Fajar

  Breaking News

Jargon Smart City dalam Tata Kelola Kota

Syafaruddin
Opini - 13 Januari 2018, 11:00:14

Dalam beberapa waktu terakhir, kita sering mendengar kata smart disematkan pada beberapa benda atau obyek, misalnya smartphone, smart grid, smart city dan sebagainya.

Oleh: Syafaruddin
Guru Besar Konversi Energi,
Departemen Teknik Elektro, Universitas Hasanuddin

Smartphone menggambarkan sebuah telepon gengam yang secara cerdas mengintegrasikan semua feature teknologi tinggi yang hampir menyerupai sebuah komputer sehingga memudahkan penggunanya dalam berkomunikasi. Smart grid mengacu pada pengelolaan sistem kelistrikan yang cerdas yang mampu mengintegrasikan semua komponen teknologi informasi dan telekomunikasi, infrastruktur jaringan listrik dan perilaku sosial pengguna atau pelanggan listrik.

Demikian juga smart city menggambarkan sebuah tata kelola kota yang cerdas di mana masyarakat dengan mudah menggunakan dan memanfaatkan segala fasilitas kota secara efisien dan efektif, semua stakeholder mampu mendapatkan dan bertukar informasi dengan baik dan lancar sehingga proses kehidupan kota menjadi lebih teratur, aman dan nyaman.

Istilah smart ini kemudian menjadi perhatian apakah memang menggambarkan sifat cerdas obyeknya atau hanya sekadar jargon untuk kepentingan bisnis atau kepentingan politik semata. Hal ini dikarenakan segala sesuatu yang dikategorikan cerdas tentu menarik minat konsumen pada suatu barang meskipun bisa saja barang itu mahal harganya. Seorang calon pemimpin yang dilabeli pintar tentu akan menarik masyarakat dalam memilih pemimpinnya.

Kata smart berasal dari bahasa inggris yang bisa diterjemahkan dalam kata sifat yang berarti cerdas, pintar, cepat dan bijak. Sedangkan salah satu arti cerdas dalam kamus besar bahasa indonesia (KBBI) adalah sempurna perkembangan akal budinya untuk berpikir, mengerti dan mengambil suatu keputusan. Tentu semua definisi smart dan cerdas di sini melekat pada obyek yang mengikutinya. Dalam hal ini, kita akan membahas smart city dalam konteks prasarana dan sarana atau infrastruktur pendukung dari sebuah kota yang cerdas.

Sebuah kota yang cerdas tidak bisa lepas dari bagaimana jalur dan alur data serta informasi di kelola dengan baik. Berbagai macam data dan informasi bisa saja diperoleh dari berbagai macam sensor yang ditempatkan pada beberapa titik strategis dalam kota. Sebuah kota yang cerdas sangat fokus pada pengelolaan dan manajemen yang baik akan infrastruktur dasar misalnya terjaminnya suplai air bersih dan listrik, pengelolaan sampah dan sistem sanitasi lingkungan yang bersih, transportasi yang nyaman yang selalu didukung oleh konektifitas teknologi informasi dan jaringan internet yang kuat. Kesemuanya ini akan menyatukan partisipasi warga dan pemerintah dalam sebuah pengelolaan kota yang berbasis e-governance.

Dalam konteks yang lebih luas tentang smart city berkaitan dengan pengelolaan infrastruktur adalah terjadinya proses integrasi dan kontrol terhadap semua fasilitas infrastruktur transportasi dan komunikasi. Ada konektifitas yang kuat antara prasarana dan sarana fisik, teknologi informasi, infrastruktur sosial dan bisnis sehingga kondisi kota menjadi aman, nyaman, efisien, efektif dan lebih layak huni. Pada akhirnya, keberhasilan implementasi dari sebuah smart city akan dinikmati warga dalam bentuk pelayanan publik yang meliputi kemudahan akses fasilitas pendidikan, kesehatan dan keselamatan umum.

Dalam hal infrastruktur teknologi informasi, sebuah kota yang cerdas tidak bisa lepas dari ketersediaan pusat data digital yang terhubung ke semua dinas instansi kota. Demikian juga pusat data digital ini terhubung ke setiap warga kota baik secara langsung maupun tidak langsung. Pemerintah kota mesti menyediakan titik koneksi wifi gratis di setiap ruang publik, sementara itu masyarakat atau warga kota sudah bisa dengan mudah mendapatkan informasi pelayanan umum berbasis media sosial.

Dalam hal pengelolaan sistem pemerintahan, pemanfaatan sistem informasi yang user-friendly dan secara maksimal bertransformasi ke sistem paperless mesti sudah menjadi gambaran khusus dari sebuah kota yang dikelola dengan smart government. Pemandangan lain dari suatu kota smart city yaitu terintegrasinya sistem smart card yang bisa digunakan untuk parking, toll dan sebagai tiket untuk penggunaan semua jasa transportasi kota yang menggambarkan suatu sistem smart living. Keberhasilan pengelolaan sebuah smart city kemudian tergambar pada tersedianya ruang terbuka publik maupun ruang terbuka hijau yang mengambarkan hadirnya kondisi smart environment.

Dalam mengelola smart city tentu ada contoh pengelolaan kota yang bisa diambil sebagai acuan meskipun kita tidak bisa serta merta mengadopsi semua konsepnya. Salah satu kota dunia yang bisa diambil contoh pengelolaannya adalah Singapura. Kota Singapura tidak hanya bertransformasi dari klaim ‘the first smart city in the world’ tetapi sudah mulai mengarah pada program ‘smart nation’ berbasis era digital yang akan menjadikan Singapura sebagai laboratorium hidup pada sektor-sektor perumahan, kesehatan dan transportasi.

Pada sektor perumahan di Singapura, ribuan sensor sudah dipasang di Yuhua Estate tahun lalu untuk mengukur besarnya konsumsi energi, produksi sampah dan penggunaan air bersih secara real-time. Sensor-sensor ini menyediakan informasi balik ke penghuni perumahan sehingga warga dengan mudah mengetahui seberapa besar dan optimal air dan listrik yang mereka konsumsi serta limbah yang mereka buang. Data-data informasi ini kemudian dikumpulkan dan dikaji oleh pemerintah dan menjadikannya data acuan dalam pembangunan perumahan berikutnya di lokasi lain.

Lain halnya dengan penyediaan layanan kesehatan di Singapura yang didukung oleh teknologi yang sangat maju. Suatu proyek percontohan yang dinamakan Tele-health yang merupakan program yang ditujukan pada pasien dengan keterbatasan mobilitas, misalnya pasien dengan penyembuhan stroke dan membutuhkan pengobatan lanjut. Program ini membantu kesembuhan pasien tanpa perlu membawa pasien ke rumah sakit atau klinik pengobatan. Pasien cukup melakukan latihan berdasarkan instruksi penuntun dari sebuah tablets, kemudian semua pergerakan pasien direkam dengan kamera dan sensor gerak. Setelah itu pegawai terapi melakukan review terhadap hasil latihan pasien kemudian dokter bisa berkomunikasi tatap muka dengan pasien melalui video-call pada tablets yang sama tadi.

Sedangkan untuk sektor transportasi, Singapura adalah salah satu kota yang terbaik di dunia. Singapura melangkah sedikit jauh dan berbeda dengan apa yang kota lain terapkan. Untuk meningkatkan pelayanan bus, smart bus memasang sensor yang digunakan untuk memonitor rute pelayanan bus dan data GPS digunakan untuk menjaga jalur bus pada kecepatan yang aman dan menginformasikan seberapa banyak jumlah penumpang yang sementara berada di dalam bus. Bus stop kemudian direnovasi dengan penambahan jaringan wi-fi, peta jalur dan jadwal bus yang lebih interaktif yang akan membuat penumpang bus menjadi lebih aman dan nyaman. Demikian juga sistem transportasi yang otomatis, boleh dikata Singapura adalah salah satu yang terbaik di dunia. Sistem kereta mass rapid transit (MRT) di Singapura itu tidak menggunakan masinis dan kondektur. Tentu ini sistem kereta ini sangat cerdas karena bisa beroperasi hampir 24 jam dengan sangat aman, nyaman dan tepat waktu. Intervensi manusia dalam menjalankan kendaraan di Singapura kemudian mulai secara perlahan dihilangkan dengan fokus pada pengembangan kendaraan yang berjalan sendiri tanpa sopir (self-driving vehicles). Bus tanpa sopir sudah mulai dicobakan untuk mengangkut penumpang dengan metode booking melalui smartphone. Kajian dan pengembangan sistem ini masih terus dilajutkan dalam hal sistem monitoring pada setiap kendaraan setiap waktu dengan mempertimbangkan kondisi lalu lintas dan kecepatan kendaraan.

Kota Makassar yang bertransformasi menjadi salah satu smart city di Indonesia tentu harus berbenah dalam hal penyediaan prasarana dan sarana kota cerdas. Tentu tidak bisa dilakukan secara instan tetapi melalui tahapan, mulai dari penyediaan infrastruktur dasar hingga infrastruktur pendukung lainnya. Mesti ada pola, target dan sasaran pengembangan smart city yang secara perlahan dilakukan. Evaluasi yang berkelanjutan dari setiap program mesti dijalankan yang pada akhirnya terwujud integrasi infrastruktur yang menjadikan Kota Makassar sebagai smart city yang nyaman, aman dan ramah buat warganya. *

Media cetak bacaan terbaik hindari berita hoax. Untuk mengakses berita cetak, silahkan langganan premium epaper FAJAR disini epaper.fajaronline.co.id Kami kirimkan Anda koran secara gratis. (Syarat dan ketentuan berlaku). hubungi wa/tlp 085242899926 atau 0811462222

Author : rika



Tags



Berita Lainnya

🔀Berita Terkini
 

Todd Ferre Berharap Starter di Laga Hidup Mati Indonesia Kontra UEA

FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA—Tim nasional Indonesia U-19 akan menghadapi laga hidup mati kontra Uni Emirat Arab Rabu, 24 Oktober besok malam. Di...
 

Klasemen dan Top Skor Sementara Liga Inggris

FAJARONLINE.CO.ID, LONDON—Premier League Inggris baru saja menyelesaikan pekan kesembilan dengan laga Arsenal kontra Leicester City. Berikut...
 

Kalahkan Leicester City 3-1, Arsenal Tembus 4 Besar

FAJARONLINE.CO.ID, LONDON—Arsenal melanjutkan tren kemenangan mereka bersama pelatih Unai Emery. Menghadapi Leicester City di Emirates Stadium,...
 

Viral Pembakaran Kalimat Tauhid, MUI Minta Pelaku Ditangkap

FAJARONLINE.CO.ID -- Sebuah video yang mempertontonkan sekelompok orang tengah membakar kain bertuliskan kalimat syahadat viral sejak semalam, Senin...
 

Anak Wakil Bupati Divonis 8 Bulan, Granat Maros Kecewa

FAJARONLINE.CO.ID, MAROS -- Gerakan Nasional Anti Narkotika (Granat) Maros, kecewa atas putusan Pengadilan Negeri (PN) Maros yang memvonis Andi Arjab...
 

Masuk Rujab Saokotae, Ustad Syahruddin Doakan Walikota Judas Dapat Berkah

FAJARONLINE.CO.ID, PALOPO -- Walikota Palopo, HM Judas Amir melakukan doa dan dzikir saat masuk rumah jabatan di Saokotae, Senin 22 Oktober....
 

Warga Keluhkan Jalan yang Berdebu, Anak-anak Bisa Terkena ISPA

FAJARONLINE.CO.ID, WAJO -- Insfratruktur jalan di Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo mendapatkan sorotan warga. Sebab ruas kabupaten tersebut bisa...
 

Saiful Haq Tuding Program Generasi Emas dari Prabowo Pakai Data Palsu

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR - Program generasi emas atau gerakan emak-emak minum dan bayi minum susu yang digalakkan oleh tim Prabowo-Sandiaga...
 

PSM Makassar Kantongi Lisensi Klub Profesional AFC

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- PSM Makassar mengantongi lisensi klub profesional AFC. Manajemen klub berjuluk Pasukan Ramang itu memastikannya...
 

Belanja Pemkab Lutim Tembus Rp1,580 Triliun 2019

FAJARONLINE.CO.ID, MALILI -- Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler, menyerahkan Draf Ranperda Tentang Rancangan Anggaran Pendapatan dan...
 

Bupati Husler Beri Bantuan Pangan Non Tunai ke Warga

FAJARONLINE.CO.ID, MALILI -- Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler menyerahkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) kepada beberapa perwakilan penerima...
 

BRI Bantu Pemda Mobil Operasional Optimalkan Layanan Periksa Payudara

FAJARONLINE.CO.ID, MALILI -- Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler, menerima bantuan mobil operasional keliling layanan periksa payudara dan pap smear...
 

Pangkep Kembali Peroleh Penghargaan Anugerah Pandu Negeri 2018

FAJARONLINE.CO.ID, PANGKEP -- Pemerintah Kabupaten Pangkep patut berbangga, pasalnya Kabupaten Pangkep, bakal menerima penghargaan Anugerah Pandu...
 

Sambut HUT ke-50, Tonasa Gelar Lomba Fotografi Hingga Sunatan Massal

FAJARONLINE.CO.ID,PANGKEP -- Menyambut tahun emas ke-50, PT Semen Tonasa akan menggelar berbagai kegiatan lomba. Diantaranya, Fun Cross Photografi...
 

Ledakan Tambang di Tiongkok, 18 Pekerja Terperangkap dan Dua Orang Tewas

FAJARONLINE.CO.ID -- Dua orang tewas dan 18 orang terperangkap di sebuah tambang batu bara di Tiongkok Timur pada Minggu (21/10). Korban tewas...
 

Karena Pilkada, Dua Kapolres di Sulsel Batal Dimutasi

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Sejumlah Kapolres di Jajaran Polda Sulsel Berganti. Rotasi ini berdasarkan Surat Telegram Rahasia dengan nomor:...
 

Terdakwa Kasus Penyalahgunaan Narkotika Divonis Delapan Bulan Rehabilitasi

FAJARONLINE.CO.ID, MAROS -- Terdakwa kasus dugaan penyalahgunaan narkotika, Andi Arjab Mattotorang divonis delapan bulan penjara diganti dengan masa...
 

Walikota akan Benahi Program Ratona TV

FAJARONLINE.CO.ID, PALOPO -- Walikota Palopo, HM. Judas Amir yang baru dilantik untuk periode kedua kalinya akan melakukan pembenahan di berbagai...
 

2019, RS Ainun Habibie Diguyur Rp32 M

FAJARONLINE.CO.ID, PAREPARE -- Megaproyek RS tipe B Plus, Ainun Habibie, dijamin berlanjut tahun depan. Anggaran yang disiapkan Rp32 miliar. Kepala...
 

PPM Al-Ikhlas Peringati Hari Santri

FAJARONLINE.CO.ID, POLMAN -- Pondok Pesantren Modern (PPM) Al-Ikhlas Lampoko, Polman memperingati Hari Santri Nasional, Senin, 22 Oktober 2018....
 

PKS Tetap Berharap Dukungan GARBI

FAJARONLINE.CO.ID, MAMUJU-- Meski sudah keluar dari struktur partai, sejumlah mantan pengurus PKS yang bergabung ke ormas Gerakan Arah Baru Indonesia...
 

Tunjangan Penghasilan Pegawai Enrekang Dihapus

FAJARONLINE.CO.ID, ENREKANG -- Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Pemerintah Kabupaten Enrekang tidak lagi menikmati tunjangan penghasilan (TP). Kini...
 

Santri Perlu Mainkan Peran Rawat Perdamaian

FAJARONLINE.CO.ID, BANTAENG --- Puncak hari santri nasional di Kabupaten Bantaeng digelar di Pantai Seruni, Senin, 22 Oktober. Caleg DPRD Bantaeng...
 

Preview Arsenal vs Leicester City: Awas Lacazette

FAJARONLINE.CO.ID, LONDON—Alexandre Lacazette sedang on fire bersama Arsenal. Leicester City yang akan bertamu ke Emirates, Selasa, 23 Oktober,...
 

Tunjangan Penghasilan Pegawai Enrekang Dihapus

FAJARONLINE.CO.ID, ENREKANG -- Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Pemerintah Kabupaten Enrekang tidak lagi menikmati tunjangan penghasilan (TP). Kini...

Load More