Fajar

  Breaking News

Produsen Mobil, tetapi Sepeda Paling Laris

NAIK KERETA. Wapres RI Jusuf Kalla bersama istrinya, Mufidah Jusuf Kalla, duduk di gerbong kereta shinkansen, dari Osaka menuju Kota Hiroshima, Rabu, 21 Februari lalu.
Feature - 24 Februari 2018, 10:10:52

* Geliat Negeri Sakura, 73 Tahun Pascabom Atom

Jepang pernah luluh lantak. Bom atom 6 Agustus 1945 menjadi tragedi kemanusiaan terbesar kala itu. Bagaimana kini?

Rasid Alfarizi
Hiroshima, Jepang

PADA era kemajuan teknologi ini, Jepang justru bertahan dalam tradisi transportasi lawas. Sepeda menjadi alat transportasi favorit di Negeri Sakura itu.

Ya, sepeda dan Shinkansen merupakan salah satu simbol peradaban di Jepang. Meskipun negeri ini produsen utama mobil, hanya sepeda dan Shinkansen terbanyak berseliweran di negeri ini.

Sepeda menjadi sarana transportasi di Jepang yang paling terkenal dan telah menjadi budaya. Dipakai oleh hampir semua orang, tidak peduli laki-laki atau perempuan, tua atau muda, miskin atau kaya.

Jika jarak tempuh tidak terlalu jauh, maka bersepeda adalah alternatif pertama karena murah dan cepat. Transportasi umum seperti bus dan kereta relatif mahal.

Untuk bus, meskipun perkiraan waktu tepat, biasanya rentang kedatangan agak lama. Belum lagi bus hanya berhenti di halte tertentu yang sering kali masih harus ditambah jalan kaki untuk mencapai tujuan.

Tarif per tiga halte di Utsunomiya sekitar 75 yen. Cukup mahal untuk kita yang sehat dan bisa bersepeda. Tak salah, sepeda paling banyak berseliweran di jalan raya hampir di semua kota di Jepang.

Rusman, pelajar Indonesia asal Makassar yang sedang tugas belajar di Hiroshima University, pun telah memiliki sepeda. Dipakai ke kampus. Termasuk untuk urusan lainnya.

"Untuk kami sebagai pendatang dan pendidikan di sini, sepeda adalah transportasi utama. Kami bisa bebas melakukan segala aktivitas dengan sepeda," kata pria yang telah menetap kurang lebih dua tahun di Hiroshima ini.

Pengguna sepeda sangat dihargai di Jepang. Mereka yang ingin bepergian jauh sisa memarkir sepedanya di stasiun kereta atau bus, lalu melanjutkan perjalanan dengan transportasi publik.

"Pokoknya semua mudah dengan sepeda," tutur, alumni UNM yang mengambil studi biologi melalui beasiswa UNDP di Hiroshima University ini. Berdasarkan data per tahun 2016, di Jepang terdapat sekitar 71.551 juta sepeda dengan jumlah penduduk sekitar 126.66 juta jiwa. Jadi lebih dari 50 persen penduduk Jepang memiliki dan menggunakan sepeda.

Sekadar diketahui, semua sepeda di Jepang wajib memiliki nomor register dan surat lengkap. Sistem transportasi publik dirancang selain untuk keperluan warga kota, juga untuk mengantisipasi ledakan jumlah penduduk.

Di Osaka, kota yang berpenduduk 2,7 juta, Wakil Presiden (Wapres) RI, HM Jusuf Kalla, melakukan kunjungan kerja. Sebuah kota besar dan terpadat kedua di Jepang. Kota yang tidak pernah merasakan sesak dan bising seperti halnya di Jakarta.

Mantan Menteri Pedagangan RI, Muhammad Lutfhi yang juga pernah menjadi Dubes RI di Jepang, menuturkan, Jepang salah satu contoh peradaban modern yang mesti ditiru. Jepang bisa begitu, karena berhasil melakukan penyebaran penduduk dengan baik.

Penduduk Jepang melakukan perjalanan pergi dan pulang dari tempat bekerja dengan kereta api. "Jaringan kereta api di Jepang adalah yang paling intensif di seluruh dunia. Kereta api menjangkau setiap sudut kota," katanya.

Mulai dari kota paling utara, Wakkanai, hingga paling selatan, Kighosima. Perlu dicatat, strategi itu didesain secara detail oleh universitas setempat dan pemerintah hanya tinggal mengimplementasikan.

Sebuah cara yang sederhana, namun perlu manusia berkualitas untuk mewujudkannya. Para pekerja tidak mempunyai masalah jarak antara tempat tinggal dan kantor. Mereka bisa memilih untuk tinggal di mana saja, namun akan lebih baik jika itu dekat dengan stasiun.

Pemerintah menjalankan strategi sedemikian rupa sehingga semua diarahkan menggunakan kereta api dan bukan bus kota, apalagi kendaraan pribadi.

Naik Kereta
Nah terkait cerita transportasi publik, tak lengkap rasanya jika Anda belum merasakan sensasi naik kereta tercepat di dunia Shinkansen. Shinkansen merupakan salah satu peradaban yang paling menonjol di Jepang.

Shinkansen juga merupakan kemajuan teknologi transportasi yang menerima banyak perhatian dari luar negeri. Shinkansen Tokaido membutuhkan 2 jam 25 menit antara Tokyo dan Shin-Osaka.

Kereta ini memiliki kecepatan tertinggi 270 km/jam. Tahun ini merupakan peringatan 50 tahun Shinkansen sejak tahun 1964 yang telah mengangkut lebih dari 5 miliar orang.

JK dan rombongan menggunakan Shinkansen dari Kota Osaka menuju Hiroshima saat menerima penganugerahan honoris causa (HC), Rabu, 21 Februari lalu.

Jarak Osaka ke Hiroshima kurang lebih 300 km, kira-kira sama jarak Makassar-Palopo. Shinkansen dengan fasilitas super mewah seperti pesawat hanya menempuh perjalanan 1,5 jam.

Hari itu kami bersatu dalam satu gerbong lengkap dengan pakaian rapi, jas, dan dasi. "Kami serasa naik pesawat airbus, duduk di kelas bisnis. Kursinya empuk, kaki selonjor," kata Noval salah seorang pewarta media nasional di Jakarta.

Tak ada penjual berseliweran seperti kereta di Indonesia. Tak kalah nyaman, suara kabin kereta sangat kedap. "Jangan Anda membayangkan mendengar suara gesekan rel yang membising di telinga," imbuhnya.

Tentu saja, kecepatan adalah salah satu alasan mengapa shinkansen menjadi andalan di Jepang. Tetapi, ada alasan lain seperti ketepatan, kenyamanan, dan keamanan.

Diceritakan Alfurqan Djamad, salah satu volunteer KBRI di Jepang, Shinkansen tidak pernah terlambat. Waktu rata-rata keterlambatan tahunan per kereta adalah 30 detik.

"Kereta sangat bersih. Dan sejak 50 tahun operasi, tidak pernah ada kematian terkait kecelakaan," bebernya.

Tentu saja semua ini adalah dikaitkan dengan teknologi, tapi para staf-staf dan struktur juga sangat mempengaruhi hebatnya shinkansen ini. (*/rif-zuk)

 


SETIAP ORANG PUNYA CERITA.
Langganan Anda Membantu Jurnalisme Berkualitas

Media cetak bacaan terbaik hindari berita hoax. Untuk mengakses berita cetak, silahkan langganan premium epaper FAJAR disini epaper.fajaronline.co.id Kami kirimkan Anda koran secara gratis. (Syarat dan ketentuan berlaku). hubungi wa/tlp 085242899926 atau 0811462222

Author : rika

Berita Lainnya

🔀Berita Terkini
 

Artis J-Lo Mengaku Pernah Berhubungan Seks di Trailer Filmnya

FAJARONLINE.CO.ID, HOLLYWOOD—Artis Jennifer Lopez mengakui dirinya pernah berhubungan seks di triler filmnya. Aktris berusia 49 tahun itu...
 

Presiden Rusia Perintahkan Kontrol Musik Rap

FAJARONLINE.CO.ID, MOSKOW—Khawatir dengan meningkatnya popularitas rap di kalangan pemuda Rusia, Presiden Vladimir Putin meminta para pemimpin...
 

Perkosa Wanita Hamil, Musisi Dipenjara 9 Tahun

FAJARONLINE.CO.ID, NEWCASTLE—Seorang musisi bernama Gavin Carey dihukum penjara selama sembilan tahun. Pria berusia 28 tahun dari South...
 

Investor Taiwan Jajaki Bangun Smelter Baru di Bantaeng

FAJARONLINE.CO.ID,BANTAENG -- Bupati Bantaeng, H Ilham Azikin bersama Wakil Bupati Bantaeng, H Sahabuddin menerima kunjungan Anggota...
 

Fobia Aneh, Gadis Ini Takut Makan

FAJARONLINE.CO.ID, LONDON—Seorang gadis berusia 12 tahun bernama Grace Daw mengalami fobia yang tak lazim. Ia takut makan sehingga tubuhnya...
 

Jelang Kongres IKA PP Annuriyah, Kedepankan Konsep Sipakatau Sipaka Labbiri

FAJARONLINE.CO.ID -- Ikatan Alumni Pondok Pesantren Annuriyah Bonto Cini Kabupaten Jeneponto, akan menggelar Kongres V. Acara tersebut dijadwalkan...
 

Teknik Lobi dan Negosiasi Dibahas di Upgrading FLP Sulsel, Ini Tipsnya

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Ada pemandangan unik di sore hari menjelang Magrib di lantai dua, ruang Multimedia, Sekolah Islam Athirah,...
 

Klasemen dan Top Skor Sementara Liga Spanyol Jornada ke-16

FAJARONLINE.CO.ID, MADRID—La Liga Spanyol memasuki jornada ke-16 Sabtu malam tadi. Berikut klasemen dan top skor setelah laga Minggu, 16...
 

Klasemen dan Top Skor Sementara Liga Italia

FAJARONLINE.CO.ID, TURIN—Serie A Italia memasuki giornata ke-16, Minggu, 16 Desember. Berikut klasemen sementara dan top skor setelah dua laga...
 

Klasemen dan Top Skor Sementara Liga Inggris hingga Pekan 17

FAJARONLINE.CO.ID, LONDON—Premier League Inggris memasuki pekan ke-17. Berikut klasemen dan top skor sementara setelah hasil pertandingan...
 

Pagi Ini, Perbanas Fun Bike dan Fun Walk, Start di Lapangan Karebosi

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Perhimpunan Bank Swasta Nasional (Perbanas) Sulsel menggelar Fun Bike dan Fun Walk, Minggu (16/12/2018). Kegiatan...
 

Hasil Liga Inggris, Italia, Spanyol, dan Jerman Sabtu dan Minggu Dinihari Tadi

FAJARONLINE.CO.ID, LONDON—Setelah Liga Champions dan Liga Europa, liga domestik kembali bergulir pada Sabtu malam hingga Minggu dinihari tadi....
 

Blusukan Sehat di Kampung Buyang, Warga Doakan dr Bob Wujudkan Sulsel Makin Sehat 2019

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR --- Dokter Spesialis Anak Dr. dr. Bob Wahyudin, So.A(K) memenuhi undangan untuk bersilaturahmi warga Kampung Buyang...
 

Mau Mendongkrak Omzet, Ini yang Perlu Anda Lakukan

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR — Bagi para perintis bisnis perlu memanfaatkan media sosial untuk mengenalkan brand proudknya. Jika dilakukan...
 

Debat Capres Segera Dimulai, Ini Jadwal Lengkapnya

FAJARONLINE.CO.ID -- Tanggal 17 jadi tanggal menarik dan bakal jadi pusat perhatian masyarakat Indonesia di tahun 2019 mendatang. Pasalnya, penetapan...
 

Malam Ini, X-ONE Dihibur DJ Pucuy, Pemenang Pioneer Dj Battle Asia

FAJARONLINE.CO.ID,MAKASSAR-- Pemenang Pioneer DJ Battle Asia Championship Bangkok, DJ Pucuy bakal hibur penggemar setia X- ONE Cafe Makassar, pada...
 

Erick Thohir Dorong Milenial Kembangkan Pop Culture Indonesia

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA -- Jangan abaikan potensi kebudayaan tanah air. Kekayaan budaya bisa melambungkan nama Indonesia di dunia...
 

Buka Pelatihan Sertifikasi AMI PTMA, Wakil Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Sampaikan Ini

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah  kembali melaksanakan Pelatihan...
 

Kadis Peternakan Kunjungi Pengembangan Ternak dan Wisata Edukasi Momo Land Jepang

FAJARONLINE.CO.ID -- Dalam perjalanan kunjungan kerja ke Jepang di hari ke empat, Sabtu (15/12), setelah dari Kota Matsuyama, Prepektur (Provinsi)...
 

Divonis 6 Tahun Penjara, Zumi Zola Resmi Jadi Penghuni Sukamiskin

FAJARONLINE.CO.ID -- KPK mengeksekusi Gubernur Jambi nonaktif, Zumi Zola, ke lembaga pemasyarakatan (lapas) Sukamiskin Jawa Barat. Ini dilakukan...
 

Meme Kardus Viral, di Wilayah Ini Ribuan Kotak Suara Rusak Gara-gara Hujan

FAJARONLINE.CO.ID -- Beberapa hari terakhir, usai KPU mengumumkan dan memperlihatkan kotak suara berbahan kardus, dunia maya diramaikan dengan...
 

Tak Bayar Pajak Senilai 14,5 Juta Euro, Penyanyi Seksi Shakira Berurusan dengan Jaksa

FAJARONLINE.CO.ID -- Dituding gagal membayar pajak senilai 14,5 juta euro ke negara di mana mitra hidupnya bermain bola, penyanyi seksi Shakira...
 

Dua Pemain PSM Segera Lepas Masa Lajang, Siapa Saja...

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Dalam waktu dekat, dua pemain PSM Makassar segera melepas masa lajang. Mereka adalah Reva Adi Utama dan Agi...
 

Sambangi Kader PKS Sulsel, Habib Salim Segaf: Kemenangan, Kekalahan, Allah yang Menggilirkan

FAJARONLINE.CO.ID -- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sulawesi Selatan menggelar Silaturahmi dan Taujih Qiyadi di Hotel Dalton Makassar, Sabtu...
 

Keren.. Polwan-polwan Cantik Ajari Santri TPA Baca Alquran

FAJARONLINE.CO.ID, PANGKEP -- Polwan di Kabupaten Pangkep tidak hanya disibukkan dengan aktifitas kedinasan tiap harinya. Tetapi polwan...

Load More