Fajar

  Breaking News

Usai Rekonstruksi, Terkuak Pelaku Pembobolan PDAM Tiru Film Oceans Eleven

Rekonstruksi kasus pembobolan brankas PDAM Makassar, Rabu, 16 Agustus. (Rudiansyah/FAJAR)
Peristiwa - 16 Agustus 2017, 21:27:45

FAJARONLINE.COM, MAKASSAR -- Kelompok pembobolan brankas PDAM Makassar Rp1,2 miliar bagaikan film Ocean's Eleven yang bercerita tentang seorang perampok yang baru saja keluar dari penjara.

Pada laga film kriminal yang dibintangi oleh Danny Ocean (George Clooney) yang berperan sebagai pemimpin sekaligus penggagas ide perampokan digambarkan oleh Irwan alias Iwan yang menjadi otak dalam kasus pembobolan Brankas PDAM.

Iwan sebagai aktor utama dalam kasus pembobolan barankas PDAM Rp1,2 miliar sebelumnya ditahan di Lapas. Dua minggu setelah bebas, Iwan langsung merencanakan aksi perampokan di PDAM Makassar.

Iwan merekrut tiga orang lain dengan skill dan kemampuan khusus masing-masing guna memuluskan aksi perampokan. Iwan memilih Tuanaya, dengan kemampuan mencungkil jendela dengan cepat. Lalu ia merekrut Asri sebagi sopir andal, dan Tamma sebagai penyamar yang baik.

Peran dan kemampuan masing-masing pelaku ini terkuak saat digelarnya rekonstruksi kasus perampokan di PDAM Makassar, Rabu, 16 Agustus. Dari kasus pembobolan uang Rp1,2 miliar ini, pelaku memeragakan 16 adegan.

Dimulai dari Iwan yang menghubungi Tuanaya di Ambon melalui via telepon selular. Iwan mengajak Tuanaya untuk melakukan aksi perampokan di PDAM.

Tuanaya yang terpikat dengan ajakan Iwan langsung berangkat ke Makassar. Ia tiba di bandara Sultan Hasnuddin, Senin, 24 Juli. Tuanaya yang dijemput oleh Iwan langsung di bawa ke salah satu wisma yang ada di kota Makassar.

Disana Iwan kemudian berdiskusi langkah selanjutnya. Ia membutihkan dua orang lagi yang memiliki kemampuan khusus. Akhirnya, Asri yang merupkan keluarga Iwan, jadi sasaran. Asri memiliki kemampuan sebagai pengemudi.

Namun, itu belum cukup, Iwan kemudian membutuhkan seorang lagi dengan kemampuan khusus sebagai penyamaran. Tamma yang berperan sebagai penjaga kondisi wilayah.

Saat semuanya berhasil terkumpul, mereka langsung bergegas dan melakukan pemetaan. Mulai dari jalan masuk hingga mendapat target gedung yang akan dijajal.

Selasa, 25 Juli, sekitar pukul 02.30 Wita, mereka pun bergegas. Asri memarkir kendaraan roda empat di depan sekolah SMP. Iwan, Tuanaya, dan Tamma masuk melalui semak-semak, dan memanjat pagar pembatas. Sedangkan Asri tetap menunggu di mobil.

Berhasil masuk, Tamma kemudian tinggal di luar gedung keuangan, tepatnya sekira 20 meter dari musholla, menjaga kondisi. Sedangkan Iwan dan Tamma, masuk ke dalam gedung keuangan.

Pintu gedung di lantai bawah dalam keadaan terbuka, tidak ada aktivitas mencungkil. Keduanya kemudian naik ke lantai dua lewat tangga.

Di lantai dua, Iwan dan Tuanaya kembali menemukan salah satu pintu dalam keadaan terbuka penuh, ke arah teras. Keduanya keluar menuju teras lalu menuju ruangan bendahara.

Ia berencana masuk lewat jendela milik bendahara, Halija. Di sini Tuanya beraksi. Ia menggunakan dua obeng plat untuk mencungkil jendela ruangan bendahara, sedangkan Iwan hanya duduk memperhatikan aksi Tuanaya.

Saat berhasil, ternyata mereka tak dapat masuk, lantaran ada terali. Tuanaya kemudian pindah ke jendela lain. Kali ini jendela ruangan kepala bagian. Di sana mereka berhasil masuk karena tak ada terali.

Iwan masuk lebih dahulu, kemudian disusul oleh Tuanaya. Ada tiga pintu yang harus dilalui untuk sampai pada ruangan staf di mana pintu bendahara ada. Salah satu pintu itu milik Kepala Bagian. Namun, mereka tidak mengutak-atik pintu kepala bagian.

Sedangkan dua pintu yang menuju ke ruangan staf juga tidak terkunci. Di ruangan staf, Iwan membuka salah satu laci milik staf. Sedangkan Tuanaya masuk ke dalam ruangan kasi keuangan.

Tak mendapat apa-apa, di depan ruangan kasi anggaran, yakni ruangan bendahara jadi sasaran mereka. Di sini mereka agak lama bekerja, karena mereka harus membongkar gagang pintu.

Pekerjaan itu bukan lagi dilakukan olah Tuanaya, tetapi Iwan. Saat berhasil, Iwan menemukan brankas berukuran, 100x60 centimeter. Ia kemudian mencungkil brankas tersebut dari atas, menggunkan dua obeng.

Saat terbuka, mata Iwan langsung hijau. Uang pecahan Rp50 ribu dan Rp100 ribu dalam kondisi terikat-ikat ada di depan mata. Ia kemudian langsung memasukkannya ke dalam kantong.

Setelah itu, mereka keluar dengan jalur yang sama saat mereka masuk. Asri yang sudah menunggu langsung menancap gas menuju indekos Iwan di Jalan Faisal, Pettarani.

Iwan yang membagi hasil jarahannya. Asri dan Tamma mendapat Rp150 juta, sedangkan Tuanaya dan Iwan mendapat 280 juta.

Setelah mendapat hasil bagian, Tuanaya kemudian kembali ke Ambon, sedangkan Iwan, Asri, dan Tamma tetap berada di Makassar, dan menghamburkan uang hasil jarahannya.

Kesenangan mereka berakhir, saat berhasil teridentifikasi dari kamera CCTV dan sidik jari yang ditinggal. Berawal dari penangkapan Tuanaya di Ambon, Senin, 31 Juli lalu, sehari setelahnya, Iwan berhasil dibekuk di Makassar.

Sedangkan Asri dibekuk di Palu, Sulawesi Tenggara, dan terakhir Tamma yang melarikan diri ke Kendari, Sulawesi Tenggara dan tinggal di masjid akhirnya menyerahkan diri.

Dari hasil rekonstruksi kasus ini, Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Endi Sutendi, mengatakan, rekonstruksi ini dilakukan hanya pada bagian yang penting untuk mengumpulkan fakta-fakta pada persidangan.

Untuk saat ini dikatakan Endi, belum ada temuan fakta baru. "Dan, belum ada temuan terkait tersangka baru," katanya, usai rekonstruksi, Rabu, 16 Agustus.

Direktur Utama PDAM Makassar, Haris Yasin Limpo, menyerahkan sepenuhnya kepada pihak kepolisian terkait kasus ini. Pasalnya, pintu yang terbuka begitu saja adalah urusan polisi. "Tanya saja sama polisi kalau persoalan itu (pintu terbuka) mereka pasti tahu," katanya. (ans)

Author : Muhammad Nursam


Download Aplikasi Android dan IOS Fajaronline

 


Tags



Berita Lainnya

🔀Berita Terkini
 

Reses Anggota Dewan, Warga Minta Perbaikan Infrastruktur

FAJARONLINE.CO.ID, WAJO -- Reses anggota DPRD Kabupaten Wajo, Asri Jaya A. Latief di Cenranae, Kelurahan Akkajeng, Kecamatan Sajoanging, Wajo,...
 

FAJI Sulsel Diminta Segera Tentukan Lokasi Pelatda

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR - Pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan Jeneberang, sangat mendukung Sungai Jeneberang dijadikan venue pusat...
 

Dai Spesialis Hari Kiamat Dijerat Gara-gara Ungkap KTP Palsu, Netizen: Sumbernya Terpercaya

FAJARONLINE.CO.ID -- Ustaz Zulkifli Muhammad Ali kini sedang menjalani pemeriksaan di Bareskrim Polri. Dai yang sering berceramah soal...
 

Ulama Kembali Jadi Tersangka, Gerindra Pertanyakan Kasus Victor Laiskodat

FAJARONLINE.CO.ID -- Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Andre Rosiade mempertanyakan penetapan status tersangka terhadap Ustaz...
 

Klub Diperbolehkan Kontrak Pemain Asing di Lepesia 2018

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Liga Pekerja Indonesia (Lipesia) siap digulir di seluruh Indonesia. Khusus zona provinsi Sulsel dihelat 18 Februari...
 

Besok, KNPI Sulsel Bedah Fenomena Hoaks dalam Demokrasi

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Komite Nasional Pemuda  Indonesia (KNPI) Sulsel melalui Komisi Media dan Informasi akan menggelar Focus...
 

Kantor BPN Senilai Rp5,4 M Diresmikan, Wadduh... Ada Tanda Retak dan Cat Terkelupas

FAJARONLINE.CO.ID, BONE -- BPN Kabupaten Bone memiliki kantor baru dan diresmikan langsung oleh Kakanwil BPN Sulsel, Muhammad Hikmad dan Bupati Bone,...
 

Kualifikasi Nestle Milo Digelar di Empat Zona 

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Nestle MILO kembali mengadakan kompetisi MILO Football Championship (MFC) 2018 diempat zona di Sulawesi Selatan...
 

Mantan Atlet Pelatnas Sudah Mendaftar di Galesong Trail Run 2018

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Mantan atlet Pelatnas, Hamdan Syafril Sayuti, kembali memastikan diri ikut bersaing berebut juara di ajang...
 

Karateka Gojukai Sulsel Dipanggil Berlatih di Pelatnas Asian Games 2018

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Karateka Gojukai Sulsel, Andi Dasril Dwi Dharmawan, dipanggil mengikuti latihan di Pelatnas Asian Games 2018, di...
 

Perdana, Puskesmas Enrekang Rintis Forum Kesorga 

FAJARONLINE.CO.ID, ENREKANG -- Puskesmas Enrekang mempelopori lahirnya Forum Kecamatan Komunitass Pecinta Kesehatan Olahraga (Kota Kesorga). Forum...
 

Antisipasi Banjir, Dinas PU Bakal Keruk Lima Sungai di Pangkep, Anggarannya Rp1,5 Miliar

FAJARONLINE.CO.ID, PANGKEP -- Mengantisipasi terjadinya banjir susulan di sejumlah wilayah di Kabupaten Pangkep, Dinas Pekerjaan Umum (PU) bakal...
 

Data Ulang, Penerima Rastra di Pangkep Alami Penurunan

FAJARONLINE.CO.ID, PANGKEP -- Jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang ada di Kabupaten Pangkep mengalami penurunan pada 2018...
 

Coklit 20 Januari, Ini Target Masyarakat yang Disasar KPU Enrekang

FAJARONLINE.CO.ID, ENREKANG -- KPU Enrekang bakal menggelar gerakan pencocokan dan penelitian (coklit) terhadap data pemilih serentak, 20 Januari...
 

Indira Berkeliling Menilai Masjid dan Lorong

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- TP PKK Kota Makassar menggelar lomba penilaian masjid bersih. Masjid Al-Ikhlas Kecamatan Biringkanaya Kelurahan...
 

Arab Saudi Ikut Kecam Pengakuan AS Terhadap Yerusalem, Ini Sebab Dituding Pengkhianat

FAJARONLINE.CO.ID -- Konflik Iran dan Arab Saudi sepertinya cukup rumit. Meski Iran sempat menuding Arab Saudi sebagai pengkhianat, negara...
 

Dapat Penolakan, Agenda Lomba Karaoke Waria Diubah Jadi Lomba Lagu Religi

FAJARONLINE.CO.ID, BULUKUMBA -- Da'i Muda Bulukumba menolak lomba karaoke waria tingkat Sulsel. Rencananya, gelaran itu bakal...
 

Ketua IWAPI Sidrap Bagi-bagi Tips Jadi Pengusaha, Ini yang Disampaikan

FAJARONLINE.CO.ID, SIDRAP -- Ketua Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Cabang Sidrap, Heriyani Yuki Ruby, menjadi salah satu pemateri di acara...
 

Cegah Pemalsuan, Pengamat Imbau KPU Wajib Verifikasi Mulai Ijazah SD

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- KPU Sulsel bakal melakukan proses verifikasi ijazah pasangan bakal calon gubernur-bakal calon wakil gubernur. Hal...
 

Tegas Menentang Pengakuan AS Terhadap Yerusalem, Iran Sebut Arab Saudi Pengkhianat

FAJARONLINE.CO.ID -- Hubungan Iran dengan Arab Saudi dipastikan makin parah. Apalagi, pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei baru...
 

Hipertensi dan Diabetes Tinggi, Puskesmas Enrekang Fokus Lakukan Ini

FAJARONLINE.CO.ID, ENREKANG -- Angka penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi) dan diabetes melitus (DM) di Kabupaten Enrekang cukup tinggi. Setiap...
 

Rintis Kesehatan Lewat Senam, Puskesmas Enrekang Latih 23 Instruktur

FAJARONLINE.CO.ID, ENREKANG -- Sebanyak 23 instruktur senam mendapatkan pelatihan di Puskesmas Kota Enrekang, Kamis, 18 Januari. Mereka berasal...
 

Prof Husain Syam Sukses Antar UNM Menjadi PTN Satker Terbaik

FAJARONLINE.CO.ID, MAKASSAR -- Baru setahun masa kerja, Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof Dr Husain Syam MT, telah meraih sejumlah...
 

Musrembang, Banjir Paling Dikeluhkan Warga Bonto Kio Pangkep

FAJARONLINE.CO.ID, PANGKEP -- Kelurahan Bonto Kio, Kecamatan Minasatene menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang).Tak banyak...
 

Wenger Pastikan Ozil Setia pada Arsenal

FAJARONLINE.CO. ID, LONDON—Manajer Arsenal, Arsene Wenger mengakhiri semua spekulasi soal Mesut Ozil. Pelatih asal Prancis tersebut menegaskan...

Load More