Pelibatan TNI dalam pengamanan pilkada Gubernur sulsel, Menarik untuk menyimak buku yang dikarang oleh Joshua green, dengan judul Devil’s Bargain bersub judul Steve Bannon, Donald Trump, and the Nationalist Uprising. Joshua Green adalah jurnalis dari New Times. (**)


SETIAP ORANG PUNYA CERITA.
Langganan Anda Membantu Jurnalisme Berkualitas

Author : Rasid

Berita Lainnya

🔀Berita Terkini
 

Pembunuh Wanita yang Mayatnya Ditemukan di Tong Sampah Digaji Rp20 ribu

FAJARONLINE.CO.ID,SURABAYA--Polrestabes Surabaya masih mendalami kasus pembunuhan terhadap Ester Lilik Wahyuni, 51. Pemilik jasa laundry itu tewas di...
 

Garuda Muda Bukan Timnas Jerman

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA - Masa seleksi dalam pemusatan latihan nasional (Pelatnas) Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-22 memasuki...
 

Kapolres Ini Dicopot, Urine dan Darahnya Positif Gunakan Narkoba

FAJARONLINE.CO.ID--Jajaran Polda Sumsel akhirnya melakukan pergantian pucuk pimpinan di Polres Empat Lawang, Jumat (18/1). Kapolres Empat Lawang yang...
 

Suhu Tubuh Sulitkan Virus dan Bakteri untuk Berkembang

FAJARONLINE.CO.ID--Sistem kekebalan tubuh merupakan suatu sistem kompleks yang terdiri dari sel, jaringan dan organ yang saling bekerja sama untuk...
 

Balas Dendam Diselingkuhi, Istri Jual Barang Kesayangan Suami Rp54 Ribu

FAJARONLINE.CO.ID, NORTHUMBERLAND—Membalas pasangan yang selingkuh tidak harus dengan tindakan keras. Wanita bernama Georgia Jackson dari...
 

Warga Indonesia Ditemukan Tewas Tanpa Busana

FAJARONLINE.CO.ID - Jamilah Mat Shaari (33) WNI yang berada di Malaysia ditemukan tewas tanpa busana serta adanya tanda cekikan oleh teman serumahnya...
 

Victor Datuan Batara Sempatkan Diri Berkunjung ke Objek Wisata Patung Yesus

FAJARONLINE.CO.ID. MAKALE, -Jumat sore 17 Januari kemarin ,  Victor Datuan Batara wakil bupati Tator menyempatkan diri berkunjung ke objek...
 

Ngeri, Masakan Tidak Enak, Pria Ini Penggal Kepala Pacarnya

FAJARONLINE.CO.ID, SMOLENSK—Ngeri. Hanya karena sup kol yang dia masak tidak enak, seorang wanita harus meregang nyawa dengan cara sangat...
 

Diajak Pacar Jalan, Malah Disetubuhi

FAJARONLINE.CO.ID - Diajak sang pacar jalan-jalan membuat Bunga, 15, harus rela kehilangan kegadisannya di tangan MA, 16, warga Tanjungsari Jaya...
 

Akhirnya Novel Baswedan Bersedia Untuk Diperiksa

FAJAORNLINE.CO.ID, JAKARTA - Novel Baswedan akhirnya siap diperiksa. Ini setelah adanya komunikasi dengan antara tim gabungan dengan petinggi Komisi...
 

Djarot : Jangan Sambut Ahok

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA - Dihukum bersalah dan hidup di dalam bui tak membuat Ahok ditinggal pendukung. Adalah bekas Wakil Gubernur DKI...
 

Farah Quiin Akui Pacari Hotman Paris

FAJAORNLINE.CO.ID, JAKARTA - Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea mengumumkan kedekatannya dengan selebriti chef Farah Quiin. Host program televisi...
 

Ternyata Djarot Tidak Jemput Ahok Saat Bebas Dari Bui

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA - Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok akan menghirup udara bebas pada Kamis, 24 Januari...
 

Ingin Anak SD Diajar Seks, Pakar Disemprot Ibu-ibu di Medsos

FAJARONLINE.CO.ID, LONDON—Seorang pakar yang ingin mengajari anak-anak sekolah dasar cara masturbasi telah memicu kemarahan pemirsa. Kate...
 

Ini Fakta Pembebasan Abu Bakar Baasyir

  FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA - Sebelum dilakukan pembebasan, dari LP Gunung Sindur, Abu Bakar Baasyir telah menjalani cek kesehatan di...
 

Istri Bakar Suami hanya Karena Kode PIN HP

FAJARONLINE.CO.ID, PANDANGWANGI—Seorang istri bernama Cahyani Ilham membakar hidup-hidup suaminya, Dedi Purnama karena menolak memberikan kode...
 

Israel Ancam Malaysia Atas Larangan Paralympics

FAJAORNLINE.CO.ID, JERUSALEM - Israel menuduh Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad sebagai 'anti-Semitisme yang fanatik'. Pernyataan...
 

Kini Bodi Mobil Dapat Dilapis Kaca

TOPCOAT Sapphire Serum Coating, Pertama dan Satu-satunya di Makassar Semua pemilik mobil pasti menginginkan bodi mobilnya selalu bersih dan kilap...
 

Bersuaralah Hai yang Tidak Mabuk!

Oleh: M. Qasim Mathar Debat calon presiden dan wakilnya sesi pertama sudah selesai. Debat sesi berikutnya dengan tema yang beda akan menyusul. Debat...
 

Kanker Serviks, Kenali Gejala dan Pencegahannya

Oleh: Prof.Dr.dr.Syahrul Rauf, Sp.OG (K) (Kepala Departemen Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin) Kanker serviks...
 

Terlalu Datar, Konsep Debat Akan Diubah

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman mengatakan, pihaknya akan mengevaluasi secara keseluruhan. Baik konsep...
 

Retorika Menentukan

Oleh: Dr. Syamhari, S.Pd., M.Pd. (Dosen UIN Alauddin Makassar) Mengurai pelaksanaan debat pertama Pilpres 2019, masyarakat menyaksikan...
 

Antusiasme Pilpres 2019 Tenggelamkan Pamor Pileg

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA - Di tengah antusiasme sebagian masyarakat menyambut pemilihan presiden. Namun, animo yang sama tidak dirasakan kala...
 

Pasca Bebas, Ahok Bakal Tur 15 Negara

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA- Polri memastikan tidak ada pengamanan khusus jelang pembebasan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias...
 

Tak Bersalah, Lyra Virna Yakin Bebas dari Tuntutan Hukum

FAJAORNLINE.CO.ID, JAKARTA - Sidang perseteruan Lyra Virna dengan bos ADA Tour and Travel Lasty Anisa akan memasuki babak akhir. Kasus dugaan...

Load More