Fajar

  Breaking News

Jargon Smart City dalam Tata Kelola Kota

Syafaruddin
Opini - 13 Januari 2018, 11:00:14

Dalam beberapa waktu terakhir, kita sering mendengar kata smart disematkan pada beberapa benda atau obyek, misalnya smartphone, smart grid, smart city dan sebagainya.

Oleh: Syafaruddin
Guru Besar Konversi Energi,
Departemen Teknik Elektro, Universitas Hasanuddin

Smartphone menggambarkan sebuah telepon gengam yang secara cerdas mengintegrasikan semua feature teknologi tinggi yang hampir menyerupai sebuah komputer sehingga memudahkan penggunanya dalam berkomunikasi. Smart grid mengacu pada pengelolaan sistem kelistrikan yang cerdas yang mampu mengintegrasikan semua komponen teknologi informasi dan telekomunikasi, infrastruktur jaringan listrik dan perilaku sosial pengguna atau pelanggan listrik.

Demikian juga smart city menggambarkan sebuah tata kelola kota yang cerdas di mana masyarakat dengan mudah menggunakan dan memanfaatkan segala fasilitas kota secara efisien dan efektif, semua stakeholder mampu mendapatkan dan bertukar informasi dengan baik dan lancar sehingga proses kehidupan kota menjadi lebih teratur, aman dan nyaman.

Istilah smart ini kemudian menjadi perhatian apakah memang menggambarkan sifat cerdas obyeknya atau hanya sekadar jargon untuk kepentingan bisnis atau kepentingan politik semata. Hal ini dikarenakan segala sesuatu yang dikategorikan cerdas tentu menarik minat konsumen pada suatu barang meskipun bisa saja barang itu mahal harganya. Seorang calon pemimpin yang dilabeli pintar tentu akan menarik masyarakat dalam memilih pemimpinnya.

Kata smart berasal dari bahasa inggris yang bisa diterjemahkan dalam kata sifat yang berarti cerdas, pintar, cepat dan bijak. Sedangkan salah satu arti cerdas dalam kamus besar bahasa indonesia (KBBI) adalah sempurna perkembangan akal budinya untuk berpikir, mengerti dan mengambil suatu keputusan. Tentu semua definisi smart dan cerdas di sini melekat pada obyek yang mengikutinya. Dalam hal ini, kita akan membahas smart city dalam konteks prasarana dan sarana atau infrastruktur pendukung dari sebuah kota yang cerdas.

Sebuah kota yang cerdas tidak bisa lepas dari bagaimana jalur dan alur data serta informasi di kelola dengan baik. Berbagai macam data dan informasi bisa saja diperoleh dari berbagai macam sensor yang ditempatkan pada beberapa titik strategis dalam kota. Sebuah kota yang cerdas sangat fokus pada pengelolaan dan manajemen yang baik akan infrastruktur dasar misalnya terjaminnya suplai air bersih dan listrik, pengelolaan sampah dan sistem sanitasi lingkungan yang bersih, transportasi yang nyaman yang selalu didukung oleh konektifitas teknologi informasi dan jaringan internet yang kuat. Kesemuanya ini akan menyatukan partisipasi warga dan pemerintah dalam sebuah pengelolaan kota yang berbasis e-governance.

Dalam konteks yang lebih luas tentang smart city berkaitan dengan pengelolaan infrastruktur adalah terjadinya proses integrasi dan kontrol terhadap semua fasilitas infrastruktur transportasi dan komunikasi. Ada konektifitas yang kuat antara prasarana dan sarana fisik, teknologi informasi, infrastruktur sosial dan bisnis sehingga kondisi kota menjadi aman, nyaman, efisien, efektif dan lebih layak huni. Pada akhirnya, keberhasilan implementasi dari sebuah smart city akan dinikmati warga dalam bentuk pelayanan publik yang meliputi kemudahan akses fasilitas pendidikan, kesehatan dan keselamatan umum.

Dalam hal infrastruktur teknologi informasi, sebuah kota yang cerdas tidak bisa lepas dari ketersediaan pusat data digital yang terhubung ke semua dinas instansi kota. Demikian juga pusat data digital ini terhubung ke setiap warga kota baik secara langsung maupun tidak langsung. Pemerintah kota mesti menyediakan titik koneksi wifi gratis di setiap ruang publik, sementara itu masyarakat atau warga kota sudah bisa dengan mudah mendapatkan informasi pelayanan umum berbasis media sosial.

Dalam hal pengelolaan sistem pemerintahan, pemanfaatan sistem informasi yang user-friendly dan secara maksimal bertransformasi ke sistem paperless mesti sudah menjadi gambaran khusus dari sebuah kota yang dikelola dengan smart government. Pemandangan lain dari suatu kota smart city yaitu terintegrasinya sistem smart card yang bisa digunakan untuk parking, toll dan sebagai tiket untuk penggunaan semua jasa transportasi kota yang menggambarkan suatu sistem smart living. Keberhasilan pengelolaan sebuah smart city kemudian tergambar pada tersedianya ruang terbuka publik maupun ruang terbuka hijau yang mengambarkan hadirnya kondisi smart environment.

Dalam mengelola smart city tentu ada contoh pengelolaan kota yang bisa diambil sebagai acuan meskipun kita tidak bisa serta merta mengadopsi semua konsepnya. Salah satu kota dunia yang bisa diambil contoh pengelolaannya adalah Singapura. Kota Singapura tidak hanya bertransformasi dari klaim ‘the first smart city in the world’ tetapi sudah mulai mengarah pada program ‘smart nation’ berbasis era digital yang akan menjadikan Singapura sebagai laboratorium hidup pada sektor-sektor perumahan, kesehatan dan transportasi.

Pada sektor perumahan di Singapura, ribuan sensor sudah dipasang di Yuhua Estate tahun lalu untuk mengukur besarnya konsumsi energi, produksi sampah dan penggunaan air bersih secara real-time. Sensor-sensor ini menyediakan informasi balik ke penghuni perumahan sehingga warga dengan mudah mengetahui seberapa besar dan optimal air dan listrik yang mereka konsumsi serta limbah yang mereka buang. Data-data informasi ini kemudian dikumpulkan dan dikaji oleh pemerintah dan menjadikannya data acuan dalam pembangunan perumahan berikutnya di lokasi lain.

Lain halnya dengan penyediaan layanan kesehatan di Singapura yang didukung oleh teknologi yang sangat maju. Suatu proyek percontohan yang dinamakan Tele-health yang merupakan program yang ditujukan pada pasien dengan keterbatasan mobilitas, misalnya pasien dengan penyembuhan stroke dan membutuhkan pengobatan lanjut. Program ini membantu kesembuhan pasien tanpa perlu membawa pasien ke rumah sakit atau klinik pengobatan. Pasien cukup melakukan latihan berdasarkan instruksi penuntun dari sebuah tablets, kemudian semua pergerakan pasien direkam dengan kamera dan sensor gerak. Setelah itu pegawai terapi melakukan review terhadap hasil latihan pasien kemudian dokter bisa berkomunikasi tatap muka dengan pasien melalui video-call pada tablets yang sama tadi.

Sedangkan untuk sektor transportasi, Singapura adalah salah satu kota yang terbaik di dunia. Singapura melangkah sedikit jauh dan berbeda dengan apa yang kota lain terapkan. Untuk meningkatkan pelayanan bus, smart bus memasang sensor yang digunakan untuk memonitor rute pelayanan bus dan data GPS digunakan untuk menjaga jalur bus pada kecepatan yang aman dan menginformasikan seberapa banyak jumlah penumpang yang sementara berada di dalam bus. Bus stop kemudian direnovasi dengan penambahan jaringan wi-fi, peta jalur dan jadwal bus yang lebih interaktif yang akan membuat penumpang bus menjadi lebih aman dan nyaman. Demikian juga sistem transportasi yang otomatis, boleh dikata Singapura adalah salah satu yang terbaik di dunia. Sistem kereta mass rapid transit (MRT) di Singapura itu tidak menggunakan masinis dan kondektur. Tentu ini sistem kereta ini sangat cerdas karena bisa beroperasi hampir 24 jam dengan sangat aman, nyaman dan tepat waktu. Intervensi manusia dalam menjalankan kendaraan di Singapura kemudian mulai secara perlahan dihilangkan dengan fokus pada pengembangan kendaraan yang berjalan sendiri tanpa sopir (self-driving vehicles). Bus tanpa sopir sudah mulai dicobakan untuk mengangkut penumpang dengan metode booking melalui smartphone. Kajian dan pengembangan sistem ini masih terus dilajutkan dalam hal sistem monitoring pada setiap kendaraan setiap waktu dengan mempertimbangkan kondisi lalu lintas dan kecepatan kendaraan.

Kota Makassar yang bertransformasi menjadi salah satu smart city di Indonesia tentu harus berbenah dalam hal penyediaan prasarana dan sarana kota cerdas. Tentu tidak bisa dilakukan secara instan tetapi melalui tahapan, mulai dari penyediaan infrastruktur dasar hingga infrastruktur pendukung lainnya. Mesti ada pola, target dan sasaran pengembangan smart city yang secara perlahan dilakukan. Evaluasi yang berkelanjutan dari setiap program mesti dijalankan yang pada akhirnya terwujud integrasi infrastruktur yang menjadikan Kota Makassar sebagai smart city yang nyaman, aman dan ramah buat warganya. *

Author : rika

Download Aplikasi Android dan IOS Fajaronline

 


Tags



Berita Lainnya

🔀Berita Terkini
 

Pencuri HP Dibekuk di Bandara Mutiara SIS Al Jufrie

FAJARONLINE.CO.ID, MAROS - Seorang pelaku pencurian Handphone milik karyawati tenant di Terminal Keberangkatan Lantai 2 Bandara Internasional...
 

Nonton Film Melawan Takdir, Wakil Ketua DPRD Sulsel: Mirip Jalan Hidupku

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR - Wakil Ketua DPRD Sulsel Syaharuddin Alrif mengajak Pemuda yang tergabung dalam TIM SAR nonton bareng film Melawan...
 

KPU RI Bentuk Timsel KPU Palopo

FAJARONLINE.CO.ID, PALOPO -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palopo telah terbentuk. Surat keputusan pengangkatan yang ditandatangani Ketua KPU RI...
 

Relawannya Tewas di Camba, Ini yang Dilakukan Tim Prof Andalan

FAJARONLINE.CO.ID, WATAMPONE -- Tim relawan kampanye cagub Sulsel, Nurdin Abdullah - Andi Sudirman Sulaiman (Prof Andalan) dikabarkan mengalami...
 

M Roem Resmi Maju Jadi Calon Anggota DPD RI

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR - Ketua DPRD Sulsel Moh Roem resmi mendaftar sebagai calon Anggota DPD RI untuk Pemilu 2019. Ketua Harian DPD Golkar...
 

Bangkitkan Kejayaan Sutera Soppeng

FAJARONLINE.CO.ID, SOPPENG - Pemerintah Kabupaten Soppeng melaksanakan kegiatan FGD/Sarasehan tentang Pengembangan Agribisnis Sutera Alam...
 

Wacana Perppu Tekan Angka Pernikahan Dini, Begini Respon Kemenag

FAJARONLINE.CO.ID -- Kementerian Agama (Kemenag) mendukung wacana penerbitan Perppu untuk menekan angka pernikahan dini. Dirjen Bimbingan Masyarakat...
 

Hendak Hadiri Kampanye Akbar Prof Andalan, Dua Relawan Asal Gowa Tewas Kecelakaan

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR - Dua relawan pasangan calon (paslon) nomor urut tiga, Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman (Prof Andalan)...
 

Anis Matta : Bandung Memancarkan Inspirasi Perlawanan

FAJARONLINE.CO.ID, BANDUNG - Bandung adalah kota yang memancarkan inspirasi tentang perlawanan, determinasi, dan kreativitas. Calon presiden dari...
 

Dimarahi, Bocah 12 Tahun Kabur dan Berpoya-poya di Bali dengan Kartu Kredit Ibunya

FAJARONLINE.CO.ID, DENPASAR—Seorang anak laki-laki berusia 12 tahun asal Australia mencuri kartu kredit ibu lalu terbang ke Bali. Selama empat...
 

Jelang Putusan MA, Sakka Pati: Terkadang Kita Diobok-obok, dan Diremote dari Jauh

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR - Mahkamah Agung (MA) akan memutuskan sengketa Pilwalkot Makassar, Senin, 23 April besok. Jelang putusan itu, sejumlah...
 

Relawan Yakin Jokowi Dua Periode

FAJARONLINE.CO.ID -- Ratusan relawan Joko Widodo berkumpul di kawasan Jalan MH Thamrin Jakarta. Masa kompak mengenakan kaus bertagar 2019 Tetap...
 

Ini Alasan Cakra Khan Belum Mau Menikah

FAJARONLINE.CO.ID -- Penyanyi Cakra Khan tampaknya belum akan menikah dalam waktu dekat. Meski sudah berusia 26 tahun, dia mengaku belum memiliki...
 

Leukemia Sulit Didiagnosis, Ini Penjelasannya

FAJARONLINE.CO.ID -- Leukemia merupakan kanker darah yang berawal dalam sumsum tulang belakang, tempat sel darah dibuat. Lantas bagaimana penjelasan...
 

Menonton Penari Telanjang, Turis Terkena Serangan Jantung dan Meninggal

FAJARONLINE.CO.ID, BANGKOK—Seorang turis Inggris meninggal dunia karena serangan jantung ketika dia sedang menonton penari telanjang di distrik...
 

Siang Bolong Mesum di Halte Bus, Suami-Istri Didenda Rp6,4 Juta

FAJARONLINE.CO.ID, NOTTINGHAMSHIRE—Pasangan suami istri bernama Carol Taylor dan Alan Severn diseret ke pengadilan setelah dianggap melakukan...
 

Sidrap Now Sumbang 20 Kantong Darah

FAJARONLINE.CO.ID, SIDRAP -- Dalam rangka peringatakan hari Kartini pada Sabtu (21/4/2018), Komunitas Sidrap Now menggelar aksi donor darah, di...
 

Aklamasi, Ketua DPRD Maros Pimpin BM PAN Sulsel

FAJARONLINE.CO.ID, MAROS -- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Maros, AS Chaidir Syam resmi menjabat Ketua DPW Barisan Muda Penegak Amanat...
 

Di Bone, Nurdin Abdullah Mendadak Jadi Penjual Bubur

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR - Calon Gubernur Sulsel Nomor Urut 3 Prof Nurdin Abdullah mendadak memerankan diri sebagai penjual bubur kacang ijo di...
 

Berbekal 9.444 KTP, Syaiful Saleh Maju di DPD RI

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR - Syaiful Saleh resmi maju sebagai calon anggota DPR RI pada Pemilu 2019 nanti. Berbekal rekomendasi Muhammadiyah dan...
 

Barru Siapkan Lima Guru Berprestasi Ikut Ajang Tingkat Propinsi

FAJARONLINE.CO.ID, BARRU -- Ajang guru, Kepala sekolah dan pengawas berprestasi kembali digelar Dinas Pendidikan Kabupaten Barru. Para guru dan...
 

FOTO: Jasa Raharja Siapkan Posko Periksaan Kesehatan Gratis di CFD Boulevard

Warga memeriksakan kesehatannya di Posko Pengobatan Gratis PT Jasa Raharja Cabang Sulsel, di kawasan Car Free Day (CFD) Boulevard, Makassar, Minggu...
 

Tekuk Spurs 2-1, Manchester United Tunggu Chelsea di Final Piala FA

FAJARONLINE.CO.ID, LONDON—Manchester United memastikan diri melaju ke babak final Piala FA setelah menekuk Tottenham Hotspur di babak...
 

Hajar Sevilla 5-0, Barcelona Raih Gelar ke-30 Copa del Rey

FAJARONLINE.CO.ID, MADRID—Barcelona menjadi kampiun Copa del Rey 2017/2018. Di laga final yang berlangsung Minggu, 22 April dinihari tadi,...
 

KONSER IWAN FALS DI PANTAI LOSARI

Penyanyi Legendaris, Virgiawan Listanto atau akrab disapa Iwan Fals, menghibur penggemarnya dalam konser Yamaha MAXi Days 2018, di Anjungan Pantai...

Load More