Fajar

  Breaking News

Menang Atau di Ujung Tanduk

Ezra Walian dkk akan menghadpai Vietnam di Semifinal.
Sepakbola Internasional - 22 Agustus 2017, 10:44:01

Timnas Indonesia U-22 akan melakoni laga hidup mati menghadapi Vietnam, malam nanti. Sejarah pertemuan kedua negara di semua level tak seharusnya membuat Garuda Muda gentar.

 

FAJARONLINE.COM, SELANGOR—Sejauh ini, Indonesia dan Vietnam sudah bertemu 28 kali di semua even. Dari jumlah tersebut, Indonesia meraih 11 kemenangan, imbang 10 kali dan hanya kalah tujuh kali. Dan dalam duel terakhir di semifinal Piala AFF 2016, Indonesia mampu menumbangkan Vietnam dalam duel dua leg.

Khusus di SEA Games, kedua negara sudah berduel 10 kali dimana Indonesia lebih unggul dengan lima kemenangan, sekali imbang dan empat kali kalah. Pada dua laga terakhir, kedua negara saling mengalahkan kendati Indonesia kalah 0-5 di pertemuan terakhir.

Makanya, dengan penampilan apik sejak menghadapi Thailand di laga perdana, Indonesia mesti punya keyakinan meraih hasil positif di Stadion Majlis Perbadaran Selayang, Selangor. Apalagi, kemenangan memang menjadi harga mati bagi Indonesia di partai keempat Grup B SEA Games 2017 ini.

Jika bisa menang atau paling tidak seri, Indonesia yang menghadapi Kamboja di laga terakhir akan berpeluang besar lolos ke semifinal sebagai wakil Grup B. Itu karena Indonesia tidak akan bergantung pada hasil Vietnam kontra Thailand yang akan saling bunuh di partai terakhir.

Sebaliknya, jika kalah di laga ini, nasib Indonesia akan berada di ujung tanduk. Pasalnya, Vietnam yang sudah dipastikan lolos dengan poin 12 boleh jadi akan memarkir semua pemain pilarnya menghadapi Thailand di laga pamungkas. Kalau itu terjadi, peluang Thailand mengalahkan Vietnam akan sangat besar dan kemungkinan besar skenario itu akan mengakhiri mimpi emas timnas Indonesia.

Karena itu, pemain Indonesia harus tampil habis-habisan di pertandingan nanti. Selain itu, semua potensi harus bisa dimaksimalkan pelatih Luis Milla. Termasuk Erza Walian Effect. Pada laga kontra Filipina, Erza mampu menunjukkan peran vitalnya di lapangan dimana ia mampu memberi dua assist untuk tiga gol kemenangan Indonesia.

Setelah diistirahatkan dalam laga Indonesia kontra Timor Leste, Erza diyakini sangat bugar dan siap tempur. Karena itu, bukan hanya assist, pemain yang sempat menjadi langganan timnas junior Belanda itu juga diharapkan bisa menjadi pencetak gol ke gawang Vietnam yang sejauh ini baru kebobolan sebiji gol.

Selain Ezra, Indonesia yang kali ini tidak akan diperkuat Evan Dimas karena akumulasi kartu juga bisa berharap banyak pada kapten tim, Hansamu Yama. Pemain Barito Putra itu bakal punya motivasi tinggi setelah pada semifinal Piala AFF 2016 tampil sebagai salah satu pahlawan kemenangan Indonesia atas Vietnam lewat gol sundulannya di leg pertama.

Baca :  Inilah Daftar Tak Becusnya Tuan Rumah Malaysia

Kemenangan heroik itu dipastikan akan memberikan kepercayaan diri pada Hansamu saat naik membantu penyerangan dalam skema set pieces atau menggalang pertahanan ketika lawan menekan. Khusus pertahanan, Hansamu memang harus punya konfidensi tinggi mengingat dia harus berhadapan dengan top skor sementara SEA Games 2017, Cong Phuong yang sudah mencetak empat gol.

Milla sendiri sepertinya sangat percaya diri anak asuhnya bisa mengatasi Vietnam yang sejauh ini memimpin klasemen dengan poin sembilan. Pelatih asal Spanyol itu hanya berharap Ezra dan kawan-kawan bisa lebih tajam dan mampu memaksimalkan peluang yang ada. “Kedepannya (laga kontra Vietnam) nanti saya minta pemain memaksimalkan peluang di depan gawang untuk lebih berani mencetak gol,” kata Milla di situs resmi PSSI.

Mantan pemain Barcelona dan Real Madrid itu juga mengaku tak khawatir tidak bisa memainkan Evan Dimas. Bagi Milla, dalam turnamen dengan jadwal padat seperti SEA Games ini, seluruh pemain sama penting artinya. “Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya kalau semua pemain dalam tim ini penting termasuk Evan Dimas. Solusinya, saya inginkan semua pemain siap untuk main kapanpun,” tegasnya di FFT

Baca: Kekalahan Telak Timnas dari Vietnam di SEA Games 2015 Bikin Panas Telinga

Di luar dari Evan Dimas, Milla bisa memainkan pemain terbaiknya. Termasuk M. Hargianto serta kiper Kurniawan Kartika Ajie. Hargianto sebelumnya sengaja diistirahatkan Milla. Sementara Kurniawan pada laga kontra Timor Leste mengalami cedera dan harus digantikan Satria Tama di babak kedua.

Untuk Kurniawan, Manajer Timnas U-22 Indonesia, Endri Erawan, menyebut kiper Persiba Balikpapan itu hanya merasakan nyeri biasa dan kondisinya sudah membaik setelah pertandingan. “Kondisi Kurniawan sudah membaik. Dia hanya merasakan nyeri saja tadi. Semoga pada laga selanjutnya fit dan bisa main,” tutur Endri.

Bagaimana dengan Vietnam? Membantai lawan-lawannya di tiga laga terdahulu, termasuk menang 4-0 atas Filipina di laga terakhir, mereka tak berani meremehkan Indonesia. Pelatih timnas U-22 Vietnam, Nguyen Huu Thang, mengatakan bahwa laga melawan Indonesia ini akan sangat menegangkan.

“Saya menghormati timnas U-22 Indonesia dan Thailand. Keduanya lawan kuat kami di penyisihan grup. Dan akan menjadi laga yang sangat menegangkan,” kata Nguyen Huu Thang di situs resmi VFF.

Ia pun tak yakin bisa kembali mencetak banyak gol di laga ini seperti halnya di tiga laga terdahulu dimana anak asuhnya mencetak masing-masing empat gol. “Dengan performa seperti ini (melawan Filipina), kami akan mencoba sebaik-baiknya. Soal hasil nanti, saya tidak bisa mengatakannya,” ujar Nguyen.

Menghadapi Indonesia, salah satu perhatian Nguyen adalah kebugaran pemain pilar. Dengan waktu istirahat hanya sehari, ia mengaku sangat sulit untuk memulihkan kondisi fisik pemain. “Kami hanya punya waktu istirahat sehari. Jadwal begitu padat, saya berharap para pemain tidak mengalami cedera dan pemulihan kondisi fisik bisa lebih cepat untuk menghadapi Indonesia,” jelasnya. (amr)

Prakiraan Pemain

Indonesia (4-2-3-1): Kurniawan; Putu Gede, Hansamu, Ricky Fajrin, Rezaldi; Hargianto, Asnawi; Saddil, Septian David, Febri; Erza Walian

Vietnam (4-3-3): Minh Long; Van Kien, Van Khanh, Tien Dung, Van Thanh; Van Toan, Tuan Anh, Dong Trieu; Hong Duy, Cong Phuong, Tuan Tai.

 

Statistik Indonesia di SEA Games 2017

Main: 3

Menang: 2

Imbang: 1

Kalah: 0

Gol: 5

Kebobolan: 1

Poin: 7

Cleansheet: 2

Rata-rata gol: 1,67

Rata-rata kebobolan: 0,33

Gagal mencetak gol: 0

Kemenangan terbesar: 3-0

Statistik Vietnam di SEA Games 2017

Main: 3

Menang: 3

Imbang: 0

Kalah: 0

Gol: 12

Kebobolan: 1

Poin: 9

Cleansheet: 2

Rata-rata gol: 4

Rata-rata kebobolan: 0,33

Gagal mencetak gol: 0

Kemenangan terbesar: 4-0

 

Head to Head Indonesia vs Vietnam di ajang SEA games

28/11/91 Indonesia 1-0 Vietnam
09/06/93 Indonesia 1-0 Vietnam
12/12/95 Vietnam 1-0 Indonesia
07/10/97 Indonesia 2-2 Vietnam
12/08/99 Indonesia 0-1 Vietnam
06/09/01 Indonesia 1-0 Vietnam
04/12/03 Vietnam 1-0 Indonesia
26/11/05 Vietnam 0-1 Indonesia
09/11/11 Indonesia 2-0 Vietnam
15/06/15 Vietnam 5-0 Indonesia

 

Klasemen sementara masing-masing grup:

 Grup A

1. Myanmar 3 3 0 0 11-1 9*

2. Malaysia 2 2 0 0 4-2 6

3. Singapura 3 1 0 2 3-4 3

4. Laos 2 0 0 2 1-5 0

5. Brunai 2 0 0 2 1-8 0

 

Grup B

1. Vietnam 3 3 0 0 12-1 9

2. Indonesia 3 2 1 0 5-1 7

3. Thailand 3 2 1 0 5-1 7

4. Filipina 3 1 0 2 2-7 3

5. Kamboja 3 0 0 3 1-9 0

6. Timor Leste 3 0 0 3 0-6 0

Catatan:

· Myanmar sudah memastikan satu tiket semifinal

- 2 posisi teratas akan melaju ke semifinal.

Perolehan Medali SEA Games Kuala Lumpur hingga, Selasa 22 Agustus 2017

Rank Negara       Total
1 Malaysia 24 19 15 58
2 Singapore 13 13 12 38
3 Vietnam 8 5 8 21
4 Indonesia 7 10 15 32
5 Thailand 6 8 11 25
6 Philippines 3 6 5 14
7 Myanmar 3 2 1 6
8 Laos 0 1 1 2
9 Brunei 0 0 5 5
10 Cambodia 0 0 3 3
11 Timor-Leste 0 0 0 0

Author : Rasid

Download Aplikasi Android dan IOS Fajaronline

 


Tags



🔀Berita Terkini
 

Menteri Amran Raih Penghargaan dari KPK, Komisi IV DPR: Perlu Dicontoh

fajaronline.co.id -- Anggota Komisi IV DPR Firman Soebagyo memberi ucapan selamat ke Menteri Pertanian Amran Sulaiman yang berhasil menyabet...
 

Imbang Lagi, Liverpool dan Arsenal Sudah Mustahil Juara Liga Inggris

FAJARONLINE.CO.ID, LIVERPOOL—Liverpool dan Arsenal kembali hanya bermain imbang dalam lanjutan Premier League, Kamis, 14 Desember. Kedua...
 

Halangi Ustadz Somad Ceramah di Bali, Zulkifli Hasan: Pelaku Harus Diproses Hukum

fajaronline.co.id -- Ketua MPR RI Zulkifli Hasan meminta pelaku persekusi terhadap Ustadz Abdul Somad di Bali ditindak. Menghadang dan menghalangi...
 

Manchester City Pesta Gol di Liberty, MU Susah Payah Menang di Old Trafford

FAJARONLINE.CO.ID, MANCHESTER—Manchester City berpesta gol dalam lawatang mereka ke markas Swansea City di pekan ke-17 Premier League....
 

Tekuk Cologne, Bayern Munchen Tak Tersentuh di Bundesliga

FAJARONLINE.CO.ID, MUNICH—Bayern Munchen mengukuhkan posisi mereka di puncak klasemen Bundesliga. Menyusul kemenangan atas tim juru kunci, FC...
 

Sempat Tertinggal, Ronaldo-Bale Antar Madrid ke Final Piala Dunia Antar-klub

FAJARONLINE.CO.ID, ABU DHABI—Real Madrid melaju ke babak final Piala Dunia Antar-klub 2017 usai mengalahkan tim tuan rumah, Al-Jazira di babak...
 

Zulkifli Hasan Ajak Selebgram Sosialisasikan Empat Pilar ke Generasi Muda Zaman Now

fajaronline.co.id -- Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan mengadakan pertemuan dengan sejumlah selebriti instagram (selebgram) dalam kegiatan yang bertajuk...
 

Pura-pura Sakit, Novanto Disebut Alami Gangguan Psikologis Malingering

fajaronline.co.id -- Terdakwa kasus korupsi proyek pengadaan KTP elektronik (e-KTP) Setya Novanto diduga kembali menampilkan ‘drama’ atau...
 

Dua Pekerja Diserang Kelompok Bersenjata, Ini Respon Kementerian PUPR

fajaronline.co.id -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyesalkan kasus meninggalnya pekerja Jalan Trans Papua bernama Yovicko...
 

Sepasang Kekasih Mabuk Miras, Tiba-tiba Darah Berceceran

fajaronline.co.id -- Peristiwa menghebohkan terjadi di sebuah cafe yang terletak di Jalan Poros Sangatta Bengalon KM 15, Kutai Timur, Kaltim, Rabu...
 

Tiga Jam Rapat Pleno Golkar, Airlangga Resmi Gantikan Novanto

fajaronline.co.id -- Airlangga Hartarto resmi terpilih menjadi Ketua Umum Partai Golkar‎. Ia menggantikan Setya Novanto yang sudah menjadi...
 

Wilayah Parapat Diguncang Gempa 4,9 SR

fajaronline.co.id --- Wilayah Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut), diguncang gempa bumi berkekuatan 4,9 Skala Richter (SR), Rabu...
 

Pemkab Lutim Dorong Investasi Energi dan Perkebunan

fajaronline.co.id, MAKASSAR -- Sumber daya alam milik Luwu Timur (Lutim) amat potensial. Karenanya, investasi besar-besaran sangat...
 

Pemprov Sulsel Komitmen Berantas Korupsi

fajaronline.co.id, MAKASSAR -- Pemprov Sulsel berkomitmen untuk memberantas korupsi. Itu dibuktikan dengan adanya SK rencana Aksi Pemberantarasan...
 

Sriwijaya Sosialisasikan Rute Baru ke Mitra Travel Agen

fajaronline.co.id, MAKASSAR -- Jelang tutup tahun Sriwijaya Group akan membuka 4 rute baru dari Makassar. Guna memaksimalkan informasi,...
 

Wabup Lutim Doakan Atlet Panjat Tebing Sukses di Porda

fajaronline.co.id -- Sebanyak 10 Atlet Panjat Tebing Kabupaten Luwu Timur bersama pelatih dan official dilepas Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri...
 

Tingkatkan SDM, Kaur Keuangan Desa di Lutim Ikuti Bimtek

fajaronline.co.id -- Guna mempersiapkan perangkat desa yang disiplin, profesional dan memahami tupoksinya, maka Pemerintah Kabupaten Luwu Timur...
 

SKY HOUSE BSD Hadirkan Rumah Pintar, Begini Keunggulannya

fajaronline.co.id, JAKARTA -- Proyek yang baru saja dirilis ke hadapan publik tanah air SKY HOUSE BSD+, keindahannya tidak hanya menggemparkan...
 

Legislator Senayan Ini Kecam Pengangkatan Staf Ahli MenPAN-RB

  fajaronline.co.id, MAKASSAR -- Pengangkatan Tin Zuraida menjadi staf ahli Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi...
 

Danny: Pilihan Boleh Beda Tapi Jangan Terpecah Bela

fajaronline.co.id, MAKASSAR---Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menghadiri maulid Nabi Muhammad SAW bersama warga kompleks BTN Dewi Karmilasari...
 

Peringati Maulid Nabi, BMPD Sulsel Undang 100 Anak Panti Asuhan

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Ada 100 anak panti yang diundang oleh Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Sulsel. Itu untuk...
 

Jadi Mitra, Endejip Enrekang Ngopi Bareng dengan Satlantas

FAJARONLINE.CO.ID, ENREKANG -- Komunitas offroad Endejip Enrekang menggelar pertemuan dengan pihak kepolisian dari Satlantas di Warkop Latimojong,...
 

Tanpa Jokowi, Lovely December Diprediksi Tetap Meriah 

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, ternyata belum bisa memastikan kehadiran Presiden RI, Joko Widodo, di Lovely...
 

Menurut Om Google, Ini Artis Cantik yang Paling Dicari di Internet

fajaronline.co.id -- Data yang dikeluarkan Google pada Rabu (13/12), untuk kategori artis yang paling dicari ternyata pedangdut koplo asal...
 

Agus Dapat Mobil Dinas Baru, Wow... Harganya Fantastis

fajaronline.co.id, MAKASSAR -- Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu'Mang, punya mobil dinas baru. Yakni Toyota Land Cruiser yang mulai...

Load More